10 Masker Terbaik untuk Kulit Kering Agar Bebas Kusam

10 Masker Terbaik untuk Kulit Kering Agar Bebas Kusam

Kulit kering identik dengan bersisik, kusam, pucat dan juga kasar. Jenis kulit tersebut semakin bermasalah jika timbul di wajah karena bisa mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, salah satunya dengan menggunakan masker wajah dengan kandungan pelembap. Saat ini tidak ulit menemukan jenis produk tersebut dengan berbagai kelebihan masing-masing.

Pada sebagian kasus, kulit kering bisa menyebabkan gatal, iritasi dan juga ruam pada wajah. Penggunaan masker wajah memang bisa membantu, namun jika tidak cocok dengan jenis kulit, bisa jadi semakin menambah masalah. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan beberapa hal sebelum memutuskan menggunakan masker.

Tips Memilih Masker untuk Kulit Kering

Tips Memilih Masker untuk Kulit Kering
Image by Honestdocs.id

Tips yang akan kami berikan berikut bukan hanya mengenai jenis kulit, namun juga untuk mengetahui produk apa yang cocok dengan bahan-bahan yang digunakan. Selain itu, bentuk masker juga sangat mempengaruhi hasil yang didapatkan.

✓ Pilih dengan Bahan Pelembap

Cara yang paling efektif untuk mengatasi kulit kering yaitu dengan menggunakan bahan yang mengandung pelembap. Bahan yang sering digunakan untuk produk masker yaitu hydrolyzed collagen, elastin, ekstrak alpukat, dan vitamin E. intinya, pilih bahan yang mempunyai efek atau sifat Moisturizing. Selain dapat melembapkan, bahan-bahan tersebut juga dikenal mampu mengatasi inflamasi pada kulit sensitif.

✓ Bersifat Hydrating dan Nourishing

Selain harus mampu melembapkan, atau mempunyai sifat moisturizing, pastikan bahan yang digunakan untuk masker wajah tersebut juga mempunyai sifat hydrating dan nourishing. Permasalahan yang anda hadapi yaitu kekurangan minyak pada kulit wajah sehingga menyebabkan kering. Oleh sebab itu, produk masker dengan sifat hydrating juga diperlukan untuk menghidrasi wajah.

Sifat masker berikutnya yaitu nourishing, dimana mempunyai banyak fungsi penting seperti mencerahkan kulit, memberikan nutrisi, menghaluskan dan menyeimbangkan pH kulit. Bagi usia yang sudah tidak bisa dikatakan muda, sifat terebut sangat penting untuk mendorong kinerja kelenjar sebasea dalam menghasilkan minyak pada kulit.

✓ Nyaman Digunakan

Jangan pernah melupakan pemakaian pada jenis masker tersebut, pilihlah yang nyaman digunakan. Nyaman juga bisa diartikan sebagai aman dan tidak menimbulkan masalah lain seperti iritasi dan gatal-gatal. Untuk tipe kulit kering anda bisa menggunakan salah satu diantara jenis sheet mask, peel-off mask dan wash-off mask, masing-masing mempunyai kriteria dan kelebihan tersendiri.

Sheet mask berbentuk lembaran dan sangat mudah digunakan. Anda bisa langsung tempel di wajah setelah dibersihkan terlebih dahulu. Fungsi utamanya untuk membuat kulit lebih kenyal, menyegarkan dan juga melembapkan. Tipe masker ini sangat cocok jika masalah yang anda hadapi hanya kulit kering, tanpa adanya sel kulit mati atau kotoran berlebih.

Berbeda dengan peel-off mask, mempunyai bentuk pasta atau gel yang digunakan dengan cara dioles merata. Selanjutnya, anda bisa mengelupas nya setelah kering dalam waktu sekitar 15 menit. Tipe masker yang satu ini mempunyai manfaat yang lebih kompleks. Selain melembapkan, peel-off mask juga mampu mengangkat kotoran yang menyelinap di pori-pori kulit.

Selanjutnya ada wash-off mask yang terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu cream mask, gel mask, serta sleeping mask. Intinya, cara pakai jenis masker tersebut sama dengan sheet mask, namun perlu dibilas setelah digunakan. Wash-off mask lebih efektif untuk mengatasi kulit kering karena bisa digunakan sepanjang malam. Selain itu, bahannya juga ramah kulit sehingga cocok digunakan jenis kulit sensitif sekalipun.

✓ Periksa Bahan Pendukung Lainnya

Salah satu bahan pendukung yang harus diperhatikan yaitu mampu merevitalisasi kulit wajah akibat pigmentasi kulit yang tidak merata. Seperti yang diketahui, kulit kering lebih mudah berubah warna karena paparan sinar matahari. Bahan yang mampu mencerahkan kembali wajah kusam tersebut antara lain niacinamide, rice extract, serta bubuk mutiara.

