15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami

Bruntusan menjadi salah satu masalah kulit yang kerap terjadi pada wajah. Berbagai macam faktor menjadi penyebab, seperti komedo, jerawat dan lainnya. Ada banyak cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami yang bisa Anda coba.

Bruntusan menjadi masalah kulit yang tak bisa terhindari pada wajah. Biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil yang berwarna merah dan berada di sekitar area wajah. Terkadang hal ini pun akan menimbulkan gatal dan cukup mengganggu. Lalu bagaimana cara menghilangkannya? Simak cara untuk mengatasi bruntusan secara alami berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Wajah yang bruntusan tentu saja akan membuat Anda tidak percaya diri. Untuk itu, ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkannya salah satunya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak alami satu ini juga dipercaya cukup ampuh untuk menghilangkan masalah kulit yang mengganggu ini.

Tak hanya berfungsi untuk melembabkan kulit, pasalnya minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E. Adanya vitamin E tersebut akan berfungsi sebagai antioksidan yang cocok untuk wajah Anda. Sehingga, ketika Anda menggunakan minyak zaitun juga akan berfungsi untuk mencegah bruntusan di wajah Anda.

Bagi Anda yang ingin untuk mencobanya pun cukup mudah. Yang mana Anda hanya perlu untuk mencampurkan minyak zaitun dan juga madu. Sesuaikan takaran secukupnya saja. Apabila Anda memiliki wajah yang kecil, tentu saja tidak perlu untuk mengambil takaran dalam jumlah yang banyak.

Kemudian, Anda bisa mengoleskannya kedua bahan yang telah dicampur tersebut pada wajah Anda yang terkena bruntusan. Lalu, Anda bisa mendiamkannya selama beberapa saat. Dan bilaslah dengan menggunakan air yang bersih. Anda bisa melakukan cara satu ini hingga bruntusan yang ada di wajah dapat menghilang secara perlahan.

2. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh
Image Credit: Sehatq.com

Selain dengan menggunakan minyak zaitun, Anda juga bisa menggunakan bahan alami lain untuk mengatasi masalah bruntusan. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Bagi Anda yang ingin memakai minyak satu ini, maka Anda pun bisa menemukannya dengan mudah di salon dan juga tempat spa.

Untuk Anda yang ingin mencobanya dengan menggunakan cara satu ini maka caranya cukup mudah. Cukup aplikasikan kepada wajah yang sedang mengalami bruntusan. Namun, sebelum mencampurnya, maka Anda bisa menambahkan sedikit air. Pasalnya, minyak satu ini berfungsi untuk membuat kulit menjadi tenang dan juga mampu mengatasi rasa gatal.

3. Lemon

Lemon
Image Credit: Newhope.com

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan memakai lemon. Bahan alami satu ini memang kerap kali digunakan untuk mengatasi masalah yang menimpa kulit wajah, seperti komedo. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lemon untuk mengatasi bruntusan.

Sebab, buah yang dikenal dengan kandungan vitamin C satu ini tidak hanya akan membuat bruntusan di wajah menjadi hilang. Melainkan buah yang satu ini juga akan berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, dengan menggunakan lemon ternyata juga akan sangat baik sebagai salah satu bahan untuk anti inflamasi dan juga antiseptik.

Untuk itu, tak mengherankan jika Anda menemukan bahwa buah yang berwarna kuning ini mampu mengatasi bruntusan yang membuat penampilan Anda tidak percaya diri. Akan tetapi, lemon ini sangat kurang disarankan apabila Anda memiliki kulit yang sensitif. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda.

Bagi Anda yang ingin mencoba, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyiapkan buah lemon dan juga putih telur. Kemudian, Anda bisa mencampurkan keduanya hingga merata. Barulah Anda bisa mengoleskan campuran tersebut pada wajah Anda secara merata.

Selanjutnya, Anda bisa mendiamkannya dalam waktu sekitar 20 menit. Diamkan hingga masker lemon dan putih telur tersebut menjadi mengering. Lalu Anda bisa membilasnya hingga bersih. Lakukan cara ini selama beberapa kali dan rutin. Sehingga, Anda pun akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi bruntusan.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Efek dingin yang terdapat pada lidah buaya ternyata mampu untuk membuat rasa gatal menjadi lebih mereda. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin E yang terdapat pada lidah buaya ini juga memiliki fungsi untuk mengatasi luka bakar dan juga iritasi. Sebab, ketika bruntusan Anda pastinya akan merasa gatal. Oleh karena itu, lidah buaya akan efektif untuk menenangkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan tanaman satu ini sebagai cara untuk menghilangkan bruntusan adalah cukup dengan mengambil satu batang lidah buaya yang ada di rumah. Kemudian, Anda bisa untuk mengambil gel yang ada di dalamnya dan aplikasikan secara langsung pada bagian wajah yang bruntusan.

