15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Mudah Dilakukan

15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Mudah Dilakukan

Komedo yang terdiri dari komedo hitam dan putih bisa Anda hilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Ketahui cara menghilangkan komedo secara alami dengan mudah.

Tak jarang komedo membuat penampilan seseorang menjadi tidak percaya diri. Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah satu ini. Diantaranya adalah sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit ataupun kulit yang terlalu kering. Untuk mengatasi masalah ini, berikut cara menghilangkannya secara alami yang bisa Anda coba.

1. Memakai Putih Telur

Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Selain enak dikonsumsi ataupun dibuat bahan kue, putih telur juga menjadi salah satu cara alami yang biasa dipakai untuk mengatasi komedo. Hal ini dikarenakan bahan satu ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit yang umumnya terjadi pada wajah ini.

Selain mampu untuk membuat wajah menjadi terasa lebih kenyal, ternyata putih telur juga bisa Anda gunakan untuk mengecilkan pori pori pada kulit wajah. Dengan pori pori yang mengecil tersebut, maka kotoran dari luar wajah nantinya tidak akan bisa untuk menumpuk pada kulit.

Sehingga, hal tersebut tidak akan mampu untuk menyebabkan timbulnya komedo. Kandungan yang terdapat di dalam putih telur yakni sumber mikronutrien dan juga protein akan membuat kulit menjadi lebih terlindungi dari masalah kulit satu ini. Ditambah lagi, Anda juga akan lebih mudah untuk menemukan bahan satu ini ketika berada di rumah.

Untuk cara menggunakannya pun tidak sulit. Anda bisa memakai masker yang terbuat dari putih telur. Caranya adalah Anda hanya perlu menyiapkan sekitar satu butir telur. Kemudian, pisahkan bagian putih dan kuning telurnya. Letakkan putih telur dalam satu wadah dan kamu bisa mengocoknya.

Selain itu, untuk Anda yang ingin menghindari bau amis yang ditimbulkan oleh putih telur, maka Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Tambahkan sekitar 1 sendok makan air perasan dari jeruk nipis atau lemon. Kemudian, oleskan pada area wajah yang memiliki komedo. Tunggulah selama beberapa saat dan bilas menggunakan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Bahan alami satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Sebab, lidah buaya memang terkenal sebagai bahan untuk membuat kulit nampak lebih halus dan lembut. Tak mengherankan banyak produk kecantikan yang menggunakan gel lidah buaya sebagai bahan utama untuk skincare.

Ketika Anda menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bentuk perawatan untuk mengatasi masalah komedo, maka Anda pun bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Sebab, selain membersihkan komedo yang ada di wajah, maka kulit pun juga akan menjadi lebih cerah.

Tak hanya itu saja, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengecilkan pori pori pada wajah sehingga akan mencegah timbulnya komedo. Wajah pun akan menjadi lebih segar ketika Anda rutin menggunakan bahan alami satu ini. Di samping itu, lidah buaya juga mudah untuk ditemukan.

Untuk cara menggunakannya, maka Anda bisa memetik daun lidah buaya secukupnya saja. Kemudian, ambillah gel yang ada di tengah tanaman tersebut. Lalu, oleskan secara perlahan dan merata pada bagian kulit yang mengalami komedo. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu Anda pun bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Lakukan cara ini setiap hari dan rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga, nantinya kulit wajah Anda yang mengalami komedo akan berangsur angsur menghilang. Ditambah lagi dengan lidah buaya akan membantu mengecilkan pori pori pada wajah. Dengan begitu, komedo pun tidak akan kembali lagi.

3. Kacang Kedelai

Kacang Kedelai
Image Credit: Istockphoto.com

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang kacangan yang terkenal akan kandungannya yang kaya protein. Selain itu, kacang kedelai sendiri juga mengandung berbagai macam vitamin. Mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks hingga vitamin E.

Bahkan kandungan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti fosfor, kalsium, zat besi dan magnesium pun bisa Anda temukan di kacang satu ini. Selain itu, kacang kedelai sendiri memiliki fungsi sebagai antioksidan yang sering kali dipakai untuk mencegah penuaan dini pada kulit.

Untuk itu, Anda pun bisa memakai masker kacang kedelai dengan rutin setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan nantinya wajah Anda akan menjadi lebih cerah dan juga bebas dari minyak. Tentu saja, nantinya akan membuat wajah Anda terbebas dari komedo yang membuat berkurangnya rasa percaya diri.

Bagi Anda yang ingin mencoba masker satu ini, maka langkah langkahnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk merendam kacang kedelai di dalam air dalam waktu selama satu hari penuh. Kemudian, kacang kedelai yang tadinya telah direndam tersebut bisa Anda bersihkan dan juga di blender sampai menjadi halus.

Ketika Anda memblendernya, maka usahakan untuk tidak menggunakan air. Setelah selesai dan memiliki tekstur seperti masker, Anda pun bisa mengoleskannya pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Lalu, diamkan selama dalam waktu setengah jam dan bilaslah dengan memakai air hangat sesudahnya.

4. Tomat

Tomat
Image Credit: Alodokter.com

Selain kaya akan vitamin, tomat ternyata juga bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi masalah komedo yang membandel. Hal ini dikarenakan pada tomat memiliki kandungan yakni senyawa antioksidan yakni lycopene. Senyawa tersebut memang terbukti mampu untuk menangkal adanya radikal bebas.

Sehingga sel kulit pun tidak akan menumpuk pada wajah. Hal ini tentu saja akan membuat komedo tidak akan muncul kembali. Tak hanya itu saja, tomat juga bisa menjadi salah satu sunscreen alami yang bisa Anda gunakan. Pasalnya, tomat mampu untuk mengurangi kerusakan kulit yang ditimbulkan akibat sinar UV.

Untuk Anda yang ingin menggunakan tomat sebagai cara untuk menghilangkan komedo, maka Anda bisa mengikuti beberapa tahapan dan langkah langkahnya. Pertama, ambil sekitar satu buah tomat dan tumbuklah tomat tersebut hingga menjadi halus dan berbentuk seperti masker.

Kemudian, Anda bisa mengoleskannya pada wajah secara merata. Terutama pada area yang mengalami komedo. Setelah itu, diamkan beberapa saat atau sekitar 30 menitan. Lalu, Anda pun bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Gunakan bahan satu ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Pepaya

Pepaya
Image Credit: Halodoc.com

Dengan adanya enzim papain yang terdapat di dalam buah pepaya, ternyata mampu untuk membuat kulit menjadi diregenerasi. Selain itu, buah satu ini juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E. Kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang akan membantu untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit Anda.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang menderita komedo parah maka tak ada salahnya untuk menghilangkannya dengan memakai buah pepaya. Hal tersebut dikarenakan buah pepaya akan mampu membersihkan kulit yang mati serta kotoran yang ada di wajah. Tentu saja, akan sangat bisa untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah Anda.

Tak hanya itu saja, pepaya juga dapat digunakan untuk menjadi sunscreen alami untuk kulit wajah yang Anda miliki. Untuk mengatasi komedo secara alami dengan menggunakan cara satu ini, maka Anda hanya perlu untuk menyiapkan sekitar satu buah pepaya dengan ukuran yang kecil.

Kemudian, potonglah pepaya menjadi bagian yang kecil kecil. Llalu, Anda pun bisa menghaluskan dan menghancurkannya hingga menjadi lembut. Selanjutnya, gunakan buah satu ini sebagai masker dan diamkan selama waktu 30 menit. Bilaslah dengan menggunakan air bersih. Dengan menggunakan buah satu ini akan berfungsi untuk membantu mengecilkan pori pori pada wajah Anda.

6. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
Image Credit: Liputan6.com

Siapa sangka kulit jeruk yang biasanya Anda buang begitu saja dapat menjadi cara untuk menghilangkan komedo. Hal ini dikarenakan kulit jeruk ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buahnya. Untuk itu, apabila Anda sedang mengalami komedo dan kebetulan mengkonsumsi jeruk, maka lebih baik Anda jangan membuang kulitnya.

Sebab, kulit jeruk dapat dimanfaatkan untuk sebagai masker wajah yang dapat berfungsi sebagai masker untuk mengecilkan pori pori pada kulit wajah. Untuk cara penggunaannya sendiri pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk menjemur kulit jeruk tersebut hingga benar benar menjadi sangat kering.

Kemudian, setelah kering Anda bisa menumbuk kulit jeruk tersebut hingga menjadi halus. Selanjutnya, campurlah kulit jeruk tersebut dengan air hingga nantinya berbentuk seperti pasta dan siap digunakan sebagai masker. Lalu, Anda pun bisa mengoleskannya pada wajah atau area kulit yang mengalami komedo.

Setelah mengoleskan masker tersebut secara merata, selanjutnya diamkan dalam waktu sekitar 30 menit. Lalu bilaslah dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Dengan adanya kadar antioksidan yang terdapat pada jeruk akan membantu kulit dalam memperbaiki kerusakan dan juga membersihkan pori pori pada kulit wajah Anda.

7. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Image Credit: Suara.com

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan masalah komedo di wajah adalah dengan memakai jeruk nipis. Jeruk nipis dikenal karena memiliki banyak kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya. Dengan adanya zat tersebut akan membuat kulit menjadi tidak berjerawat.

Selain itu, kandungan antioksidan akan senantiasa membuat minyak berlebih yang ada di wajah menjadi berkurang. Ditambah lagi, dengan menggunakan jeruk nipis juga kan mampu membuat wajah menjadi lebih cerah dan mampu untuk mengangkat sel kulit mati. Karena dapat berfungsi mengangkat sel kulit mati, maka jeruk nipis memiliki khasiat untuk hilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan menggunakan jeruk nipis adalah Anda bisa menyiapkan 1 buah jeruk nipis dan peraslah hingga keluar sari sari airnya. Kemudian, oleskan perasan jeruk nipis tersebut pada wajah yang berkomedo. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas hingga bersih.

8. Lemon

Lemon
Image Credit: Newhope.com

Ada pula cara lain yang bisa Anda coba untuk hilangkan komedo di wajah dengan mudah, yakni dengan memakai lemon. Cara satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam yang ada di wajah Anda. Hal ini dikarenakan dalam lemon terdiri dari kandungan vitamin C.

Tak hanya itu saja, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi. Yang mana kandungan tersebut akan mampu untuk menangkal adanya radikal bebas yang ada di dalam kulit. Untuk Anda yang ingin menggunakan cara ini pun cukup mudah. Hal yang Anda perlukan hanyalah satu buah lemon.

Setelah itu, Anda bisa memeras lemon tersebut dan mengoleskan air perasan lemon tersebut pada area wajah yang memiliki komedo. Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan air bersih. Jika Anda rutin menggunakan cara satu ini, maka bisa dipastikan komedo yang ada pada wajah Anda akan menghilang.

9. Kopi dan Gula

Campuran Kopi dan Gula
Image Credit: Beautynesia.id

Selain digunakan sebagai minuman, ternyata perpaduan kopi dan gula juga bisa Anda jadikan scrub untuk menghilangkan komedo di wajah. Gula yang dikenal sebagai pemanis ini ternyata jika dipadukan dengan kopi akan mampu mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada wajah.

Dengan begitu, dua bahan alami yang bisa dengan mudah untuk Anda temukan di rumah ini akan membuat wajah menjadi halus dan bersih. Dan tentu saja Anda pun akan bisa terbebas dari komedo yang membuat tidak percaya diri. Bagi Anda yang ingin menggunakan bahan satu ini untuk mengatasi komedo, tentu saja sangatlah mudah.

Pertama, Anda bisa membuat pasta yang terdiri dari 2 sendok makan bubuk kopi yang telah dilarutkan dengan air. Kemudian, tambahkan sekitar 1 sendok makan gula pasir. Ketika Anda ingin mengaplikasikan scrub tersebut pada wajah Anda yang berkomedo, maka pastikan untuk mencuci muka terlebih dahulu.

Barulah Anda bisa menggosokkan scrub tersebut secara merata pada wajah Anda. kemudian, gerakan dengan cara menggosok wajah perlahan selama kurang lebih satu menit. Cara ini dapat berguna untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Selanjutnya, bilaslah dengan menggunakan air bersih.

10. Pasta Gigi

Pasta Gigi
Image Credit: Bisnis.com

Dengan adanya fluoride dan juga mineral yang terdapat di dalam pasta gigi, membuat bahan yang mudah Anda temui di rumah ini juga cocok digunakan untuk menghilangkan komedo secara alami. Pasalnya, kedua senyawa yang terkandung di dalam pasta gigi dapat menghaluskan wajah Anda.

Bagi Anda pemilik wajah kasar yang diakibatkan oleh komedo dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan pasta gigi. Namun, Anda pun tak bisa sembarangan di dalam memilih pasta gigi. untuk itu, Anda bisa memilih pasta gigi yang memakai bahan herbal agar lebih aman.

Untuk menghaluskan wajah Anda yang kasar dikarenakan komedo cukup mudah dengan menggunakan cara ini. Pertama, Anda bisa mengoleskan pasta gigi pada area wajah yang berkomedo. Kemudian, tunggulah hingga waktu yakni sekitar 15 menit dan bilas menggunakan air bersih setelah itu.