Selain itu, pastikan juga mempunyai bahan tea tree oil dan ekstrak madu yang berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit. Tidak lupa juga produk dengan bahan kolagen yang bisa menjadikan kulit lebih elastis, umumnya digunakan bagi wanita yang sudah berusia dini.

Rekomendasi Masker untuk Kulit Kering

Rekomendasi Masker untuk Kulit Kering
Image by Id.theasianparent.com

Dengan adanya tips yang kami berikan diatas, tidak menutup kemungkinan bagi anda yang masih tetap bingung perihal memilih produk yang tepat. Oleh karena itu, pada bab ini kami sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi masker untuk kulit kering, lengkap dengan penjelasan dari setiap produk.

1. Real Nature Mask Sheet

Real Nature Mask Sheet
Image by Elikuskus.com

Tidak perlu bingung memilih produk dari real nature mask sheet dikarenakan saat ini terdiri dari 14 varian. Anda hanya perlu memilih salah satunya karena semua varian yang ada mampu melembapkan kulit wajah seketika. Varian tersebut hanya sebagai pelengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Produk masker dari Nature Republic ini mempunyai fungsi utama untuk melembapkan kulit kering. Selain itu, manfaat lain yang bisa didapat yakni membuat kulit lebih kenyal, cerah dan bisa mengangkat kotoran yang menumpuk pada wajah. Sebagai saran, gunakan produk dengan harga mulai 18.000 rupiah ini pada musim kemarau, karena anda bisa merasakan sensasi segarnya dalam waktu singkat.

2. Kiehl’s Avocado Nourishing Hydration Mask

Kiehl’s Avocado Nourishing Hydration Mask
Image by Thehappysloths.com

Sesuai dengan namanya, produk masker dari Kiehl’s ini menambahkan Avocado (alpukat) pada produk yang dipasarkan. Dipadukan dengan bahan evening primrose oil, kulit lembut dan segar akan dirasakan sesaat setelah penggunaan.

Tidak perlu khawatir bagi anda yang mempunyai kulit sensitif, karena produk ini dalam bentuk Wash-off mask. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jenis masker tersebut ramah untuk kulit sensitif sehingga tidak membuat tidak membuat iritasi atau gatal-gatal. Bahkan anda bisa menggunakan produk dengan sifat hydration ini 3 kali seminggu. Cukup oleskan merata pada wajah, kemudian biarkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

3. LANEIGE Water Sleeping Mask

LANEIGE Water Sleeping Mask
Image by Ucimarselina.com

Produk masker wajah yang dikeluarkan oleh Amorepacific ini bisa digunakan sepanjang malam, sesuai dengan namanya. Mungkin anda pernah mendapatkan rekomendasi dari taman atau saudara mengenai produk yang satu ini. Memang benar bahwa LANEIGE Water Sleeping Mask efektif untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, produk yang ditawarkan seharga kurang dari 300.000 rupiah ini juga mampu membuat wajah kusam menjadi cerah dan glowing.

Bukan hanya itu kelebihannya, bagi anda yang bermasalah dengan kulit berminyak juga bisa menggunakannya. Sedikit kandungan alkohol juga mampu menyeimbangkan kandungan minyak pada wajah. Pantas saja jika LANEIGE Water Sleeping Mask menjadi salah satu produk multifungsi yang layak dipakai.

4. Freeman Hydrating Cactus + Cloudberry Water Gel Mask

Image by Lazada.com

Dengan perpaduan bahan alami antara Cactus dan Cloudberry, produk keluaran Freeman ini layak untuk dicoba. Bukan tanpa alasan, karena anda bisa mendapatkan hasil maksimal untuk masalah yang sedang dihadapi. Freeman sendiri merupakan salah satu perusahaan ternama yang berasal dari Amerika, tepatnya Los Angeles.

Fungsi utamanya bukan hanya untuk melembapkan kulit, namun juga mampu mencerahkan dan menghidrasi wajah secara maksimal. Bentuknya berupa gel yang dikemas dengan wadah tube sehingga mudah digunakan. Tipe masker berupa Wash-off mask sehingga bisa dipakai sepanjang malam.

5. Serum Mask Hydra Bomb Sakura White

Serum Mask Hydra Bomb Sakura White
Image by Glowlicious.me

Siapa yang tidak kenal dengan Garnier yang mejadi alah satu perusahan besar yang bergerak di sektor industri kecantikan. Produk mereka yang bernama Serum Mask Hydra Bomb Sakura White mempunyai fungsi utama untuk melembapkan kulit kering. Adanya kandungan ekstrak bunga sakura membuat kulit tampak lebih cerah.

