10 Obat Panu Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan

Obat Panu Ampuh

Kulit sehat dan bersih merupakan impian setiap orang, namun hadirnya masalah kulit seperti panu tentu bisa membuat risih dan tidak nyaman. Inilah beberapa obat panu paling ampuh yang mudah ditemukan untuk membantu mengatasi masalah kulit ini.

Panu yang merupakan salah satu penyakit kulit, cukup sering dialami oleh banyak orang terutama pada remaja dan dewasa muda. Meski panu tidak menular atau menimbulkan rasa sakit, namun hadirnya masalah kulit tersebut tentu bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Oleh karena itu berikut terdapat beberapa obat panu alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di kehidupan sehari hari. Simak ulasan selengkapnya.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Obat alami pertama yang tentunya mudah untuk ditemukan adalah lidah buaya. Tanaman satu ini bahkan sangat mudah untuk dibudidaya sendiri di rumah, dimana lidah buaya sendiri sejak lama sudah sangat terkenal akibat dari khasiatnya yang begitu banyak untuk bidang kecantikan. Salah satunya yaitu tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi, yang berguna untuk mengatasi panu di wajah.

Menurut penelitian, sifat anti inflamasi tersebut mampu menghentikan pertumbuhan jamur, karena senyawanya terasa dingin di kulit. Sifat tersebut juga bisa membuat pori pori menjadi lebih mengecil, dan dapat mengurangi penyebaran keringat. Gel lidah buaya juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Sehingga dalam penggunaan bahan ini, terdapat banyak manfaat sekaligus yang bisa Anda rasakan.

Cara menghilangkan panu di wajah dengan menggunakan lidah buaya yaitu pertama haluskan daging lidah buaya, kemudian oleskan gelnya pada area yang terdapat panu. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar gel meresap dengan baik, lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu, dengan selang waktu dua hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal

2. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh
Image Credit: Merdeka.com

Salah satu buah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah panu adalah belimbing wuluh, karena umumnya buah tropis satu ini dilengkapi dengan sifat antijamur. Dimana sifat antijamur dalam belimbing wuluh bisa ampuh membunuh fungi, serta menghambat pertumbuhan dari jamur sejak dini. Dan kabar gembiranya, ramuan dari belimbing wuluh ini bisa Anda gunakan lebih sering daripada obat panu yang lain.

Cara menggunakan buah belimbing wuluh ini sebagai cara mengatasi panu yaitu pertama siapkan beberapa potong belimbing wuluh. Buah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, jadi Anda tidak perlu khawatir. Kemudian potong belimbing wuluh menjadi kecil kecil lalu tempelkan potongan tersebut pada area wajah yang terinfeksi jamur. Usap usap dan pijat secara perlahan area yang terdapat panu, dengan menggunakan buah belimbing wuluh sekitar 5 menit.

BACA:  Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami dan Aman

Setelah dipijat pijat, diamkan selama kurang lebih 2 menit dan biarkan hingga mengering agar meresap sempurna. Setelah dirasa cukup, bilas menggunakan air hangat serta sabun hingga seluruh area kulit menjadi bersih. Anda bisa mencoba menggunakan cara ini beberapa kali dalam seminggu, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah itu Anda akan menemukan panu di kulit perlahan lahan menghilang.

3. Yoghurt

Yoghurt
Image Credit: Sehatq.com

Yogurt ternyata tidak hanya lezat untuk dimakan dan menyehatkan tubuh saja, tapi ternyata bahan makanan satu ini ternyata juga berguna untuk mengatasi masalah panu pada kulit. Sebelum Anda mulai meracik yogurt sebagai obat panu, pastikan bahwa yogurt yang Anda pilih berjenis plain atau greek (tidak berasa). Karena yogurt yang tidak ada kandungan pemanisnya dilengkapi dengan probiotik tinggi.

