20 Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah yang Aman & Cepat

20 Cara Alami Memutihkan Kulit Wajah yang Aman & Cepat

Memiliki wajah yang putih dan bersih, rasanya menjadi keinginan dan impian banyak wanita. Berbagai macam treatment bermunculan yang diyakini mampu membantu kulit wajah. Padahal, memutihkan wajah bisa dilakukan dengan cara yang alami dan aman.

Warna kulit wajah, memang dapat mempengaruhi rona yang dipancarkan oleh seseorang. Mungkin, hal inilah yang mendasari mengapa banyak orang, khususnya wanita ingin memiliki kulit wajah yang putih, atau tidak terlihat kusam. Dibanding menggunakan cara yang tidak jelas, Anda bisa mencoba mempraktekkan cara alami untuk memutihkan wajah yang aman tanpa efek samping.

1. Masker Bengkoang

Masker Bengkoang
Image Credit: Kompas.com

Bengkoang menjadi salah satu buah yang sudah cukup lama banyak digunakan sebagai salah satu kandungan yang ada pada produk pemutih. Rasanya bukan tanpa alasan, bengkoang sudah terbukti memiliki kemampuan untuk mencerahkan wajah Anda. Kandungan vitamin B dan C dalam bengkoang inilah yang berperan untuk mencerahkan dan menjaga kulit wajah.

Kandungan yang ada di bengkoang, terbukti dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda secara menyeluruh. Tidak hanya membuat cerah saja, dapat khasiatnya berguna untuk menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat pada wajah yang dapat mengganggu penampilan sempurna Anda. Bengkoang juga dapat mengecilkan pori-pori pada wajah Anda.

Vitamin C mampu membuat sel kulit baru untuk beregenerasi, menggantikan sel kulit lama yang sudah menumpuk dan membuat wajah Anda terlihat kusam. Untuk mendapatkan kulit wajah berseri dengan bengkoang pun juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu membuatnya menjadi masker wajah. Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu.

2. Campuran Kopi dan Gula

Campuran Kopi dan Gula
Image Credit: Beautynesia.id

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan memang akan membuat Anda terjaga dan susah tidur, sehingga dapat membuat wajah Anda terlihat lebih kusam. Namun, secara menakjubkan kandungan kafein dalam kopi juga dapat mencerahkan wajah jika digunakan sebagai masker. Anda bisa mencampurkannya dengan gula untuk memutihkan wajah.

Campuran pasta kopi dan gula memiliki tekstur yang sedikit kasar, namun hal ini akan berperan sebagai scrub alami yang dapat merontokkan sel kulit mati pada wajah Anda. Sel kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan wajah Anda terlihat kusam. Sehingga ketika sudah diangkat, wajah Anda akan sedikit lebih cerah dengan sel kulit baru yang masih sehat.

3. Masker Pepaya

Masker Pepaya
Image Credit: Liputan6.com

Buah berwarna oranye ini, memiliki banyak sekali kandungan vitamin C, bahkan pada porsi 100 gramnya saja dapat memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C pada tubuh perharinya. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak asam pantotenik, asam folat, juga likopen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Kulit Anda akan lebih sehat, lembab dan terlihat sehat.

Buah pepaya, dapat Anda jadikan sebagai scrub yang berguna untuk merontokkan sel-sel kulit mati dan memberi manfaat kulit wajah yang lebih cerah. Cara yang digunakan pun tergolong sangat mudah, Anda hanya membutuhkan irisan buah pepaya lalu menggosokkannya langsung ke wajah. Tunggulah selama kurang lebih 30 menit agar maksimal.

Jika Anda menginginkan manfaat masker yang lebih optimal, campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan yoghurt, madu dan juga minyak vitamin E. Aduk seluruh bahan ini hingga berbentuk seperti pasta. Seluruh campuran bahan ini, berguna untuk membuat kulit Anda menjadi lebih bercahaya dan cerah merata. Gunakan pepaya mentah agar lebih optimal.

