10 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami

10 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami

Sebagian orang mungkin tidak masalah dengan kulit selangkangan yang hitam. Hal itu tergolong wajar karena bagian tubuh tersebut memang memproduksi melanin lebih banyak daripada bagian lainnya. Akan tetapi tentunya ada sebagian yang menganggapnya sebagai masalah serius sehingga mencari cara memutihkan selangkangan secara alami. Kondisi semakin parah ketika mereka mempunyai tuntutan untuk membuka bagian tubuh sensitif tersebut.

Sebagai contoh adalah ketika berada dipantai dan berjemur, kebanyakan harus menyertakan bagian selangkangan. Contoh lain yakni ketika menghadapi pasangan yang dipastikan menurunnya rasa percaya diri. Bagi anda yang sedang mengalami masalah tersebut, seharusnya tidak perlu khawatir karena berbagai bahan alami dapat mengatasinya, asalkan digunakan secara rutin.

Sayangnya, sebagian orang lebih memilih cara praktis namun belum terbukti kebenarannya. Hanya bermodalkan iklan, mereka nekat menggunakan produk yang memberikan janji selangit. Padahal jika diperhatikan, sebagian besar produk perawatan kulit untuk masalah selangkangan hitam mengandung bahan kimia berbahaya. Bukan masalah yang teratasi, namun masalah lain yang justru timbul, seperti iritasi atau gatal-gatal.

Penyebab Selangkangan Hitam

Penyebab Selangkangan Hitam
Image by Mommyasia.id

Sebelum mengetahui cara memutihkan selangkangan hitam secara alami, kita cari tau terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Dengan demikian, anda bisa menggunakan slogan lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut adalah beberapa penyebab selangkangan hitam yang paling umum terjadi!

✓ Adanya Lecet pada Bagian Selangkangan

Penyebab pertama yang mungkin saja terjadi adalah karena lecet. Seperti yang diketahui, luka atau lecet pada kulit pastinya menimbulkan bekas. Dikarenakan bagian kulit tersebut lebih tipis, maka bisa saja lecet diakibatkan oleh gesekan ketika berjalan atau berlari. Tidak sedikit lecet tersebut juga ditimbulkan oleh gesekan dengan pakaian yang terlalu ketat.

✓ Hormon yang Tidak Seimbang

Ada sebagian orang yang mendapatkan warna selangkangan lebih hitam dari sebelumnya dikarenakan perubahan hormon. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita hamil atau sedang menyusui. Beberapa juga dialami usia remaja ketika pertama kali menstruasi. Sayangnya, untuk penyebab ini tidak dapat dihindari sehingga anda harus mencari cara memutihkan selangkangan hitam yang terjadi.

✓ Konsumsi Obat-Obatan

Setiap obat mengandung efek samping, seharusnya anda juga menyadari akan hal ini. Kebanyakan obat dengan efek samping menjadikan selangkangan hitam yakni alat kontrasepsi oral atau dengan cara diminum. Jenis obat lain dengan efek samping yang sama yaitu obat kemoterapi.

Tentunya tidak semua orang dengan obat yang sama mengalami permasalahan yang sama pula. Artinya hal ini terjadi ketika ada ketidakcocokan dalam penggunaan obat yang dimaksud. Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi obat-obatan jika tidak ada efek samping selangkangan menjadi hitam.

✓ Akibat Paparan Sinar Matahari

Mungkin anda heran dengan penyebab kali ini. Pasalnya bagian tersebut seringkali tertutup dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Pada kenyataannya, papan sinar matahari dapat menimbulkan keringat berlebih pada selangkangan. Keringat tersebutlah yang menjadikan selangkangan lebih gelap. Kondisi semakin parah ketika seseorang mempunyai jenis kulit kering.

✓ Penumpukan Sel Kulit Mati

Tidak dapat di pungkiri, bagian tersebut jarang diperhatikan dalam hal perawatan kulit. Seseorang akan lebih memperhatikan bagian wajah, kaki, dan tangan. Padahal salah satu penyebab selangkangan hitam yakni berasal dari penumpukan sel kulit mati. Dimana ketika selangkangan tidak selalu dibersihkan, masalah ini pastinya muncul lebih mudah.

Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami

Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami
Merdeka.com

Kita masuk ke materi bagaimana cara memutihkan selangkangan hitam secara alami. Seperti yang telah diketahui melalui sedikit penjelasan diatas, banyak bahan yang berasal dari alam untuk mengatasi masalah ini. Tidak perlu produk skincare atau kecantikan khusus, dimana harganya tergolong mahal.

1. Scrub Gula

Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat
Image by Jybmedia.com

Proses scrub diyakini dapat mengangkat sel kulit mati lebih cepat sehingga tergantikan oleh kulit baru. Tidak perlu membeli produk khusus dengan bahan scrub, anda bisa menggunakan gula sebagai gantinya. Akan tetapi harus ada bahan lain agar hasil lebih optimal, yakni lemon dan madu.

Ambil satu buah lemon dan ambil airnya dengan cara diperas. Campurkan 1 sendok makan gula dan madu. Aduk perlahan hingga rata, namun jangan sampai butiran gula larut sempurna. Selagi masih terdapat butiran scrub, oleskan perlahan pada selangkangan. Biarkan ketiga kandungan bahan tersebut meresap sempurna, kemudiaan anda bisa membilasnya dengan air bersih.

2. Bengkoang

Masker Bengkoang Murni
Image by Pidjar.com

Sejak dulu, bengkoang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, terutama untuk fungsi memutihkan. Hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya produk skincare yang menggunakan bahan utama jenis umbi tersebut. Semua manfaat didapat dari kandungan bengkuang yang banyak mengandung vitamin C dan B.

Cara memutihkan selangkangan hitam secara alami dengan bengkoang sangatlah mudah. Ambil atau buah bengkuang ukuran besar, kemudian parut hingga halus. Peras parutan bahan alam tersebut pada wadah dan diamkan beberapa saat. Setelah terdapat endapan, buang air yang ada di atasnya. Endapan tersebut bisa anda oleskan ada selangkangan secara menyeluruh. Diamkan selama 10 menit dan silahkan bilas dengan air hangat.

3. Kentang

Kentang
Image by Detik.com

Selain karbohidrat, kentang juga mengandung sifat antibiotik yang baik untuk membantu prose regenerasi kulit. Ketika proses tersebut semakin cepat, maka sel kulit mati akan terbuang sempurna. Artinya, tidak ada penumpukan sel kulit mati pada selangkangan sehingga warnanya selalu putih dan cerah alami.

Hasil yang didapatkan akan semakin sempurna ketika kentang dipadukan dengan susu. Rebus kentang secukupnya, dua atau tiga buah, kemudian tumbuk hingga halus. Tambakan dengan 2 sendok makan susu dan aduk merata hingga membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan pada selangkangan dan biarkan selama 15 menit. Lanjutkan dengan membersihkan bagian tersebut dengan air dingin atau air hangat.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image by Tribunnews.com

Lidah Buaya atau yang juga disebut sebagai aloe vera mempunyai sifat antiseptik sangat baik. Kandungan tersebut sangat membantu menetralisir kulit lecet akibat gesekan, baik oleh baju atau dengan bagian kulit lainnya. Selain itu, lidah buaya juga sangat bagus untuk kulit kering dengan kemampuannya melembapkan sepanjang hari.

Tidak sulit cara memutihkan selangkangan hitam secara alami dengan lidah buaya. Anda cukup menyediakan satu batang tanaman tersebut kemudian ambil dagingnya. Daging berupa gel langsung bisa anda oleskan di selangkangan dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin hingga bersih menyeluruh.

5. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Image by Suara.com

Vitamin C dikenal sangat baik untuk membuat kulit lebih putih sekaligus cerah. Kandungan tersebut juga banyak ditemukan pada jeruk nipis. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga efektif untuk memuat kulit lebih kencang. Kandungan asamnya membantu mengatasi jamur penyebab infeksi akibat lecet.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup sediakan satu buah jeruk nipis. Masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar sensasi dingin lebih terasa. Langkah tersebut hanya opsional, artinya tidak wajib dilakukan. Belah jeruk nipis menjadi dua bagian, oleskan pada selangkangan dan diamkan selama 30 menit.

