10 Cara Memutihkan Kulit Kaki & Tangan Secara Alami

10 Cara Memutihkan Kulit Kaki & Tangan Secara Alami

Bukan hanya kulit wajah, tangan dan kaki juga perlu perawatan khusus agar selalu putih dan sehat. Ada perbedaan antara merawat kulit wajah dan anggota bagian tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan lapisan kulit yang berbeda, kulit wajah lebih tipis dan sensitif. Maka dari itu, sebenarnya tidak sulit untuk memutihkan kulit kaki dan tangan, apalagi anda bisa menggunakan bahan alami.

Setiap wanita, bahkan sebagian pria, tentunya menginginkan kulit putih dan bersih. Banyak keuntungan yang didapat dengan kulit yang selalu terjaga. Beberapa diantaranya adalah dapat meningkatkan percaya diri dan mempercantik penampilan. Sebaliknya jika kondisi kulit tangan dan kaki kusam serta hitam, tidak sedikit mereka yang malu dan berusaha menutupinya.

Kulit tangan memang rawan akan terkena sinar matahari, terutama pada bagian punggung tangan. Dalam kondisi tertentu, bagian tersebut sangat jelas terlihat warna kontras atau yang dikenal dengan belang. Tentunya anda tidak ingin mengalami ha ini bukan! Meskipun sedikit, warna kulit belang bisa menurunkan rasa percaya diri. Sebagian orang bahkan menutupinya ketika mendapati masalah ini, tentu hal tersebut bukanlah sebuah solusi.

Dari bahan alami, anda bisa mendapatkan kulit lebih halus dan putih bersinar. Bahan tersebut sangat mudah didapat dan hampir setiap hari ditemui. Sebenarnya ada produk khusus yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit kaki dan tangan. Produk tersebut juga mampu membuat kulit menjadi lebih putih. Akan tetapi ada yang perlu dikhawatirkan, yakni kandungan yang mungkin saja mengandung bahan kimia.

1. Cara Memutihkan Kulit dengan Lemon

Cara Memutihkan Kulit dengan Lemon
Image by Orami.co.id

Bahan alami yang pertama dan terbukti membuat kulit tampak lebih putih adalah lemon. Buah yang masih tergolong dari jenis jeruk tersebut mengandung vitamin C dan antioksidan. Seperti yang diketahui, vitamin C sangat baik untuk membuat kulit lebih cerah alami. Sedangkan antioksidan berfungsi untuk meremajakan kulit sehingga membuatnya tampak awet muda.

Selain kedua kandungan tersebut, lemon juga mengandung asam alpha hidroxy yang terbukti efektif menangkal radikal bebas serta paparan sinar UV. Menariknya, cara memutihkan kulit kaki dan tangan dengan bahan lemon tidak memiliki efek samping apapun. Akan tetapi perlu diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif, karena sifat asam mungkin saja membuat iritasi dan ruam.

Tidak sulit membuat kulit terlihat lebih putih dan cerah alami menggunakan lemon. Apalagi tidak ada bahan tambahan lain yang dibutuhkan, dalam artian 100% menggunakan air lemon. Siapkan buah lemon secukupnya, kemudian peras dan pisahkan bijinya. Bersihkan tangan dan kaki terlebih dahulu menggunakan sabun, baru kemudian mengoleskan air perasan lemon tersebut.

Tidak perlu menunggu lama, perkiraan waktu yang dibutuhkan agar kandungannya meresap sempurna sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah melewati waktu tersebut, silahkan dibilas hingga bersih. Sensasi segar akan didapatkan ketika anda menggunakan air dingin, baik dari es batu atau dari dalam kulkas.

2. Bahan Alami Bengkoang untuk Memutihkan Kulit

Bengkoang
Image by Liputan6.com

Pastinya anda tidak asing dengan bahan alami berupa bengkoang yang sangat baik untuk memutihkan kulit. Kandungannya berupa vitamin C dan antioksidan, sama seperti lemon. Namun bengkuang tidak mengandung asam sehingga aman untuk jenis kulit sensitif sekalipun.

Bahan alami untuk memutihkan kulit tangan dan kaki ini juga dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen. Dengan demikian, kulit tidak hanya lebih putih, namun juga terjaga elastisitas nya. Cara membuatnya sangat mudah, juga tanpa bahan campuran lain yang dibutuhkan.

