10 Cara Menghilangkan Panu di Wajah & Badan Sampai ke Akarnya

Menghilangkan Panu Wajah Badan

Panu, jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri berupa jamur. Kehadirannya sungguh mengganggu, terlebih tampilannya yang menimbulkan bercak dan disertai rasa gatal. Jangan khawatir, inilah cara menghilangkan panu di wajah dan badan sampai ke akar-akarnya.

Kulit termasuk bagian tubuh yang sensitif, tak heran jika bagian ini sering dihinggapi oleh penyakit. Umumnya penyakit kulit yang sering muncul adalah Panu. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menginfeksi kulit. Tidak perlu khawatir, infeksi ini dapat diobati dengan bahan alami. Berikut beberapa cara menghilangkan panu di wajah dan badan yang ampuh sampai ke akarnya.

1. Kunyit

Kunyit
Image Credit: Alodokter.com

Kunyit merupakan salah satu ramuan khas leluhur pada zaman dahulu untuk membantu mengatasi panu. Rempah-rempah ini mudah ditemukan di Indonesia karena memang merupakan Rempah khas Asia Tenggara. Kunyit terkenal di masyarakat sebagai bumbu masakan maupun jamu. Tidak hanya itu, kunyit ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit.

Kunyit dapat mengobati panu yang ada di badan, panu putih maupun panu coklat. Ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan, volatile, dan curcumin di dalamnya. Manfaat antioksidan sendiri yang banyak orang ketahui yaitu berguna untuk menetralkan radikal bebas, sedangkan minyak volatile dan curcumin berguna untuk membasmi jamur.

Jika Anda ingin mengobati panu yang ada di kulit tetapi mempunyai alergi terhadap obat-obatan kimia, atau sekedar ingin merawat kulit agar sehat, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan rempah kunyit. Karena kunyit mempunyai sifat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan pada kulit akibat infeksi jamur panu.

Untuk membuat obat dari rempah kunyit ternyata cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa ruas kunyit. Kupas dan cuci bersih kunyit lalu selanjutnya parut kunyit sampai halus. Usapkan parutan kunyit pada bagian yang terinfeksi jamur atau panu dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu lap menggunakan air hangat dan lakukan secara rutin agar panu hilang.

2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Image Credit: Suara.com

Cara selanjutnya untuk menghilangkan panu di kulit sampai ke akarnya yaitu bisa dilakukan dengan jeruk nipis. Jeruk nipis mengandung senyawa vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat yang ada pada tubuh.

Kandungan asam sitrat yang ada juga membuat jeruk nipis sebagai antibakteri dan antijamur handal. Dan yang tidak kalah penting yaitu kandungan vitamin C, senyawa ini merupakan antioksidan paling kuat dan keras yang terkandung dalam jeruk nipis. Kandungan ini dipercaya mampu memerangi jamur dan bakteri yang membandel pada kulit serta sekaligus membuat kulit cerah dan kencang.

Metode yang satu ini terkenal ampuh untuk memerangi panu karena sudah dipraktekkan sejak zaman dahulu dan terbukti berhasil. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda cukup menyediakan jeruk nipis dan bubuk belerang yang bisa ditemukan di toko obat atau langsung dari sumbernya. Lalu campurkan jeruk nipis dengan bubuk belerang.

Belerang sendiri diketahui mempunyai kandungan zat keratolitik yang dapat mematikan kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Setelah itu campurkan satu sendok air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan bubuk belerang hingga seperti pasta. Oleskan ke panu yang terdapat pada kulit. Lalu diamkan sampai mengering dan bersihkan dengan air hangat.

BACA:  Cara Membuat Masker Kunyit Untuk Perawatan Kulit

3. Lengkuas

Lengkuas
Image Credit: Sehatq.com

Tak hanya berguna sebagai bumbu penyedap masakan, bahan alami satu ini terkenal dengan berbagai khasiat dan kandungan. Bumbu ini adalah lengkuas, memiliki sejuta kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kandungan berupa zat besi, yodium, sodium, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, galagin, vitamin A dan C, serta masih banyak lainnya.

Menurut beberapa pakar ahli asal Korea, mengatakan bahwa semua kandungan yang ada di dalam lengkuas mampu menghambat beberapa kuman infeksi. Layaknya oksida nitrat dan produksi lipopolisakarida, yang mana merupakan senyawa aktif penyebab panu. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan lengkuas menjadi bahan alami, guna menghilangkan panu di kulit.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan, bila ingin menggunakan lengkuas sebagai obat panu. Langsung mengusapkannya atau mencampurkannya terlebih dahulu dengan garam. Cara pertama adalah siapkan lengkuas yang masih segar kemudian cuci dan potonglah sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya usapkan langsung pada kulit yang sedang terkena infeksi panu.

Untuk cara yang pertama, lakukanlah dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Umumnya pengobatan ini dilakukan sebanyak dua kali sehari saja. Seperti yang diketahui, bahwa senyawa amilum, kuersetin, dan flavonoid yang ada pada lengkuas dianggap ampuh dalam membasmi infeksi jamur penyebab panu.

Selain itu, ada cara selanjutnya yakni dengan mencampurkan lengkuas dan garam. Anda dapat menggunakan satu buah lengkuas kemudian memotongnya, sampai bagian dalam dagingnya terlihat. Setelah itu, haluskan lengkuas yang telah dibersihkan. Jika sudah halus maka campurkan dengan satu sendok teh garam.

Apabila campuran sudah siap, maka langsung saja oleskan pada infeksi jamur di kulit Anda. Jangan lupa untuk mendiamkannya selama kurang lebih 30 menit. Pastikan untuk membasuh atau membilasnya menggunakan air hangat. Cara ini dianggap ampuh untuk mengatasi panu, cobalah untuk melakukan selama 3 hari berturut turut hingga panu di kulit Anda hilang.

4. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh
Image Credit: Merdeka.com

Tak hanya lengkuas, ada beberapa bahan makanan lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat penghilang panu. Yakni belimbing wuluh, dianggap dapat mengobati panu yang berada di kulit wajah. Buah ini memiliki kandungan berupa glukosid, tanin, asam format, saponin, kalsium oksalat, sulfur, peroksida, dan kalium sitrat. Secara umum, belimbing wuluh ini mempunyai sifat anti jamur.

Sifat anti jamur yang dimiliki oleh belimbing wuluh, dianggap dapat membunuh jamur dan juga mampu menghambat pertumbuhan jamur sejak kecil. Untuk membuatnya menjadi obat panu, maka perlu dibuat suatu ramuan terlebih dahulu. Dalam pembuatan ramuannya, dapat dicampurkan dengan bahan lain atau bahkan hanya menggunakan belimbing wuluh saja.

Untuk cara yang pertama adalah mengoleskan langsung belimbing wuluh kepada bagian kulit. Siapkan 1 buah belimbing wuluh utuh, kemudian potonglah menjadi beberapa bagian atau sekitar 4 bagian saja. Setelah itu, usapkan belimbing wuluh pada bagian yang sudah terinfeksi jamur. Tunggulah kurang lebih 5 menit sampai belimbing wuluh tersebut mengering.

Sedangkan pada cara yang kedua, Anda dapat mencampurkan belimbing wuluh dengan campuran kapur sirih. Untuk caranya yaitu siapkan 1 sampai 2 buah belimbing wuluh yang pastinya sudah dicuci terlebih dahulu. Kemudian tumbuk hingga halus dan langsung tambahkan campuran kapur sirih. Aduklah ramuan tersebut hingga rata dan balurkan di permukaan kulit yang terkena infeksi jamur.

Jangan langsung dibilas, biarkan terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat. Hal ini dimaksudkan agar kandungannya yang ada di dalamnya mampu membunuh jamur jamur pada kulit Anda. Lakukanlah sesering mungkin dan usahakan untuk rutin membuat ramuan ini. Dikarenakan buah satu ini dipercaya mampu menghambat pertumbuhan jamur di kulit.

BACA:  10 Obat Panu Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan

5. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Credit: Herstory.co.id

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur, adalah cuka apel. Seperti yang diketahui bahwa, cuka apel adalah sebuah obat herbal serbaguna yang mana dapat memberikan berbagai efek positif bagi kesehatan. Cuka apel ini sendiri merupakan minuman atau cairan yang berasal dari apel yang dilumatkan kemudian diperas dan ditambahkan berupa ragi atau alkohol.

Pada cuka apel sendiri, memiliki suatu kandungan yang berguna menjadi anti mikroba. Senyawa kandungan ini berguna untuk membantu kulit mengontrol pertumbuhan jamur. Banyak orang yang menyarankan bahwa cuka apel dapat menjadi obat ampuh dalam mengatasi infeksi jamur seperti panu. Bila akan menggunakannya, campurkan 1 sdm cuka apel dan 1 sdm air hangat.

Selanjutnya campurkan kedua cairan tersebut, apabila sudah maka ambilah kapas. Teteskan cairan tersebut pada kapas dan langsung tempelkan pada kulit yang sudah terinfeksi jamur. Kemudian tunggu kurang lebih 15 menit dan jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar panu yang ada di kulit Anda cepat menghilang.

6. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Tea tree oil atau yang biasa disebut dengan minyak tea tree dapat berfungsi sebagai antiseptik, itu mengapa minyak ini bisa digunakan untuk obat panu alami. Minyak ini diambil dari pohon teh atau melaleuca, daunnya memang sering diolah dijadikan obat berbagai macam penyakit kulit, terutama luka. Kandungan antiseptiknya mampu memberantas virus, jamur, dan bakteri.

Anda bisa mengobati panu dengan minyak ini dengan cara sebagai berikut. Pertama campurkan 5 tetes tea tree oil, 1 sendok teh minyak kelapa, 5 tetes minyak lavender dan aduk merata. Usapkan campuran tersebut menggunakan kapas pada panu. Agar hasilnya lebih maksimal dan cepat, Anda juga bisa menambahkan minyak oregano ke campuran tersebut.

7. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Credit: Kompas.com

Bawang putih juga dapat menjadi bahan alami yang digunakan sebagai obat menghilangkan panu di wajah dan di badan sampai ke akarnya. Obat panu yang terkenal ampuh dan membuat panu cepat hilang ini memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Kandungan antibakteri dalam bawang putih ampuh bekerja melawan infeksi jamur kulit penyebab panu.

Namun, untuk bumbu dapur yang satu ini Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya di wajah. Karena, sifat panas yang dihasilkan sari bawang putih bila digunakan terlalu banyak bisa saja membakar kulit, akibatnya kulit akan kering dan mengelupas. Mengingat kulit wajah memang sedikit lebih sensitif jika dibanding dengan kulit bagian tubuh lainnya.

Anda dapat menyimak cara mengobati panu di wajah menggunakan bawang putih seperti berikut. Pertama Anda harus menyiapkan satu siung bawang putih dan haluskan. Setelah itu oleskan sari bawang putih yang sudah halus tersebut menggunakan jari pada area wajah yang berpanu. Diamkan sekitar 15 sampai 20 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Jika Anda menggunakannya pada bagian kulit selain wajah, Anda bisa mengikuti cara yang kedua ini. Cukup potong satu siung bawang putih menjadi 2 bagian kemudian gosok-gosokkan langsung pada kulit yang terkena panu hingga sedikit memerah dan terasa perih. Anda bisa mengulangi cara ini hingga dua kali lalu diamkan agar bakteri dan jamur mati dengan sendirinya.

8. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Minyak yang satu ini ternyata mempunyai manfaat yang tidak terduga. Minyak kelapa dapat membantu mengatasi panu yang ada di wajah maupun badan. Selain itu juga bermanfaat mengatasi masalah kulit lainnya seperti mengurangi jerawat, membersihkan dan mengencangkan kulit hingga mencegah penuaan dini.

BACA:  Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami dan Aman

Kaya akan kandungan antibakteri, minyak kelapa mampu menghambat dan mencegah pertumbuhan jamur yang bisa menyebar di sekitar permukaan kulit lainnya. Selain itu, di dalam minyak kelapa terdapat asam laurat. Zat ini merupakan zat anti jamur dan antimikroba yang mencegah jamur tumbuh pada permukaan kulit.

Adanya asam lemak rantai menengah ini juga bagus untuk mengobati jamur karena merupakan fungisida alami. Tidak hanya itu saja, minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab alami untuk kulit. Jadi tidak hanya menyembuhkan jamur yang menyebabkan panu, namun juga bisa menutrisi kulit Anda dan menjadikannya lebih kenyal.

Lalu, bagaimana cara mengobati panu dengan menggunakan minyak kelapa? Pada permukaan kulit yang terkena panu, Anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga mengering. Anda bisa melakukan cara ini dengan rutin setiap harinya karena tidak ada efek samping yang ditimbulkan meski dipakai setiap hari.

9. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Tidak hanya bagus untuk perawatan rambut saja, ternyata lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah maupun badan. Lidah buaya memiliki kandungan sifat anti-inflamasi dan anti jamur yang sangat ampuh untuk mengatasi panu. Kandungan ini dapat menghambat pertumbuhan jamur yang akan menyebar di sekitar permukaan kulit lainnya.

Lidah buaya juga mengandung nutrisi dan senyawa aktif seperti enzim, vitamin, asam amino, dan asam salisilat yang baik untuk mengobati panu. Ditunjukkan dalam sebuah penelitian, bahwa lidah buaya efektif mengobati bermacam-macam kondisi kulit, dan seperti mampu melembabkan kulit yang bersisik dan kering.

Anda dapat menggunakannya dengan mudah, oleskan saja langsung gel lidah buaya murni ke kulit yang berpanu. Cara lainnya, Anda dapat menggunakan lidah buaya yang masih segar. Haluskan daging lidah buaya dan oleskan gelnya pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur panu. Tunggu kira-kira 10 menit dan bilas sampai bersih menggunakan air panas. Lakukan dua minggu sekali agar kulit berpanu segera pulih.

10. Yoghurt

Yoghurt
Image Credit: Sehatq.com

Obat panu alami yang terakhir adalah yogurt. Untuk menghilangkan panu yang ada di wajah dan badan Anda dapat menggunakan yogurt. Yogurt dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan kandungan probiotiknya. Probiotik sendiri adalah senyawa yang diperlukan untuk mematikan kuman dan bakteri jahat pada kulit, serta menghentikan pertumbuhan jamur penyebab penyakit panu.

Pastikan yogurt yang Anda pilih untuk diolah menjadi obat panu adalah yogurt original atau yang berjenis plain atau greek. Pasalnya, yogurt yang tidak berasa atau yang tidak mengandung pemanis dilengkapi dengan probiotik yang sangat tinggi. Sehingga, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan cara yang satu ini.

Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan yogurt sebagai obat jamur. Yang pertama, Anda perlu memilih yogurt yang original di toko atau supermarket terdekat. Simpan yogurt di dalam lemari pendingin dalam beberapa menit sampai berubah menjadi dingin. Selanjutnya, oleskan yogurt pada panu dan diamkan hingga sekitar setengah jam. Terakhir bilas menggunakan air hangat.

Itulah cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan panu yang ada di wajah dan badan. Jika panu yang Anda alami berada dalam tingkat ringan, mungkin mengobatinya dengan bahan obat-obatan herbal seperti di atas bisa dilakukan. Untuk mendapatkan manfaat ini dengan maksimal, Anda juga harus rutin untuk melakukannya. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit Anda.