10 Cara Merawat Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Merawat Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang banyak dihadapi hampir semua orang. Bukan hanya orang tua saja, namun orang dewasa dan remaja pun mengalami masalah ini. Ketahui cara mudah merawat rambut rontok berlebihan dengan bahan alami.

Penampilan yang sempurna tidak hanya bergantung pada wajah yang bersih, tetapi juga melibatkan rambut yang kuat dan sehat. Sayangnya, kondisi rambut yang rontok terkadang dianggap hal yang biasa. Padahal masalah tersebut bisa saja mengakibatkan kebotakan dini bila berlebihan. Agar tidak terjadi masalah berkelanjutan, Anda bisa melakukan cara perawatan rambut rontok di rumah dengan menggunakan bahan alami. Simak ulasannya berikut.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang pertama yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman satu ini bisa membantu Anda mengatasi masalah rambut ini, dengan cara menyeimbangkan tingkat pH rambut serta kulit kepala. Kandungan gel lidah buaya yang telah diaplikasikan dan merembes ke kulit kepala, juga mampu memicu pertumbuhan rambut baru.

Pertama potong satu tangkai lidah buaya dan bersihkan durinya. Potong potong lidah buaya ke dalam beberapa bagian, dan belah secara vertikal. Anda bisa meremas pulpa dari lidah buaya tersebut, lalu pijat secara perlahan pada kulit kepala selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas rambut menggunakan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam satu minggu, maka Anda bisa melihat perubahan pada rambut Anda.

2. Masker Alpukat

Masker Alpukat
Image Credit: Sehatq.com

Alpukat dikenal sebagai buah super, karena khasiatnya begitu banyak. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi buah satu ini juga berguna untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Buah alpukat memiliki banyak kandungan protein alami yang sangat dibutuhkan oleh rambut, sehingga bisa tumbuh subur dan sehat. Jadi Anda bisa memanfaatkan buah ini sebagai masker rambut.

Membuat masker alpukat pun cukup mudah, pertama keluarkan daging buahnya lalu haluskan hingga lembut. Kemudian campurkan buah alpukat yang sudah halus dengan setengah sendok teh madu. Aduk aduk hingga keduanya tercampur dengan rata, selanjutnya oleskan pada rambut dengan menggunakan kuas. Diamkan dan tunggu hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.

3. Minyak Jojoba

Minyak Jojoba
Image Credit: Klikdokter.com

Perawatan rambut rontok selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak jojoba. Pada umumnya, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa minyak jojoba ini berguna sebagai minyak pijat. Meski benar adanya, namun khasiat dari minyak alami satu ini tidak hanya sampai disitu saja. Melainkan masih banyak manfaat lainnya, dimana salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah rambut yang mengganggu ini.

BACA:  10 Cara Mudah Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Minyak yang berasal dari tanaman bernama zizyphus jujube ini bisa merangsang sel serta hormon pertumbuhan pada rambut, sehingga membuat rambut dapat tumbuh lebih tebal dan cepat. Anda hanya perlu menuangkan sedikit minyak jojoba di rambut, kemudian pijat sedikit ke kulit kepala. Dengan perawatan yang rutin, rambut Anda pun niscaya akan tumbuh lebih cepat, sehat, kuat, dan panjang.

4. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Selain minyak jojoba, minyak kelapa juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok yang berlebihan. Minyak satu ini bahkan sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu bahan untuk merawat rambut. Orang zaman dulu bahkan sering menggunakannya sebagai pengganti shampo dalam merawat rambut mereka. Anda bisa mengaplikasikan minyak ini sebelum dan sesudah keramas, tergantung dengan kondisi kulit kepala.

