Program Diet Sehat yang Ampuh Menurunkan Badan dengan Cepat

Program Diet Sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki berat tubuh ideal? Berbagai cara bisa dilakukan, salah satunya dengan menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Ikuti program diet sehat secara rutin demi mendapatkan hasil lebih cepat.

Memiliki berat tubuh ideal merupakan idaman semua orang. Bukan hanya meningkatkan kepercayaan diri semata, namun juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Demi mewujudkan impian tersebut, tidak jarang yang menjalankan diet ketat hingga akhirnya memilih mundur dari area pertarungan karena dianggap terlalu ekstrim. Agar proses penurunan berat badan menjadi lebih menyenangkan, silahkan terapkan program diet sehat berikut.

1. Healthy Portion Diet

Healthy Portion Diet
Image Credit: Webmd.com

Bagi seseorang yang gemar makan, diet merupakan tembok terbesar yang harus bisa ditembus demi mendapatkan berat badan ideal. Meski perjalanan untuk bisa mendapatkan hasilnya tidaklah mudah, namun bukan berarti mustahil dilakukan. Proses menjalani program diet pun semakin susah dilakukan, ketika Anda harus berpisah sementara dengan makanan favorit. Kondisi inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih mundur di tengah perjalanan.

Namun tahukah Anda bahwa ada program diet bernama Healthy Portion Diet yang tidak akan memberikan halangan untuk mengkonsumsi makanan favorit ? Lewat program diet tersebut, Anda tidak hanya diberikan ijin untuk mengkonsumsi berbagai makanan favorit semata. Karena program diet sehat ini akan membandingkan porsi antara karbohidrat, lemak, serta protein dalam satu sajian menu harian yang akan dikonsumsi.

Dalam penerapannya sendiri, Anda bisa membagi piring makan menjadi 4 bagian. Dimana ¼ dikhususkan untuk karbohidrat, ¼ untuk aneka jenis sayuran, ¼ buah segar, sedangkan ¼ sisanya khusus untuk protein (baik itu protein hewani, nabati, maupun lemak). Saat pertama kali mencobanya, kemungkinan perut merasa belum puas menyantap makanan hingga Anda pun melakukan pelarian dengan cara mengkonsumsi snack ringan.

Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut, sebab kandungan pada snack ringan inilah yang justru meningkatkan simpanan kalori di dalam tubuh. Agar program diet sehat ini berjalan lancar, silahkan seimbangkan dengan berolahraga ringan yang disesuaikan dengan kemampuan. Meski program satu ini tidak terlalu cepat, namun dampak yang dirasakan begitu besar apabila Anda terus menerapkan program diet tanpa pernah libur.

2. Diet Mediterranea

Diet Mediterranea
Image Credit: Tribunnews.com

Hingga detik ini, masih banyak yang beranggapan bahwa menjadi kurus merupakan hal mahal yang hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu. Pada kenyataannya, pernyataan tersebut yang sering terlontarkan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya siapapun bisa mendapatkan berat tubuh ideal, asalkan menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga pola makannya dengan benar setiap harinya.

Jika memang tidak percaya akan akan kebenarannya, kenapa tidak mencoba menerapkan program diet Mediterranea. Pada program diet sehat satu ini, sebenarnya Anda hanya diwajibkan membatasi konsumsi daging merah. Dikatakan sebagai diet sehat yang ramah dipraktekkan, karena program satu ini membantu tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya di masa mendatang.

Diet Mediterranea sedikit berbeda dengan program diet sehat lainnya, sebab disini tidak diberikan menu ketat ataupun adanya larangan mengkonsumsi makanan tertentu. Hanya saja Anda diperkenankan untuk mengkonsumsi roti, aneka jenis kacang kacangan, serta buah buahan segar untuk memaksimalkan hasil program dietnya. Dengan kata lain, penerapan program diet sehat ini harus diimbangi dengan menjaga pola makan keseharian.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat silahkan konsumsi beras, gandum, pasta, roti, atau kentang. Sajikan pula aneka jenis sayuran segar setidaknya 5 hingga 6 kali dalam sehari, atau juga bisa disajikan dalam keadaan sudah diolah. Buah buahan juga turut berperan penting dalam keberhasilan menjalani program diet satu ini. Jangan lupa untuk mengkonsumsi yogurt, biji bijian, serta susu sebagai pelengkapnya.

Demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya beralih mengkonsumsi air mineral sekitar 6 gelas sehari dan mulai kurangi minuman manis yang banyak ditawarkan di pedagang kaki lima. Mulailah batasi konsumsi daging ikan, ayam, atau telur agar program diet sehat ini berhasil dilakukan. Perlu ditekankan kembali bahwa Anda hanya diminta untuk membatasi konsumsi 3 jenis makanan tersebut, bukan menghentikan konsumsinya.

Jika memang ingin mengkonsumsi 3 jenis makanan tersebut, sebaiknya dilakukan sekali dalam seminggu saja. Sedangkan untuk daging merah seperti daging kambing maupun sapi, dianjurkan untuk dikonsumsi selama sebulan sekali. Dengan menerapkan program diet sehat ini, berat badan perlahan menurun namun pasti terjadi. Selain membantu menurunkan berat badan, program satu ini membuat Anda hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

3. Obsessive Corbuzier’s Diet

Obsessive Corbuzier’s Diet
Image Credit: Kapanlagi.com

Apabila Anda tertarik mendapatkan berat badan ideal dengan program diet sederhana, maka program diet bernama Obsessive Corbuzier’s Diet bisa menjadi pilihan tepat. Program diet satu ini diklaim ampuh menurunkan berat badan dalam waktu singkat tanpa mengganggu kesehatan tubuh. Sebenarnya program satu ini sudah sejak lama diterapkan di luar negeri, namun beberapa waktu lalu kembali hangat diperbincangkan ketika Deddy Corbuzier mempraktekannya.

Melihat keberhasilan public figure tanah air tersebut, masyarakat pun berbondong bondong menerapkan program diet tersebut dengan harapan mendapatkan hasil serupa. Jika dibandingkan dengan program lainnya, dapat dikatakan bahwa Obsessive Corbuzier’s Diet memiliki prinsip yang cukup sederhana dan mudah dipahami. Dimana Anda diwajibkan untuk melakukan puasa selama beberapa waktu sebelum akhirnya mengkonsumsi makanan kembali.

Agar program diet ini berhasil, disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan gizi serta mengandung nutrisi lengkap sesuai dengan anjuran 4 sehat 5 sempurna. Daripada mengkonsumsi minuman manis, disarankan untuk mengkonsumsi air mineral sesuai kebutuhan harian. Apabila ingin mengkonsumsi teh maupun kopi, pastikan untuk tidak menambahkan gula agar jumlah karbohidrat yang diterima tubuh tidak berlebihan.

Apabila pertama kali menerapkan program diet sehat ini, Anda bisa mengambil puasa ringan yang berjalan selama 16 jam dan terpotong dengan 8 jam dibebaskan untuk mengkonsumsi makanan apapun yang diinginkan. Ketika program diet pemula sudah berhasil dilakukan, tidak ada salahnya meningkatkan ke level selanjutnya yaitu berpuasa 18 jam hingga 24 jam puasa. Tidak perlu takut merasa lapar berlebih, karena Anda diberikan kesempatan untuk makan dalam beberapa jam.

4. Food Combining Diet

Food Combining Diet
Image Credit: Ournutritionkitchen.com

Beberapa waktu belakangan, program diet satu ini hangat diperbincangkan oleh berbagai kalangan karena dikenal ampuh menurunkan berat badan tanpa adanya larangan untuk mengkonsumsi steak sapi maupun ayam goreng. Sebenarnya program penurunan berat badan satu ini mengacu pada fakta bahwa setiap makanan, memiliki jangka waktu berbeda dalam mencerna serta menyerap nutrisi pada suatu makanan.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat disimpulkan bahwa program diet ini hanya meminta Anda untuk memberikan jeda sebelum mengkonsumsi makanan kembali terutama untuk beberapa jenis makanan tertentu. Dengan kata lain, Anda tidak diperkenankan mengkonsumsi nasi beserta lauk pauknya dan ditambahkan buah dalam waktu 1 jam. Berikan organ pencernaan untuk beristirahat sejenak, sebelum akhirnya bekerja kembali seperti semula.

