10 Cara Program Hamil yang Efektif untuk Pasangan Muda

10 Cara Program Hamil yang Efektif untuk Pasangan Muda

Sebagian pasangan hidup, terutama pasangan muda, hampir dipastikan ingin cepat mendapatkan momongan. Hal ini memang menjadi salah satu tujuan pernikahan, yakni untuk membentuk keluarga ideal. Sayangnya, tidak semua pasangan dapat dengan mudah hamil. Beberapa diperlukan cara program hamil yang tepat sehingga kehamilan dapat terwujud.

Banyak hal yang mempengaruhi proses kehamilan sehingga bisa dikatakan permasalahan yang kompleks. Ada beberapa pasangan yang tidak dapat hamil dikarenakan faktor kesuburan laki-laki, ada pula yang sebaliknya. Adapun ketidaksuburan tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebagai contoh adalah pola hidup tidak sehat, jenis makanan yang dikonsumsi, bahkan posisi ketika berhubungan.

Dibalik semua permasalahan, tentunya ada solusi yang menjadi pemecahnya. Paling tidak, kita bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi masalah tersebut. Mengikuti program hamil adalah salah satu cara yang paling efektif. Sebenarnya tidak perlu pergi ke dokter atau konsultan, cara program hamil berikut mungkin bisa membantu sebelum pergi ke dokter spesialis!

1. Berhubungan Ketika Masa Subur

Berhubungan Ketika Masa Subur
Image by Orami.co.id

Supaya cepat hamil, pastikan ada berhubungan saat masa subur wanita. Memang tidak dapat diketahui dengan pasti kapan wanita akan mendapatkan masa ini. Namun rata-rata, wanita akan mengalami masa subur sekitar 2 minggu sebelum menstruasi selanjutnya. Jika dilihat dari kondisi ini, masa subur didapatkan sekitar 10 – 15 hari setelah menstruasi.

Akan tetapi perlu anda ingat, waktu tersebut hanya berlaku bagi mereka yang mengalami haid secara teratur setiap bulannya. Mengingat kebanyakan siklus menstruasi tidak sama dengan waktu sebelumnya, anda bisa memperkirakan sendiri dengan menghitung rata-rata antara menstruasi sebelum dan sesudahnya. Jika perlu, silahkan menggunakan aplikasi yang saat ini sudah tersedia gratis.

Bukan tanpa alasan kenapa cara program hamil ini perlu dicoba. Ketika masa subur wanita, sel telur akan dilepaskan oleh indung telur menuju leher rahim. Di saat inilah sperma akan membuahi sel telur dan berenang menuju ke rahim. Memang tidak pasti terjadi, namun setidaknya dapat meningkatkan peluang kehamilan.

2. Berhubungan Secara Teratur

Berhubungan Secara Teratur
Image by Popmama.com

Jika anda tidak mengetahui pasti kapan waktunya masa subur, ada baiknya jika melakukan hubungan secara teratur. Tidak perlu setiap hari, setidaknya dua hari sekali sudah cukup memenuhi syarat. Cara program hamil untuk pasangan muda sebenarnya lebih efektif dilakukan, mengingat masa subur wanita rata-rata berlangsung selama 3 – hari.

Harapannya, dalam satu kali selama dua hari tersebut, pasangan anda sedang dalam masa suburnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, posisi ketika berhubungan juga mempengaruhi cepat atau lambatnya proses kehamilan. Tidak ada salahnya jika anda mencoba variasi posisi, asalkan tetap nyaman dan tidak mengganggu proses ketika berhubungan.

Selain itu, waktu berhubugan juga berpengaruh, terutama bagi pria. Kebanyakan pasangan melakukan hubungan ketika di malam hari sebelum tidur. Padahal kebanyakan ahli sepakat bahwa berhubungan di siang hari lebih cepat kemungkinan hamil. Hal ini dikarenakan produksi sperma pada pria saat siang hari lebih berkualitas daripada malam hari.

3. Mengelola Stress

Mengelola Stress
Image by Mommyasia.id

Cara program hamil berikutnya yakni dengan mengelola stress. Tidak sedikit wanita yang susah hamil dikarenakan tekanan hidup sehingga mengakibatkan stress. Apalagi jika pasangan muda yang tergolong lama mempunyai keturunan. Pertanyaan dari pihak keluarga atau teman tentunya sangat mengganggu dan dapat menyebabkan stress berlebih.

