Program Diet Ala IU: Cara Kerja, Aturan Makan & Resiko

Program Diet Ala IU: Cara Kerja, Aturan Makan & Resiko

Berbagai cara dilakukan wanita agar mendapatkan tubuh ideal. Tentu saja ideal yang dimaksud adalah langsing, ramping dan bugar. Seperti halnya diet yang dilakukan salah satu artis Korea, yaitu IU. Program diet ala IU di klaim telah berhasil menurunkan berat badan hingga 5kg hanya dalam waktu satu minggu saja. Pasti anda heran dan bertanya apa sebenarnya diet yang dilakukan bukan?

Sebenarnya ada banyak cara untuk menurunkan berat badan yang umum dilakukan, yakni rajin olahraga, pergi ke dokter spesialis, dan bahkan operasi. Namun semua itu bukanlah cara terbaik dengan hasil yang optimal. Pasalnya, berat badan sangat berhubungan dengan konsumsi makanan sehari-hari. Oleh sebab itu, diet sering kali menjadi pilihan utama bagi wanita yang ingin terlihat langsing.

Apa yang dilakukan IU menjadi salah satu bukti nyata yang tidak terbantahkan bahwa diet memang benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, banyak artis Korea yang juga berhasil menerapkan program diet masing-masing. Tentu tidak sama antara satu dengan lainnya, mulai dari menu, aturan dan jadwal makannya.

Cara Kerja Program Diet Ala IU

Cara Kerja Program Diet Ala IU
Image by Quora.com

Untuk menjawab pertanyaan dari paragraf pertama tadi, anda bisa mendapatkannya di bab khusus ini. Diet yang dilakukan oleh penyanyi dan penulis lagu ini tergolong ekstrem. Hanya ada tiga jenis makanan yang dikonsumsi selama program diet berjalan, yakni apel, ubi, dan susu kedelai. Sebelum mencoba, sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu, terutama dari ketiga makanan tersebut.

Bukan rahasia lagi kalau apel sering kali dijadikan menu utama untuk diet. Buah yang mudah ditemukan di berbagai daerah ini mengandung banyak serat yang dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Apel juga rendah kalori, dimana bagi kandungan tersebut lebih cepat menggemukkan badan daripada karbohidrat. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dapat membuat perut sedikit lama merasakan kenyang. Kandungan airnya juga cukup banyak, sehingga seseorang tidak cepat merasa haus setelah mengkonsumsi nya.

Ubi yang dikonsumsi Lee Ji-eun (nama asli IU) termasuk paling baik di kelasnya, yaitu ubi ungu. Makanan yang satu ini sering direkomendasikan ahli diet jika anda berniat menurunkan berat badan. Bahkan beberapa program diet memasukkan menu ubi pada daftar menu hariannya. Bukan tanpa alasan, kandungan ubi hampir sama dengan buah apel, sedikit kalori dan tinggi serat. Kandungan mineral nya cukup baik untuk menunjang pertumbuhan tubuh dan memastikannya tidak kekurangan nutrisi.

Perbedaan dari keduanya adalah dari lamanya kenyang yang dirasakan perut, ubi bisa dipastikan lebih lama dibanding apel. Meskipun demikian, pada beberapa kasus tetap kurang jika hanya mengandalkan ubi sebagai makanan utamanya. Apalagi jika jumlahnya dibatasi, tidak heran jika program diet yang dilakukan IU termasuk ekstrem.

Bagaimana dengan susu kedelai? Apakah ada manfaatnya untuk program diet? Pastinya ada, bahkan sudah lama dikenal mampu menurunkan berat badan secara efektif. Susu kedelai juga mempunyai kandungan serat tinggi, seperti halnya kedua jenis makanan diatas.

Selain terbukti ampuh digunakan sebagai program diet, susu yang terbuat dari kacang kedelai ini juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Beberapa manfaat lain yakni dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, atau HDL dalam bahasa medis nya, serta tidak mengurangi masa otot selama program diet berlangsung.