Selanjutnya, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin setelah didiamkan dalam waktu beberapa saat. Namun, apabila Anda tidak ingin ribet atau tidak memiliki tumbuhan satu ini, maka terdapat cara mudah yang bisa Anda coba yakni dengan membeli gel lidah buaya yang ada di apotik.

5. Teh Hijau

Teh Hijau
Image Credit: Kompas.com

Umumnya, teh hijau akan dikonsumsi untuk membuat tubuh menjadi lebih langsing. Namun, ternyata manfaat dari teh hijau tak hanya itu saja. Melainkan teh satu ini juga sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit bruntusan yang ada di wajah Anda.

Sebab, terdapat kandungan pada teh hijau yang akan berfungsi untuk meredakan masalah kulit di wajah tersebut. Dengan adanya zat antioksidan, maka teh hijau satu ini akan berfungsi sangat bagus untuk menghilangkan bruntusan. Bahkan tak hanya itu saja, teh hijau akan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Dengan adanya antioksidan tersebut tentu saja akan mampu untuk menangkal radikal bebas yang ada di wajah. Oleh karena itu, nantinya wajah akan terbebas dari gejala seperti penuaan dini dan juga kerutan di wajah. Bagi Anda yang ingin mencobanya, maka caranya pun juga mudah untuk dilakukan.

Pertama, Anda memerlukan teh hijau sebagai dua buah. Kemudian, jangan lupa untuk siapkan madu yang akan berguna untuk membuat wajah menjadi lebih lembab. Siapkan pula air hangat yang tidak terlalu panas. Kemudian, Anda bisa mengambil dua kantong teh hijau dan menyeduhnya sebentar.

Barulah Anda bisa untuk mengambil ampasnya dan memasukkan ke dalam mangkok. Jangan lupa untuk menambahkan madu yakni sebanyak satu sendok makan dan aduklah hingga merata. Masker teh hijau pun sudah jadi. Sebelum menggunakan, Anda bisa mencuci wajah terlebih dahulu hingga bersih.

Selanjutnya, aplikasikan masker tersebut pada kulit wajah secara merata. Usahakan bagian yang terkena bruntusan dapat terkena masker teh hijau ini. Kemudian, Anda bisa menunggunya hingga masker mengering dalam waktu sekitar 20 – 30 menit. Lalu, setelah itu Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

6. Madu

Madu
Image Credit: Klikdokter.com

Madu memang dikenal menjadi salah satu bahan yang mampu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada kulit. Masalah tersebut diantaranya adalah jerawat dan juga kulit yang kusam. Selain itu, madu juga bisa untuk mengatasi masalah wajah yang bruntusan.

Ditambah lagi cara untuk mengaplikasikannya pun sangat mudah. Pertama, Anda haruslah memiliki madu dulu di rumah. Dan sebelum mengaplikasikannya pada wajah, maka Anda bisa mencuci muka terlebih dahulu hingga bersih. Barulah Anda bisa mengoleskan madu tersebut pada wajah yang terdapat bruntusan.

Oleskan secara merata dan diamkan selama beberap saat. Setelah kurang lebih 30 menit, maka Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih dan juga sabun muka. Cara ini bisa Anda gunakan secara rutin agar nantinya mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan ketika akan mencuci muka saat mandi.

7. Tomat

Tomat
Image Credit: Alodokter.com

Buah alami lainnya yang ternyata mampu untuk atasi bruntusan yang terdapat pada wajah adalah tomat. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata tomat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan yang akan membuat kulit menjadi sehat. Untuk menghilangkan bruntusan juga sangat mudah, Anda cukup menggunakan masker tomat.

Dengan menggunakan masker tomat akan berfungsi untuk mengurangi adanya produksi minyak berlebih yang ada pada wajah. Sehingga nantinya akan mampu mencegah adanya bruntusan yang ada di wajah akibat jerawat. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah 1 buah tomat yang berukuran kecil.

Kemudian, siapkan pula 4 hingga 5 tetes dari tea tree oil dan juga 1 sendok makan minyak jojoba. Untuk membuatnya cukup mudah, Anda hanya pelu untuk mengupas kulit tomat dan memotongnya hingga kecil kecil. Lalu, hancurkan tomat tersebut hingga halus. Tambahkan beberapa tetes tea tree oil dan juga minyak jojoba pada tomat dan aduklah secara merata.