Probiotik sendiri merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk membunuh bakteri dan kuman jahat pada kulit, juga menghentikan pertumbuhan jamur yang menyebabkan panu. Cara memanfaatkan yogurt untuk mengatasi panu adalah pertama pilih yogurt plain atau greek, yang bisa Anda beli di supermarket maupun minimarket terdekat dari rumah Anda. Bahan satu ingin tergolong sangat mudah juga untuk ditemukan.

Selanjutnya simpan di dalam kulkas yogurt yang telah Anda siapkan, sebaiknya simpan yogurt hingga benar benar berubah menjadi dingin. Selanjutnya oleskan yogurt pada area panu di kulit, dan diamkan sekitar 25 hingga 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Selain bisa mengatasi panu, penggunaan yogurt ini juga bisa membuat kulit menjadi lebih halus.

4. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Credit: Kompas.com

Cara menghilangkan panu selanjutnya yaitu dengan menggunakan bumbu dapur bawang putih. Bahan satu ini sangat mudah untuk ditemukan sehari hari, bahkan mungkin selalu ada di dapur setiap rumah. Bawang putih ini memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi, dimana kedua kandungan tersebut mampu dengan mudah untuk membunuh jamur penyebab panu. Namun dalam penggunaannya, Anda perlu berhati hati terlebih jika digunakan pada area wajah.

Pasalnya, sari dari bawang putih juga memiliki sifat panas dan apabila Anda gunakan terlalu banyak maka bisa membakar kulit. Agar penggunaan bahan ini aman, terdapat beberapa cara yang perlu Anda perhatikan. Yaitu pertama haluskan satu keping bawang putih, kemudian oleskan sari bawang menggunakan jari secara tipis pada area kulit yang berpanu. Tunggu selama kurang lebih 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Lengkuas

Lengkuas
Image Credit: Sehatq.com

Satu lagi bumbu dapur yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat panu yang paling ampuh yaitu lengkuas. Dimana kandungan lengkuas ini ternyata begitu lengkap, mulai dari sodium, galangin, zat besi, emodin, vitamin A, fitonutrien, quercetin, hingga beta sitosterol. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, kandungan lengkap tersebut dapat memproduksi senyawa spesial yang bisa menghambat produksi lipopolisakarida dan oksidanitar dalam tubuh.

BACA:  10 Cara Menghilangkan Panu di Wajah & Badan Sampai ke Akarnya

Dengan begitu, tubuh pun tidak akan mengeluarkan terlalu banyak keringat sehingga jamur tidak dapat tumbuh. Cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan bahan lengkuas ini yaitu pertama haluskan lengkuas yang telah dikupas. Lalu usapkan langsung pada kulit yang berpanu, dan biarkan hingga kurang lebih 5 menit. Lakukan pengobatan ini sebanyak dua kali sehari agar senyawa di dalam lengkuas bisa membasmi jamur penyebab panu lebih cepat.

Selain itu ada juga cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk pemanfaatan lengkuas sebagai obat panu ini. Yakni dengan cara menghaluskan 2 ruas jari lengkuas dengan menggunakan 1 sendok teh garam. Kemudian oleskan lengkuas pada area yang memiliki panu dan diamkan sekitar 30 menit. Tunggu hingga lengkuas benar benar garing di kulit, dan selanjutnya bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Image Credit: Suara.com

Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat panu ampuh yang dapat ditemukan dengan mudah. Kandungan vitamin C dan senyawa flavonoid pada jeruk nipis merupakan antioksidan yang paling keras dan kuat. Dimana kandungan tersebut mampu memerangi bakteri serta jamur yang membandel, sekaligus membuat kulit menjadi lebih kencang secara alami. Metode ini bahkan sudah populer dan dipraktikkan sejak zaman dahulu.