Siapkan bengkoang secukupnya, kemudian parut hingga lembut atau bisa juga di blender. Peras parutan tersebut dan biarkan beberapa menit sampai ada endapan, kemudian buang airnya dan sisakan sedikit. Langkah terakhir yakni dengan mengolesnya menyeluruh ke bagian kulit tangan dan kaki. Barkan selama 15 menit supaya kandungannya meresap dan bilas dengan air bersih.

3. Air Beras untuk Memutihkan Kulit

Air Beras
Image by Merdeka.com

Cara memutihkan kulit kaki dan tangan berikutnya bisa menggunakan air rendaman beras. Metode ini dipercaya cukup efektif untuk menghambat produksi melanin yang membuat warna kulit lebih gelap. Boleh dikatakan bahwa air beras merupakan warisan budaya Tiongkok yang digunakan hingga saat ini.

Pemakaian secara teratur tidak hanya membuat kulit lebuh putih, namun juga lebih cerah dan kenyal. Semua manfaat tersebut didapat dari kandungan beras berupa asam ferulic dan alantoin. Kedua kandungan tersebut juga sebagai nutrisi alami yang efektif memutihkan kulit. Tentu saja anda harus tau bagaimana cara membuat dan menggunakannya.

Pertama, siapkan beras secukupnya dan rendam dengan air bersih. Diamkan beras tersebut sekitar 2 jam agar kandungannya larut dengan air. Setelah itu, silahkan diaduk merata hingga airnya berwarna putih. Amil airnya dan masukkan kedalam wadah lain, kemudian oleskan menyeluruh ada bagian kulit tangan dan kaki. Diperlukan waktu sekitar 10 menit agar kandungannya meresap, lalu anda bisa membilasnya dengan air hangat.

4. Memutihkan Kulit Menggunakan Tomat

Tomat
Image by Reviewed.com

Tomat tidak hanya bagus dikonsumsi sebagai salah satu bahan untuk menyehatkan tubuh. Banyak manfaat yang didapatkan dari buah merah tersebut, salah satunya adalah memutihkan kulit kaki dan tangan. Buah tersebut lebih banyak mengandung antioksidan lycpine yang efektif menangkal radikal bebas.

Selain itu, ada juga kandungan dari berbagai jenis vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk dalam hal memutihkan. Untuk mendapat manfaat tersebut, buatlah tomat menjadi lulur alami. Caranya tidak terlalu sulit, meskipun anda baru pertama kali membuatnya. Namun kali ini ada tambahan bahan lain dengan tujuan untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

Ambil 2 buah tomat segar dengan ukuran besar atau sedang, kemudian tumbuk hingga halus. Anda bisa menggunakan blender untuk proses ini, akan tetapi tidak perlu menambahkan air. Selanjutnya, campurkan dua sendok makan madu murni dan aduk hingga merata. Oleskan lulur alami yang sudah jadi tersebut secara menyeluruh. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Lidah Buaya sebagai Pemutih Alami Kulit

Lidah Buaya
Image by Sehatq.com

Seperti diketahui, senyawa pembentuk warna kulit pada tubuh adalah melanin. Ketika produksi zat tersebut berlebihan, secara otomatis kulit akan tampak lebih gelap. Menggunakan lidah buaya sebagai pemutih alami bisa menjadi alternatif utama. Kandungan aloesin sangat baik untuk menghambat produksi melanin sehingga kulit tampak selalu putih dan cerah.

Ambil beberapa batang lidah buaya yang berukuran besar, kemudian buang kulit bagian luarnya. Sisakan gel lidah buaya dan masukkan kedalam mangkuk. Masukkan kedalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin. Jika sudah, anda bisa langsung mengaplikasikan pada kulit secara merata. Tunggu selama 15 menit dan anda bisa membilasnya dengan air bersih. Supaya hasil lebih maksimal dan mendapatkan kulit lebih halus, silahkan tambahkan yoghurt.

6. Minyak Zaitun sebagai Pemutih Kulit

Minyak Zaitun sebagai Pemutih Kulit
Image by Klikdokter.com

Kandungan utama minyak zaitun adalah zat polifenol. Kandungan tersebut merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat baik untuk menutrisi kulit dan melindunginya dari paparan sinar UV. Kandungan lain yang terdapat pada minyak tak jenuh tersebut adalah linoleic acid, dimana mempunyai fungsi utama untuk menghidrasi kulit agar selalu terjaga kelembapan nya.

