20 Masker Pemutih Wajah dengan Bahan Alami & Cara Membuatnya

Masker Pemutih Wajah

Masker pemutih wajah dari bahan alami akan membantu merawat kulit dan membuatnya cerah bersinar. Anda bisa menemukan bahan melalui buah-buahan atau sayuran, yang dipercaya kaya akan nutrisi.

Wajah putih dan cerah alami tentunya menjadi dambaan setiap orang. Berbagai macam produk kecantikan dicoba demi mendapatkan hasil maksimal. Namun tidak semua jenis kulit wajah mampu beradaptasi dengan bahan kimia. Maka dari itu perawatan kulit menggunakan masker alami sangat disarankan. Lalu apa saja jenis masker pemutih wajah yang mudah diterapkan?

1. Masker Campuran Lemon, Madu dan Susu

Masker Campuran Lemon, Madu dan Susu
Image Credit: Mymilk.com

Anda bisa memanfaatkan buah lemon yang kaya akan vitamin C. Lemon dipercaya dapat mencerahkan kulit, karena kemampuannya untuk mengurangi produksi melanin. Sebagai bahan pencampurnya Anda bisa menambahkan susu dan madu. Seperti yang Anda ketahui bahwa madu sangat bagus untuk mengembalikan pigmen kulit yang terkelupas.

Sebelumnya Anda perlu mempersiapkan jus lemon, usahakan jangan diberi campuran apapun selain air. Setelah siap campurkan satu sendok jus lemon, satu sendok makan susu, dan satu sendok makan madu. Padukan ketiga bahan tersebut ke dalam satu mangkuk, sembari membersihkan wajah dengan cairan pembersih.

Kemudian oleskan masker alami tersebut ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat, Anda disarankan memakai handuk khusus wajah saat membasuhnya. Anda boleh melakukan perawatan ini setiap malam ketika sebelum tidur. Karena masker ini terbuat dari bahan alami jadi tidak usah khawatir terjadi efek samping.

2. Masker Lidah Buaya dan Tepung Beras

Masker Lidah Buaya dan Tepung Beras
Image Credit: Parenting.orami.co.id

Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Selain itu tanaman herbal ini juga dapat memudarkan bintik hitam dan bekas jerawat. Hal ini karena lidah buaya dapat merangsang produksi kolagen di kulit, sehingga mengurangi munculnya jaringan parut. Oleh sebab itu Anda bisa memanfaatkannya sebagai masker kulit wajah.

Anda akan merasakan hasil perawatan kulit sempurna, dengan mencampurkan lidah buaya dan tepung beras. Mengingat bahwa tepung beras mempunyai sifat anti-penuaan dan zat penyerap minyak. Sehingga bahan rumahan ini kerap dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Salah satunya menjadi tabir surya alami jadi bisa melindungi kulit dari sinar matahari.

Anda cukup membutuhkan gel lidah buaya segar dan dua sendok makan tepung beras. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut dalam sebuah wadah, lalu aduk sampai merata. Oleskan pada wajah menggunakan kuas masker secara perlahan, diamkan selama 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat dan keringkan, lakukan hal yang sama setiap malam.

3. Masker Almond dan Susu Murni

Masker Almond dan Susu Murni
Image Credit: Merdeka.com

Kandungan vitamin E, asam lemak, dan zat aktif pada minyak almond dipercaya bisa menetralisir radikal bebas. Hal ini tentu mencegah kulit dari penuaan dini sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Alhasil kulit wajah menjadi lebih lembab dan terlihat sehat alami. Meskipun berada di penghujung usia 30-an namun kulit Anda tampak seperti usia muda.

Masker almond akan bekerja maksimal apabila dicampur dengan susu murni. Hal ini karena susu mengandung vitamin dan lemak yang bagus untuk kesehatan kulit. Uniknya susu memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran minyak yang larut. Sehingga apabila dipadukan dengan minyak almond akan membuat wajah semakin lembut dan bersinar.