Selanjutnya, Anda bisa mengoleskan masker tersebut pada wajah, terutama pada area yang bruntusan. Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit barulah Anda bisa mencucinya dengan menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa untuk mengoleskannya secara langsung. Caranya adalah dengan memotong tomat menjadi dua bagian dan blender tomat tersebut.

Kemudian, Anda bisa mengambil kapas pada tomat tersebut. Oleskan secara perlahan pada wajah yang mengalami bruntusan dan diamkan selama beberapa saat. Barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan tomat seperti pasta dan mengoleskannya pada kulit wajah Anda.

8. Baking Soda

Baking Soda
Image Credit: Healthline.com

Baking soda umumnya dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Akan tetapi, terdapat manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan bahan satu ini. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bruntusan yang terdapat di wajah. Baking soda sangat bagus digunakan karena bersifat antiinflamasi.

Sehingga, dengan adanya kemampuan tersebut mampu untuk meredakan peradangan yang terjadi pada wajah. Dalam hal ini termasuk masalah bruntusan yang sedang Anda alami. Akan tetapi, jika Anda memiliki kulit yang sensitif maka Anda pun perlu untuk berhati hati di dalam menggunakannya.

Hal tersebut dikarenakan dapat terjadi iritasi apabila tidak cocok. Sebab, baking soda termasuk salah satu bahan yang keras dan asam. Untuk menggunakan baking soda sebagai cara untuk mengatasi kulit bruntusan adalah dengan mencampurkannya dengan air dan bertekstur layaknya pasta.

Kemudian, Anda bisa mengoleskannya pada wajah terutama area kulit yang mengalami bruntusan. Selanjutnya, Anda bisa mendiamkan dalam waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit dan bilaslah menggunakan air yang bersih. Untuk hasil yang maksimal, maka Anda bisa menggunakannya secara rutin.

9. Oatmeal

Oatmeal
Image Credit: Shutterstock.com

Oatmeal cenderung menjadi salah satu bahan makanan yang rutin dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Namun, jangan salah oatmeal ternyata juga mamapu untuk menghilangkan bruntusan yang ada di wajah. Pasalnya, terdapat kandungan alami yang terdapat pada oatmeal akan mampu meredakan iritasi yang terjadi akibat bruntusan.

Selain itu, di dalam oatmeal juga memiliki sifat antiinflamasi yang ternyata berfungsi untuk meredakan peradangan. Sehingga, bahan makanan satu ini pun bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah yakni bruntusan. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan bisa untuk Anda coba di rumah.

Pertama, Anda bisa mengambil oatmeal secukupnya dan hancurkan hingga lembut menggunakan blender. Selanjutnya, campurkan oatmeal tersebut dengan air hangat hingga terbentuk adonan seperti pasta. Lalu, Anda bisa menggunakan campuran ini sebagai salah satu ramuan alami dalam mencuci muka.

Scrub satu ini sangat cocok untuk Anda gunakan selama bruntusan. Gosoklah wajah sesekali dan pijatlah secara perlahan dalam waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Kemudian, barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan cara satu ini secara rutin, hingga bruntusan menjadi hilang.

10. Es Batu

Es Batu
Image Credit: Minews.id

Bukan hanya digunakan untuk pendingin minuman dan juga makanan saja, melainkan es batu juga bisa dipakai menjadi bahan untuk menghilangkan bruntusan. Bahkan es batu dipercaya sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit ini dalam waktu semalam saja. Sebab, dengan sensasi dingin yang dimiliki oleh bahan satu ini akan mampu mengurangi rasa gatal.

Umumnya, ketika Anda mengalami bruntusan maka akan timbul rasa gatal. Namun, dengan menggunakan es batu maka rasa gatal tersebut akan dapat teratasi. Biasanya, es batu digunakan untuk mengempiskan jerawat yang ada pada wajah. Selain itu, es batu sendiri juga bisa untuk mengempiskan kemerahan karena jerawat.

Untuk itu, karena bruntusan merupakan masalah yang tidak separah dengan jerawat maka Anda juga bisa menggunakan cara satu ini. Hal yang perlu Anda lakukan cukup simpel, yakni membungkus es batu pada kain. Kemudian, tempelkan kain tersebut pada wajah yang mengalami bruntusan.

11. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Credit: Herstory.co.id

Cuka apel juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bruntusan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat asam asetat yang terdapat di dalamnya akan berfungsi untuk meredakan infeksi maupun peradangan yang ditimbulkan akibat bruntusan.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan kulit satu ini tak ada salahnya untuk mencoba. Untuk menggunakannya sangatlah mudah. Anda hanya perlu untuk menuangkan beberapa tetes cuka apel pada kapas. Kemudian, Anda bisa mengaplikasikan kapas tersebut pada area wajah yang mengalami bruntusan.

