Program Diet GM: Cara Kerja, Aturan Makan & Resiko

Program Diet GM: Cara Kerja, Aturan Makan & Resiko

Tidak dapat di pungkiri, salah satu cara paling efektif menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Banyak program diet yang bisa dipilih, termasuk program diet GM. Berbeda dengan program lainnya yang cenderung menyiksa pengikutnya, diet GM lebih aman dan tidak termasuk bagian dari diet ekstrem. Intinya adalah mengatur pola makan dan mengganti makanan sehat seperti buah dan sayuran.

Program diet GM bisa dikatakan muncul secara tidak sengaja pada tahun 1987, yakni karena banyak pegawai dari perusahaan General Motors Corps yang memiliki berat badan berlebih. Manajemen perusahan kemudian membuat peraturan tentang pola makan, yakni mengurangi karbohidrat dan kalori. Sebagai gantinya, pelaku diet disarankan mengkonsumsi makan berserat dan mengandung protein tinggi. Alhasil, rata-rata penurunan berat badan dalam satu minggu bisa mencapai 7kg.

Untuk keamanan dari program diet yang satu ini sudah dibuktikan dan telah diuji oleh Johns Hopkins Research Centers. Cukup aman karena hanya mengganti konsumsi makanan tidak sehat menjadi makanan sehat. Uniknya, setiap menu makanan diusahakan selalu berbeda selama program diet berlangsung, yakni 7 hari.

Cara Kerja Program Diet GM

Cara Kerja Program Diet GM
Image by Lifestyle.kompas.com

Kebanyakan dari program diet tentu membatasi makanan yang masuk dalam tubuh bukan? Akan tetapi tidak demikian dengan diet GM, anda bebas mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Hal penting yang harus diperhatikan yakni dari jenis makanannya, ada ketentuan tersendiri untuk menu hariannya. Makanan yang dikonsumsi pada dasarnya sama dengan program diet lain, yakni mengurangi karbohidrat, lemak, dan juga kalori.

Selain itu, cara kerja dari program diet GM berikutnya adalah dengan mengurangi asupan gula dan makanan olahan. Seperti yang di ketahui, gula mengandung kalori tinggi, dimana dapat menyebabkan berat badan naik. Bahkan beberapa kasus, masalah obesitas seringkali disebabkan manakan atau minuman dengan gula berlebih.

Bagaimana dengan makanan olahan? Makanan olahan yang dimaksud yakni makanan kemasan, baik kaleng, plastik atau wadah lain yang telah dibekukan atau diawetkan. Makanan yang satu ini memang cukup berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Umumnya, jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat tinggi yang menyebabkan kadar gula naik. Selain dapat menimbulkan penyakit diabetes, hal tersebut tentu menjadi penyebab utama terjadinya obesitas.

Mengurangi asupan kalori, pastinya semua program diet menyarankan pengikutnya untuk melakukan hal ini. Kalori memang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi dan digunakan aktivitas sehari-hari. Namun kelebihan kalori tentunya juga menimbulkan masalah kesehatan, terutama berat badan berlebih. Program diet GM juga menekankan aturan yang sama pada pengikutnya. Supaya mendapatkan hasil maksimal, peserta diet juga disarankan mengkonsumsi air putih selama dibutuhkan, lebih banyak lebih baik.

Secara garis besar, tidak banyak aturan dari program diet yang satu ini dalam hal makanan yang dikonsumsi. Hanya saja terlihat jelas dari apa yang harus dimakan, dan apa yang tidak boleh masuk kedalam tubuh. Tidak heran jika diet yang diperkenalkan oleh perusahaan otomotif asal Amerika Serikat ini mempunyai banyak pengikut. Tidak sulit dilakukan, namun hasilnya jelas dan terbukti nyata hanya dalam 7 hari.

Aturan Makan Program Diet GM

Aturan Makan Program Diet GM
Image by Firstresponse.ae

Sudah tau cara kerja diet GM sehingga dapat menurunkan berat badan secara instant? Selanjutnya anda harus tau juga bagaimana aturan makan atau menu program diet GM agar dapat menyiapkan sebelumnya. Perlu diketahui, program diet ini tidak hanya membuat kurus lebih cepat, namun juga menyehatkan. Hal ini dikarenakan ada proses detoksifikasi dari pola makan yang ditentukan.

