Kenali Penyebab Panu di Wajah & Badan yang Perlu Dihindari

Penyebab Panu Wajah Badan

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang bisa muncul di wajah dan badan. Untuk menghindari masalah kulit ini, sebaiknya Anda mencari tahu apa saja yang menjadi faktor penyebab munculnya panu yang mengganggu.

Penyakit panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang bisa saja muncul di berbagai tempat di tubuh. Umumnya, penyakit ini memiliki ciri khas yakni berwarna cokelat ataupun putih yang akan terasa sangat gatal. Untuk itu, Anda pun perlu mewaspadainya. Berikut ini akan diulas beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya panu.

1. Memakai Produk Kulit yang Mengandung Minyak

Memakai Produk Mengandung Minyak
Image Credit: Wowkeren.com

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab dari penyakit kulit satu ini adalah memakai produk kulit yang mengandung minyak. Sebab, pada kulit yang lembab menjadi salah satu tempat yang biasanya disukai oleh jamur dalam berkembang biak. Untuk itu, bagi Anda yang kerap kali menggunakan produk yang mengandung minyak, sebaiknya perlu untuk berhati hati.

Karena hal tersebut dapat menjadi penyebab dari penyakit panu yang terjadi pada tubuh Anda. Namun, hal tersebut merupakan pengecualian ketika Anda memiliki kulit dengan kondisi yang kering. Sebab, apabila kulit Anda kering maka tentu saja Anda akan membutuhkan kadar minyak yang berlebih.

2. Jarang Ganti Pakaian

Jarang Ganti Pakaian
Image Credit: Suara.com

Selain memakai produk kulit yang mengandung minyak, ada pula penyebab lain yang bisa menyebabkan penyakit panu. Salah satunya adalah tidak berganti pakaian. Selain hal tersebut merupakan kebiasaan yang jorok dan bau, dengan Anda tidak mengganti pakaian, maka hal tersebut akan bisa menjadi pemicu penyakit kulit.

Untuk itu, Anda harus rajin untuk mandi dan berganti pakaian setiap harinya. Sebab, di dalam pakaian yang kotor akna terdapat bakteri bakteri serta kuman yang bisa menimbulkan penyakit panu pada kulit Anda. Hal tersebut tentu saja akan memicu timbulnya penyakit panu pada tubuh Anda.

Oleh karena itu, hindari untuk menggunakan pakaian yang berulang. Pasalnya, hal satu iniakan mampu menimbulkan munculnya panu. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk mandi kurang lebih dua kali sekali. Dan usahakan pula untuk mengganti baju ketika selesai mandi. Terutama bagi Anda yang memiliki kadar keringat berlebih.

3. Salah di Dalam Memilih Pakaian

Salah Memilih Pakaian
Image Credit: Magazine.job-like.com

Ketika Anda salah dalam memilih pakaian ternyata hal tersebut juga bisa menjadi penyebab penyakit panu. Hal ini dikarenakan pakaian dengan bahan yang ketat dan juga tidak dapat menyerap keringat menjadi salah satu jenis baju yang akan membuat Anda merasa nyaman ketika menggunakannya.

BACA:  14 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kecantikan & Kesehatan

Alhasil, keringat yang sebenarnya keluar dari tubuh melalui pakaian yang mudah terserap menjadi tidak bisa. Hal ini menyebabkan tubuh pun akan menjadi sering berkeringat namun tidak mudah untuk bersikulasi akibat pakaian yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik dan juga ketat.

Sehingga, nantinya kulit pun akan menjadi lebih lembab. Tentu saja akan menjadi sarang atau tempat yang paling nyaman bagi jamur untuk menginfeksi kulit Anda. Dengan begitu, tak mengherankan jika panu juga akan bisa berkembang biak dengan baik di dalam lapisan luar kulit Anda.