Untuk cara pembuatannya Anda memerlukan dua sendok bubuk almond. Kemudian campurkan dua sendok makan susu murni. Aduk kedua bahan sampai rata hingga terlihat seperti pasta kental. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30-60 menit, namun jika ingin hasil cepat bisa didiamkan semalaman. Setelah itu bilas menggunakan air hangat, Anda bisa memakai masker sesuai kebutuhan.

4. Masker Kulit Jeruk Kering dan Yogurt

Masker Kulit Jeruk Kering dan Yogurt
Image Credit: Topmetro.news

Anda disarankan untuk mengkombinasikan kulit jeruk dengan yogurt, supaya hasil perawatan bisa bekerja secara efektif. Hasil fermentasi susu ini memiliki segudang kebaikan yang cocok untuk berbagai jenis kulit. Misalnya zat asam laktat pada yogurt yang bersifat eksfoliator, yaitu pengelupasan alami sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

BACA:  5 Cara Membuat Masker Kentang untuk Perawatan Wajah

Cara pembuatannya siapkan beberapa kulit jeruk, lalu jemur di sinar matahari sampai 3 hari. Tumbuk halus kulit jeruk yang sudah kering hingga menjadi bubuk. Tuangkan satu sendok makan bubuk tersebut ke dalam mangkuk. Campur dengan satu sendok makan yogurt tanpa rasa. Kemudian aduk rata sampai adonan mengental seperti pasta halus.

Selanjutnya oleskan pasta tersebut ke kulit wajah, sebelumnya pastikan wajah sudah bebas dari make up. Diamkan masker selama 15-20 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Anda boleh memakai masker ini setiap hari menjelang waktu tidur. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan justru kulit wajah Anda tampak bersinar lebih cepat.

5. Masker Air Kelapa dan Air Mawar

Masker Air Kelapa dan Air Mawar
Image Credit: Beautynesia.id

Saat panas terik minum air kelapa memang menjadi pelepas dahaga yang paling tepat. Namun bukan hanya rasanya yang menyegarkan, ternyata air kelapa telah lama dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan. Hal ini karena air kelapa berfungsi sebagai anti aging yang kuat. Sehingga dapat memudarkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah.

Selain itu bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, air buah khas pantai ini mampu menghidrasi kulit. Kabar baiknya air kelapa membantu untuk mempertahankan tingkat pH kulit. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut Anda perlu mencampurnya dengan air mawar. Apabila dikombinasikan maka kesimbangan pH kulit akan Anda dapatkan.

Pertama campurkan bahan dengan perbandingan 1:1 untuk air mawar dan air kelapa. Tambahkan sedikit air matang agar campuran menjadi sedikit encer. Masukkan ke dalam botol semprotan bersih dan kocok agar tercampur. Semprotkan cairan tersebut setelah Anda mencuci wajah. Penggunaan masker cair ini bisa digunakan beberapa kali dalam sehari.

6. Masker Pepaya dan Madu

Masker Pepaya dan Madu
Image Credit: Soco.id

Selama ini pepaya dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalamnya terdapat enzim proteolitik yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti virus. Itulah mengapa para ahli kecantikan merekomendasikan pepaya sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah.

Vitamin pada pepaya dapat mengurangi kadar stres kulit wajah, sekaligus dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Khasiat tersebut dapat memberikan efek kulit lebih rileks dan terlihat segar. Buah lunak ini juga bisa mengecilkan pori-pori wajah, dan membersihkan debu serta kotoran yang menumpuk. Sehingga tidak ada lagi wajah berjerawat serta kusam.

Anda bisa mengaplikasikannya pada wajah dengan membuat masker pepaya. Lebih baik lagi jika mencampurkan madu yang berguna untuk melembabkan kulit. Caranya tinggal tumbuk halus pepaya yang telah dikupas, lalu tuang satu sendok teh madu. Aduk rata di dalam wadah secukupnya, setelah itu oleskan ke wajah. Diamkan selama 20-30 menit untuk hasil yang maksimal.

