15 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

15 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Jika mengalami tandatanda kerontokan yang berlebih, ada baiknya Anda segera mengatasi masalah ini. Ada sejumlah cara yang bisa digunakan mengatasi rambut rontok secara alami dan ampuh yang patut dicoba.

Secara alamiah rambut manusia akan mengalami kerontokan mulai dari 50 sampai 100 helai per harinya. Namun, jika rambut rontok terjadi secara berkelanjutan, maka masalah ini perlu diperhatikan. Sebab, kerontokan yang berlebihan akan mengganggu penampilan yang Anda miliki. Jika Anda ingin mencoba mengatasinya, berikut rekomendasi bahan alami yang bisa digunakan.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Salah satu bahan alami yang menjadi andalan untuk produk perawatan rambut adalah lidah buaya. Pasalnya, bahan ini terkenal mengandung nutrisi lengkap seperti antioksidan, asam folat, kolin, vitamin E, vitamin C, dan vitamin A. Kandungan yang kaya vitamin dan nutrisi baik tersebut, membuat lidah buaya memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah rambut rontok. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada akar rambut sambil memijatnya secara perlahan. Jika melakukan perawatan tersebut secara rutin, maka rambut akan lebih bernutrisi dan tidak mudah rontok karena helai rambut lebih kokoh serta tebal.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan bahan alami lidah buaya tidak berhenti sampai di situ saja. Selain dapat mengatasi rambut rontok lidah buaya juga bisa menenangkan kulit kepala, membuka folikel rambut yang tersumbat minyak berlebih, dan mengatasi masalah ketombe yang membandel.

Gel lidah buaya yang segar dapat Anda oleskan ke kulit kepala sebanyak beberapa kali dalam satu minggu. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya tinggal mengoleskan gel tersebut ke area rambut hingga menyentuh kulit kepala. Lalu diamkan beberapa menit agar kandungan lidah buaya lebih meresap. Selanjutnya, bilas rambut menggunakan air bersih.

2. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Minyak kelapa dikenal sebagai bahan alami yang memiliki sederet manfaat, berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Kandungan di dalam minyak kelapa tidak bisa dianggap remeh saja. Karena minyak kelapa mengandung asam lemak atau disebut juga dengan asam laurat yang dipercaya dapat mengatasi masalah rambut rontok.

Kandungan zat tersebut juga dianggap bisa melembutkan, meluruskan dan melembapkan rambut. Bahkan ada beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak kelapa sangat baik jika digunakan di area kepala. Sebab, jenis minyak mineral ini mampu mengembalikan protein keratin yang hilang dan ampuh untuk menjaga kesehatan rambut,

Beberapa orang mungkin suka melakukan pewarnaan rambut dan lain sebagainya yang kerap kali memicu adanya kerusakan batang rambut. Pada kondisi ekstrem biasanya hal ini akan mengakibatkan rambut rontok yang berlebih. Oleh karena itu menggunakan minyak kelapa bisa membantu mengurangi rambut rontok dan merawatnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakannya, terdapat beberapa cara memperoleh manfaat minyak kelapa. Salah satu cara menggunakannya adalah sebagai kondisioner rambut. Anda dapat membasahi rambut dan menggunakan sampo sesuai jenis rambut yang dimiliki, lalu oleskan minyak kelapa secara menyeluruh.

Selain mengaplikasikannya untuk kondisioner rambut, Anda dapat memperoleh manfaat minyak kelapa jika digunakan sebagai masker rambut. Cara menggunakan bahan alami tersebut yaitu menggosokkan dan mengoleskan ke helai rambut dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu cuci rambut seperti biasa menggunakan sampo.

3. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini. Minyak zaitun berasal dari perasan buah zaitun yang banyak tumbuh di daratan Mediterania. Minyak zaitun tidak hanya populer digunakan sebagai bahan memasak, tetapi bahan ini juga kerap dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut.