4. Jarang Mandi (Membersihkan Diri)

Jarang Mandi
Image Credit: Tribunnews.com

Selain membuat badan menjadi segar, mandi juga memiliki tujuan untuk membuat badan menjadi lebih bersih. Sebab, Anda pastinya akan melakukan banyak sekali aktifitas di dalam maupun di luar ruangan. Dimana setiap aktifitas tersebut akan mengeluarkan keringat yang berlebih.

Namun, apabila Anda tidak mandi setelah mengeluarkan keringat tersebut maka hal ini akan menjadi salah satu hal yang berbahaya. Sebab. Kulit yang jarang mandi nantinya akan cenderung memiliki kulit yang lebih lembab. Hal ini dikarenakan adanya keringat yang menempel di dalam tubuh.

Sehingga, nantinya akan bisa membuat jamur untuk bisa tumbuh dan juga menyebar. Adanya jamur inilah yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit panu. Untuk itu, Anda bisa mengusahakan untuk mandi setiap harinya. Minimal Anda bisa mandi yakni dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari.

Dengan mandi setiap hari akan membuat Anda terhindar dari resiko terkena penyakit panu yang muncul pada kulit. Selain itu, disaat mandi Anda pun juga tidak bisa sembarangan. Sebab, Anda perlu untuk mandi yang benar benar bersih. Ketika Anda mandi ala kadarnya, maka hal tersebut juga akan mampu menyebabkan penyakit panu.

5. Cuaca yang Lembab dan panas

Cuaca Lembab dan panas
Image Credit: Kompas.com

Hal lainnya yang bisa menjadi penyebab panu di wajah adalah cuaca yang lembab. Cuaca yang lembab dan panas tersebut tentu saja akan memicu produksi minyak yang berlebih pada wajah. Sehingga, hal ini akan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan di wajah Anda akan muncul penyakit panu.

Untuk itu, cara yang perlu Anda lakukan adalah sebisa mungkin menyeka keringat yang muncul pada wajah dengan menggunakan tisu. Selain itu, keringkan wajah dengan benar sehingga hal tersebut tak akan menjadi pemicu panu yang ada di wajah Anda. Hal ini dikarenakan apabila Anda memiliki panu di bagian wajah, maka hal tersebut akan terlihat sangat jelas.

BACA:  10 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Cepat dan Hasil Permanen

6. Terkena Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Terkena Matahari Langsung
Image Credit: Gayahidup.co.id

Apabila Anda terbiasa berada di tempat yang terkena cahaya matahari atau sering melakukan aktifitas di luar ruangan, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan sunscreen. Sebab, apabila Anda tidak memakai tabir surya, maka akan memicu berbagai permasalahan yang lain, salah satunya adalah munculnya panu di wajah.

Akan tetapi, jika Anda telah terlanjur mengidap panu di wajah Anda terdapat beberapa cara yang bisa untuk Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan krim maupun shampo antijamur. Kedua jenis obat tersebut merupakan cara untuk mengatasi panu yang biasa untuk Anda jumpai di masyarakat.

Dengan menggunakan krim dan juga shampo antijamur, maka hal ini akan cukup efektif untuk mengobati adanya infeksi yang biasanya disebabkan oleh jamur dengan jenis Malassezia. Untuk itu, Anda pun bisa memilih krim maupun shampo antijamur yang terdapat kandungan clotrimazole, selenium sulfida dan juga miconazole.

Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan produk tersebut alangkah lebih baik jika Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya efek samping pada wajah Anda apabila penggunaan obat tersebut tidak cocok. Sehingga, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan lainnya adalah dengan menggunakan tabir surya setiap harinya. Hal ini sangat disarankan bagi Anda yang kerap kali memiliki aktifitas di luar ruangan. Dengan begitu, akan mencegah jamur tumbuh di dalam kulit wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa untuk memilih produk yang tidak mengandung minyak. dan juga memiliki SPF 30.

7. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Sistem Kekebalan Tubuh Lemah
Image Credit: Tribunnews.com

Apabila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka hal tersebut juga bisa menjadi salah satu pemicu dari penyakit panu. Masalah kulit yang terjadi karena adanya infeksi jamur Malassezia ini kerap kali akan Anda jumpai di permukaan kulit, termasuk muka dan juga badan lainnya.

