15 Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Terbukti Ampuh

Mengatasi Wajah Berminyak

Mengatasi wajah bermiyak sangat penting untuk dilakukan. Beragam masalah kulit yang lain juga dapat dihindari. Selain rutin mencuci muka, ada banyak tips lain yang perlu Anda tahu sebagai cara menghilangkan minyak di wajah.

Kulit yang berminyak sering kali disebabkan adanya produksi sebum yang berlebih. Karenanya, mengatasi wajah yang berminyak tentu saja tidak bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Produksi sebum yang berlebih akan menyebabkan berbagai masalah yang lain, seperti komedo hingga munculnya jerawat. Oleh karena itu, Anda perlu untuk tahu cara mengatasi wajah yang berminyak dengan lebih tepat dan ampuh.

1. Menghindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Menghindari Menyentuh Wajah
Image Credit: Hype.grid.id

Apabila Anda sering menyentuh wajah dengan tangan kosong, maka Anda bisa mulai menghindari hal tersebut. Pasalnya, kebiasaan melakukan menyentuh wajah ini akan mampu untuk menyebarkan kotoran maupun bakteri dan minyak berlebih. Yang mana beragam kotoran tersebut akan mampu berpindah dari tangan ke wajah dengan lebih mudah.

Untuk itu, Anda hanya dibolehkan untuk menyentuh wajah ketika mencuci muka. Atau apabila Anda ingin menyentuh dengan menggunakan tangan, pastikan untuk membersihkan tangan terlebih dahulu dengan bersih. Bahkan Anda juga bisa menyentuh wajah dengan memakai kapas atau tisu yang memiliki bahan lembut. Sehingga, wajah Anda tidak terkontaminasi dengan kotoran lain yang menempel pada tangan.

2. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi
Image Credit: Gooddoctor.co.id

Dengan melakukan eksfoliasi dengan rutin, tindakan tersebut akan mampu untuk membantu menghilangkan sel sel kulit mati yang ada di wajah Anda. Hal ini dikarenakan sel yang mati tersebut akan membuat pori pori menjadi mengalami penyumbatan. Tentu saja, masalah pori pori yang tersumbat di kulit akan membuat wajah lebih rentan mengalami jerawat. Eksfoliasi juga akan mampu membantu untuk membuat pori pori di wajah menjadi lebih kecil.

3. Menggunakan Masker Lumpur

Masker Lumpur
Image Credit: Today.line.me

Mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang bertanya tanya tentang masker lumpur. Namun, cara ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi masalah wajah berminyak yang Anda alami. Sebab, masker lumpur memiliki kandungan mineral yakni bentonite dan juga smectite yang akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih yang ada di dalam wajah.

Sehingga, ketika Anda rutin menggunakannya maka minyak yang ada di wajah akan berangsur angsur menghilang. Namun, lebih baik Anda tidak menggunakannya setiap hari karena akan membuat kulit menjadi lebih iritasi. Untuk itu, Anda bisa menggunakannya dalam waktu seminggu satu kali saja. Setelah itu, barulah Anda mengoleskan pelembab yang ringan.

BACA:  13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Mudah Dilakukan

4. Gunakan Masker Alami

Masker Wajah Alami
Image Credit: Jd.id

Selain menggunakan masker lumpur, Anda juga bisa menggunakan masker yang memiliki bahan alami untuk mengatasi masalah kulit berminyak bahan alami yang bisa Anda gunakan antara lain adalah oatmeal dan madu. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam madu dan oatmeal akan mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih. Serta akan membuat kulit wajah menjadi lebih lembut.

5. Kertas Minyak atau Blotting Paper

Kertas Minyak
Image Credit: Hellosehat.com

Kertas minyak seringkali digunakan sebagai cara untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Hal ini bisa Anda lakukan di siang hari, karena blotting paper memiliki kemasan yang praktis dan bisa dibawa kemana mana. Fungsi dari produk kecantikan satu ini adalah mampu untuk menyerap minyak yang ada di kulit. Meskipun tidak mampu untuk mengontrol produksi sebum, akan tetapi kertas minyak akan mampu mengangkat minyak yang berlebih.