Selain menerapkan menu diatas, artis kelahiran tahun 1993 ini juga rajin berolahraga. Hal ini juga harus anda lakukan ketika mencoba program diet ekstrem yang satu ini. Harus diingat, program diet ala IU biasanya berlangsung maksimal 7 hari. Dari beberapa laporan yang pernah mencobanya hanya memerlukan waktu selama 5 hari saja untuk penurunan berat badan sebanyak 5kg.

Aturan Makan Program Diet IU

Aturan Makan Ala IU
Image by Blog.roomme.id

Anda sudah mengetahui menu apa saja yang harus dimakan selama menjalani program diet ekstrem dari artis cantik Korean ini. Ketiga makanan tersebut juga ada aturannya agar hasil yang didapat lebih optimal. Selama maksimal 7 hari, pastikan anda melakukan pola makan sederhana berikut!

1. Sarapan Apel

Pada pagi hari setelah bangun tidur, IU hanya mengkonsumsi 1 buah apel dengan tambahan air putih. Buah dengan rasa manis ini cukup banyak bermanfaat untuk mengisi perut kosong, apalagi kandungan seratnya cukup tinggi. Apel juga mengandung karbohidrat yang dapat diolah menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari. Kandungan lain seperti vitamin juga bisa digunakan sebagai nutrisi awal untuk memulai kegiatan di pagi hari.

2. Ubi Ungu Sebagai Makan Siang

Bukan nasi sebagai makan siang, melainkan ubi ungu sebagai pengganti karbohidrat dari nasi. Jumlahnya juga tidak boleh banyak, satu atau dua ubi setiap hari selama proses berlangsung. Ubi memang terkenal dapat digunakan sebagai pengganjal perut, bahkan di beberapa daerah mempunyai makanan pokok dari ubi. Maka tidak heran jika IU lebih memilihnya sebagai pengganti nasi.

Adapun sebelum mengkonsumsi, ubi harus dikukus hingga matang terlebih dahulu. Proses memasak lain seperti digoreng atau dibakar sangat tidak disarankan, karena bisa menimbulkan kandungan lemak. Rasa manis alami dari ubi tentu menggugah selera, apalagi jika dari pagi hari hanya terisi satu buah apel saja.

3. Minum Susu Kedelai di Malam Hari

Bisa dipastikan bahwa program diet ala IU tidak ada daftar menu makan malam, karena hanya minum susu yang diperbolehkan. Jenis susu yang dikonsumsi juga bukan dari hewan, melainkan susu kedelai yang berasal dari salah satu jenis kacang. Protein yang terkandung dari jenis susu yang satu ini cukup tinggi. Kandungan omega 3 nya juga dapat menekan produksi kolesterol jahat dalam tubuh.

Berapa gelas yang harus dikonsumsi? Tentunya hanya satu gelas setiap malam atau sore hari. Akan tetapi lebih baik diminum malam hari karena dapat menunjang aktivitas sebelum tidur. Susu yang diminum juga harus natural, artinya tanpa adanya gula tambahan sebagai pemanis. Kedelai sendiri sudah berasa manis, jadi IU tidak perlu menambahkan gula pada menu pamungkas nya tersebut.

Resiko Diet ala IU

Resiko Program Diet ala IU
Image by Instagram.com @dlwlrma

Apa yang dilakukan IU bukannya tanpa resiko karena termasuk dari salah satu program diet ekstrem. Itulah kenapa artis dengan rambut tipis ini pernah mengalami Bulimia ketika pertama kali mencobanya. Beberapa hari sempat memuntahkan kembali makanan yang sudah masuk kedalam perut. Hal ini tentu tidak mengenakkan dan bisa jadi kekurangan protein yang dibutuhkan tubuh.

Inti dari program diet ala IU yakni mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Jika normalnya kalori dibutuhkan tubuh dalam sehari sebanyak 1200 hingga 1500, IU hanya memberikan tubuhnya dengan jumlah 700 kalori saja. Bisa anda bayangkan bagaimana rasanya kekurangan kalori hampir dari setengah jumlah normalnya. Sedangkan kalori sendiri sangat dibutuhkan untuk diubah menjadi energi dalam proses metabolisme.

Tubuh yang kekurangan kalori dapat menyebabkan lambatnya hormon tiroid yang berfungsi dalam proses metabolisme, mengatur tekanan darah, dan juga reproduksi sel. Selain itu, kekurangan kalori juga bisa menjadikan mudah stres yang disebabkan oleh tingginya produksi kortisol.

Belum lagi kandungan mineral dan protein lain yang dibutuhkan tubuh juga berkurang selama proses diet berlangsung. Hal ini bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit dan melemahnya sistem imunitas tubuh. Bagi anda yang mempunyai mag akut, jangan pernah berani mencoba melakukan diet ekstrem ala IU yang satu ini jika tidak ingin kambuh.

Bagi anda yang nekat ingin mencobanya, sebaiknya konsultasi dulu kepada ahlinya. Anda juga bisa mencobanya dengan menambah menu makanan dari yang telah disebutkan diatas. Selain itu, cobalah untuk menambah porsi makanan menjadi sedikit lebih banyak. Memang hasil yang didapat tidak semaksimal dari apa yang telah dilakukan artis Korea IU, namun setidaknya lebih aman dilakukan dan tidak terlalu ekstrem.

Cara Diet yang Benar

Diet Kalori ala IU
Image by Instagram.com @dlwlrma

Terlepas dari masalah diet yang dilakukan Lee Ji-eun, sebenarnya ada cara diet yang benar dengan hasil yang lumayan efektif. Namun anda tetap mengimbangi nya dengan olahraga rutin dan banyak minum air putih. Intinya sama, yakni mengurangi asupan kalori yang masuk kedalam tubuh.

Dalam hal makanan, anda bisa mengganti berbagai jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Misalkan mengganti minuman manis atau kemasan dengan hanya minum air putih saja. Bisa juga tetap menggunakan ubi sebagai pengganti nasi, atau beras merah yang digunakan sebagai selingan.

Jangan lupa tetap memperhatikan asupan serat karena merupakan faktor penting untuk keberhasilan program diet yang dilakukan. Hampir semua buah dan sayuran mempunyai serat tinggi, pisang adalah salah satu yang direkomendasikan banyak ahli. Selain kandungan serat cukup tinggi, pisang juga mengandung potasium yang cukup baik untuk menangkal radikal bebas.

Untuk jenis sayuran, sebaiknya pilih sayuran hijau dengan proses pemasakan dengan cara dikukus atau dimasak dengan air. Bayam, selada, kol, dan brokoli merupakan beberapa jenis sayuran yang baik untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi harus diperhatikan juga jumlah setiap hari yang harus dikonsumsi. Banyak ahli diet yang menyarankan tidak lebih dari 250 gram setiap hari dari sayuran yang dikonsumsi.

Ada hal penting yang harus dilakukan ketika menjalani program diet sehat, yakni dilakukan secara bertahap. Di awal diet, anda bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi cukup banyak, sedikit lebih rendah dari menu harian biasa. Dihari berikutnya, anda bisa mengurangi porsi tersebut sedikit demi sedikit hingga akhirnya tubuh menjadi terbiasa. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kaget ketika mendapat asupan makanan yang kurang dari porsi biasanya.

Jangan lupa mengimbangi dengan olahraga teratur, baik di pagi atau sore hari. Banyak jenis olahraga yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi berat badan. Lari ringan atau joging, berenang, lompat tali, dan aktivitas lain yang dapat mengeluarkan keringat. Intinya, olahraga yang dipilih harus dapat membakar kalori, dimana menjadi faktor utama dalam proses penggemukan badan.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa program diet ala IU memang benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat. Namun juga ada risiko yang harus ditanggung selama menjalaninya. Keputusan ada di tangan anda, apakah yakin mampu menjalaninya, atau masih ragu. Jika memang tidak yakin dan takut akan risiko yang harus ditanggung, ada baiknya jika anda memilih program diet sehat yang benar dan minim resiko yang juga telah dibahas diatas. Meskipun membutuhkan waktu cukup lama, hampir tidak ada risiko selama menjalaninya.