15 Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Lebih Glowing

15 Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Lebih Glowing

Kulit wajah putih tak lagi menjadi primadona, kini banyak orang yang mendambakan kulit wajah yang glowing dan bersinar. Tak perlu bingung, nyatanya kulit wajah glowing bisa didapatkan dengan menerapkan cara merawat wajah alami yang direkomendasikan.

Kulit wajah, memang membutuhkan perawatan ekstra dibanding yang lainnya. Karena, kesehatan kulit dapat terpancar dari rona wajah yang alami dan terlihat glowing. Ciri wajah glowing adalah yang bersih, bebas dari berbagai masalah kulit, lembab dan juga tidak terlalu berminyak. Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang cerah dan glowing dengan cara alami seperti berikut.

1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Tidur yang Cukup
Image Credit: Womantalk.com

Kulit wajah yang terlihat glowing, memang bisa didapatkan dari berbagai macam perawatan wajah dari yang alami, hingga berbahan kimia. Namun, semua perawatan itu tidak akan membuat wajah Anda dapat terlihat cerah dan bercahaya dengan lama. Karena, sesungguhnya nutrisi kulit dari dalam adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit cerah dari dalam.

Untuk menutrisi kulit dengan baik, Anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat. Cara ini, terbukti ampuh untuk menghindarkan kulit dari berbagai macam masalah. Selain itu, menutrisi kulit dari dalam akan membuat pancaran kulit lebih keluar. Pola hidup sehat ini dapat dilakukan dengan cara menjaga tidur secara teratur, dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat bagi tubuh.

2. Rawat Kulit dengan Baik

Rawat Kulit dengan Baik
Image Credit: Republika.co.id

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, kulit wajah membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dibanding kulit pada bagian lainnya. Untuk itu, tata cara dan juga produk yang digunakan dalam merawat kulit wajah harus Anda perhatikan dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus rajin merawat kulit dengan melakukan perawatan harian, mingguan dan juga bulanan secara teratur.

Perawatan harian yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan berbagai produk skincare yang biasa Anda gunakan, seperti sabun cuci muka, pelembab, toner dan juga krim tabir surya. Sedangkan perawatan mingguan yang dimaksud adalah dengan menggunakan masker dan scrub wajah secara alami paling tidak selama kali dalam seminggu. Terakhir, lakukan perawatan wajah yang bisa dilakukan secara bulanan seperti melakukan facial wajah di salon kecantikan.

Perawatan harian yang dilakukan pagi dan malam hari juga harus diperhatikan dengan baik. Keduanya memiliki cara dan produk perawatan yang berbeda. Pada pagi hari, perawatan yang digunakan hanya bertujuan untuk membersihkan dan melindungi wajah dari paparan radikal bebas, sedangkan ketika malam hari bertujuan untuk membersihkan, merawat dan meremajakan kulit.

3. Mencuci Wajah dengan Benar

Cuci Muka
Image Credit: Okezone.com

Mencuci wajah menjadi salah satu cara paling dasar untuk melakukan perawatan wajah dan membuat wajah Anda menjadi glowing. Untuk itu, mencuci wajah harus rutin dilakukan pada pagi dan malam hari dengan penggunaan produk sabun muka yang sesuai dan cocok digunakan dengan jenis kulit wajah yang Anda miliki. Untuk itu, sebelumnya pastikan Anda sudah memilih sabun wajah yang benar.

Mencuci wajah di malam hari, berguna untuk menghilangkan sisa-sisa makeup dan kotoran yang tak sengaja tertempel ketika seharian penuh beraktivitas. Jika tidak dibersihkan kotoran ini akan menumpuk dan menjadi sel kulit mati yang membuat wajah Anda kusam. Sedangkan mencuci wajah pada pagi hari berguna untuk membersihkan sisa-sisa produk perawatan kulit pada malam hari.