Apabila kondisi kulit kepala sedang dalam keadaan berminyak, maka pijatkan minyak kelapa pada saat beberapa jam sebelum keramas. Namun jika kulit kepala serta rambut sedang dalam keadaan kering keringnya, maka Anda bisa menjadikan minyak kelapa organik ini sebagai minyak rambut tanpa harus dibilas. Tidak hanya berfungsi untuk mengurangi kerontokan rambut, minyak kelapa ini juga membuat rambut Anda lebih berkilau dan lebih cepat panjang.

5. Masker Jambu Biji

Jambu Biji
Image Credit: Okezone.com

Masker jambu biji mungkin masih belum terlalu terkenal atau familiar di kalangan masyarakat. Umumnya kebanyakan orang hanya mengetahui buah ini untuk dimakan atau dijadikan jus saja, padahal jambu biji yang kaya akan vitamin C juga sering dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat obat atau serum kecantikan. Terlebih lagi jambu biji juga kaya akan vitamin B kompleks, mulai dari vitamin B3, B5, dan B6.

Kandungan kandungan vitamin tersebut berfungsi sebagai nutrisi untuk perbaikan rambut yang kering dan patah patah. Tidak hanya itu saja, vitamin B6 juga mampu membersihkan permukaan kulit kepala dari segala macam kotoran yang menempel seperti keringat, debu, dan ketombe yang berlebihan. Sehingga kulit kepala Anda bisa menjadi lebih bersih, dan rambut pun menjadi lebih sehat.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan masker jambu biji juga tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu siapkan satu buah jambu biji, kemudian hancurkan hingga lembut. Selanjutnya campur dengan satu putih telur dan aduk hingga masker terlihat kental. Oleskan masker pada rambut dengan menggunakan kuas, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 hingga 40 menit, lalu bersihkan dengan shampo agar tidak lengket.

6. Masker Yogurt

Masker Yoghurt
Image Credit: Kawaiibeautyjapan.com

Selain sebagai minuman atau makanan favorit banyak orang, yogurt ternyata juga dimanfaatkan dan disulap menjadi solusi perawatan rambut. Mengingat bahwa salah satu faktor yang membuat rambut rontok adalah kurangnya asupan gizi, sehingga kulit kepala dan akar rambut menjadi kering kerontang. Bahan yogurt ini bisa Anda gunakan sebagai alat untuk mengembalikan kelembutan rambut.

BACA:  Make-Up Natural, Ketahui Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Pertama siapkan yogurt plain, lalu tambahkan sedikit madu jika perlu sebelum dioleskan pada rambut. Aplikasikan secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut Anda, dan diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga yogurt meresap dengan sempurna. Lalu bilas menggunakan air yang hangat hingga rambut bersih. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Masker Putih Telur

Masker Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Telur rasanya selalu bisa ditemukan di setiap rumah masyarakat. Salah satu bahan makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Dimana putih telur bahkan sudah santer terdengar kiprahnya di dunia kecantikan. Tidak hanya baik bagi keremajaan wajah saja, putih telur juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan rambut Anda. Senyawa sulfur yang terkandung di dalam putih telur, mampu mengontrol sebum serta mengurangi kerontokan rambut yang berlebih.

Merawat rambut dengan bahan alami sangat mudah, yaitu pertama siapkan satu buah telur. Lalu pisahkan kuning telur dan putihnya, aplikasikan putih telur pada rambut dengan menggunakan kuas masker hingga ke bagian ubun ubun. Tunggu hingga masker kering, kemudian bilas menggunakan air hangat. Agar rambut tidak berbau amis, Anda bisa langsung mencucinya dengan shampo yang berbau harum.

8. Kentang

Kentang
Image Credit: Detik.com

Satu lagi bahan dapur yang tidak hanya lezat untuk dimakan, namun juga berguna untuk mengatasi masalah rambut rontok yang berlebihan yaitu kentang. Bahan makanan ini bisa membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Kentang juga mudah untuk ditemukan, jadi cara satu ini tentunya tidak akan memberatkan Anda. Selain itu cara pengaplikasiaannya juga sangat mudah dan tidak rumit.

