10 Masker Mata Terbaik dari Bahan Alami

10 Masker Mata Terbaik dari Bahan Alami

Selain bisa diatasi dengan produk masker, mata anda juga bisa dihilangkan dengan bahan alami. Bahan alami pada umumnya berupa buah atau sayuran yang terbukti mengandung vitamin dan mineral penting untuk kulit. Cara membuat masker mata terbaik dari bahan alami juga tidak susah, hanya diperlukan sedikit proses yang tidak banyak memakan waktu. Asalkan anda tau apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak takaran yang diperlukan.

Mata panda menjadi masalah yang umum dialami banyak orang, terutama mereka yang tidak lagi muda. Tidak terasa sakit, namun lingkaran hitam dibawah mata tersebut dapat mengganggu penampilan. Bagi perempuan, tentunya hal itu menjadi masalah besar karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Area sekitar mata sangat tipis, sehingga ketika terjadi perubahan warna sedikit saja akan terlihat. Mereka yang menutupinya dengan makeup bukanlah sebuah solusi, namun hanya agar tidak terlihat sementara.

Selain mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata, daerah tersebut juga rentan mengalami keriput. Masalah ini juga menjadi perhatian besar dan harus segera diatasi jika tidak ingin terlihat tua. Apalagi jika sebagian kasus, semua masalah yang dimaksud muncul secara bersamaan, termasuk menurunnya elastisitas kulit. Ada masalah, pasti ada penyebabnya, begitu juga dengan mata panda yang menjadi topik utama kali ini.

Penyebab Masalah Kulit di Sekitar Mata

Penyebab Masalah Kulit di Sekitar Mata
Image by Indozone.id

Meskipun sebenarnya tidak dapat dihindari oleh sebagian orang, tidak ada salahnya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab masalah di sekitar mata. Dengan demikian, mungkin suatu saat anda tidak membutuhkan masker mata terbaik dari bahan alami atau produk yang dapat mengatasi masalah tersebut. Paling tidak, anda bisa sedikit menekan terjadinya masalah yang dapat mengurangi rasa percaya diri ini.

✓ Paparan Sinar Matahari

Berjemur merupakan salah satu aktivitas menyehatkan tubuh. Namun jika terlalu lama justru dapat membuat daerah sekitar mata menjadi hitam. Hal ini dikarenakan area tersebut sangat tipis sehingga mudah sekali berubah warna. Sebenarnya untuk menghindarinya, anda bisa menggunakan kacamata hitam. Namun hal itu tidak mungkin dilakukan seharian bukan? Bahkan pemakaian sun block juga tidak bisa membantu.

✓ Kurang Tidur

Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 hingga 8 jam, anda seharusnya juga demikian. Kurang tidur merupakan salah satu penyebab mata panda kantung mata, dan juga mata bengkak karena aliran darah di daerah sekitar mata tidak lancar. Oleh penyebab itulah darah menumpuk di sekitar mata sehingga menyebabkan warnanya berubah menjadi kehitaman.

✓ Faktor Genetik

Meskipun anda sudah menghindari semua penyebab masalah mata, namun jika ada faktor genetik, bisa jadi masalah itu muncul. Namun jangan khawatir, penyebab ini sangat jarang terjadi, apalagi jika ada masker mata panda dari bahan alami yang bisa anda buat sendiri di rumah.

✓ Cairan di Bawah Mata

Dari semua penyebab yang telah disebutkan, mungkin yang ini bisa jadi masalah serius. Pasalnya, cairan di bawah mata atau dikenal dengan kantung mata bisa jadi disebabkan alergi. Cairan yang menumpuk tersebut menyebabkan wana mata tidak merata dan terkesan lebih gelap. Jika dibiarkan lebih lama, masalah tersebut juga lebih parah dan terjadi iritasi.

Masker Mata dari Bahan Alami dan Cara Membuatnya

Masker Mata dari Bahan Alami dan Cara Membuatnya
Image by Sonora.id

Dari semua penyebab masalah mata yang telah disebutkan, semuanya dapat diatasi dengan bahan alami. Untuk waktunya tergantung dari tingkat parah atau tidaknya masalah yang dihadapi. Semakin parah, berarti semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengatasinya. Apalagi jika masalah kulit di sekitar mata tersebut termasuk bengkak atau kantung mata.