4. Masker Yoghurt

Masker Yoghurt
Image Credit: Kawaiibeautyjapan.com

Produk olahan susu ini tidak hanya menjadi salah satu menu makanan yang sehat, namun juga banyak memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit. Karena dibuat dari susu, yoghurt mengandung banyak kalsium dan zinc yang berfungsi untuk merawat kulit Anda. Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lembab, bersih dan juga lebih cerah seketika.

Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat menjaga kulit anda, dari berbagai macam masalah seperti komedo dan jerawat dan kulit kering. Namun, bukan berarti Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis yoghurt. Pilihlah jenis yoghurt yang plain untuk digunakan sebagai masker kulit sebelum mandi. Gunakan minimal 2 kali seminggu.

BACA:  20 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

5. Masker Susu

Masker Susu
Image Credit: 1health.id

Bukan lagi menjadi sebuah rahasia, susu juga menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan kulit wajah karena kemampuannya memutihkan kulit. Anda akan banyak menemui susu dan olahannya dalam bahan produk perawatan kulit dengan klaim membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dalam waktu yang tidak lama.

Susu memang memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi untuk membantu kulit memproduksi kolagen. Kolagen ini, berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap terlihat awet muda. Sedangkan vitamin B6 dalam susu, akan menjaga kelembaban kulit dan juga membuatnya agar terlihat lebih putih dan bercahaya secara alami.

Untuk membuat masker susu, Anda juga tidak membutuhkan banyak bahan pendamping yang susah dicari. Semua bahan ini, pasti tersedia di dapur rumah Anda. Anda bisa mencampurkan beberapa sendok susu bubuk plain dengan madu dan juga jeruk nipis. Sedangkan untuk masker susu cair, Anda bisa mencampurkannya dengan buah alpukat.

6. Masker Tepung Beras

Masker Tepung Beras
Image Credit: Sattvicfoods.in

Dalam setangkup tepung beras, terdapat kandungan allantoin yang sudah sejak lama dipercaya dapat merangsang regenerasi kulit. Hal ini, menyebabkan sel-sel kulit baru akan cepat muncul dan menggantikan sel kulit mati penyebab umum wajah kusam. Selain itu, terdapat juga kandungan tirosinase yang dapat mengontrol produksi melanin pada kulit.

Dengan kekuatan kandungan-kandungan tersebut, tak heran masker tepung beras terbukti mampu digunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat memutihkan wajah. Anda bisa memanfaatkannya menjadi masker, dengan campuran beberapa bahan pendukung lainnya seperti kentang dan yoghurt. Gunakan masker minimal sebanyak sekali seminggu secara rutin.

7. Menggunakan Ampas teh

Ampas Teh
Image Credit: Khasiatsehat.com

Teh merupakan salah satu bahan minuman yang banyak digemari masyarakat. Sayangnya, seringkali ampas teh langsung dibuang begitu saja oleh masyarakat, karena tidak tahu kegunaannya untuk apa saja. Padahal, ampas teh memiliki banyak kandungan antioksidan yang bisa digunakan untuk merawat wajah. Anda bisa menggunakannya sebagai masker sederhana.

Ampas teh dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi wajah kusam Anda karena efektif menghilangkan flek hitam pada wajah. Tidak hanya itu, kotoran dan debu yang menempel pada wajah Anda juga dapat terangkat. Anda bisa menggunakan ampas teh yang langsung dibalurkan ke seluruh permukaan wajah, lalu bilas dengan air hangat.

8. Masker Kunyit

Masker Kunyit
Image Credit: Alodokter.com

Salah satu rempah-rempah berwarna kuning pekat ini, ternyata memiliki kandungan yang mampu mencerahkan wajah Anda. Khasiat ini, didapatkan dari kandungan kurkumin yang banyak terdapat pada kunyit. Kurkumin, memiliki kemampuan untuk memperlambat produksi hormon melanin, penyebab perubahan warna gelap yang terjadi pada kulit wajah.

Anda bisa mengoleskan parutan kunyit langsung pada wajah, dan diamkan selama beberapa saat. Masker ini akan sedikit memerlukan cara ekstra untuk membersihkannya karena akan meninggalkan bekas warna kuning. Namun, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, Anda akan mendapatkan warna kulit wajah yang merata.