Bentuknya berupa serum dengan konsentrasi pekat dengan harga sangat terjangkau. Hanya sekitar 20.000 rupiah, anda bisa mendapatkan sensasi wajah menyegarkan, glowing dan cerah sepanjang waktu. Tidak perlu waktu lama atau sepanjang malam untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup 15 menit saja dengan pemakaian 3 kali seminggu.

6. Harlette Oatmilk Sleeping Mask

Harlette Oatmilk Sleeping Mask
Image by Lazada.com

Permasalahan yang sering terjadi ketika mempunyai kondisi kulit kering yakni diiringi dengan munculnya jerawat. Namun saat ini anda tidak perlu mengkhawatirkan nya, Harlette Oatmilk Sleeping Mask mampu mengatasi semua masalah tersebut. Selain itu, kandungan bahan seperti oat, susu, dan kolagen juga mampu menutrisi wajah.

Sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit karena bebas alkohol, silikon, sulfat, dan alergen. Dikarenakan tipe Sleeping mask, anda bisa menggunakannya sepanjang malam. Ketika bangun, jangan heran ketika anda mendapatkan wajah kenyal, cerah, glowing dan tidak lagi kering.

7. 15 Minutes Peel Off Mask

15 Minutes Peel Off Mask
Image by Review.soco.id

Dengan hanya 15.000 rupiah, anda bisa mengatasi masalah kulit kering dengan produk 15 Minutes Peel Off Mask. Jenis masker yang satu ini cukup lembut sehingga nyaman digunakan. Cukup oleskan secara merata di wajah, biarkan selama 15 menit untuk mendapatkan wajah lebih lembut, kenyal dan juga glowing.

Sebelumnya, anda harus mencampurkan dengan air mawar atau toner untuk menggunakannya. Hal ini dikarenakan masker yang diproduksi oleh Saturday Looks ini berbentuk bubuk. Anda bisa memilih tiga varian, yaitu brightening, acne, dan rejuve, yang semuanya juga bisa membuat wajah terlihat awet muda.

8. Watermelon Mask Sheet

Watermelon Mask Sheet
Image by Amazon.com

Bukan hanya dimakan ketikan ingin mendapatkan kesegaran dari buah semangka, penggunaan masker juga memberikan sensasi tersebut. Kandungannya mencapai 90% esens semangka yang mampu mengatasi kulit kering dan menjadikannya kembali lembap. Produk dari Holika Holika juga mengandung red lycopene complex yang bisa mencegah penuaan dini.

Produk ini ditawarkan dengan harga sekitar 26.000 rupiah dengan dimensi yang cukup lebar. Cara menggunakannya juga mudah, langsung saja pakai di wajah selama 20 menit untuk mendapatkan hasil optimal. Anda bisa menggunakannya selama 2 atau 3 kali seminggu, tergantung kebutuhan.

9. Fresh Rose Face Mask

Fresh Rose Face Mask
Image by Shopee.co.id

Bunga mawar selalu identik dengan kecantikan, baik dari bunga aslinya, maupun produk dengan bahan utama tersebut. Fresh Rose Face Mask tidak hanya meningkatkan kelembapan kulit, melainkan juga dapat menghidrasi secara optimal. Hal ini dikarenakan kaya akan kandungan ekstrak porphyridium cruentum atau microalgae extract.

Produk ini juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas, jadi bagi anda yang sering beraktivitas diluar ruangan, sebaiknya menggunakannya secara rutin. Cukup oleskan pada wajah secara menyeluruh, kemudian basuh dengan air bersih menggunakan sabun khusus muka.

10. N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX

N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX
Image by Tokopedia.com

Dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar 29.000 rupiah, N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX dilengkapi dengan kecanggihan teknologi. Salah satunya yaitu teknologi Clear Fit Effect yang memungkinkan masker lebih cepat dan mudah menempel pada wajah.

Selain itu, adanya Pressed Logo menjadikannya sebagai alarm yang memberitahukan kapan waktunya untuk melepas masker tersebut. Jangan ditanya mengenai hasilnya, anda bisa mendapatkan kulit kenyal, glowing dan pastinya tidak kering.

Penutup

Sebenarnya tidak terlalu sulit ketika memilih masker untuk kulit kering, karena anda sendiri yang mengetahui kebutuhan kulit masing-masing. Namun dengan adanya tips memilih produk dan beberapa rekomendasi diatas, diharapkan anda bisa membuat pertimbangan terlebih dahulu.