4. Gunakan Toner Air Mawar

Toner Air Mawar
Image Credit: Beautynesia.id

Setelah melakukan cuci muka, wajah Anda akan kering karena terkena kandungan bahan sabun dari pembersih yang Anda gunakan. Sehingga, untuk menetralkan Ph yang ada pada wajah, dan membuatnya lembab kembali Anda bisa menggunakan toner. Toner juga dapat berfungsi untuk mengangkat kotoran yang tersisa pada wajah setelah dicuci, seperti sisa-sisa sabun pembersih.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan glowing secara alami, Anda bisa menggunakan toner dari bahan alami yaitu air mawar. Anda pasti sudah banyak mengetahui tentang keajaiban dan manfaat air mawar untuk wajah. Toner air mawar mengandung antioksidan yang bisa melindungi kulit wajah kamu dari paparan radikal bebas dan menjauhkannya dari kulit wajah kusam.

5. Lakukan Exfoliating Wajah yang Alami

Exfoliating Alami
Image Credit: Bukalapak.com

Langkah selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat dan glowing adalah dengan melakukan exfoliating alami. Exfoliasi wajah bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah agar tidak menumpuk dan bereaksi dengan sebum wajah. Sel kulit mati ini dapat merubah warna wajah menjadi lebih kusam dan kotor.

Melakukan exfoliating bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah Anda. Diantaranya adalah campuran gula pasir, teh dan juga minyak zaitun. Cara yang bisa Anda lakukan juga sangat mudah. Anda bisa mengoleskan campuran berikut ke kulit wajah, lalu gosoklah secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati. Biarkan mengering, kemudian bilas hingga bersih.

6. Gunakan Masker Wajah Alami

Masker Wajah Alami
Image Credit: Jd.id

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, perawatan mingguan juga dibutuhkan untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan terlihat merona. Anda bisa melakukan masker wajah paling tidak sekali dalam seminggu. Namun, untuk hasil yang optimal Anda bisa menggunakan masker wajah secara teratur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu, dibarengi dengan produk perawatan lainnya.

Jangan pikir jika ingin mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing hanya bisa menggunakan masker mahal. Karena, Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami dan ajaib dari dapur untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus. Kandungan dalam beberapa bahan dapur dapat membantu mengoptimalkan dan menutrisi kulit Anda agar terlihat lebih cerah dan glowing.

7. Menggunakan Kunyit

Kunyit
Image Credit: Alodokter.com

Mendapatkan kulit wajah glowing dengan kunyit? Mungkin terdengar agak aneh. Namun, bahan ini memang telah terbukti ampuh dan sejak lama dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah Anda. Kandungannya akan aktif melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan membuat wajah Anda akan jauh dari kata glowing.

Caranya dengan manfaatkan kunyit untuk dibuat sebagai masker alami. Parutlah sedikit kunyit hingga halus, atau Anda bisa menggunakan bubuk kunyit instan. Setelah itu, campurkan dengan perasan jeruk nipis dan juga lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah secara merata hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Masker kunyit juga akan membuat warna kulitmu menjadi merata.

8. Yoghurt

Yoghurt
Image Credit: Sehatq.com

Olahan susu fermentasi satu ini, juga sering digunakan sebagai bahan perawatan kulit wajah. Anda pasti sudah tahu berbagai manfaat susu ketika digunakan untuk melakukan perawatan wajah. Lalu, bagaimana dengan olahan susu yang sudah difermentasi seperti yoghurt? Apakah masih akan dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit wajah yang glowing secara maksimal?

Yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang setara dengan asam AHA yang banyak terdapat di kandungan skincare untuk perawatan wajah. Asam ini, bertugas untuk membuat proses eksfoliasi pada kulit menjadi lebih optimal. Menggunakan yoghurt untuk merawat kulit wajah, tidak hanya akan membuat wajah Anda menjadi cerah namun juga membuat wajah Anda bebas jerawat.

