10 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami

10 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami

Bukan hanya wajah hitam yang menjadi masalah bagi sebagian wanita, ketiak hitam juga demikian. Bagi yang memprioritaskan penampilan, ketiak hitam dapat menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jika ada tuntutan untuk menggunakan baju lengan pendek, sudah seharusnya masalah tersebut harus segera diatasi.

Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, pada umumnya menggunakan produk kecantikan khusus. Sebenarnya ada cara memutihkan ketiak hitam secara alami menggunakan bahan dari alam. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui akan hal ini sehingga mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mengatasinya.

Kebanyakan bahan yang dimaksud yakni berupa buah-buahan yang mudah ditemui di sekitar kita. Dengan cara alami ini, anda tidak hanya mendapatkan ketiak putih dan bersih, namun juga menghemat kantong. Sebagai contoh adalah lemon, mentimun, jeruk, dan bahkan bumbu dapur seperti kunyit. Pasti anda tidak asing dengan semua bahan tersebut.

Penyebab Ketiak Hitam

Penyebab Ketiak Hitam
Image by Liputan6.com

Perlu diketahui, banyak kemungkinan penyebab kenapa kulit ketiak menjadi hitam. Secara alami, kulit pada bagian yang terhimpit lengan tersebut memang lebih gelap dari warna kulit dasar. Akan tetapi tidak begitu hitam jika tidak ada penyebabnya. Sebelum mengetahui cara memutihkan ketiak hitam secara alami, sebaiknya kita cari tau dulu apa penyebabnya.

✓ Salah Mencukur Bulu Ketiak

Sudah menjadi kewajaran jika pada ketiak tumbuh bulu halus yang mempunyai salah satu fungsi untuk melindungi kulit. Fungsi lain dari bulu ketiak yakni mengeluarkan kandungan feromon yang berguna untuk memikat lawan jenis. Sayangnya, tidak semua wanita atau pria nyaman dengan adanya bulu tersebut.

Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya mencukur hingga habis. Di sinilah awal masalah mulai muncul, dimana ketika mencukur bulu ketiak, terjadi gesekan antara pisau cukur dengan kulit. Secara tidak langsung, kondisi ini mengakibatkan warna kulit berubah menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

✓ Gesekan yang Berlangsung Lama

Selain gesekan pisau cukur, gesekan antara baju dengan kulit ketiak juga menjadi penyebab utama munculnya masalah ketiak hitam. Apabila gesekan terus berlangsung lama, warna ketiak juga lebih cepat berwarna hitam atau gelap. Apalagi jika kain pakaian yang digunakan tergolong kasar, pastinya gesekan yang terjadi semakin parah.

✓ Penumpukan Sel Kulit Mati

Masalah ini hampir tidak dapat dihindari, namun setidaknya bisa dicegah. Semakin bertambahnya usia, sel kulit terus melakukan regenerasi. Kulit yang mati akan tergantikan dengan kulit baru. Apabila sel kulit mati menumpuk dan tidak berhasil terangkat sempurna, maka akan lebih cepat menghasilkan warna hitam pada ketiak.

✓ Paparan Bahan Kimia

Pada umumnya, bau ketiak memang tidak terlalu sedap. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak orang yang menggunakan produk pewangi berupa deodoran atau bedak. Sayangnya, kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia yang justru mengakibatkan warna kulit ketiak hitam.

Jika digunakan terlalu lama, bahkan sangat jelas terlihat kontras kulit alami dengan kulit ketiak yang jauh berbeda. Inilah yang juga menjadi salah satu penyebab ketiak hitam yang sulit dihindari. Bagaimana tidak, hampir semua orang mendambakan bau ketiak wangi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami

Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami
Image by Jakselnews.pikiran-rakyat.com

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, saatnya anda mengetahui bagaimana cara memutihkan ketiak hitam secara alami. Disebutkan tadi ada berbagai bahan yang bisa digunakan, sebagian besar dari buah-buahan. Tentunya ada bahan lain yang bisa digunakan selain itu, berikut selengkapnya!