Jika dibandingkan dengan produk masker panda yang bisa dibeli di pasaran, tentu waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama. Artinya, menggunakan masker mata terbaik dari bahan alami membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dan membutuhkan kesabaran ekstra. Akan tetapi, keamanannya terjamin karena bahan yang digunakan alami dan anda mengetahui apa saja bahan yang digunakan.

1. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image by Sehatq.com

Minyak kelapa sangat baik untuk kesehatan kulit, mugkin anda sudah tau mengenai hal ini. Kandungannya yang berupa antiinflamasi sangat efektif untuk menenangkan peradangan pada kulit. Bahan cair tersebut sangat mudah meresap di kulit sehingga mampu mengatasi masalah pigmentasi yang menyebabkan mata panda. Cara menggunakan masker panda dari bahan alami ini juga sangat mudah.

Pertama, silahkan anda bersihkan seluruh wajah terlebih dahulu, terutama sekitar mata. Setelah itu silahkan dikeringkan dan oleskan dengan minyak kelapa. Selama mengoles, anda bisa memijat ringan daerah tersebut agar aliran darah menjadi lancar. Diamkan selama 15 menit agar minyak meresap sempurna, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Langkah terakhir tidak wajib dilakukan, namun lebih efektif jika anda menambahkan toner atau perawatan kecantikan lainnya sebelum tidur.

2. Tomat

Tomat
Image by Alodokter.com

Kaya akan kandungan vitamin, itulah buah tomat yang juga sering digunakan untuk pelengkap makanan. Tomat juga mengandung antioksidan tinggi sehingga tidak hanya cocok untuk mengatasi mata panda, namun juga garis halus dan keriput. Cairannya mengandung asam sitrat yang juga mempunyai fungsi utama untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Membuat masker alami dari bahan tomat sangat mudah, bahkan anda tidak perlu menggunakan bahan lainnya. Dengan kata lain, untuk membuat masker dari tomat hanya diperlukan satu buah tomat yang masih segar. Potong buah tomat yang sebelumnya diletakkan dalam kulkas agar sensasi dingin semakin terasa. Bersihkan area sekitar mata dengan sabun khusus muka, kemudian tempel irisan tomat tadi di daerah tersebut. Biarkan selama 10 menit agar kandungannya meresap sempurna, kemudian bilas lagi hinga bersih.

3. Kunyit

Kunyit
Image by Alodokter.com

Dari bumbu dapur, anda bisa menggunakan kunyit untuk mengatasi mata panda. Kandungannya dapat mencerahkan kulit sehingga warna hitam lama kelamaan menjadi pudar. Selain itu, kandungan lain juga terdapat anti-inflamasi dengan manfaat yang telah disebutkan diatas. Supaya mendapatkan hasil optimal, silahkan anda tambahkan minyak almond untuk dijadikan masker mata.

Cara membuatnya, silahkan anda siapkan kedua bahan tersebut. Kemudian ambil satu sendok kunyit bubuk dan satu sendok minyak almond. Aduk merata kedua bahan tadi hingga menemukan tekstur lebih kental. Bersihkan area sekitar mata, oleskan campuran kunyit tadi secara merata. Diamkan selama 15 menit atau tunggu hingga kering. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan air bersih dan melanjutkan dengan produk krim mata agar masalah lebih cepat teratasi.

4. Kentang

Kentang
Image by Detik.com

Mungkin anda heran kenapa bahan pelengkap masakan ini bisa dijadikan cara untuk mengatasi masalah mata panda. Kentang mengandung vitamin C yang baik untuk membuat kulit perlahan lebih cerah. Kandungan tersebut juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan membantu mencegah kulit dari kerusakan. Tidak perlu bahan lain untuk membuat masker mata terbaik dari bahan alami berupa kentang. Anda hanya membutuhkan peralatan utama berupa parut untuk menghaluskan bahan tersebut.

Setelah dihaluskan dengan parutan, anda bisa menambahkan air mawar secukupnya. Bahan tersebut sebagai kandungan antioksidan yang mampu mencegah munculnya tanda penuaan dini. Setelah mendapatkan tekstur yang diinginkan, ambil bulatan kapas dan celupkan kedalam campuran tadi. Setelah itu baru bisa diaplikasikan ke daerah bawah mata dan tunggu selama 15 menit untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Teh Hijau

Teh Hijau
Image by Kompas.com

Teh Hijau dikenal kaya akan manfaat untuk kesehatan kulit. Bahan ini juga banyak digunakan untuk produk kecantikan, seperti masker, toner, dan lainnya. Kandungan utamanya berupa anti peradangan, antioksidan, dan antimikroba. Untuk antioksidan sendiri terbukti efektif melawan tanda penuaan dini. Sedangkan anti peradangan merupakan kandungan yang ramah untuk jenis kulit sensitif. Bagi anda yang mengalami masalah kantung mata atau daerah sekitar mata bengkak, teh hijau menjadi rekomendasi utama.