Bahan alami yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut. Bahkan minyak zaitun ampuh mengatasi berbagai masalah rambut berkat kandungan vitamin K, vitamin E, serta asam lemak membuatnya baik jika diaplikasikan di area kulit kepala. Rambut Anda pun akan lebih lembap sebagai ternutrisi kandungan alami tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ saja, masih ada sederet kandungan baik yang ada di bahan alami tersebut. Minyak zaitun mengandung elemen kimia seperti asam palmitat, squalene, dan asam oleat. Ketiga elemen tersebut dipercaya ampuh menawarkan fungsi untuk menjaga kualitas kelembutan rambut.

Kandungan tersebut juga dapat mengatasi masalah rambut rontok yang berlebihan. Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Cukup campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dan bahan lainnya seperti minyak kelapa. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala sambil memijat ringan kurang lebih selama 15 menit. Agar hasilnya lebih maksimal bungkus rambut dengan handuk.

4. Minyak Urang Aring

Minyak Urang Aring
Image Credit: Popbela.com

Ada satu lagi bahan alami yang bisa menjadi alternatif mengatasi kerontokan rambut, yaitu minyak urang aring. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahan alami ini merupakan bahan utama dalam pembuatan sampo. Karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, minyak ini sudah digunakan sejak dahulu kala hingga sekarang.

Dari penelitian yang sudah dibuktikan, minyak urang aring dapat membantu menumbuhkan rambut. Bukan itu saja, minyak ini juga mampu mencegah kerusakan masalah rambut seperti rambut rontok. Sebab, kandungan yang baik di minyak urang aring dapat meningkatkan folikel rambut secara efektif dibandingkan perawatan lainnya.

Selain itu, kandungan vitamin E dikenal sebagai molekul antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menguatkan rambut. Jika minyak ini digunakan secara teratur maka akan mampu mencegah rambut rontok. Sehingga rambut yang Anda miliki lebih sehat dan terhindar dari masalah kerontokan berlebihan.

5. Santan Kelapa

Santan Kelapa
Image Credit: Timesindonesia.co.id

Santan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut berlebih sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Sebab, santan kaya akan kandungan minyak esensial dan protein. Kedua bahan tersebut dapat menjadikan kulit kepala Anda lebih sehat. Seperti yang diketahui, kulit kepala yang sehat akan menahan akar rambut agar tidak cepat rontok.

Menggunakan terapi santan untuk mengatasi masalah rambut rontok sangat efektif. Karena santan juga memiliki nutrisi penting untuk kesehatan rambut seperti asam lemak, zat besi, dan kalium. Anda bisa mengoleskan cairan santan pada rambut hingga menyentuh permukaan kulit kepala secara menyeluruh.

Agar hasil lebih optimal, Anda bisa menggunakan santan kental sebagai bahan alami. Lakukan pijatan pada kulit kepala untuk membantu agar nutrisi santan terserap sempurna, dan memperlancar peredaran darah sekaligus. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membilasnya hingga bersih menggunakan sampo.

6. Ginseng

Ginseng
Image Credit: Otcdigest.id

Penggunaan bahan alami menjadi langkah yang tepat untuk merawat rambut. Hal ini dikarenakan kandungan alami tergolong lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Salah satu bahan yang bisa Anda gunakan adalah ginseng. Nutrisi yang ada di dalam bahan alami tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut.

Kerontokan termasuk permasalahan rambut yang hingga kini masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Kerontokan dapat terjadi karena akar rambutnya rapuh. Beruntungnya permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan gingseng yang mengandung ginsenosides, dan bioaktif yang ampuh meningkatkan pertumbuhan rambut.

Unsur tersebut bekerja dengan meningkatkan proliferasi papila dermal untuk mencegah rambut rontok melalui modulasi berbagai cell-signalling. Selain itu, ginseng juga mampu menyehatkan sel sel pada kulit kepala yang dapat memperkuat akar rambut. Tidak hanya itu saja, kandungan baiknya juga turut mencegah kerusakan dan penipisan rambut.