1. Baking Soda

Baking Soda
Image by Healthline.com

Baking Soda tidak hanya dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat roti. Fungsinya sebagai pengembang sehingga roti lebih nikmat disantap. Namun bukan itu yang menjadikan fungsi sebagai masalah ketiak hitam, melainkan butiran scrub yang ampuh mengangkat sel kulit mati. Seperti dijelaskan diatas, salah satu penyebab ketiak hitam adalah penumpukan sel kulit mati pada daerah tersebut.

Cara menggunakan baking soda untuk membuat kulit ketiak utih cukup mudah. Siapkan satu sendok baking soda pada wadah mangkuk. Larutkan dengan air hangat secukupnya, kemudian aduk merata. Oleskan pada ketiak selagi masih ada butiran halus sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 15 menit agar kandungannya meresap. Setelah itu, silahkan bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Lemon

Lemon
Image Credit: Rd.com

Kandungan vitamin C pada lemon terkenal tinggi dan terbukti mampu memutihkan kulit, termasuk ketiak. Selain itu, kandungan asam pada buah tersebut juga sangat baik untuk mengikis dan membersihkan sel kulit mati penyebab ketiak hitam. Kandungan antiseptik nya sekaligus menghilangkan bau yang tidak sedap.

Siapkan satu buah lemon yang masih segar, usahakan yang telah masuk pada kulkas agar sensasi dingin semakin terasa. Iris lemon menjadi beberapa bagian tipis, kemudian oleskan perlahan pada kulit ketiak. Biarkan kandungannya meresap sempurna, setidaknya selama 20 menit. Setelah itu baru anda bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

3. Mentimun

Kulit Tampak Lebih Putih dan Segar dengan Mentimun
Image by Cantikberkilau.com

Selain lemon, mentimun juga mengandung vitamin C, meskipun tidak setinggi lemon. Kandungan vitamin tersebut sudah lebih dari cukup sebagai cara memutihkan ketiak hitam secara alami. Kandungan antioksidan pada mentimun juga sangat baik untuk melindungi kulit ketiak. Menggunakan mentimun untuk ketiak juga dapat memberikan sensasi segar karena kandungan airnya.

Sama hanya degan menggunakan lemon, cukup iris tipis mentimun menjadi beberapa bagian. Oleskan secara menyeluruh pada ketiak, pijat perlahan agar kandungannya mudah meresap. Tidak perlu menunggu waktu lama, cukup 10 menit dan bilas dengan air bersih. Anda bisa mengulangi langkah ini 2 kali sehari jika perlu, tergantung dari tingkat kehitaman kulit ketiak.

4. Kunyit

Kunyit
Image by Alodokter.com

Dari bumbu dapur, ada kunyit yang juga efektif memutihkan ketiak hitam secara alami. Selain mampu membuat kulit lebih putih, kunyit juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada ketiak. Manfaat tersebut didapat dari sifat anti-inflamasi yang baik. Untuk mendapatkan hasil lebih optimal, silahkan tambahkan lemon secukupnya.

Menggunakan kunyit bubuk sangat disarankan karena lebih mudah. Siapkan 1 sendok kunyit bubuk dan 2 sendok makan air perasan lemon. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Setelah mendapatkan tekstur pasta, oleskan pada kulit ketiak secara menyeluruh. Supaya kandungannya meresap sempurna, diamkan selama 15 menit. Silahkan bilas hingga bersih menggunakan air hangat atau dingin, sesuai selera.

5. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Image by Meramuda.com

Termasuk salah satu jenis minyak esensial, tea tree oil dipercaya mampu mengatasi ketiak hitam. Kandungannya berupa antioksidan tinggi bahkan digunakan untuk berbagai produk kecantikan, termasuk masker. Minyak ini juga sangat baik untuk mengatasi peradangan dan iritasi akibat gesekan.

Seperti bahan lain yang digunakan untuk memutihkan ketiak hitam secara alami, tea tree oil juga sangat mudah diaplikasikan. Campurkan beberapa tetes atau satu sendok teh minyak tersebut dengan air. Aduk merata dan oleskan pada kulit ketiak, diamkan selama 15 menit. Bilas sampai bersih menggunakan air, bisa juga menggunakan sabun khusus untuk hasil lebih maksimal.

6. Cuka Apel

Cuka Apel
Image by Herstory.co.id

Cuka Apel mengandung berbagai jenis asam yang baik untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan yang paling banyak adalah asam asetat dan asam sitrat yang terbukti mampu mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati. Pemakaian cuka apel secara teratur dapat membuat kulit ketiak putih secara alami.