11. Mentimun

Mentimun
Image Credit: Klikdokter.com

Salah satu bahan alami yang dipercaya memiliki antioksidan alami adalah mentimun. Selain mengandung antioksidan, mentimun juga bersifat anti inflamasi. Dengan begitu, akan bisa Anda jadikan sebagai salah satu solusi yang tepat untuk menghilangkan komedo membandel yang ada di wajah Anda.

Untuk masalah komedo tersebut, maka tak ada salahnya untuk menggunakan masker mentimun ketika di rumah. Cara penggunaannya adalah Anda bisa menyiapkan sekitar setengah buah mentimun. Kemudian, tambahkan sekitar 1 sendok teh dari air perasan lemon.

Selain itu, Anda juga bisa untuk menambahkan sekitar 1 sendok teh air perasan dari daun mint. Kemudian, campurkan bahan tersebut menjadi satu dalam blender sehingga menjadi halus. Lalu, Anda bisa memasukkan ke dalam botol kecil. Anda bisa mendinginkannya ke dalam kulkas dalam waktu sekitar 10 menit.

Setelah itu, barulah Anda bisa mengoleskan campuran bahan tersebut pada wajah Anda. usahakan pada area wajah yang mengalami komedo. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Lalu lanjutan dengan menggunakan air dingin.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari mentimun ini selama seminggu sekali. Tak hanya akan menghilangkan komedo, maka wajah Anda pun akan terasa lebih segar setelah menggunakan bahan satu ini sebagai masker.

12. Oatmeal

Oatmeal
Image Credit: Shutterstock.com

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, maka oatmeal menjadi salah satu makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Karena selain rendah kalori, oatmeal juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tak hanya itu saja khasiat dari oatmeal. Pasalnya, dalam artikel yang dimuat oleh Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat yakni anti inflamasi.

Selain itu, oatmeal juga akan mampu untuk menyejukkan kulit dan mampu mengelupas kulit dengan baik. Sehingga, akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang ada di area wajah Anda. Untuk itu, bagi Anda yang ingin memanfaatkan komedo, maka tak ada salahnya untuk menggunakan masker yang terbuat dari oatmeal.

Caranya cukup mudah, Anda bisa mencampurkan sekitar 2 sendok makan oatmeal. Kemudian, tambahkan sekitar 3 sendok makan yogurt dan juga 1 sendok makan dari minyak zaitun. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit Anda secara merata. Biarkan dalam waktu 15 menit dan bersihkan dengan menggunakan air setelahnya.

13. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan adalah tea tree oil. Bahan satu ini memang sering kali digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan sisa sisa minyak yang menempel pada kulit wajah. Sehingga, nantinya kotoran penyumbat pori pori yang bisa menyebabkan komedo dapat hilang.

Selain itu, adanya sifat anti komedogenik yakni anti bakteri dan anti inflamasi yang terdapat pada tea tree oil ini akan membantu untuk mempercepat hilangnya komedo pada kulit wajah Anda. Bagi Anda yang ingin menghilangkan komedo dengan menggunakan tea tree oil pun cukup mudah.

Anda hanya perlu untuk mengoleskan tea tree oil secara merata pada bagian wajah yang memiliki komedo. Selain itu agar semakin optimal, maka Anda bisa mencampurkan dengan minyak zaitun ataupun minyak jojoba ketika mengoleskannya ke area wajah Anda yang berkomedo.

14. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Bahan alami lainnya yang bisa untuk mengatasi komedo yang mengganggu adalah dengan minyak kelapa. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Medical News Today yakni minyak satu ini dapat menghilangkan make up yang menyumbat pori pori penyebab komedo.

Untuk Anda yang ingin menggunakannya hanya cukup dengan mengoleskan pada area kulit yang mengalami komedo. Kemudian, Anda bisa menunggunya selama beberapa saat hingga minyak terserap ke dalam kulit Anda. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka kamu bisa menggunakannya selama dua kali sehari.

15. Buah Strawberry

Buah Strawberry
Image Credit: Mooimom.id

Dengan adanya kandungan asam salisilat dan juga alpha Hydroxy Acids atau AHA ini, akan memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang berlebih. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan buah satu ini sebagai masker dan mengoleskannya pada wajah Anda yang berkomedo.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghilangkan komedo agar wajah Anda menjadi bersih dan mulus. Dengan menggunakan bahan alami tersebut, akan membuat wajah menjadi terbebas dari masalah kulit satu ini. Selain itu, Anda pun bisa menemukan bahan tersebut dengan mudah di rumah.