Selanjutnya, Anda hanya perlu untuk mendiamkannya dalam waktu beberapa menit saja. Dan angkatlah kapas tersebut dari wajah Anda. untuk Anda yang ingin menghilangkan bruntusan dengan cepat, maka tak ada salahnya untuk mengulangi perawatan satu ini dalam waktu dua hingga tiga kali dalam sehari. Sehingga bruntusan yang ada di wajah segera menghilang.

11. Putih Telur

Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Bahan makanan yang sangat enak ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi bruntusan pada wajah. Bahkan, putih telur juga bukan menjadi hal yang baru lagi dalam perawatan kulit. Hal ini disebabkan putih telur memang memiliki khasiat yang ampuh di dalam membuat kulit menjadi lebih kencang dan membersihkan kulit.

Selain beberapa manfaat tersebut, ternyata putih telur juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan masalah bruntusan pada wajah Anda. Langkah langkah yang perlu Anda lakukan ketika menggunakan cara satu ini pun cukup mudah. Pertama, siapkan telur dan pisahkan bagian kuning dan putihnya.

Kemudian, Anda bisa mengocok putih telur hingga mengeluarkan buih buih. Selanjutnya, oleskan putih telur yang telah dikocok tersebut pada area wajah Anda, terutama bagian yang bruntusan. Lalu, diamkan dalam waktu 30 menit hingga wajah Anda terasa lebih kencang dan bilas menggunakan air bersih.

12. Kayu Manis

Kayu Manis
Image Credit: Tokopedia.com

Selanjutnya, Anda juga bisa untuk menggunakan kayu manis di dalam menghilangkan bruntusan. Hal ini dikarenakan bahan alami tersebut mampu untuk mengatasi ruam yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga nantinya bruntusan pun akan mampu pudar dan menghilang. Serta wajah akan tampak mulus kembali.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampurkan sekitar satu sendok teh dari jus lemon dengan bubuk kayu manis sebanyak satu sendok teh. Kemudian, Anda bisa melarutakan kedua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan bagian wajha yang mengalami bruntusan dan mengeringkannya.

Lalu oleskan secara merata pada wajah, terutama pada bagian yang mengalami bruntusan. Selanjutnya, biarkan dalam waktu sekitar 15 menit. Apabila Anda merasa telah cukup kering, maka Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang memuaskan, maka Anda bisa melakukan perawatan dengan bahan satu ini selama 1-2 minggu.

13. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan satu ini untuk mengatasi bruntusan yang mengganggu. Sebab, tea tree oil merupakan bahan alami yang memiliki kandungan senyawa anti radang dan juga anti mikroba. Sehingga sangat bagus untuk atas kulit yang mengalami masalah bruntusan.

Untuk cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu untuk meneteskan beberapa tetes dari tea tree oil ke dalam semangkuk air. Kemudian, Anda bisa mengoleskannya pada area wajah yang mengalami bruntusan dengan menggunakan kapas. Biarkan minyak satu ini menyerap pada kulit Anda.

14. Air Dingin

Air Dingin
Image Credit: Tirto.id

Apabila Anda tidak memiliki es batu di rumah, maka air dingin juga menjadi solusi yang tepat untuk atasi bruntusan. Bahkan cara ini pun dapat dikatakan cukup ampuh dan juga aman. Sebab, dengan adanya sensasi dingin ini akan membuat rasa gatal menjadi menghilang. Karena mampu untuk menenangkan sel syaraf.

Untuk Anda yang ingin mencobanya, maka Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan air dingin. Sebisa mungkin, hindari untuk menggaruk bruntusan yang Anda alami. Sehingga nantinya tidak akan menyebabkan infeksi dan juga iritasi. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk menggunakan cara satu ini di rumah.

15. Makanan yang Mengandung Zinc

Makanan Mengandung Zinc
Image Credit: Honestdocs.id

Cara alami lainnya untuk atasi bruntusan adalah dengan menkonsumsi makanan yang mengandung zinc. Hal ini dikarenakan zinc memiliki peranan yang sangat penting untuk kulit. Anda pun bisa memenuhinya dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung zat mineral satu ini. Sebut saja seperti telur dan kacang kacangan. Bahkan Anda juga bisa konsumsi suplemen zinc.

Itulah beberapa deretan bahan alami yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit yang kerap kali dijumpai oleh banyak orang. Untuk itu, terdapat beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Dengan menggunakan bahan yang aman dan alami tersebut, ternyata juga mampu untuk membuat bruntusan menjadi menghilang.