Diet yang satu ini hanya dijalankan selama 7 hari penuh. Jadi anda bisa menyesuaikan pola makan setelah itu, apakah ingin diteruskan atau cukup satu minggu tersebut. Namun alangkah lebih baiknya jika anda memberikan jeda jika ingin meneruskannya. Berikut aturan makan selama satu minggu yang perlu anda catat!

Hari Pertama, Konsumsi Buah

Pada hari pertama, anda dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan, tanpa adanya makanan lain selama satu hari penuh. Semua buah boleh dimakan kecuali pisang, jumlahnya juga tidak dibatasi. Namun yang paling disarankan yakni buah melon karena mengandung banyak air dan sedikit kalori. Serat yang ada pada buah dapat lebih lama mengenyangkan perut.

Meskipun tidak ada batasan dalam mengkonsumsi nya, tetap saja anda harus membuat aturan sendiri. Pasalnya, tujuan utamanya untuk mengurangi berat badan. Jika makan buah terlalu banyak dan diteruskan meskipun sudah kenyang, tentu berat badan tidak kunjung turun bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya makan buah ketika benar-benar lapar, dan berhenti sebelum kenyang.

Hari Kedua, Makan Sayuran

Hari berikutnya berbeda dan tidak boleh ada buah yang masuk dalam tubuh. Sayuran adalah menu penggantinya yang dimakan dengan cara dikukus atau mentah. Ingat, tidak disarankan makan sayuran yang digoreng atau di tumis dengan tambahan bahan lainnya. Dari kedua opsi tersebut, lebih baik anda pilih dengan cara di kukus. Alasannya sederhana, mungkin anda tidak terbiasa makan sayuran mentah. Selain itu juga berfungsi untuk membunuh bakteri yang masih menempel.

Sama halnya dengan dihari pertama, tidak ada batasan mengenai jumlah yang harus dimakan. Anda bebas makan sayur berapa pun banyaknya dan kapan saja. Untuk jenis kentang, anda hanya diperbolehkan mengkonsumsi pada pagi hari saat sarapan.

Hari Ketiga, Sayur dan Buah

Kombinasi dari hari pertama dan hari kedua tersebut menjadi menu di hari ketiga. Anda disarankan makan buah dan sayuran dari jenis apapun, kecuali pisang dan kentang. Jumlahnya juga tidak dibatasi, begitu juga dengan perbandingan antara kedua jenis makanan tersebut. Intinya, tidak boleh mengkonsumsi diluar sayur dan buah.

Jenis makanan tersebut dipilih karena mengandung banyak serat dan air. Diharapkan anda tidak mengalami dehidrasi pada hari ketiga ini. Jika memang terjadi, sebaiknya banyak minum air putih, karena hal tersebut juga disarankan ketika menjalankan program diet GM. Secara umum, jumlah lemak dalam tubuh sudah berkurang di hari ketiga. Namun semua tergantung dari masing-masing yang menjalankan, karena pastinya berbeda aktivitas.

Hari Ketiga, Pisang dan Susu

Bagi anda penggemar buah pisang dan minuman jenis susu, berbahagialah karena pada hari keempat sudah diperbolehkan mengkonsumsi nya. Pisang dan susu menjadi menu utama kali ini, jumlahnya pun dibatasi. Memang sedikit lebih ketat karena sebelumnya diharapkan anda sudah terbiasa.

Jumlah pisang yang harus dikonsumsi tidak lebih dari 8 buah untuk ukuran kecil, dan 6 buah untuk ukuran besar. Sedangkan susu hanya diperbolehkan minum 3 gelas setiap hari. Jadi anda bisa minum 1 gelas saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Anda juga bisa mengolah keduanya mejadi sup, namun tanpa ada bahan tambahan lain ya!

Hari Kelima, Daging dan Tomat

Sudah rindu makan daging? Tenang, di hari kelima anda sudah boleh mengkonsumsi nya. Jenis daging yang dimakan bisa dari apa saja, daging ikan, sapi, kambing, atau daging ayam. Jumlahnya juga dibatasi, tidak boleh lebih dari 284 gram untuk setiap porsi nya. Dalam satu hari hanya boleh makan dua porsi, jadi lebih baik gunakan saat sarapan dan makan siang karena dua waktu tersebut membutuhkan banyak energi.