Pertama siapkan satu buah kentang dan kupas kulitnya, lalu haluskan serta peras kentang hingga keluar airnya. Kumpulkan air jus kentang dan tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus tersebut, selanjutnya oles sebagai masker rambut. Biarkan rambut mengering kurang lebih selama 15 menit, baru kemudian Anda bilas dengan menggunakan shampo. Lakukan perawatan selama satu kali dalam seminggu agar masker kentang ini membuahkan hasil maksimal.

9. Minyak Rosemary

Minyak Rosemary
Image Credit: Grid.id

Rosemary merupakan salah satu minyak esensial yang menurut penelitian, diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan rambut serta mengurangi rambut rontok. Sebab minyak satu ini memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan tersebut bisa digunakan untuk menumbuhkan dan mencegah kerontokan yang berlebih. Selain itu, minyak rosemary juga bisa melancarkan sirkulasi, yang bisa mencegah folikel rambut kekurangan pasokan darah.

BACA:  Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah yang Perlu Diwaspadai

Sebuah penelitian lain mengatakan bahwa minyak rosemary dapat memberikan manfaat pada jaringan saraf. Dimana kandungan asam karnatnya bisa menyembuhkan jaringan serta saraf yang rusak. Kemampuan ini bisa meremajakan saraf pada kulit kepala, dan mengembalikan pertumbuhan rambut. Selain itu dengan menggunakan minyak satu ini, ketombe serta kulit kepala yang gatal juga bisa dicegah.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan minyak rosemary yaitu campurkan beberapa tetes rosemary ke dalam carrier oil seperti minyak kelapa atau jojoba. Kemudian pijatkan ke rambut serta kulit kepala Anda dengan lembut saat mandi. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes rosemary langsung ke dalam shampo atau kondisioner, lalu bilas hingga bersih. Penting untuk tidak menggunakan rosemary langsung tanpa dicampur, karena efeknya lebih keras.

10. Neem

Neem
Image Credit: Medicalnewstoday.com

Daun neem merupakan salah satu tanaman yang berasal dari India, dan banyak digunakan sebagai obat. Daun ini juga sudah sejak lama dijadikan sebagai obat herbal, dan bisa juga berguna untuk merawat kesehatan serta kecantikan dari kulit dan rambut. Orang India sendiri sudah banyak menggunakan daun ini sebagai bahan untuk merawat rambut mereka, tidak heran bila banyak orang India yang memiliki rambut hitam panjang yang berkilau.

Kandungan asam lemak yang tinggi di dalam neem sangat berguna bagi kesehatan kulit kepala. Sehingga terhindar dari kelebihan sebum atau minyak, yang bisa memicu kerontokan rambut berlebih. Tak hanya itu saja, kelebihan minyak di kulit kepala juga bisa menyumbat pori pori yang kemudian bisa meningkatkan kerusakan dan peradangan pada akar rambut. Membilas kulit kepala dengan air neem ini bisa membantu membersihkan pori pori yang tersumbat.

Selain memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan rambut, neem juga bisa berguna bagi Anda yang memiliki masalah kutu rambut maupun ketombe. Para ahli meyakini bahwa neem kaya akan komponen aktif azadirachtin yang bisa mengganggu siklus hidup serangga. Anda bisa menggunakan daun neem ini dengan cara merebus daun neem hingga airnya berubah warna. Gunakan air rebusan untuk mencuci setiap helai rambut hingga bersih.

Berbagai perawatan rambut rontok dengan bahan alami ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, jadi lebih praktis dan mudah untuk diaplikasikan. Selain itu beberapa bahan alami tersebut bahkan merupakan bahan bahan dapur, yang begitu sering Anda jumpai sehari hari. Namun ingat untuk selalu rutin mengaplikasikannya, agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga rambut rontok berlebihan tidak terjadi lagi, rambut pun menjadi lebih kuat dan sehat.