Anda juga bisa menggunakan susu yoghurt sebagai sabun pembersih wajah, agar mendapatkan kulit wajah yang Anda idam-idamkan. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan micellar water atau susu pembersih. Setelah itu, ganti sabun cuci muka Anda dengan yoghurt original selama beberapa menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

9. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Minyak zaitun merupakan salah satu rahasia kecantikan Cleopatra pada masa silam. Rasanya pantas saja, minyak zaitun memang memiliki kandungan vitamin yang lengkap seperti vitamin A,D,E dan K. Keempat vitamin ini sangat berguna dan bermanfaat untuk kulit. Sehingga, kandungan inilah yang dipercaya jutaan wanita di ratusan tahun silam untuk menjaga dan merawat kulit.

Minyak zaitun, dapat menangkal paparan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari dan dapat menyebabkan berbagai masalah wajah. Diantaranya adalah penyebab munculnya jerawat, flek hitam dan juga membuat wajah menjadi kusam. Minyak ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membuat wajah terhindar dari iritasi dan peradangan kulit.

Vitamin E pada minyak zaitun, dapat bekerja aktif untuk membantu proses regenerasi kulit. Ia akan berfungsi meluruhkan sel kulit mati, yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Lalu, vitamin E ini pula yang akan membantu proses peremajaan kulit. Ketika sel kulit mati sudah luruh dan hilang, maka yang nampak pada permukaan adalah sel kulit baru yang cerah dan sehat.

10. Gunakan Pelembab Lidah Buaya

Pelembab Lidah Buaya
Image Credit: Wowkeren.com

Wajah yang kering, akan lebih rentan menimbulkan berbagai masalah kesehatan kulit wajah. Masalah ini, juga dapat memicu kulit wajah menjadi lebih kusam dan terlihat tidak sehat. Untuk menjaga kelembabannya, maka Anda membutuhkan produk pelembab yang biasa digunakan setelah pengaplikasian toner. Pelembab akan menjaga sebum pada wajah, agar tetap lembab.

Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk dijadikan sebagai pelembab adalah lidah buaya. Gelnya dapat dijadikan sebagai pelembab dengan berbagai manfaat yang luar biasa. Lidah buaya mengandung efek inflamasi dan juga efek antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UVA dan UVB yang ada pada matahari.

Menggunakan pelembab lidah buaya secara rutin, juga dapat membantu Anda mendapatkan kulit wajah glowing yang Anda idam-idamkan. Teksturnya yang tidak terlalu pekat, membuat gel lidah buaya dapat terserap dengan baik ke dalam kulit. Sehingga, bahan ini dapat melembabkan dan juga menutrisi kulit dari dalam. Anda pun akan mendapatkan kulit wajah sehat yang alami.

11. Masker Susu dan Pisang

Masker Susu dan Pisang
Image Credit: Bp-guide.id

Susu menjadi salah satu bahan alami dengan sejuta manfaat untuk kulit wajah Anda. Tidak hanya melembabkan dan menjadi anti penuaan bagi kulit, susu juga terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit wajah Anda yang kusam akibat terkena paparan sinar matahari. Tak heran, bahan susu seringkali menjadi salah satu kandungan yang ada pada produk perawatan kulit.

Manfaat susu yang sudah terbukti ampuh membuat wajah menjadi glowing akan semakin sempurna ketika dicampur dengan pisang. Masker susu dan pisang, dapat menjadi kombinasi yang baik untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan sehat. Susu akan mencerahkan kulit wajah, sedangkan pisang memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati karena berperan sebagai eksfoliator.

12. Masker Beras dan Susu

Masker Beras dan Susu
Image Credit: Sehatq.com

Menggunakan beras sebagai salah satu rangkaian perawatan kulit wajah, mungkin terdengar cukup aneh. Karena, pada dasarnya beras adalah makanan pokok yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Dibalik ukurannya yang sangat kecil, nyatanya beras menyimpan rahasia kecantikan kulit wajah yang sangat besar. Beras dapat menjadi bahan yang bisa mencerahkan dan merawat kulit wajah.