Cara menggunakan obat jeruk nipis yaitu campurkan 1 sendok makan air jeruk nipis dengan 1 sendok makan belerang. Aduk kedua larutan tersebut hingga merata dan menjadi krim, yang kemudian dioleskan secara tipis dan merata pada area panu. Diamkan hingga krim benar benar mengering di kulit, lalu bersihkan krim tersebut dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

7. Kunyit

Kunyit
Image Credit: Alodokter.com

Kunyit sebagai bumbu dapur juga bisa dijadikan sebagai obat panu yang cukup ampuh, dan merupakan ramuan khas dari leluhur sejak zaman dahulu kala. Rempah khas Asia Tenggara ini bahkan begitu mudah ditemukan di Indonesia, dan telah menjadi obat herbal dari berbagai macam penyakit. Rempah kunyit ini bisa digunakan untuk mengatasi panu cokelat maupun panu putih. Kandungan curcumin serta minyak volatilenya bekerja dengan baik untuk membasmi jamur.

Cara mengolah kunyit sebagai obat panu yaitu ambil 1 ruas jari kunyit, lalu kupas dan cuci hingga bersih. Usapkan kunyit tersebut pada bagian kulit yang terinfeksi oleh jamur selama kurang lebih 5 menit, dan diamkan sejenak selama beberapa menit baru kemudian lap dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

BACA:  Kenali Penyebab Panu di Wajah & Badan yang Perlu Dihindari

8. Minyak Tea Tree

Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Minyak tea tree memiliki fungsi sebagai antiseptik, dan membuatnya bisa dimanfaatkan sebagai obat panu alami. Diambil langsung dari pohon teh atau melaleuca, daunnya sangat sering diolah sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit pada kulit khususnya luka. Kandungan antiseptik di dalamnya juga mampu memberantas virus, bakteri, dan jamur yang ada di kulit.

Adapun cara mengatasi panu menggunakan minyak tea tree adalah campurkan 5 tetes tea tree oil, 1 sdt minyak kelapa, dan 5 tetes minyak lavender, kemudian aduk hingga rata. Usapkan ramuan dengan bantuan kapas langsung pada area panu, lalu diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda juga menambahkan beberapa tetes minyak oregano dalam ramuan tersebut.

9. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Credit: Herstory.co.id

Bahan selanjutnya yang juga diyakini mampu mebantu menyembuhkan panu pada kulit yaitu cuka apel. Tidak hanya panu, cuka apel juga disebut sebut bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat pada kulit. Ini dikarenakan cuka apel mengandung antimikroba, yang berguna untuk membunuh jamur yang menyebabkan infeksi pada kulit. Selain itu sifat asam dari cuka apel juga bisa mencegah penyebaran infeksi, dan mempercepat proses penyembuhannya.

Cara menggunakan cuka apel untuk menyembuhkan panu cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel pada satu cangkir air hangat dan aduk rata. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu dengan bantuan kapas, dan biarkan hingga kurang lebih selama 30 menit. Lalu bisa Anda bilas dengan menggunakan air mengalir hingga bersih.

10. Minyak kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Terakhir ada bahan minyak kelapa yang juga dapat Anda gunakan sebagai obat panu paling ampuh. Minyak kelapa ini sejak dahulu memang sudah terkenal dengan segudang manfaatnya untuk dunia kecantikan. Tidak hanya mampu melembabkan kulit saja, kandungan asam lemak pada minyak kelapa juga berguna untuk menyembuhkan jamur pada kulit.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi jamur pada kulit cukup mudah, yaitu dengan menggosokkan perlahan minyak pada area yang terdapat panu dan biarkan mengering. Anda bisa menggunakan bantuan kapas atau langsung dengan tangan kosong untuk mengaplikasikan minyak kelapa ini. Untuk hasil terbaik, lakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari.

Panu yang disebabkan oleh jamur merupakan kelainan pada kulit yang ditandai dengan munculnya bercak putih di area kulit tubuh. Keberadaan dari panu memang tidak menyenangkan, yang membuat semua orang tentu ingin segera menghilangkannya. Dengan berbagai obat panu yang paling ampuh di atas, kini Anda bisa segera mengatasi masalah kulit satu ini. Terlebih deretan obat tersebut bisa dengan mudah ditemukan dalam keseharian.