Bagaimana dengan vegetarian? Silahkan ganti dengan keju atau beras merah karena keduanya mengandung protein tinggi. Selain daging atau sumber protein lain, tomat juga menjadi menu makanan dihari ini. Cukup 6 buah tomat utuh ukuran sedang, tidak boleh lebih.

Hari Keenam, Daging dan Sayur

Menu dari program diet GM selalu berubah setiap harinya. Dihari keenam, anda harus mengkonsumsi jenis daging dan sayuran. Sama halnya dengan diatas, anda bebas memilih jenis daging apa saja, asalkan dengan cara dikukus atau direbus, bukan dengan digoreng. Untuk sayuran juga bebas kecuali kentang, anda juga disarankan untuk merebus atau mengukus nya.

Bagaimana dengan porsi, apakah bebas? Untuk sayuran bebas, anda bisa mengkonsumsi sebanyak mungkin sewaktu-waktu. Lain halnya dengan daging yang harus dimakan sebanyak dua porsi, masing-masing sebanyak 284 gram.

Hari Ketujuh, Sayur dan Buah Serta Beras Merah

Tiba saatnya hari terakhir dari program diet GM. Kali ini terdapat tiga jenis makanan berbeda yang boleh dikonsumsi, yakni sayur, buah, dan beras merah. Anda bisa membuat jus dari ketiga bahan tersebut, namun tetap tanpa gula. Jenis sayur dan buah juga bebas, termasuk pisang dan kentang.

Dikarenakan hari ketujuh atau hari terakhir menjalankan program diet, anda bebas mengkonsumsi ketiga makanan tersebut tanpa ada batasan. Meski demikian, alangkah baiknya jika tidak memanfaatkan situasi dengan memperbanyak jumlah makanan yang masuk.

Resiko Menjalankan Program Diet GM

Resiko Menjalankan Program Diet GM
Image by Popmama.com

Sekilas program diet GM memang menyehatkan karena konsumsi makanan sehat yang disarankan. Dibalik manfaat tersebut, sudah sewajarnya ada risiko yang harus dihadapi. Tidak seperti program diet ekstrem tentunya, berikut beberapa resiko atau efek samping yang mungkin anda alami!

Kekurangan Protein dan Gizi

Kekurangan protein dan gizi selama menjalankan diet GM bisa dipastikan terjadi. Anda bisa melihat dari jenis makanan yang dikonsumsi selama satu minggu, tidak ada asupan gizi lengkap sama sekali. Kalaupun ada protein, hanya diberikan dalam beberapa hari saja selama satu minggu.

Semua makanan hanya dari jenis bahan yang mengandung banyak serat dan rendah kalori. Seperti yang diketahui, tubuh juga memerlukan asupan gizi dan vitamin yang cukup untuk proses metabolisme sempurna. Jika kekurangan semua kandungan penting tersebut, tubuh dapat mengalami berbagai macam penyakit dan menurunnya daya tahan tubuh.

Tidak Permanen

Jarang ada program diet yang memberikan hasil permanen. Artinya, tubuh dapat dengan mudah kembali pada kondisi semula jika program diet selesai. Memang bisa dipertahankan jika anda meneruskan kembali program diet. Namun hal tersebut tentu tidak disarankan karena efek samping yang dijelaskan diatas.

Maka dari itu, ada baiknya jika anda memberikan jeda setelah program diet selesai untuk mempertahankan hasilnya. Sebagai contoh anda bisa melangsungkan diet selama satu minggu, kemudian istirahat atau menjalani pola makan seperti biasa selama satu minggu pula. Selain itu, perbanyak olahraga dan minum air putih selama menjalani program diet, atau ketika memberikan jeda.

Tidak ada yang sempurna, itulah ungkapan yang pas untuk semua diet yang dilakukan, termasuk untuk program diet GM. Sebelum melakukannya, pastikan anda konsultasi dengan dokter untuk mengenal risiko lebih mendalam. Hal ini dikarenakan setiap orang mempunyai kondisi tubuh dan masalah berat badan masing-masing.