9. Masker Lidah Buaya

Masker Lidah Buaya
Image Credit: Detik.com

Jika dahulu lidah buaya banyak dikenal sebagai salah satu tanaman yang bagus untuk produk perawatan rambut, saat ini lidah buaya juga banyak digunakan pada produk perawatan kulit wajah. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan aloin, yang dapat menghambat pertumbuhan melanin yang diproduksi oleh kulit wajah Anda sendiri.

Melanin yang dibiarkan, lama-kelamaan akan membuat kulit wajah menjadi lebih gelap. Untuk itu, penggunaan masker lidah buaya dinilai sangat efektif untuk mengembalikan dan menjaga wajah cerah Anda. Tidak hanya itu, aloe vera juga memiliki sifat untuk melembabkan kulit.

10. Masker Tomat

Masker Tomat
Image Credit: Theshonet.com

Buah kecil berukuran sedang ini kaya akan zat lycopene yang berperan sebagai antioksidan yang terbukti baik untuk kulit wajah menjadi cerah dan berseri. Tak heran, tomat juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan pelengkap produk perawatan kulit seperti produk tabir surya, pelembab, masker sheet mask hingga pada sabun cuci muka.

Untuk mendapatkan kulit cerah alami dari buah tomat, Anda hanya perlu menumbuknya hingga halus. Oleskan tumbukan tomat ke wajah anda, atau langsung ke seluruh tubuh untuk hasil yang optimal. Bilaslah masker tomat sekaligus saat sedang mandi. Jika merasa terlalu ribet, Anda juga dapat memotong buah tomat, lalu mengoleskannya langsung.

11. Masker Alpukat

Masker Alpukat
Image Credit: Sehatq.com

Buah sehat satu ini, memiliki banyak kandungan yang sangat dibutuhkan oleh kulit Anda. Tak heran, buah berwarna hijau kekuningan ini cukup populer dan sering digunakan pada beberapa produk perawatan kulit wajah. Pasalnya, kandungan buah ini dapat meresap dengan baik dan menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit wajah akan terlihat lebih sehat.

BACA:  15 Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Lebih Glowing

Alpukat terkenal dengan buah penghasil asam lemak yang sehat. Tidak hanya untuk tubuh, asam ini nyatanya juga baik untuk kesehatan kulit. Asam lemak akan membuat kulit wajah Anda tetap lembab dan menjadi terhidrasi dengan lebih baik. Semakin sempurna dengan kandungan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kulit wajah kusam.

Untuk mendapatkan manfaat alpukat yang bisa membuat kulit wajah menjadi putih, Anda hanya perlu membuatnya menjadi masker sederhana. Haluskan satu buah alpukat yang sudah matang, hingga berbentuk pasta yang lembut. Anda dapat mencampurnya dengan satu sendok madu alami. Lalu, oleskan pada wajah beberapa saat dan bilas dengan air hangat.

12. Mencuci Wajah dengan Perasan Air Beras

Perasan Air Beras
Image Credit: Seattlegardenfruit.blogspot.com

Beras memiliki kandungan asam ferulic dan juga allantoin yang disebut-sebut dapat berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, serta melindungi kulit wajah untuk kusam kembali. Karena itu, jutaan tahun lalu banyak wanita yang memanfaatkan air sisa mencuci beras ini untuk mencuci wajahnya. Anda akan merasakan kulit menjadi lebih cerah beberapa tingkat.

Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa menggunakan air cucian beras untuk langsung digunakan pada saat mencuci muka. Terdapat beberapa langkah sebelumnya, yang harus Anda lakukan. Diamkan air cucian beras selama beberapa waktu, hingga airnya mengendap. Lalu, endapan air beras yang terbentuk inilah yang bisa digunakan sebagai pengganti sabun cuci muka.

13. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Minyak zaitun alami, memang sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memutihkan wajah. Anda pasti akan banyak menemukan produk kecantikan, yang menggunakan bahan ini sebagai tambahan pelengkap yang memiliki berbagai macam manfaat baik bagi wajah. Selain mudah ditemukan dimana saja, minyak zaitun juga terbilang cukup bersahabat di kantong.