Stress yang terjadi dapat mencegah atau menunda pelepasan sel telur oleh indung telur. Anda bisa melepaskan stress dengan cara berlibur ke suatu tempat dengan pasangan. Jika tidak memungkinkan, tidak terlalu banyak berpikir juga sudah cukup. Hal yang terpenting adalah tidak memikirkan apakah anda bisa hamil atau tidak. Jalani program ini anda dengan santai dan seolah tanpa beban.

Selain mengelola stress, usahakan tidak terlalu lelah setiap harinya, terutama ketika akan berhubungan. Kondisi yang lelah dapat menurunkan kualitas sperma dan tertundanya proses ovulasi. Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara yang baik bagi pasangan yang ingin menyegerakan kehamilan.

4. Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan Pola Hidup Sehat
Image by Hellosehat.com

Sebenarnya tidak hanya ketika menerapkan program hamil saja dibutuhkan pola hidup sehat. Setiap hari dengan keperluan apapun juga dibutuhkan akan hal ini. Akan tetapi bagi yang ingin segera mendapatkan momongan, tidak ada salahnya mencoba pola hidup sehat yang lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan makanan yang mengandung gizi tinggi, terutama protein. Makanan dengan kandungan vitamin tinggi juga diperlukan. Selain itu, konsumsi buah-buahan yang dapat menyuburkan kandungan, seperti yang banyak jeruk, alpukat, strawberry, atau buah Zuriat.

Selain itu, pastikan anda olahraga teratur untuk menjaga stamina tetap bugar. Dalam hal ini, anda hanya perlu olahraga ringan saja, seperti joging, banyak berjalan, atau bahkan senam. Olahraga berat justru tidak disarankan jika anda sedang menjalani atau menerapkan bagaimana cara program hamil yang efektif.

5. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Berhenti Merokok dan Minum Alkohol
Image by Jovee.id

Apabila anda mempuyai kebiasaan merokok, ada baiknya jika mulai sekarang berhenti dulu. Bukan berarti ketika sudah hamil, anda bisa melanjutkan kebiasaan buruk tersebut. Usahakan untuk tetap tidak merokok kapan saja dan dimana saja. Merokok dapat mengurangi kualitas sperma pada pria. Sedangkan pada wanita, kebiasaan merokok memperlambat pelepasan sel telur.

Selain merokok, kebiasaan buruk lain yang dapat menunda kehamilan adalah minuman beralkohol. Meskipun anda tidak rutin meminumnya setiap hari, tetap saja berdampak buruk bagi program hamil yang dijalani. Pasalnya, alkohol dapat mengurangi jumlah sperma yang dikeluarkan pria saat berhubugan. Jika jumlahnya berkurang, peluang untuk pembuahan juga semakin berkurang.

Mengingat akan pentingnya hal ini, sebaiknya pasangan menyadari dan mendukung satu sama lain jika mempunyai kedua kebiasaan buruk tersebut. Memang tidak dapat di pungkiri bahwa berhenti merokok tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun demi kebaikan dan kelancaran program yang sedang dijalani, tentunya anda bisa mengambil keputusan terbaik.

6. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Jaga Berat Badan Tetap Ideal
Image by Today.line.me

Menjaga berat badan tetap ideal termasuk salah satu cara program hamil yang efektif untuk pasangan muda. Bukan hanya berlaku untuk wanita saja, namun juga pria. Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa ahli, wanita yang mempunyai kelebihan berat badan cenderung harus melakukan usaha dua kali lipat agar bisa hamil.

Sedangkan mereka yang dianggap kurus atau kekurangan berat badan justru harus melakukan empat kali lipat dari usaha biasanya. Artinya, peluang kehamilan wanita dengan berat badan berlebih hanya setengah dari wanita normal. Sedangkan untuk wanita yang kekurangan berat badan hanya seperempat berhasilnya proses kehamilan jika dibandingkan wanita dengan berat badan ideal.

Kelebihan lemak di badan juga merupakan salah satu faktor kelebihan hormon estrogen, dimana dapat mengganggu ovulasi. Bagi pria, berat badan berlebih atau obesitas membuat pergerakan sperma lebih lambat dari pria dengan berat badan ideal. Dengan demikian, proses pembuahan yang diharapkan juga semakin lambat.