6. Memakai Sunscreen

Sunscreen Wajah
Image Credit: Priceprice.com

Selain dapat mencegah kulit menjadi keriput dan juga flek hitam, tabir surya juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi wajah yang berminyak. Pasalnya, dengan menggunakan sunscreen akan mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih di siang hari. Namun, Anda juga bisa memilih sunscreen yang tidak mengandung minyak dan wewangian agar kulit tetap halus dan tidak berminyak.

7. Pakai Pelembab

Pelembab Wajah
Image Credit: Intenselynews.com

Jika Anda merupakan tipe orang yang cenderung memiliki kulit wajah berminyak, maka Anda bisa menggunakan pelembab. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa pelembab justru membuat kulit menjadi terlihat berminyak, nyatanya penggunaan pelembab yang tepat akan memiliki manfaat yang cukup baik bagi kulit wajah Anda yang berminyak. Untuk itu, pilihlah jenis pelembab yang tepat.

Anda bisa memilih jenis pelembab yang bebas dari kandungan minyak. Sehingga nantinya kulit Anda akan tetap terasa lembab tanpa terasa berminyak. Selain itu, Anda juga bisa untuk menggunakan pelembab yang memiliki kandungan bahan alami. Penelitian menunjukkan apabila Anda menggunakan pelembab yang terbuat dari lidah buaya, maka akan menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi wajah berminyak Anda.

Hal ini dikarenakan beberapa kandungan yang terdapat di dalam gel lidah buaya akan memiliki fungsi untuk membuat kulit menjadi lebih tenang. Selain itu, Anda pun perlu memastikan bahwa pelembab yang Anda pilih tidak mengandung alkohol. Karena kandungan tersebut akan membuat kulit menjadi kering dan juga kulit akan mudah teriritasi.

8. Aplikasikan Toner

Toner
Image Credit: Akurat.co

Toner juga menjadi salah satu produk yang bisa Anda coba untuk atasi masalah kulit wajah yang berminyak. Sebelum menggunakan toner, sebaiknya Anda memilih toner yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan toner yang memiliki kandungan astringent alami di dalamnya, seperti witch hazel. Dengan adanya kandungan tersebut akan berfungsi untuk mengatur produksi sebum yang ada di wajah dan juga akan membuat kulit menjadi lebih tenang.

BACA:  15 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Beberapa orang yang menggunakan toner dengan astringent alami akan berfungsi untuk membantu membuat pori pori di wajah tampak lebih kecil. Dengan menggunakan toner ini, juga akan bisa menghilangkan bekas make up yang masih menempel di wajah. Tentu saja sisa dari make up tersebut akan mampu menyumbat pori pori di wajah dan menimbulkan jerawat.

9. Mengeringkan Wajah Dengan Benar

Mengeringkan Wajah
Image Credit: Journal.sociolla.com

Setelah Anda selesai mencuci muka, maka wajib hukumnya untuk mengeringkan wajah dengan benar. Anda bisa melakukannya dengan cara menepuk nepuk kulit menggunakan handuk yang lembut. Selain itu, sebisa mungkin hindari untuk memakai handuk dengan cara ditarik atau pun menggunakan kain yang memiliki bahan kasar. Hal ini dikarenakan akan mampu merusak kulit Anda dan mendorong kulit wajah untuk memproduksi sebum secara berlebih.

10. Rajin Mencuci Muka

Cuci Muka
Image Credit: Okezone.com

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, tentu saja diharuskan untuk mencuci wajah secara rutin. Anda pun bisa mencucinya minimal dua kali sehari yakni pada pagi dan malam hari. Apabila Anda memiliki aktivitas yang mengeluarkan keringat berlebih seperti berolahraga, maka tentunya mencuci muka menjadi rutinitas yang perlu Anda lakukan setelahnya.

Ketika mencuci muka, sebaiknya Anda menggunakan sabun cuci muka yang memiliki bahan lembut. Selain itu, hindari untuk mencuci muka dengan mengandung bahan yang memiliki wangi dan kandungan yang terlalu kuat. Pasalnya, kandungan tersebut akan bisa membuat kulit menjadi lebih mudah untuk teriritasi dan akan lebih banyak memproduksi sebum. Untuk itu, pemilihan sabun cuci muka yang tepat sangatlah penting untuk atasi kulit berminyak.