Untuk menjaga keseimbangan kadar minyak dan air dalam kulit, kandungan zat linoleic acid pada minyak zaitun juga berguna untuk mencegah kulit kusam. Tidak hanya itu saja, minyak ini memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang mampu memperbaiki sel-sel jaringan kulit yang rusak atau mati penyebab kulit wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya.

14. Masker Putih Telur

Masker Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa putih telur nyatanya juga telah menjadi salah satu bahan yang banyak memiliki manfaat untuk wajah Anda. Tidak hanya untuk mencegah komedo di wajah, puth telur nyatanya juga memiliki kandungan untuk membuat wajah Anda menjadi lebih cerah dan putih secara alami dan banyak digunakan oleh wanita Korea.

Kandungan protein dalam putih telur, tidak hanya berguna untuk asupan nutrisi tubuh namun juga mampu merangsang proses regenerasi kulit dengan cepat. Anda bisa membuat masker putih telur dengan cara menambahkan jeruk nipis untuk meghilagkan aroma amisnya saat digunakan. Diamkan masker selama beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

15. Masker Air Lemon

Masker Air Lemon
Image Credit: Sociolla.com

Keajaiban vitamin C, tidak hanya dapat dirasakan oleh tubuh namun juga oleh wajah. Vitamin C yang tinggi dalam lemon dapat menutrisi kulit Anda dari dalam, dan mampu untuk menangkal radikal bebas yang terjebak dalam wajah. Perpaduan vitamin C dan antioksidan dalam buah lemon juga mampu membuat tampilan kulit wajah Anda menjadi lebih cerah alami.

Nyatanya, air lemon juga memiliki kandungan B kompleks yang lengkap dan juga banyak kandungan lainnya yang dapat membuat wajah Anda menjadi lebih cerah. Tentunya, Anda bisa menggunakan masker air lemon secara rutin, tanpa khawatir dengan efek samping yang akan ditimbulkan. Penggunaan secara rutin akan membuat wajah Anda tampak lebih cerah.

Untuk menggunakannya, Anda hanya memerlukan irisan air lemon yang bisa langsung diaplikasikan pada wajah. Awalnya, Anda akan merasakan sedikit rasa perih dan gatal ketika mengoleskannya di wajah, namun hal inilah yang menandakan bahwa kandungannya telah bereaksi. Untuk merawat kulit dari dalam, Anda juga bisa mengkonsumsi airnya secara rutin.

16. Campuran Oatmeal dan Madu

Campuran Oatmeal dan Madu
Image Credit: Sehatq.com

Jika dilihat, campuran oatmeal dan juga madu memang seperti menu sarapan sehat yang sering dikonsumsi oleh orang-orang. Namun, kedua campuran bahan ini nyatanya juga berfungsi baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda.Kandungan bahan yang ada di dalam kedua bahan ini, seakan menjadi kombinasi yang pas untuk membuat kulit cerah.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami yang Perlu Anda Coba

Anda bisa memanfaatkan kedua ini sebagai lulur wajah yang akan bertindak secara maksimal untuk memutihkan kulit muka anda, jika digunakan secara teratur. Anda bisa mencampur oatmeal yang sudah diseduh dan berbentuk bubur, dengan beberapa sendok makan madu. Lalu, gunakan masker ini selama kurang lebih 30 menit sebelum membilasnya.

17. Timun

Mentimun
Image Credit: Klikdokter.com

Sudah sejak lama, timun menjadi salah satu buah yang banyak dipakai untuk kecantikan kulit wajah karena memiliki berbagai vitamin yang menyehatkan. Buah kaya air ini, juga memiliki kandungan vitamin a, serta B2 yang sangat tinggi. Kedua kandungan inilah yang memiliki peran penting untuk membuat wajah Anda menjadi lebih berseri dan cerah merata.

Terbukti dapat membuat wajah menjadi lebih putih, masker timun juga bermanfaat untuk menyamarkan lingkaran hitam dibawah mata yang dapat mengganggu penampilan Anda. Sedangkan kandungan air yang mencapai 90 persen pada timun, dapat membuat kulit menjadi lebih lembab sehingga membantu proses peremajaan kulit wajah Anda secara maksimal.