Sebut saja seperti punggung, leher, lengan bagian atas dan juga pada bagian dada. Selain itu, jamur satu ini pun juga berkembang sangat cepat ketika Anda telah terkena infeksinya. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, ternyata hal tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab dari munculnya penyakit satu ini.

8. Adanya Riwayat Keluarga

Adanya Riwayat Keluarga
Image Credit: Honestdocs.id

Selain memiliki sistem imun yang rendah, ternyata apabila terdapat keluarga yang pernah terkena panu maka tak menutup kemungkinan Anda juga akan bisa terkena penyakit ini. Hal tersebut dikarenakan apabila Anda mempunyai orang tua yang pernah terkena panu, maka kondisi ini akan membuat anak lebih rentan untuk terkena penyakit satu ini.

BACA:  10 Obat Panu Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan

Untuk mengobatinya, selain dengan menggunakan krim dan juga shampo antijamur, maka Anda juga bisa untuk memakai obat antijamur. Umumnya, obat satu ini bisa digunakan apabila memakai krim dan shampo antijamu tidak mempan meskipun telah Anda coba. Oleh karena itu, Anda juga bisa untuk menggunakan tablet antijamur.

Penggunaan obat satu ini cenderung sangat efektif apabila panu yang Anda derita telah menyebar hingga ke tempat yang lebih luas. Akan tetapi, sebelum menggunakan obat satu ini sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Pasalnya, hal tersebut akan menimbulkan efek samping yakni berupa munculnya ruam bahkan hingga sakit perut.

9. Kulit Wajah yang Berminyak

Kulit Wajah Berminyak
Image Credit: Wartaekonomi.co.id

Selain penggunaan produk yang mengandung minyak, ternyata memiliki kulit yang bermiyak juga bisa menjadi pemicu terkena penyakit jamur. Hal ini dikarenakan pada kulit yang berminyak cenderung lebih lembab sehingga akan menjadi faktor jamu bisa menginfeksi dan selanjutnya berkembang biak.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak tak ada salahnya untuk memilih produk perawatan wajah yang tepat. Sehingga, dengan memilih produk yang tepat untuk wajah akan menjadi salah satu cara untuk membuat wajah tak lagi terlalu berminyak. Hal ini tentu saja akan membuat jamur tak berani untuk menginfeksi wajah Anda.

Selain itu, Anda juga perlu untuk selalu menjaga kebersihan wajah Anda. Usahakan untuk selalu mencuci muka dengan produk yang memiliki kandungan untuk mengontrol minyak yang ada di wajah. Di dalam mencuci muka, Anda juga perlu melakukannya hingga benar benar bersih. Dan ketika Anda mengeringkannya, usahakan untuk sampai benar benar kering dan menggunakan handuk.

10. Adanya Pengobatan Tertentu

Adanya Pengobatan Tertentu
Image Credit: Freepik.com

Faktor lainnya yang menjadi pemicu panu bukan hanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah saja dapat menderita penyakit satu ini. Melainkan bagi Anda yang mengidp penyakit tertentu dan membutuhkan pengobatan tertentu juga bisa saja rentan untuk terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur satu ini.

Hal tersebut dikarenakan pasien yang memiliki penyakit dan sedang menjalankan pengobatan dalam bentuk kemoterapi, ternyata bisa beresiko tinggi untuk terkena penyakit kulit satu ini. Atau bagi pasien yang mengonsumsi obat obatan yakni salah satunya penekan sistem imun atau immunosupression dapat beresiko terkena penyakit panu.

Berbagai penyebab dari penyakit panu sebenarnya bisa untuk Anda hindari. Oleh karena itu, Anda perlu untuk selalu menjaga kebersihan diri. Mandi minimal dua kali sehari, rutin mengganti pakaian, hingga memilih produk yang cocok untuk kulit Anda. Dengan melakukan perawatan dan menjaga tubuh agar tetap bersih, tentu saja jamur yang menjadi penyebab panu tidak akan muncul di kulit Anda.