6. Air Beras

Air Beras
Image by Seattlegardenfruit.blogspot.com

Selain bahan alami yang telah disebutkan diatas, cara memutihkan selangkangan hitam bisa menggunakan air cucian beras. Kandungan utamanya berupa asam amino tinggi dan juga antioksidan. Kedua kandungan tersebut tidak hanya efektif menghambat penuaan dini, namun juga mengembalikan warna putih alami kulit.

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat air cucian beras, saat ini jangan terburu-buru membuangnya. Biarkan air tersebut beberapa saat hingga mengendap. Kemudian oleskan pada selangkangan secara perlahan hingga rata. Supaya hasilnya lebih optimal, biarkan kandungan air beras meresap sempurna selama 15 menit.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image by Sehatq.com

Minyak zaitun mempuyai kandungan vitamin sangat lengkap, termasuk antioksidan yang tinggi. Semua kandungan minyak tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit dan sekaligus meremajakan. Bahkan minyak zaitun mampu melembapkan kulit dengan kandungan linoleic acid nya. Kandungan tersebut mampu menjaga kadar air dan menguncinya sehingga kulit tampak lebih segar sepanjang hari dan jauh dari keringat.

Manfaat yang didapat semakin optimal ketika bahan tersebut dicampur dengan madu. Caranya tidak sulit, cukup campurkan 4 sendok minyak zaitun dengan 1 sendok madu murni. Aduk merata hingga membentuk tekstur gel atau sedikit lebih kental. Gunakan campuran tersebut sebagai lulur mandi dan diamkan selama 20 menit.

8. Lemon

Lemon
Image by Rd.com

Selain bisa dicampurkan dengan gula, lemon juga bisa digunakan langsung untuk memutihkan selangkangan hitam. Memang tergolong perih karena kandungan asamnya, namun proses tersebut mampu membunuh bakteri penyebab iritasi kulit. Kandungan alpha hidroksi pada lemon juga baik untuk menangkal radikal bebas. Maka tidak heran jika buah dari kategori jeruk ini sering digunakan sebagai bahan utama produk skincare.

Silahkan ambil satu buah lemon yang sebelumnya dimasukkan kulkas. Iris lemon menjadi dua bagian, kemudian peras di mangkuk. Ambil bola kapas dan celupkan pada air perasan lemon tersebut. Oleskan pada selangkangan sambil memijatnya perlahan. Setelah itu, diamkan selama 10 menit supaya kandungan lemon meresap sempurna.

9. Soda Kue

Soda Kue dan Air
Image by Lokadata.id

Soda kue merupakan bahan dapur yang juga menyimpan seribu manfaat, salah satunya adalah memutihkan selangkangan hitam secara alami. Kandungannya mampu mengangkat dan mengelupas sel kulit mati, atau yang dikenal dengan proses eksofoliasi. Anda bisa menggunakan bahan cairan lain seperti air mawar atau air biasa

Siapkan satu sendok teh soda kue, kemudian larutkan dengan air biasa atau air mawar secukupnya. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental, kemudian oleskan pada selangkangan. Diamkan selama 15 menit supaya kandungannya meresap, baru anda bisa membilasnya dengan air bersih.

10. Putih Telur

Putih Telur
Image by Alodokter.com

Putih telur mengandung protein tinggi yang efektif untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Tidak sedikit produk kecantikan atau skincare yang menggunakan bahan utama putih telur untuk mendapatkan manfaat tersebut. Selain itu, kandungan vitamin A juga terbukti efektif menyamarkan garis hitam, atau kulit hitam pada umumnya. Dengan demikian, tidak ada yang perlu diragukan lagi mengenai manfaat putih telur untuk memutihkan selangkangan.

Langkah pertama adalah dengan memisahkan putih telur dan kuning nya. Pada bagian putih telur, tambahkan sedikit madu dan jeruk nipis untuk hasil lebih maksimal. Kocok atau aduk semua bahan tersebut hingga berbusa. Oleskan pada selangkangan hitam yang menjadi masalah utama anda saat ini. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Demikian pembahasan menarik mengenai cara memutihkan selangkangan secara alami. Apabila cara diatas masih belum berhasil, silahkan konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan. Apabila terjadi iritasi kulit atau gatal, coba hentikan pemakaian sementara hingga gangguan mereda.