Keajaiban buah timun, dapat Anda rasakan langsung dengan cara membuatnya sebagai masker tanpa campuran bahan lainnya. Anda bisa menghaluskan beberapa buah timun dengan cara memblendernya, lalu oleskan langsung pada wajah yang terlihat kusam. Atau, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan madu atau yoghurt agar lebih optimal.

18. Masker Pisang

Masker Pisang
Image Credit: Merdeka.com

Memiliki kandungan vitamin c yang kaya, membuat buah pisang juga dapat berfungsi untuk mencerahkan wajah anda, dan membuatnya tampak cerah alami. Vitamin C memang terlibat aktif dalam menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari berbagai radikal bebas yang akan membuatnya menjadi rusak, kusam dan kehilangan rona wajah yang cerah.

Anda bisa memanfaatkan pisang untuk mendapatkan kulit wajah putih dan cerah seketika. Umumnya, Anda bisa menggunakan semua jenis pisang, karena memiliki kandungan vitamin C yang sama. Haluskan pisang hingga berbentuk bubur, lalu tambahkan beberapa tetes madu. Balurkan ke seluruh permukaan wajah sebelum dibilas dengan air hangat.

19. Masker Kentang

Masker Kentang
Image Credit: Kitakini.news

Siapa sangka, sumber karbo ini ternyata tidak hanya memiliki citarasa lezat ketika dikonsumsi, namun juga berguna untuk memutihkan warna kulit wajah Anda. Bukan tanpa alasan, kentang memiliki kandungan mineral yang secara tidak langsung dapat berperan sebagai antibiotik alami dan mampu menghambat proses penuaan dini pada wajah.

Kentang memiliki kandungan air yang bersifat asam, sehingga dapat berperan sebagai bahan untuk memutihkan kulit wajah secara alami. Air asam ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda hitam pada wajah, dan meredakan peradangan kulit yang mungkin terjadi akibat terkena paparan sinar matahari yang parah, serta menghilangkan bengkak.

Kentang dapat berperan untuk membuat wajah Anda menjadi lebih awet muda dengan menjaga kesehatan kulit. Cara untuk mendapatkan manfaat dari buah kentang adalah dengan menggunakannya sebagai masker alami. Tumbuk kentang hingga halus dengan campuran 2 sdm susu bubuk. Lalu gunakan masker kentang minimal dua minggu sekali.

20. Lakukan Peeling Secara Rutin

Lakukan Peeling Secara Rutin
Image Credit: Beautynesia.id

Setiap hari, wajah Anda akan terkena debu, polusi dan juga paparan sinar UVA dan UVB dari matahari yang berbahaya pada kulit. Debu dan polusi akan secara tidak sengaja akan menumpuk pada wajah dan merusak sel kulit Anda. Lama-kelamaan sel tersebut akan rusak dan menjadi mati. Jika dibiarkan terus menumpuk, sel ini akan membuat wajah menjadi kusam.

Sebab itu, mencuci wajah secara rutin rasanya menjadi hal yang sangat penting dan harus dilakukan untuk membersihkan kulit dari debu dan kotoran penyebab wajah kusam. Namun, mencuci wajah saja belum cukup optimal untuk mengangkat sel kulit mati yang terlanjur menumpuk pada kulit muka Anda. Anda perlu perawatan rutin mingguan untuk lebih optimal.

Salah satu perawatan yang dapat Anda coba adalah dengan melakukan peeling wajah secara rutin. Proses peeling adalah perawatan yang aman untuk mengangkat sel kulit mati, dan juga membantu sel kulit baru lebih mudah beregenerasi. Anda bisa melakukan peeling sebanyak dua kali dalam seminggu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur.

Saat ini, mungkin sudah banyak treatment-treatment ataupun produk pemutih wajah yang beredar di pasaran. Namun, bukan berarti hanya karena Anda ingin memiliki wajah yang putih dan bersinar, membuat Anda tidak berhati-hati menyeleksi produk dan treatment yang Anda gunakan. Cara amannya memutihkan wajah, Anda bisa mencoba beberapa cara diatas dengan rutin.