7. Masker Labu Kuning

Masker Labu Kuning
Image Credit: Twitter.com @combicarecenter

Labu kuning diketahui mengandung enzim yang mirip seperti alpha-hydroxy. Dimana kandungan tersebut sering ditemukan pada produk-produk pencerah kulit. Jadi bisa dikatakan bahwa buah ini membuat kulit wajah tampak cerah alami. Belum lagi beta karoten yang dimiliki dapat menutrisi serta memperbaiki jaringan kulit.

Untuk membuat masker pemutih wajah menggunakan labu kuning, siapkan satu putih telur, satu sendok teh jeruk bali, satu sendok teh jus lemon, dan 2 sendok teh krim asam bebas lemak. Pertama kocok putih telur hingga mengembang, lalu di mangkuk campurkan jus jeruk dan lemon pada krim asam. Setelah itu satukan semua adonan dalam satu wadah dan aduk hingga rata.

Oleskan campuran tersebut ke wajah kemudian biarkan selama 20 menit. Bilas wajah menggunakan air hangat supaya masker lebih meresap. Anda bisa memakainya secara rutin terutama untuk tipe kulit berminyak. Tujuannya agar kadar minyak di kulit wajah berkurang sehingga pigmennya dapat terhidrasi dengan baik.

8. Masker Kentang

Masker Kentang
Image Credit: Kitakini.news

Kentang mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu untuk mencerahkan kulit. Selain itu umbi lezat ini mempunyai vitamin B3, yang banyak ditemukan pada berbagai produk kecantikan kulit. Kandungan tersebut dapat memudarkan bekas jerawat. Alhasil kulit wajah terlihat lebih mulus dan bersih dari noda-noda hitam.

Kentang yang diolah menjadi masker bisa menjadi pemutih ringan untuk mencerahkan kulit. Untuk pembuatannya Anda memerlukan satu kentang, kemudian kupas dan potong-potong kecil. Gosokkan potongan tersebut ke seluruh area wajah agar sarinya menyebar rata. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air bersih. Untuk pemakaian efektif bisa digunakan selama 3 kali seminggu.

9. Masker Air Beras dan Susu

Masker Air Beras dan Susu
Image Credit: Merdeka.com

Sudah sejak lama air beras dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Hal ini karena air beras penuh dengan mineral, asam amino, dan vitamin yang menutrisi kulit. Selain itu air ini mampu mencerahkan kulit wajah secara alami, berkat kandungan antioksidan tinggi dan senyawa flavonoid di dalamnya.

BACA:  9 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Anda perlu mencampurkan ½ cangkir air beras yang sudah ditumbuk halus, dengan 4 sendok makan susu. Pastikan bahwa kombinasi ini mengental hingga seperti pasta. Lalu oleskan ke kulit wajah dan biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa memakai masker ini setiap hari, agar kulit terlindungi dari paparan sinar UV.

10. Masker Blueberry

Masker Blueberry
Image Credit: Kumparan.com

Buah berwarna ungu ini kaya akan antioksidan dan asam lemak yang dapat melembabkan kulit. Belum lagi kandungan vitamin C yang mampu merangsang kinerja kolagen dan mengencangkan kulit wajah. Jadi tidak heran bila blueberry kerap dijadikan sebagai bahan produk kecantikan. Anda pun juga bisa memanfaatkan buah ini sebagai masker wajah dari bahan alami.

Pertama siapkan segenggam blueberry segar dan ½ cangkir yogurt tanpa rasa. Lembutkan blueberry sambil campur dengan yogurt, kemudian aduk rata. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker dua kali seminggu agar kulit bercahaya.

11. Masker Baking Soda

Masker Baking Soda
Image Credit: Viva.co.id

Selain bermanfaat sebagai bahan membuat kue, baking soda memiliki kegunaan untuk kecantikan kulit wajah. Salah satunya ialah dapat menetralkan peradangan dan membunuh bakteri pada kulit. Disamping itu, soda kue ini bisa mengobati jerawat sekaligus menyeimbangkan pH kulit. Sehingga wajah tampak bersinar dan terawat secara alami.

Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit berminyak, mungkin baking soda bisa menjadi solusinya. Salah satu bahan kue tersebut dapat mengurangi minyak dalam kulit, dan menetralkan kembali kelenjar sebaceous. Di sisi lain baking soda juga bekerja dengan baik sebagai agen pengelupasan kulit. Alhasil sel-sel kulit mati terangkat dan membuka lapisan kulit baru.

Anda bisa memanfaatkan baking soda sebagai masker pemutih wajah, namun perlu menambahkan beberapa tetes jus lemon. Caranya campurkan 2 sendok makan soda kue dengan satu sedok makan jus lemon. Aduk rata hingga mengental seperti pasta, lalu oleskan ke wajah sambil gosok selama 5 menit. Setelah itu cuci wajah dengan air hangat supaya tetap terasa lembab.

12. Masker Alpukat

Masker Alpukat
Image Credit: Sehatq.com

Bicara tentang alpukat tentu sudah banyak yang tahu khasiat buah ini. Beberapa zat esensial di dalamnya bagus untuk kebugaran tubuh. Pilihan terbaik apabila Anda ingin mendapatkan kulit wajah sehat alami. Kandungan vitamin C dan E akan mencegah kulit dari radikal bebas. Sehingga dapat mencegah penuaan dini sekaligus mendukung kepadatan serat kolagen.

Untuk membuat masker alpukat Anda membutuhkan ½ alpukat matang, lalu haluskan sampai lembut. Jangan lupa menambahkan satu sendok teh jus lemon, minyak zaitun, gandum, dan madu murni. Campurkan semua bahan tersebut sembari menambahkan putih telur dan ½ gelas jus jeruk. Setelahnya oleskan di wajah dan diamkan selama 25 menit, lalu bilas dengan air bersih.

13. Masker Bengkoang

Masker Bengkoang
Image Credit: Fimela.com

Hampir sebagian besar produk kecantikan menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya. Hal ini karena bengkoang mengandung vitamin B dan C, yang sanggup menghambat penuaan dini serta menjadikan kulit tampak sehat. Selain itu buah berwarna putih ini dapat menghilangkan noda kusam di wajah, sehingga kulit bisa kembali cerah.

Untuk perawatan kulit secara rutin Anda bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah. Sebelumnya parut dulu bengkoang hingga lembut, lalu peras perlahan dengan menggunakan air. Sari yang tersisa nantinya digunakan sebagai masker, kemudian bubuhkan ke area wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air hangat agar efeknya tetap lembab.

14. Masker Lobak Putih

Masker Lobak Putih
Image Credit: Nakita.grid.id

Mungkin beberapa orang masih kurang familiar mendengar masker lobak putih. Rata-rata mengenalnya sebagai bahan utama untuk masakan. Namun rupanya lobak ini dapat menghaluskan kulit dengan baik. Di dalamnya terdapat vitamin, asam folat, dan antosianin yang baik untuk mempertahankan kulit tetap bersinar.

Lobak juga dikenal dengan kandungan air yang tinggi, sehingga mampu menghidrasi kulit dengan baik. Belum lagi zat antioksidan dan vitamin C yang berfungsi untuk mengatasi penyakit kulit serta peradangan. Jangan lupakan zat fosfor dan seng yang membuat wajah terlihat segar, sekaligus menjadi pemutih alami yang aman digunakan.

Mengingat banyaknya khasiat lobak putih, maka perlu untuk tahu cara pembuatannya. Pertama haluskan satu lobak putih dan campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu langsung oleskan pada wajah dan tunggu sampai 30 menit. Selanjutnya Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

BACA:  10 Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami yang Perlu Anda Coba

15. Masker Pisang

Masker Pisang
Image Credit: Merdeka.com

Bukan hal yang asing jika pisang memiliki banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan kulit wajah. Buah kuning ini mengandung kalium dan moisture yang dapat melembabkan kulit kering. Zat potasium dan vitamin E serta C pada buah ini dapat mengontrol minyak dalam wajah. Tak heran apabila pisang dipercaya bisa membuat wajah tampak bercahaya dan jernih.

Tak hanya memakan pisang secara rutin, Anda bisa membuat masker wajah untuk memutihkan kulit. Pertama Anda perlu menghaluskan satu buah pisang sampai lembut. Tambahkan satu sendok makam madu lalu aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20 menit, dan bilas wajah memakai air hangat.

16. Masker Teh Hijau

Masker Teh Hijau
Image Credit: Jawapos.com

Aroma teh hijau yang harum membuatnya menjadi minuman favorit. Namun tak hanya untuk dikonsumsi, ternyata teh hijau dapat diolah menjadi produk perawatan kulit wajah. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan mampu memberikan manfaat bagi kulit. Salah satunya bisa mengurangi iritasi dan kemerahan akibat paparan sinar matahari.

Anda dapat merasakan manfaat tersebut dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Pertama rendam teh hijau di dalam air panas selama 15 menit, tunggu hingga dingin baru oleskan airnya pada wajah. Ada juga cara lain yaitu dengan menggunakan bubuk teh hijau, lalu campurkan dengan air sampai larut. Adonan tersebut yang Anda gunakan sebagai masker wajah.

17. Masker Kopi

Masker Kopi
Image Credit: Tokopedia.com

Sebagai bahan alami tentu saja kopi banyak khasiatnya, sebut saja dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Persoalan sel kulit mati pada wajah ini memang membuat beberapa orang kesal. Sebab menjadi alasan munculnya jerawat, komedo, hingga kulit wajah yang tampak kusam. Maka bubuk kopi ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan wajah sehat dan bersinar.

Anda bisa memanfaatkan kopi sebagai scrub, agar sel kulit mati dapat terangkat sempurna. Caranya campurkan satu sendok teh kopi dengan air hingga berbentuk pasta. Lalu gosok-gosokkan pada wajah sampai 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Namun disarankan untuk pemakaian seminggu sekali, sebab scrub bisa menipiskan kulit ari wajah.

18. Masker Strawberry

Masker Strawberry
Image Credit: Timesindonesia.co.id

Dibalik warnanya yang merah menggoda, siapa sangka jika strawberry menyimpan banyak kebaikan. Terutama kandungan nutrisi dan vitamin buah ini yang bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Strawberry memiliki asam ellagic yang berfungsi untuk mencerahkan wajah yang kusam dan menghilangkan bintik hitam pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut Anda bisa menjadikan strawberry sebagai masker pemutih wajah. Anda hanya perlu menghaluskan beberapa buah strawberry hingga lembut, lalu campurkan dengan susu cair sampai mengental. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah dan tunggu sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

19. Masker Tomat

Masker Tomat
Image Credit: Theshonet.com

Tomat memang dikenal sebagai buah yang menyegarkan, tidak heran banyak yang menyukainya. Disamping itu buah merah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi peradangan kulit. Karena kandungan vitamin yang dimiliki bagus untuk kesehatan, maka tomat sering kali menjadi bahan untuk masker kulit wajah alami.

Anda bisa menambahkan satu sendok teh yogurt dan oatmeal, agar nantinya dicampur dengan tomat. Sebelumnya belah tomat menjadi dua lalu ambil sari dari buah tomat. Padukan semua bahan menjadi satu dan aduk hingga merata. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 20 menit, barulah bilas dengan air hangat.

20. Masker Bubuk Cendana

Masker Bubuk Cendana
Image Credit: Nova.grid.id

Sejak dulu kayu cendana dipercaya sebagai bahan alami untuk mendapatkan wajah yang berseri. Hal ini karena cendana memiliki zat anti-tanning, yang dapat mencegah penggelapan pada kulit. Selain itu bubuk cendana bermanfaat untuk melembutkan kulit, sehingga membuatnya tampak lebih bersinar dan kenyal.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa memakai bubuk cendana sebagai masker wajah. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk cendana dan bubuk almond. Tuangkan susu kemudian aduk semua bahan sampai berbentuk pasta halus. Selanjutnya oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu bilas menggunakan air hangat.

Menggunakan masker pemutih wajah dari bahan alami dipercaya tidak menimbulkan efek samping berlebih. Oleh karena itu bagus digunakan sebagai perawatan kulit secara rutin. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis masker wajah alami, supaya kulit terlihat bersinar dan sehat. Kulit wajah yang berseri dijamin akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.