Kondisi ini dapat terjadi, karena ada beberapa kelompok makanan yang hanya memerlukan zat asam dan sisanya membutuhkan zat alkali agar tercerna dengan sempurna. Adanya perbedaan kebutuhan tersebut, sebaiknya Anda memahami berapa lama makanan dapat tercerna demi menekan resiko pengendapan para organ pencernaan. Informasi penting yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah pentingnya untuk tidak mengkonsumsi makanan basa dan asam bersamaan.

Agar hasil program diet sehat ini maksimal, cobalah untuk membiasakan mengunyah makanan hingga teksturnya menjadi lebih lembut sebelum menelannya. Selain membantu organ pencernaan agar tidak melakukan pekerjaan keras, hal ini dilakukan agar penyerapan nutrisi berjalan optimal tanpa ada yang terlewatkan. Tidak perlu ragu untuk menerapkan program diet ini, karena tidak akan menimbulkan efek samping terhadap sistem pencernaan.

Apakah metode satu ini efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat ? Jawabannya adalah tergantung dari ketekunan dan niat dari orang yang bersangkutan. Apabila dirinya menerapkan program diet ini selama sebulan penuh, ada kemungkinan untuk turun 2 kg. Begitu pula sebaliknya, jika memang tidak terlalu rutin maka hasilnya pun tidak akan terlalu terlihat dan Anda pun menganggapnya tidak berpengaruh sedikitpun.

5. Honey Lemon Shot

Honey Lemon Shot
Image Credit: Timesnownews.com

Memiliki berat badan ideal memang menjadi idaman semua orang, namun tidak banyak pula yang menyerah untuk melakukan diet karena harus menjauhi makanan favoritnya. Sebaiknya Anda tidak terlalu cepat menyerah, karena Anda bisa menerapkan program diet sehat bernama Honey Lemon Shot sebagai solusinya. Berkat program ini, Anda tidak perlu bersusah payah mengubah pola makan dalam sekejap mata.

Sebenarnya minuman ini sangat mudah ditemukan di pasaran, dimana Anda hanya perlu menambahkan dengan setengah sendok madu murni dari perasan lemon yang dicampurkan dengan madu asli. Konsumsi minuman menyehatkan tersebut di pagi hari, dimana perut masih belum terisi sedikitpun oleh makanan. Setelah mengkonsumsinya, berikan jarak sekitar 30 menit sebelum sarapan.

Selain membantu menurunkan berat badan, minuman satu ini mampu mengatasi konstipasi atau sembelit dengan cepat. Keuntungan ini bisa didapatkan berkat adanya kandungan pektin pada lemon, yang diklaim ampuh mempertahankan rasa kenyang jauh lebih lama dibandingkan bahan alami lainnya. Anda juga bisa menjadikan perasan lemon sebagai obat alami meredakan gejala batuk pilek, meredakan nyeri, mengurangi radang, dan lain sebagainya.

Bahkan jika Anda memperhatikan, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan perasan lemon sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Sebab kandungan vitamin C pada lemon, dipercaya ampuh membantu kulit tampak lebih sehat dengan alami. Kaya akan manfaat dan mudah dicari di pasaran, tidak mengherankan jika lemon terpilih menjadi salah satu bahan alami yang ampuh mengatasi beberapa masalah tidak terkecuali untuk menurunkan berat badan.

Bayangkan bagaimana jika Anda menerapkan program diet sehat ini secara rutin, kemungkinan besar Anda tidak hanya berhasil menurunkan berat badan menjadi ideal semata. Namun Anda juga mendapatkan kulit menjadi lebih sehat bercahaya yang berhasil memunculkan kesan lebih cantik dan sedap dipandang. Inilah alasan mengapa banyak masyarakat yang kemudian beralih menggunakan program diet sehat satu ini sebagai pilihan terbaiknya.

Program diet sehat merupakan salah satu cara untuk mengatur pola makan seseorang agar tidak berlebihan, namun tetap memenuhi kebutuhan gizi setiap harinya. Sayangnya masih banyak yang beranggapan bahwa program diet terlalu susah untuk dijalani, sehingga tidak banyak pula yang putus asa di tengah perjalanan. Dengan kata lain, mengikuti program diet saja tidak cukup dilakukan. Sebab Anda juga harus mengimbanginya dengan kemauan keras agar usaha tersebut berhasil.