Kombinasikan beras yang sudah ditumbuk halus dengan campuran beberapa sendok makan susu. Aduk hingga berbentuk seperti krim yang dengan keenceran yang diinginkan. Lalu, Anda bisa mengoleskan krim tersebut dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori. Anda bisa menggunakan masker ini sebelum membersihkan muka.

13. Scrub Wajah dengan Baking Soda

Scrub Wajah dengan Baking Soda
Image Credit: Nakita.grid.id

Baking soda merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk pembuatan kue atau baking. Namun bak menyerupai bubuk ajaib, baking soda nyatanya juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Manfaatnya ternyata tak kalah banyak dengan bahan-bahan dapur alami lainnya yang biasa Anda gunakan untuk membuat masker wajah, lho.

Anda bisa memanfaatkan baking soda sebagai bahan pembuatan scrub. Campurkan sedikit baking soda dengan beberapa tetes air, aduk hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan ke seluruh permukaan kulit secara merata, sembari digosok perlahan untuk mengangkat sel kulit mati yang tertumpuk di kulit wajah. Lakukan scrub ini secara teratur, niscaya Anda akan mendapatkan kulit wajah glowing.

14. Tomat dan Lemon

Tomat dan Lemon
Image Credit: Dictio.id

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa vitamin C adalah kandungan yang sangat berguna bagi kulit wajah. Kandungan ini dapat merawat kulit dan melindunginya dari paparan sinar matahari. Untuk kulit wajah yang lebih bercahaya, kandungan ini bersifat mencerahkan. Tak heran, banyak serum dengan kandungan vitamin C selalu masuk ke dalam daftar bahan skincare dan perawatan kulit wajah.

Beberapa bahan dapur seperti tomat dan lemon sangat kaya akan vitamin C, sehingga kedua bahan ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat kulit wajah menjadi glowing dan cerah alami. Caranya, Anda bisa langsung mengoleskan air tomat ataupun lemon ke seluruh wajah secara merata, jika Anda sedang mengalami iritasi pada wajah, akan merasakan sedikit perih.

15. Masker Putih Telur dan Madu

Masker Putih Telur dan Madu
Image Credit: Fimela.com

Masker putih telur dan madu adalah salah satu kombinasi bahan dapur yang mudah ditemukan dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kulit. Kombinasi kedua bahan ini, memang sudah cukup populer digunakan oleh jutaan wanita untuk merawat berbagai macam permasalahan kulit, karena memang memiliki berbagai manfaat yang sangat ampuh.

Madu, dapat berfungsi sebagai pembersih wajah, karena dapat dengan mudah menyerap kotoran dari pori-pori wajah. Kandungan ini juga memiliki kemampuan untuk merontokkan sel-sel kulit mati pada wajah yang dapat memicu kulit kusam. Begitupun dengan putih telur, yang juga memiliki beragam manfaat untuk kulit wajah yakni dapat mengencangkan kulit, dan cegah jerawat.

Ketika kedua bahan ini dikombinasikan, maka keduanya bekerja dengan sangat baik untuk merawat kulit wajah dari berbagai macam masalah kulit. Anda bisa mencampurkan kedua bahan ini, untuk kemudian dijadikan sebagai masker alami. Oleskan ke seluruh wajah secara merata, lalu bilas dengan air dengan temperatur suam-suam kuku hingga wajah bersih.

Mendapatkan kulit yang menjadi dambaan semua orang, memang tidak bisa didapatkan secara instan. Perlu proses perawatan wajah yang cukup telaten dan waktu yang panjang hingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Kulit wajah yang glowing, memang akan membuat wajah Anda terlihat lebih sehat dan segar secara alami tanpa perlu menggunakan riasan yang sangat tebal.