5 Program Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

5 Program Diet yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan yakni dengan cara melakukan program diet. Ara tersebut bisa dilakukan dengan banyak berolahraga maupun mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak. Selain bertujuan untuk menurunkan berat berlebih, diet juga bertujuan untuk menyehatkan badan. Apalagi jika dilakukan dengan benar, anda bisa mendapat kedua manfaat tersebut tanpa harus merasakan efek sampingnya.

Sebagian orang mengira bahwa diet harus dilakukan dengan tanpa mengkonsumsi makanan sama sekali. Tentu saja hal itu tidak benar, yang benar adalah membatasi makanan atau asupan yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya dari jumlahnya, namun juga dari jenis makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut cukup efektif daripada harus melakukan cara ekstrem seperti makan satu kali sehari yang berakibat semakin melemahnya daya tahan tubuh.

Tips Diet Sehat

Tips Diet Sehat
Image by Efanews.eu

Sebelum mengetahui apa saja program diet yang ampuh menurunkan berat badan, sebaiknya anda mengetahui tips diet sehat berikut agar hasil yang didapatkan lebih maksimal!

✓ Hitung Kebutuhan Kalori

Tahukah anda bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda? Hal tersebut dipengaruhi banyak faktor, seperti usia, kondisi kesehatan, dan juga tingkat aktivitas hariannya. Sebagai contoh jika dilihat dari faktor kesehatan, orang dengan masalah obesitas tentu berbeda kebutuhan kalorinya dengan seseorang yang normal.

Dengan menghitung jumlah kebutuhan kalori, baik dari makanan atau minuman, fungsi tubuh masih berjalan dengan normal selama proses diet berlangsung. Selain itu, anda juga masih mendapatkan cukup energi yang dibutuhkan tubuh.

✓ Mengatur Porsi Makan

Diet memang identik dengan pola makan yang sudah direncanakan. Di sinilah banyak pelaku diet yang melakukan kesalahan. Kebanyakan mereka membiarkan rasa lapar melanda hanya untuk tujuan dari program diet yang berlangsung. Padahal hal tersebut justru membahayakan tubuh, seperti dehidrasi, kelaparan, hingga kehilangan tenaga.

Mengatur porsi makanan yang tepat yakni dengan cara makan ketika lapar, dan berhenti sebelum kenyang atau ketika sudah tidak merasakan lapar. Makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan, jangan sampai ada lemak atau minuman yang banyak mengandung gula.

✓ Atur Jadwal Makan

Selain mengatur porsi makan, jadwal makan juga penting untuk diperhatikan. Normalnya, makan yang baik yaitu tiga kali sehari. Anda juga tetap bisa membuat jadwal seperti itu, namun porsi nya yang dikurangi, seperti poin diatas.

Beberapa kasus juga bisa mengatur jadwal makan 4 kali sehari meskipun sedang diet. Namun tetap saja dengan porsi yang tidak banyak. Sebagai contoh, jika sebelum melakukan program diet, anda makan tiga kali sehari, maka anda bisa mengatur jadwal 4 kali sehari dengan 2 porsi seperti biasa. Maksudnya, setiap kali anda makan, porsi nya setengah dari porsi biasanya ketika sedang tidak dalam program menurunkan berat badan.

✓ Makan Perlahan

Ketika anda sedang makan dengan tempo yang cepat, perut akan lebih lama merasa kenyang. Hal ini dikarenakan karena adanya rangsangan dari otak yang terlambat. Sebenarnya bukan terlambat, namun karena kecepatan dari cara makan tersebut tidak seimbang dengan pengiriman hormon yang dikirim oleh otak ke perut.

Oleh sebab itu, tips diet sehat dengan cara makan perlahan ini sangat perlu dilakukan. Makan perlahan juga bisa dilakukan dengan mengunyah makanan lebih intense agar makanan lebih lembut. Dengan demikian, kinerja perlu tidak berat dalam mengolah makanan sehingga gangguan pencernaan tidak terjadi.

Program Diet Terbaik Membantu Menurunkan Berat Badan

Program Diet Terbaik Membantu Menurunkan Berat Badan
Image by Alodokter.com

Setelah anda mengetahui tips diet sehat diatas, selanjutnya kita boleh membahas program diet yang ampuh menurunkan berat badan. Banyak program yang bisa anda temui, namun tidak semuanya memberikan hasil efektif sesuai keinginan. Maka dari itu, kami sudah menyiapkan 5 daftar diet yang paling ampuh dan aman dilakukan!