7. Jus Bawang

Jus Bawang
Image Credit: Detik.com

Meski aroma bawang sangat tajam dan menyengat, ternyata bawang yang diambil sarinya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah rambut. Salah satu kegunaan bawang dapat mengobati alopecia areata, yaitu rambut rontok karena sistem imun menyerang sel sehat di dalam tubuh seseorang. Selain itu, jus bawang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di area kepala.

Manfaat jus bawang ini sudah teruji secara klinis. Sebab, terdapat peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah yang mengarah ke kutikula pada objek percobaan. Sehingga bahan alami ini sangat efektif dan ampuh jika digunakan untuk mengatasi masalah kerusakan rambut khususnya kerontokan berlebih.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah rambut tersebut secara alami dengan bawang? Anda dapat dengan mudah membuat jus dari bawang, lalu diambil airnya saja. Oleskan sari tersebut ke kulit kepala dan di setiap helaian rambut. Untuk hasil yang lebih optimal biarkan setidaknya 20 menit, kemudian keramas seperti biasanya menggunakan sampo agar bau tajamnya hilang.

8. Minyak Rosemary

Minyak Rosemary
Image Credit: Grid.id

Minyak esensial yang terdapat dalam rosemary dapat mengurangi rambut rontok. Minyak ini mampu merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan mengobati masalah alopesia androgenetik, karena folikel rambut yang rentan akibat faktor genetik dan hormon androgen di kulit kepala pada seseorang yang mengidap masalah ini.

Cara mengatasi kerontokan rambut secara alami menggunakan minyak ini cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam wadah, bersamaan dengan bahan lainnya seperti minyak kelapa atau zaitun dan lain sebagainya. Lalu, pijatkan ke kulit kepala dan rambut sambil dibungkus menggunakan handuk.

Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan langkah tersebut beberapa kali dalam seminggu. Selain itu, jika Anda ingin menggunakannya lebih mudah, maka bisa ditambahkan ke dalam sampo atau kondisioner. Tapi perlu diingat, jangan sampai menggunakan minyak esensial langsung pada kulit kepala karena akan memicu keringat yang berlebih.

9. Kacang Hijau

Kacang Hijau
Image Credit: Bola.com

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah kacang hijau. Bahan ini mengandung unsur yang baik seperti tembaga untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Tembaga bisa memaksimalkan fungsi kalsium, magnesium, dan zat besi dalam tubuh manusia lebih efektif.

Mengonsumsi kacang hijau akan membantu untuk menyuplai kembali tembaga yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini kan memastikan bahwa zat besi melakukan fungsinya secara efisien dan tepat. Suplai oksigen yang efektif ke otak juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala, membuat rambut lebih kuat, tebal, berkilau dan tidak mudah rontok.

Selain mengonsumsi kacang hijau sebagai cara mencegah rambut rontok, Anda juga bisa membuat masker rambut berbahan dasar kacang hijau di rumah. Caranya cukup mudah, cukup dengan menghaluskan kacang hijau sampai bertekstur seperti pasta. Lalu, oleskan pada rambut dan kulit kepala. Biarkan mengering dan terakhir bersihkan dengan air bersih.

10. Teh Hijau

Teh Hijau
Image Credit: Kompas.com

Ekstrak teh hijau mengandung senyawa yang baik dapat membantu berbagai masalah kesehatan, termasuk kerontokan rambut berlebih. Senyawa yang dikenal dengan Epigallocatechin gallate atau EGCG dapat membantu pertumbuhan rambut baru. Manfaat tersebut dapat Anda peroleh jika menggunakan bahan alami ini secara teratur dan tepat.

Manfaat teh hijau untuk mengatasi rambut rontok sudah dibuktikan melalui riset. Penelitian ini dilakukan dengan melihat perbedaan ketika ekstrak teh hijau diterapkan pada objek yang memiliki kebotakan selama enam bulan. Hasilnya terbukti jika dalam beberapa waktu rambut berangsur angsur pulih dari kerontokan dan muncul rambut baru dengan akar lebih kuat.

Untuk mengaplikasikan bahan tersebut Anda bisa langsung mengoleskannya di rambut. Sebelumnya Anda perlu membasahi rambut agar teh bisa meresap secara sempurna di permukaan area rambut. Jika sudah dioleskan secara menyeluruh, maka Anda bisa menunggu selama 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih, bila perlu Anda juga bisa bilas dengan sampo.

11. Jeruk Lemon

Lemon
Image Credit: Newhope.com

Mengatasi masalah rambut ini menggunakan bahan alami dapat ditangani dengan jus lemon segar atau minyak lemon. Nutrisi yang terkandung di dalam buah lemon dipercaya dapat membuat akar rambut yang rapuh jadi lebih kuat. Selain itu, vitamin C yang ada pada buah lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut lebih maksimal.

Sedangkan minyak lemon dapat membantu menjaga kulit kepala Anda lebih sehat dan terawat. Untuk mengaplikasikan bahan alami tersebut Anda bisa mengoleskan sari lemon segar ke kulit kepala dan rambut selama kurang lebih 20 menit. Kemudian pijak perlahan dan bilas menggunakan sampo. Anda juga bisa mengombinasikan lemon dengan bahan lainnya.

12. Jus Kentang

Jus Kentang
Image Credit: Bisnis.com

Salah satu penyebab rambut rontok yaitu kurangnya nutrisi di tubuh seseorang. Jika hal tersebut terjadi maka biasanya ditandai dengan rambut kering yang tipis. Untuk mengatasi masalah rambut rontok, Anda dapat mencoba jus kentang sebagai solusi yang paling efektif. Pasalnya, jenis umbian ini sangat kaya akan vitamin B6, A, dan C yang ampuh untuk merawat rambut.

Tidak berhenti sampai di situ saja, kentang juga mengandung berbagai mineral seperti niacin, fosfor, mangan, dan kalsium. Selain kentang yang bisa dibuat jus untuk dikonsumsi langsung, jus kentang juga dapat dioleskan pada kulit kepala. Hal tersebut akan memberikan nutrisi ke folikel rambut untuk merawat dan mencegah rambut kering yang berakibat kerontokan.

13. Minyak Peppermint

Minyak Peppermint
Image Credit: Sehatq.com

Minyak yang satu ini dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut akibat kerontokan berlebih. Esensial dari pepermin juga dapat meningkatkan ketebalan rambut karena mengandung senyawa yang baik yaitu mentol. Cara menggunakan bahan yang satu ini juga sangat mudah karena hanya perlu dioleskan pada kulit kepala.

14. Telur

Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Telur memiliki sifat restoratif asam dengan kandungan nutrisi tinggi. Misalnya, fosfor, yodium, zat besi, dan selenium yang melimpah, dan dapat menumbuhkan kembali rambut rontok. Untuk mengatasi rambut rontok secara alami ini bisa diaplikasikan sebagai masker pada rambut. Lalu, biarkan sampai mengering dan akhiri dengan keramas seperti biasa.

15. Minyak Kemiri

Minyak Kemiri
Image Credit: Liputan6.com

Cara alternatif berikutnya yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan bahan alami minyak kemiri. Untuk mendapatkan sari minyaknya, Anda hanya perlu untuk membakarnya saja sebentar. Kemudian haluskan kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak. Barulah Anda bisa mengoleskan di kulit kepala dan bagian rambut secara menyeluruh.

Masalah kerontokan rambut merupakan masalah yang kerap dialami bagi sebagian orang. Meski sudah diatasi dengan mengonsumsi berbagai makanan bergizi yang menguatkan rambut atau telah menggunakan sampo anti rambut rontok terkadang masalah ini belum teratasi dengan baik. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai langkah yang lebih efektif untuk mengatasi rambut rontok.