7. Konsumsi Vitamin Prenatal

Konsumsi Vitamin Prenatal
Image by Popmama.com

Vitamin prenatal adalah kombinasi antara beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin ini bukan hanya disarankan ketika anda merencanakan kehamilan, namun juga selama kehamilan. Setidaknya, wanita yang telah berhasil menjalankan cara program hamil yang efektif tetap disarankan mengonsumsi jenis vitamin ini selama satu bulan ke depan.

Alternatif jika harga atau vitamin prenatal susah ditemukan adalah dengan rutin minum multivitamin setiap hari. Anda bisa memilih multivitamin dengan kandungan asam folat yang mempunyai dosis 400 mcg. Kandungan vitamin tersebut juga baik untuk menjaga pertumbuhan janin sekaligus mengembangkan otaknya.

Jika anda pergi dan konsultasi dengan dokter kandungan untuk promil, dokter juga akan memberikan resep obat-obatan yang dimaksud. Sebagian obat bisa dibeli tanpa resep, namun sebaiknya konsultasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi banyak beredar obat dengan kandungan yang sama sehingga sedikit membuat bingung dalam memilihnya.

8. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat
Image by Kosmospublishers.com

Tidak cukup menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi vitamin prenatal. Konsumsi makanan sehat juga disarankan bagi anda yang sedang mencari cara cepat untuk hamil. Makanan yang dimaksud bisa dari berbagai jenis buah, sayur, biji-bijian, dan daging. Intinya, anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, kalsium, dan protein.

Sebagai contoh dari jenis buah-buahan, anda bisa dengan rutin makan alpukat, delima, pisang, apel, pir dan masih banyak lagi. Semua buah yang disebutkan mengandung berbagai macam sumber gizi yang diperlukan untuk tubuh. Selain bisa digunakan sebagai cara program hamil yang efektif, buah tersebut juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Untuk jenis sayuran yang baik adalah brokoli, bayam, kubis, tomat, dan tidak lupa taoge dengan kandungan zat besi tinggi. Sedangkan sumber protein terbaik bis didapat dari telur, daging dan ikan laut. Khusus ikan laut, hindari makan ikan yang tinggi kandungan merkuri. Beberapa jenis ikan todak, marlin, dan ikan tuna.

9. Hentikan Pemakaian Pelumas

Hentikan Pemakaian Pelumas
Image by Klikdokter.com

Tidak sedikit pasangan muda yang ingin mendapatkan sensasi lain ketika berhubungan dengan menambahkan pelumas. Tidak jarang pula yang beranggapan bahwa memberikan pelumas ketika berhubungan dapat membantu sperma lebih cepat membuahi sel telur. Padahal bisa jadi sebaliknya karena bahan pelumas kebanyakan dapat mengganggu keseimbangan pH vagina.

Jika anda ingin cara program hamil yang dijalankan berhasil, hindari pemakaian pelumas degan keyakinan tersebut. Pada dasarnya, wanita dapat menghasilkan pelumas ketika ada rangsangan. Ada baiknya jika anda mengandalkan pelumas alami tersebut daripada harus menggunakan pelumas lain yang justru menghambat proses pembuahan.

10. Jaga Kualitas Sperma

Jaga Kualitas Sperma
Image by Dream.co.id

Kegagalan pembuahan sel telur oleh sperma bukan hanya dikarenakan faktor wanita, namun juga pria. Kualitas sperma yang rendah diperkirakan sulit untuk berenang dan membuahi sel telur. Meskipun sel telur telah dikeluarkan dari indung telur secara teratur, jika sperma laki-laki kurang berkualitas, kemungkinan terjadi kegagalan semakin tinggi.

Selain kualitas, kuantitas juga sangat penting dan menjadi salah satu faktor kehamilan. Teori sederhananya adalah semakin banyak sperma yang dikeluarkan, semakin besar kemungkinan salah satunya berhasil membuahi sel telur. Untuk menjaga kualitas dan kuantitas sperma, anda bisa olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat.

Itulah cara program hamil yang efektif untuk pasangan muda yang bisa anda coba di rumah. Satu hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah anda harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk konsultasi dengan dokter. Jika memang semua cara yang telah disebutkan diatas masih belum berhasil, ada baiknya pergi ke dokter untuk menerima saran lebih baik.