1. Program Diet Keto

Program Diet Keto
Image by Jovee.id

Sekilas mungkin anda meragukan program diet yang satu ini, karena justru menyarankan untuk mengkonsumsi lemak tinggi dan rendah karbohidrat. Bahkan banyak orang yang salah mengartikan dari kegiatan tersebut. Mereka mengkonsumsi makanan lemak seperti gorengan, kuah santan, dan makanan lain yang mengandung lemak jahat. Maka tidak heran jika Diet Keto sempat menjadi kontroversi dikalangan para ahli.

Padahal bukan itu yang dimaksud dengan tinggi lemak, melainkan lemak yang baik untuk tubuh seperti yang terkandung di dalam alpukat, ikan dan juga minyak zaitun murni. Jenis lemak tersebut nantinya akan disimpan di dalam tubuh dan digunakan sebagai sumber tenaga. Dengan demikian, banyak manfaat yang akan didapat jika anda melakukannya dengan benar.

Manfaat pertama yakni dapat mengontrol gula darah sehingga diet Keto sangat disarankan bagi penderita Diabetes. Jumlah karbohidrat yang sedikit dan lemak yang tinggi mampu menjadikan tubuh lebih efektif untuk memproses energi. Hasil yang didapat mungkin sedikit ekstrem, maka dari itu sebaiknya kadar gula darah dicek secara rutin, jika perlu setiap hari. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penurunan kadar gula berlebihan yang justru mengakibatkan tubuh mejadi lemas dan muncul keringat dingin.

Mengurangi risiko penyakit jantung, itulah manfaat kedua yang bisa didapat ketika anda berhasil melakukan program diet Keto dengan benar. Manfaat ini masih berhubungan dengan yang pertama, kadar insulin yang menurun juga mengakibatkan produksi kolesterol ikut menurun. Dengan demikian, bukan hanya dapat menghindari risiko penyakit jantung saja, melainkan juga risiko darah tinggi.

Manfaat lain yang bisa didapat yakni mengurangi risiko gangguan saraf seperti alzheimer dan Parkinson. Kemungkinan ini bisa terjadi karena adanya Keton yang didapat dari hasil penguraian lemak menjadi energi. Pada akhirnya, zat tersebut dapat melindungi otak dari risiko kerusakan.

2. Program Diet Mayo

Program Diet Mayo
Image by Flipboard.com

Diet Mayo cukup terkenal dikalangan pelaku diet dan terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan sebagian kasus dapat menurunkan berat badan hingga 5kg dalam dua minggu jika dilakukan dengan benar. Diet yang satu ini juga dikenal dengan puasa garam dan sedikit mengkonsumsi karbohidrat. Memang tidak salah, karena anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi garam dalam bentuk apapun.

Garam mempunyai sifat yang dapat menahan air, sehingga tubuh sulit mengeluarkan keringat jika kandungan garam terlalu banyak. dengan diet Mayo, yang mana tidak mengkonsumsi garam sama sekali, air yang keluar dari dalam tubuh semakin meningkat. Hal inilah yang menjadikannya sangat efektif dalam program menurunkan berat badan.

Beberapa aturan juga ditambahkan untuk melengkapi diet yang satu ini, seperti tidak boleh makan setelah jam 6 sore, dan dilarang keras untuk mengkonsumsi air dingin. Anda juga harus melakukannya selama 2 minggu, atau tepat 14 hari jika ingin mendapatkan hasil maksimal.

Apakah program diet Mayo tergolong aman? Pertanyaan tersebut jawabannya relatif, dikatakan tidak aman jika dilakukan jangka panjang. Namun bisa juga aman dan efektif jika hanya dilakukan beberapa periode. Hanya saja, ketika anda berhasil dengan program diet tersebut, kemudian pola hidup kembali normal, kemungkinan berat badan akan kembali naik secara bertahap.

3. Program Diet OCD

Program Diet OCD
Image by Pixabay.com

Program selanjutnya masih bisa dikatakan normal dan tidak terlalu ekstrem seperti kedua program diatas. Diet OCD lebih kepada pengaturan pola makan yang sudah dibuat jadwal sebelumnya. Dibagi menjadi dua waktu yang berbeda, pertama yaitu waktu bebas mengkonsumsi makanan, dan kedua merupakan waktu puasa.

Penentuan waktu juga bisa disesuaikan dan tidak terikat oleh aturan apapun. Sebagai contoh bagi pemula, anda bisa mengatur jadwal makan selam 8 jam dalam sehari. Sisa dari waktu tersebut tidak boleh digunakan untuk aktivitas makan, baik makanan ringan maupun hanya sekadar minuman. Jika dirasa sudah berhasil dengan penerapan waktu terebut, anda bisa mengatur jadwal makan lebih sedikit, misalnya 6 jam, atau bahkan 4 jam sehari.

Jika dilihat dari aktivitas sehari-hari selama 24 jam, diet OCD masih memungkinkan dilakukan setiap orang. Pasalnya, rata-rata waktu efektif dalam sehari bisa dikatakan hanya 16 jam, selebihnya biasa digunakan untuk tidur. Maka dari itu, bagi anda yang tidak ingin melakukan diet ekstrem, sebaiknya pilih program diet dengan kepanjangan Obsessive Combuzier’s Diet ini.

4. Program Diet Atkins

Program Diet Atkins
Image by Hellosehat.com

Setiap program diet pasti mempunyai aturan tersendiri, baik dalam hal jenis makanan maupun waktu makan. Seperti halnya program diet yang diperkenalkan oleh Robert Atkins ini, anda dianjurkan untuk mengurangi karbohidrat selama menjalaninya. Sebagai gantinya, anda harus mengkonsumsi makanan tinggi protein dan lemak.

Manfaat dari Diet Atkins selain menurunkan berat badan yaitu tubuh dapat menghasilkan sumber energi yang lebih efektif. Hal ini dikarenakan rendahnya kandungan karbohidrat dalam tubuh, yang mana proses pembakarannya tergolong lama. Dengan adanya protein dan lemak tinggi, proses pembakaran akan lebih cepat sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh.

Manfaat lain yang didapat dari proses tersebut yakni mengurangi kadar kolesterol dan kandungan gula darah. Dengan demikian, diet yang diperkenalkan pada tahun 1972 ini cukup aman dilakukan. Namun bukan berarti tanpa risiko, gejala yang mungkin dialami jika baru pertama kali melakukannya yaitu diare, mual, lemas dan juga sakit kepala. Hal ini tidak lain karena kandungan karbohidrat dalam tubuh yang semakin menipis.

5. Program Diet Mediterania

Program Diet Mediterania
Image by Lifeinbrunswickcounty.com

Dari berbagai program diet yang ada, Diet Mediterania merupakan program yang ampuh menurunkan berat badan secara bertahap. Bahkan sudah banyak yang membuktikan bahwa program yang satu ini memberikan hasil permanen. Termasuk dalam kategori diet sehat, karena hanya mengkonsumsi makanan yang bersumber dari tumbuhan, atau dikenal dengan nabati.

Jenis tumbuhan yang dimaksud juga harus mengandung vitamin, mineral dan antioksidan tinggi. Kandungan tersebut bisa didapat dari buah-buahan, sayur dan juga kacang-kacangan. Sebenarnya bukan hanya nabati yang dianjurkan, namun juga dari hewani seperti ikan, daging merah, dan juga telur. Akan tetapi porsi nya tidak sebanyak makanan yang harus dimakan dari jenis tumbuhan tersebut.

Selain dari jenis makanan, program diet yang berasal dari Laut Mediterania juga dilengkapi dengan jadwal yang cukup lengkap, mulai dari harian, mingguan dan bahkan bulanan. Semua jadwal makanan yang harus dikonsumsi tersebut harus dilakukan secara berkala dan tidak boleh dirubah setelah dibuat.

Aturan lain yang harus diperhatikan yakni mengurangi konsumsi tepung dan gula, menghindari lemak, dan sebisa mungkin tidak mengkonsumsi alkohol. Penambahan aturan tersebut dibuat agar hasil lebih efektif dan ampuh.

Kesimpulan

Program diet yang ampuh menurunkan berat badan bisa dipilih sesuai kemampuan masing-masing. Semua program mempunyai inti yang sama, yaitu membatasi konsumsi makanan. Akan lebih efektif hasilnya jika anda melakukan program diet disertai dengan olahraga teratur.