11. Bersihkan Wajah Dengan Air Hangat

Bersihkan Wajah Dengan Air Hangat
Image Credit: Radarpekalongan.co.id

Air hangat memang memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Pasalnya, ketika Anda rutin mencuci muka dengan memakai air hangat maka pori pori yang ada di wajah akan terbuka. Sehingga, kandungan minyak berlebih yang ada di wajah akan dapat keluar dengan sempurna. Setelah itu, barulah Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun muka yang tepat. Kelebihan lainnya, air hangat juga akan mampu membunuh kuman dan bakteri yang ada di wajah.

12. Rutin Mengkonsumsi Susu

Susu
Image Credit: Solopos.com

Selain membersihkan wajah secara rutin, Anda juga bisa untuk mengkonsumsi susu setiap hari. Bukan hanya akan membuat kulit menjadi lebih halus dan putih, ketika Anda mengkonsumsi susu maka kulit pun akan semakin lembab. Dengan adanya kandungan kolagen dan juga vitamin B6 yang terdapat di dalamnya, akan membuat minyak yang ada pada kulit menjadi berkurang.

BACA:  Kenali Penyebab Komedo Putih & Komedo Hitam yang Mengganggu

13. Memakai Masker Putih Telur dan Coklat

Masker Putih Telur dan Coklat
Image Credit: Popbela.com

Kulit wajah yang berminyak juga bisa dibasmi menggunakan masker yang mengandung bahan alami. Anda bisa mengaplikasikan campuran dari putih telur dan coklat. Pasalnya, kedua bahan tersebut akan berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak berlebih yang ada di wajah Anda. Dengan begitu, masalah kulit lainnya seperti jerawat juga bisa dicegah dengan menggunakan cara ini.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya bisa mengocok putih telur dengan rata. Selanjutnya, tambahkan sekitar 2 sendok makan bubuk coklat dan aduk hingga merata. Ketika kedua bahan tersebut telah bercampur menjadi pasta, maka Anda bisa mengoleskan ke permukaan kulit wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah menggunakan air hangat.

14. Perbanyak Minum Air Putih

Air Putih
Image Credit: Watchfit.com

Selain menggunakan beberapa cara tersebut, tips paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah rutin minum air putih. Hal ini dikarenakan pada tubuh manusia akan tergantung pada asupan air yang dikonsumsinya. Sebab, air mampu untuk mengontrol kadar minyak yang berlebih pada wajah. Sehingga nantinya kadar minyak tersebut akan tetap stabil dan wajah juga tidak kering.

Untuk itu, Anda tentu saja harus memenuhi asupan air setiap harinya. Minimal Anda bisa mengkonsumsi air putih yakni 2 liter sehari. Ketika asupan air putih terpenuhi, maka masalah kulit yang berminyak akan mampu diatasi dengan baik. Dengan begitu, cara satu ini cukup mudah dan langsung bisa Anda terapkan untuk mengatasi wajah yang berminyak.

15. Rajin Melakukan Facial Steam

Facial Steam
Image Credit: Beautynesia.id

Facial steam dapat Anda lakukan untuk menghilangkan produksi minyak berlebih di wajah. Jika sebagian orang beranggapan bahwa melakukan kegiatan satu ini hanya bisa Anda terapkan di salon saja, tentunya Anda salah besar. Hal ini dikarenakan Anda dapat melakukan cara satu ini dengan di rumah saja. Sehingga, Anda pun akan mengeluarkan biaya yang sedikit bahkan gratis.

Caranya cukup mudah dan Anda hanya memerlukan alat yang sederhana saja. Untuk itu, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan letakkan di baskom. Kemudian, Anda bisa meletakkan wajah di atas baskom sehingga wajah menjadi teruapi. Facial steam ini memiliki manfaat untuk mengeluarkan kotoran yang ada di wajah dan mengatasi banyak masalah kulit lainnya, salah satunya adalah kulit yang berminyak.

Beragam cara mengatasi wajah berminyak tersebut dapat dengan mudah untuk Anda lakukan di rumah. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, ada baiknya untuk mulai menerapkan cara tersebut agar kulit wajah Anda yang berminyak dapat diatasi dengan baik. Hanya dengan menggunakan cara yang sederhana, maka Anda pun akan mendapatkan kulit wajah yang cerah dan tentu saja tanpa minyak.