Untuk menyamarkan dan menghilangkan mata panda, anda bisa menggunakan teh celup dengan kandungan utama teh hijau. Masukkan kantong teh, baik bekas atau yang baru kedalam freezer, biarkan selama 5 hingga 10 menit. Di samping itu, anda bisa membersihkan muka terlebih dahulu, terutama bagian bawah mata. Ambil kantong teh dari dalam freezer, kemudian letakkan dibawah mata dan diamkan selama 1 menit.

6. Mentimun

Mentimun
Image by Klikdokter.com

Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan masker mata panda alami dari bahan mentimun. Sama halnya dengan bahan alami lainnya, mentimun juga mengandung antioksidan tinggi. Bahan makanan ini juga memberikan sensasi dingin dan segar karena kandungan airnya cukup banyak.

Cara membuatnya juga mudah, tidak perlu bahan lain yang dibutuhkan. Silahkan potong mentimun yang tidak tua dan juga tidak muda, kemudian letakkan di daerah mata. Diamkan selama anda suka, namun lebih baik sekitar 15 menit saja agar aktivitas tidak terganggu. Anda bisa membilasnya dengan air bersih saja, atau menggunakan produk pembersih wajah juga semakin bagus.

7. Air Lemon

Air Lemon
Image by Alodokter.com

Bukan hanya mampu mengatasi mata panda dengan mencerahkan kulit di sekitar mata, namun air lemon juga sangat baik untuk mengembalikan elastisitas kulit. Masalah keriput dan garis halus juga hilang karena kandungan antioksidan nya yang tinggi. Kandungan berupa asam mudah meresap kedalam kulit sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengatasi lingkaran hitam di mata.

Dikarenakan kandungannya yang tergolong keras dan tidak ramah untuk mata, anda harus berhati-hati dalam memakainya. Silahkan peras air lemon pada wadah yang steril, bisa mangkuk atau gelas. Kemudian ambil bila kapas dan celupkan kedalam cairan tersebut. Oleskan perlahan pada kulit dibawa mata, hati-hati jangan sampai terkena mata. Selanjutnya anda bisa membilasnya setelah 10 menit berlalu.

8. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image by Honestdocs.id

Masker mata panda alami berikutnya dari jenis minyak, lebih tepatnya minyak zaitun. Minyak khas timur tengah yang biasa dijadikan campuran makanan ini mengandung vitamin E dan vitamin K tinggi. Sebagai antioksidan alami, kedua bahan tersebut tidak hanya mampu membuat warna gelap menjadi terang, namun juga mencegah tanda penuaan dini. Cara menggunakannya sanat mudah, hanya perlu mengoleskan minyak tersebut sambil memijatnya perlahan. Gunakan sebelum tidur untuk hasil lebih optimal.

9. Lidah buaya

Lidah Buaya
Image by Tribunnews.com

Kandungan vitaminnya cukup lengkap, diantaranya adalah vitamin C, A, dan vitamin E. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk menutrisi kulit, juga untuk mengatasi masalah mata panda. Selain itu, manfaat lain yang didapat adalah untuk melembapkan kulit, termasuk dibagikan bawah mata. Pemakaian secara teratur juga efektif untuk meredakan mata bengkak, atau masalah kantung mata. Cukup oleskan gel lidah buaya secara rutin selam 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

10. Putih Telur

Masker Putih Telur
Image by Sehatq.com

Kandungan protein pada putih telur cukup baik untuk menutrisi kulit. Bahan tersebut juga sangat baik untuk mengencangkan kulit, termasuk mengatasi mata panda. Supaya mendapatkan hasil lebih maksimal, silahkan gunakan secara rutin dengan mengoleskan putih telur pada lingkaran hitam di mata. Diamkan selama 20 menit sebelum anda membilasnya dengan air bersih.

Beberapa masker mata dari bahan alami diatas cukup banyak manfaatnya. Secara keseluruhan, manfaat yang didapat ialah untuk mengatasi masalah yang sering muncul di daerah sekitar mata. Meski demikian, masih belum ada uji klinis mengenai manfaat tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda konsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakannya.