10 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Kusam yang Mudah Dilakukan

10 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Kusam yang Mudah Dilakukan

Memiliki wajah kusam, memang menjadi masalah kulit wajah yang perlu dihindari. Ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit wajah cerah merona yang diidamkan semua orang.

Wajah yang kusam menjadi salah satu tanda bahwa kulit wajah Anda tidak sehat. Kulit kusam dapat terjadi karena adanya banyak penumpukan sel kulit mati dan debu-debu pada kulit. Sel kulit mati ini lama-lama akan menjadi bintik-bintik hitam dan menyebabkan kulit wajah Anda menjadi kusam. Tak perlu khawatir, wajah kusam masih bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana. Sehingga, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat terawat dan terlihat lebih cerah alami. Ikuti tips mencerahkan kulit wajah kusam berikut ini.

1. Cuci Muka Sebanyak Dua Kali Sehari

Cuci Muka
Image Credit: Okezone.com

Mencuci muka adalah salah satu kegiatan penting setiap hari yang tidak boleh Anda lewatkan. Kegiatan menjadi langkah utama untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada wajah, sebagai penyebab kulit kusam. Setiap hari, wajah Anda akan banyak terkena polusi dan debu-debu perjalanan yang jika dibiarkan akan menumpuk dan menjadi bintik hitam yang mengganggu. Tidak hanya membuat kusam, debu ini juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya.

Anda dianjurkan untuk selalu mencuci wajah hingga bersih setiap dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Mencuci wajah di malam hari bertujuan untuk membersihkan segala kotoran yang menempel selama melakukan banyak aktivitas di siang hari. Sedangkan membersihkan wajah di pagi hari bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa produk skincare yang digunakan pada malam harinya. Agar lebih optimal, tambahkan serangkaian produk yang dapat mencerahkan wajah.

2. Pastikan Kulit Terhidrasi dengan Baik

Kulit Terhidrasi
Image Credit: Bukalapak.com

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, karena itu Anda perlu banyak konsumsi air putih untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh. Efek dari konsumsi air memang sangat banyak, salah satunya adalah untuk menjaga kelembaban kulit tubuh, termasuk kulit wajah. Kulit wajah yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih cerah dan segar, dibanding kulit wajah yang kering dan kekurangan air. Jadi, penuhi asupan 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter.

Menurut sebuah penelitian, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan natural, Anda bisa meminum dua gelas air putih hangat setiap pagi. Hal ini dikarenakan, mengkonsumsi air putih juga dapat mengelaurkan racun-racun di dalam tubuh yang dapat mempengaruhi warna kulit wajah. Tak heran, terkadang adanya bintik hitam atau kulit kusam di wajah adalah salah satu tanda keadaan tubuh sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

3. Gunakan Sunscreen Wajah

Sunscreen Wajah
Image Credit: Priceprice.com

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam adalah paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari yang mengenai kulit, akan mempercepat produksi pigmen melanin yang terdapat pada kulit wajah, sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih gelap atau kusam. Karena itu, penggunaan sunscreen sangat dibutuhkan sebagai perlindungan kulit dari efek sinar matahari. Selalu gunakan sunscreen setiap melakukan aktivitas terlebih di luar ruangan.

Anda dianjurkan untuk menggunakan sunscreen minimal setiap tiga puluh menit sebelum akan keluar ruangan. Aplikasikan sunscreen secara merata pada daerah wajah dan leher. Tunggu hingga sunscreen menyerap dengan baik pada kulit,agar dapat melindungi kulit Anda secara optimal. Untuk produk sunscreen yang baik, pilihlah produk yang mengandung SPF 30, yang dinilai cukup untuk menghalau paparan sinar matahari langsung yang menyebabkan kulit kusam.

4. Pijat Wajah dengan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Minyak zaitun, memang terkenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kulit. Tak heran, banyak produk untuk kesehatan wajah yang menggunakan kandungan minyak zaitun alami. Perawatan wajah dengan menggunakan minyak zaitun dapat Anda lakukan dengan cara mudah. Karena, minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah yang mengganggu seperti kulit kering, melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, hingga dapat mencerahkan wajah.

Sebagai salah satu perawatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kusam adalah, lakukan pemijatan pada kulit wajah menggunakan minyak zaitun. Tidak hanya untuk mencerahkan wajah, perawatan ini juga dapat membuat aliran darah yang ada di wajah menjadi lebih lancar. Minyak zaitun akan menghilangkan kerutan atau bekas jerawat yang mengganggu. Sehingga, dari satu bentuk perawatan sederhana Anda dapat mengatasi banyak masalah kulit wajah.

5. Gunakan Pelembab Wajah

Pelembab Wajah
Image Credit: Intenselynews.com

Wajah yang bersih setelah dicuci, akan lebih optimal ketika Anda juga mengaplikasikan produk pelembab pada kulit wajah. Namun jangan sembarang memilih pelembab untuk diaplikasikan pada wajah. Anda perlu memastikan kondisi kulit wajah terlebih dahulu, untuk kemudian dapat memilih produk pelembab wajah yang pas. Pilihlah pelembab dengan kandungan gliserin untuk Anda yang memiliki wajah kering, dan pelembab hipoalergenik untuk Anda pemilik kulit sensitif.

Keadaan kulit yang kering, juga dapat menjadi penyebab kulit menjadi mudah kusam. Karena itulah diperlukan produk untuk melembabkan kulit, dan juga sekaligus bermanfaat untuk dapat mencerahkan wajah yang kusam. Pelembab yang memiliki bahan dasar air ini, dapat menjaga kandungan air di dalam kulit wajah, sehingga dapat mengatasi segala jenis permasalahan kulit termasuk mencegah kulit kusam. Gunakan pelembab secara rutin setiap habis mencuci wajah.

6. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi
Image Credit: Gooddoctor.co.id

Kulit yang kusam terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati pada wajah, yang kemudian dapat membuat wajah menjadi gelap dan kusam. Untuk itu, diperlukan sebuah metode yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membantu proses regenerasi kulit. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan rajin melakukan eksfoliasi pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati tersebut. Anda dapat melakukannya setiap dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan produk scrub yang banyak dijual di pasaran. Namun, pilihlah tekstur scrub yang tidak terlalu kasar agar tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi. Atau Anda juga bisa melakukan eksfoliasi wajah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah menggunakan campuran minyak zaitun dengan gula, atau pasta yang dibuat dari bubuk kopi dan perasan air jeruk nipis.

7. Perbanyak Konsumsi Vitamin C, E dan A

Konsumsi Sayur dan Buah
Image Credit: Pexels.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa kulit tidak hanya harus dijaga dari luar namun juga harus diperhatikan dari dalam. Kandungan yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kulit wajah kita. Maka dari itu, diperlukan asupan makanan bergizi yang tinggi serat serta vitamin C, E dan A yang baik bagi kesehatan kulit wajah dan berguna untuk mencerahkan.

Anda bisa mengkonsumsi banyak buah dan sayuran yang tidak hanya menyehatkan, namun nyatanya juga memiliki kandungan vitamin yang baik bagi kulit. Sehingga, dengan banyak mengkonsumsi makanan mengandung vitamin khususnya vitamin C, E dan A Anda tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, juga mendapatkan kulit wajah yang terawat. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara langsung, atau diolah dahulu menjadi masker wajah.

Vitamin C sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah, karena merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Vitamin ini juga dapat berfungsi untuk melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat terpapar sinar matahari. Sedangkan vitamin E berfungsi untuk membantu produksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Terakhir, vitamin A juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit karena dapat melindungi kulit dari kerusakan yang terjadi akibat sinar UV.

8. Gunakan Masker Wajah Alami

Masker Wajah Alami
Image Credit: Jd.id

Perawatan wajah yang optimal, tidak akan cukup hanya dengan menggunakan scrub. Anda juga bisa melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker sebagai salah satu perawatan mingguan. Saat ini, sudah banyak jenis masker yang dijual di pasaran dengan berbagai macam kandungan dan manfaat untuk mencerahkan wajah kusam. Untuk mengatasi kulit wajah yang kusam, Anda bisa memilih jenis masker yang bersifat clay mask ataupun sheet mask yang praktis.

Namun, tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami yang ada di dapur, untuk dijadikan masker. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang banyak mengandung vitamin C seperti tomat dan lemon untuk dijadikan masker dengan cara yang sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan tomat atau lemon langsung pada wajah, setelah itu tunggu hingga mengering, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan menggunakan masker ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

9. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup
Image Credit: Womantalk.com

Dalam keadaan tidur, tubuh Anda tidak akan sepenuhnya beristirahat karena seluruh sel akan beregenerasi membentuk ratusan sel baru serta memperbaiki jaringan-jaringan kulit yang mati. Sehingga waktu tidur merupakan salah satu waktu yang krusial untuk merawat kulit. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk tidur dengan waktu yang cukup. Tidur cukup selama delapan jam akan menghasilkan banyak manfaat tidak hanya bagi kulit, namun juga bagi kesehatan tubuh Anda.

Ketika Anda tidak tidur dengan cukup, mata akan terlihat membengkak dan kulit wajah Anda menjadi terlihat pucat. Jika kurang tidur ini terjadi secara terus-menerus, akan muncul garis-garis halus serta kulit wajah Anda terlihat lebih kusam dari biasanya. Hal ini dapat terjadi karena kandungan kolagen yang berguna untuk kulit akan rusak oleh hormon kortisol yang muncul akibat kurang tidur. Sedangkan ketika Anda tidur dengan cukup, tubuh akan memproduksi kolagen lebih maksimal.

10. Hindari Asap Rokok

Hindari Asap Rokok
Image Credit: Sehatq.com

Untuk Anda yang merokok, atau seringkali berada di tempat yang penuh asap rokok juga akan berpengaruh pada kulit wajah yang menjadi kusam. Hal ini dapat terjadi karena pada saat Anda menghirup asap rokok sama dengan Anda menghirup lebih dari 4.000 bahan kimia termasuk radikal bebas. Bahan kimia ini dapat merusak kolagen yang ada pada kulit wajah sehingga kulit akan kehilangan keelastisan dan membuatnya menjadi lebih mudah berkerut dan juga kusam.

Kandungan nikotin pada rokok, juga dapat menyebabkan pembuluh darah yang berada pada lapisan terluar kulit menyempit. Kemudian, hal tersebut akan menyebabkan kulit menjadi kering, pucat, hingga kusam. Pasalnya, merokok dapat menyebabkan berkurangnya sel darah merah pada tubuh Anda, sehingga jumlah sel darah merah menjadi lebih sedikit. Padahal, sel darah merah ini berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah. Sehingga, kulit wajah akan menjadi lebih kusam.

Selain langkah-langkah perawatan yang biasa Anda lakukan, untuk mengatasi kulit wajah yang kusam Anda dapat menerapkan pola hidup yang sehat. Seperti rajin berolahraga, tidur dengan cukup, memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, mengkonsumsi makanan tinggi serat dan bervitamin yang baik bagi tubuh dan pola sehat lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan kulit wajah yang tidak hanya cerah dari luar, tapi juga terlihat sehat alami dari dalam.