Tidak sulit mendapatkan manfaat dari minyak tersebut, juga tidak perlu bahan lain sebagai pendukung. Cukup oleskan minyak zaitun secara menyeluruh pada tangan dan kaki. Biarkan meresap sempurna, atau paling tidak selama 30 menit apabila anda mempunyai banyak waktu. Langkah terakhir yakni dengan cara membilasnya degan air sabun untuk menghilangkan baunya.

7. Kulit Tampak Lebih Putih dan Segar dengan Mentimun

Kulit Tampak Lebih Putih dan Segar dengan Mentimun
Image by Cantikberkilau.com

Pada umumnya, mentimun digunakan sebagai pelengkap makanan yang disebut dengan lalap. Ternyata bukan hanya itu saja fungsi dari buah dengan kandungan banyak air ini. Dalam hal perawatan skincare, mentimun sangat efektif untuk membuat kulit lebih putih dan terlihat segar. Kandungan mineral nya mencapai 80% dan terbukti efektif menghambat pigmentasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, silahkan blender atau tumbuk mentimun hingga halus. Kemudian campurkan dengan dua sendok madu murni dan aduk hingga merata. Setelah membersihkan tangan dan kaki, oleskan mentimun secara menyeluruh. Tunggu hingga 20 menit atau ketika kandungannya meresap sempurna. Silahkan bilas dengan air hangat dan bersih menggunakan sabun.

8. Cara Memutihkan Kulit dengan Putih Telur

Cara Memutihkan Kulit dengan Putih Telur
Image by Kawaiibeautyjapan.com

Cara memutihkan kulit kaki dan tangan berikutnya bisa menggunakan putih telur. Pastinya anda kurang yakin dengan bahan alam dari hewani ini. Perlu diketahui, putih telur mengandung banyak protein yang baik untuk menutrisi kulit. Protein terbukti efektif meningkatkan proses regenerasi kulit sehingga selalu tampak lebih putih alami.

Siapkan satu atau dua butir telur ayam kampung. Pisahkan antara kuning dan putihnya. Kocok dengan cepat putih telur hingga berbusa, kemudian tambahkan dengan satu sendok madu alami. Oleskan pada kulit secara merata dan diamkan selama 20 menit untuk hasil lebih optimal. Silahkan bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih dan tidak lengket.

9. Lulur Kentang untuk Memutihkan Kulit

Lulur Kentang untuk Memutihkan Kulit
Image by Lemonilo.com

Sebagai bahan makanan dengan sumber mineral tinggi, kentang juga efektif untuk memutihkan kulit kaki dan tangan. Dengan kandungan mineral tersebut, proses regenerasi kulit semakin cepat. Kulit mati akan mudah terkelupas dan digantikan dengan kulit baru sehingga tampak selalu muda. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menghambat proses penuaan dini.

Cara membuat lulur kentang untuk memutihkan kulit ternyata tidak susah. Siapkan satu butir kentang dan haluskan, jangan lupa untuk membuang kulitnya terlebih dahulu. Setelah itu, campurkan susu tawar dan aduk hingga rata. Oleskan kedua bahan yang sudah membentuk pasta secara menyeluruh. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin agar kulit senantiasa lebih kenyal.

10. Susu untuk Memutihkan Kulit

Susu untuk Memutihkan Kulit
Image by Kamini.id

Sudah sejak lama susu dipercaya mampu membuat kulit lebih putih dan cerah alami. Kandungannya sangat lengkap untuk menutrisi kulit, diantaranya adalah protein dan vitamin. Dengan semua kandungan yang ada pada susu, tidak menutup kemungkinan bahwa hasil yang didapatkan lebih permanen.

Memutihkan kulit kaki dan tangan menggunakan susu bisa melalui metode berendam atau cukup mengoleskan pada kulit secara menyeluruh. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan air hangat agar proses regenerasi semakin cepat. Jenis susu yang digunakan juga tidak boleh sembarangan, usahakan menggunakan susu murni atau susu bubuk.

Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit tangan dan kaki. Meski demikian, belum ada penelitian secara klinis dari semua manfaat yang didapat. Maka dari itu ada baiknya jika nada menghentikan pemakaian ketika terjadi gejala iritasi, ruam, atau gatal-gatal.