Hasil yang didapatkan akan lebih optimal jika anda mencampurnya dengan baking soda. Siapkan 2 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan baking soda, kemudian campur dan aduk. Apabila sudah mendapatkan tekstur mirip pasta atau gel, silahkan oleskan pada kulit ketiak. Waktu yang dibutuhkan agar kandungannya meresap sempurna sekitar 10 menit. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air dingin.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image by Honestdocs.id

Selain tea tree oil dan cuka apel, cairan yang terbukti ampuh sebagai cara memutihkan ketiak hitam secara alami adalah Minyak Zaitun. Kandungan vitaminnya sangat lengkap, terdiri dari vitamin C, E, dan vitamin K. Selain itu, polifenol yang ada pada minyak tersebut juga efektif merawat kesehatan kulit.

Kali ini anda perlu gula pasir sebagai bahan tambahan. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian aduk sebentar. Oleskan pada kulit ketiak sambil dipijat perlahan, butiran scrub gula berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Diperlukan waktu setidaknya 10 menit agar kandungan utama minyak zaitun meresap sempurna. Langkah berikutnya yakni dengan membilasnya menggunakan air dingin.

8. Kentang

Kentang
Image by Detik.com

Siapa sangka jika kentang ternyata efektif untuk membuat kulit ketiak tampak lebih putih. Kandungan vitamin C di dalamnya tidak hanya membuat kulit ketiak lebih cerah, namun membuatnya terasa lebih kenyal. Kentang kerapkali digunakan sebagai produk kecantikan dengan fungsi utama untuk mencegah penuaan dini.

Untuk mendapatkan kulit ketiak putih menggunakan kentang, ada cara khusus yang harus dilakukan. Kupas kulit kentang, kemudian bersihkan dengan air. Parut kentang mentah tersebut hingga halus, masukkan ke dalam kulkas sebentar agar terasa lebih dingin. Gunakan pada ketiak yang mengalami masalah warna hitam dan biarkan selama 10 menit. Berikutnya anda pasti tau apa yang dilakukan, yakni dengan membilasnya hingga bersih.

9. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image by Tribunnews.com

Sudah sejak lama Lidah Buaya digunakan sebagai produk kecantikan karena manfaatnya, termasuk sebagai cara memutihkan ketiak hitam secara alami. Kandungan utama dari tanaman hias ini sangat lengkap, terdiri dari magnesium, kalsium, zinc, dan antioksidan. Kandungan aloesin lidah buaya sangat baik untuk menghambat proses pigmentasi kulit.

Tidak sulit mengaplikasikan tanaman ini pada kulit ketiak. Siapkan satu batang lidah buaya dengan ukuran sedang, iris bagian tengahnya dan ambil daging yang berupa gel. Lanjutkan dengan mengoleskannya pada ketiak dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Kandungan antibakteri nya juga sangat baik untuk mencegah bau ketiak.

10. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Image by Suara.com

Kandungan jeruk nipis hampir sama dengan lemon, yakni mengandung asam yang baik untuk mengikis sel kulit mati. Di samping itu, kandungan vitamin C juga tinggi dan mampu mencerahkan kulit dalam waktu singkat. Menariknya, tidak perlu bahan lain untuk mendapatkan semua manfaat tersebut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan satu buah jeruk nipis. Iris buah dengan rasa asam tersebut menjadi dua, kemudian peras pada mangkuk. Ambil bola kapas atau kapas biasa yang steril, celupkan sebagian permukaan pada perasan jeruk nipis tadi. Oleskan pada ketiak secara merata dan diamkan selama 10 menit. Berikutnya, silahkan bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Dari penjelasan diatas, ternyata cara memutihkan ketiak hitam secara alami tidaklah sulit. Apalagi bahan yang dibutuhkan mudah ditemui dengan harga terjangkau pula. Apabila cara diatas tidak terlalu efektif, ada baiknya jika anda konsultasi dengan ahli kecantikan. Demikian pula ketika mencobanya ternyata timbul iritasi, gatal, atau gangguan kulit lainnya, sebaiknya jangan diteruskan.