10 Masker yang Ampuh Mengangkat Komedo di Wajah

10 Masker yang Ampuh Mengangkat Komedo di Wajah

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan komedo yaitu dengan menggunakan masker komedo. Banyak jenis masker yang bisa ditemui, namun tidak semuanya ampuh dan bisa diandalkan. Apalagi jika anda harus memilih salah satunya sesuai dengan tingkat permasalahan dan jenis kulit yang dimiliki. Tentu menjadi masalah ketika anda salah dalam memilih produk yang tersedia.

Bagi yang belum tau, komedo merupakan bintik kecil yang sering muncul di wajah. Bukan berarti tidak bisa muncul ditempat lain ya, karena anda mungkin pernah menemui masalah tersebut muncul di bagian punggung, bahu dan dada. Jenis komedo juga ada dua, yaitu komedo hitam yang dikenal dengan blackhead, serta komedo putih dengan nama lain whitehead.

Masalah komedo muncul ketika terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit. Adapun penyumbatan tersebut dikarenakan produksi minyak berlebih akibat kelenjar sebasea yang terletak di permukaan kulit. Jika dibiarkan, komedo bisa menyebabkan masalah lain yang cukup serius, yaitu timbulnya jerawat. Masalah tersebut muncul ketika komedo bercampur dengan debu maupun kotoran yang menempel. Oleh sebab itu, sebaiknya anda langsung melakukan tindakan sesaat setelah mengalami masalah komedo.

Tips Memilih Masker Komedo yang Ampuh

Tips Memilih Masker Komedo yang Ampuh
Image by Vapeadept.ru

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, banyak jenis masker yang bisa anda gunakan dengan kriteria masing-masing. Jangan sampai anda salah dalam memilih salah satunya karena bisa menyebabkan timbulnya permasalahan lain. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan anda memperhatikan beberapa tips memilih masker komedo yang ampuh berikut!

✓ Gunakan Clay Mask untuk Kulit Sensitif

Hal yang perlu diperhatikan sebelumnya yaitu komedo dapat menyerang siapa saja, termasuk bagi anda yang mempunyai jenis kulit sensitif. Seperti yang diketahui, kulit jenis sensitif tidak bisa menggunakan sembarang produk karena bisa menyebukan iritasi atau masalah lainnya. Maka dari itu, sebaiknya gunakan Clay Mask yang terbuat dari bahan utama berupa tanah liat atau lumpur.

Bukan asal lumpur, melainkan lumpur yang diambil dari dasar laut sehingga aman digunakan dan mempunyai daya serap tinggi. Tidak sulit menemukan jenis masker yang satu ini, karena saat ini banyak produk yang sudah menerapkannya. Beberapa produk tersebut juga menambahkan bahan anti-inflamasi yang berfungsi sebagai pencegah kuman masuk ke pori-pori.

✓ Pilih Sheet Mask untuk Kulit Kering

Masalah komedo semakin bertambah dengan kondisi kulit yang cenderung kering. Jenis kulit tersebut umumnya mudah membuat iritasi karena minim akan minyak yang diproduksi. Sebaiknya gunakan jenis sheet mask karena bentuknya tipis dan mudah digunakan. Kemudahan tersebut karena tipe masker yang satu ini berbentuk lembaran, jadi anda tinggal mengaplikasikan ke wajah.

Tidak sulit menemukan masker jenis ini, yang sulit yaitu mendapatkan apa yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, pastikan anda memilih yang paling efektif untuk mengangkat komedo. Pemilihan tersebut bisa dilakukan dengan melihat bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, pastikan juga memilih produk yang memberikan efek hidrasi pada kulit. Hidrasi sangat penting bagi kulit kering karena mampu memberikan kelembapan secara alami.

✓ Peel-off Mask untuk Kulit Normal

Beruntung bagi anda yang mempunyai jenis kulit normal karena bisa menggunakan produk masker jenis apapun. Namun yang paling bagus dan terbukti efektif yakni menggunakan peel-off mask. Selain mampu mengangkat komedo secara menyeluruh dan juga sel kulit mati, tipe masker ini juga mampu mengencangkan kulit sehingga tampak lebih muda.

Masker jenis ini yang paling sering digunakan, baik wanita muda maupun usia dini. Alasannya sederhana, yaitu penggunaan yang mudah dan tingkat efektivitas nya cukup baik. Beberapa wanita juga merasakan manfaat lain, yakni mengembalikan tekstur kulit seperti semula, dan juga memperbaiki warna akibat proses pigmentasi.

✓ Kandungan Masker

Sangat penting memperhatikan kandungan masker dari setiap produk yang akan anda gunakan. Dari semua kandungan penting, anda harus mendahulukan produk yang mengandung tea tree oil dan, atau vitamin C. hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut sangat penting dan efektif untuk mengatasi efek dari kemunculan komedo.

Vitamin C tidak hanya mampu mengangkat komedo, melainkan juga membuat wajah kembali segar dengan mengangkat kelebihan produksi minyak pada kulit. Sedangkan tea tree oil sudah terkenal akan kaya manfaatnya, mengatasi iritasi adalah salah satu yang paling penting.

Rekomendasi Masker Komedo Terbaik

Image by Blog.anteraja.id

Dengan semua tips memilih masker komedo yang ampuh diatas, anda tentunya sudah bisa menentukan produk apa yang akan digunakan. Dari sekian banyaknya produk, beberapa produk berikut mungkin bisa menarik minat anda dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan!

1. Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

Image by Puterihasanahkarunia.blogspot.com

Produk pertama sebagai masker komedo yaitu Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores dengan bahan alami. Dikatakan alami karena produk yang satu ini bebas paraben, sulfat, dan juga phthalates. Tidak perlu ragu memakainya secara rutin karena sudah terbukti aman untuk jenis kulit apapun.

Jika anda tertarik dengan produk dari Origins yang satu ini, siapkan budget minimal 375.000 rupiah. Sekilas memang mahal, namun anda bisa memakainya berkali-kali karena isinya 75ml. Selain itu, harga tersebut tidak sebanding dengan apa yang akan didapatkan, yaitu kulit bersih bebas komedo, serta lebih cerah dan glowing.

2. Acnes Pore Strip

Acnes Pore Strip
Image by Reviews.femaledaily.com

Sebelum populer di Indonesia, produk Acnes Pore Strip lebih dulu populer di negara Asia lainnya seperti China, Jepang, Taiwan dan Hongkong. Harganya sangat murah, sekitar 10.000 rupiah untuk satu pack dengan isi 3 pore strip.

Bukan berarti harga murah tidak bisa memberikan manfaat yang diinginkan. Kandungan tea tree oil yang telah dibahas diatas juga mampu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam. Adapun bahan lainnya berupa witch hazel extract yang terkenal efektif mengecilkan pori-pori kulit.

3. Hanasui Egg White Mask

Hanasui Egg White Mask
Image by Tokopedia.com

Putih telur bukan hanya dipercaya mampu mengencangkan kulit, namun sudah terbukti dan cukup efektif. Saat ini anda tidak perlu lagi memecahkan beberapa telur hanya untuk membuat masker. Hanasui Egg White Mask hadir dengan kemasan menarik, yaitu tube sehingga mudah dan aman digunakan agar tidak tumpah.

Produk dari Eka Jaya Internasional ini cukup murah, hanya sekitar 15.000 rupiah dengan manfaat yang luar biasa. Kandungan Vitamin B3 yang di dalam produk asli Indonesia ini mampu membuat warna kulit lebih cerah. Selain itu, kandungan tersebut mempunyai efek anti aging sehingga dapat menghambat penuaan dini.

4. Envygreen Comedo Mask

Envygreen Comedo Mask
Image by Widyalimited.com

Berikutnya ada Envygreen Comedo Mask yang juga dalam kemasan tube, namun dengan tutup putar. Produk masker wajah yang satu ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, baik normal, berminyak, dan juga kulit kering.

Tipe masker yang satu ini peel-off mask, jadi anda bisa langsung mengoleskan merata pada wajah, kemudian biarkan hingga kering. Selanjutnya, tinggal kelupas secara perlahan dan lembut agar tidak melukai kulit. Untuk hasil lebih maksimal, disarankan menggunakannya 3 kali seminggu dengan mengoleskannya agak tebal.

5. Black Suction Activated Carbon Remove Blackhead Mask

Black Suction Activated Carbon Remove Blackhead Mask
Image by Facebook.com (Remove Blackhead Mask)

Tidak hanya mampu mengangkat komedo, produk masker dari BIOAQUA ini juga bisa menghilangkan garis halus dan kerut di wajah. Bahan utamanya dari bubuk karbon yang sangat efektif mengangkat sel kulit mati dan kotoran berlebih. Kandungan hyaluronic acid yang bersifat mengikat air dan minyak juga cukup baik untuk menjaga kelembapan kulit.

Produk dari China ini hanya di banderol seharga 10.000 rupiah dengan sejuta manfaat. Termasuk jenis clay mask, durasi pemakaiannya sekitar 20 – 30 menit untuk hasil lebih maksimal. Dikarenakan cukup aman, anda bisa menggunakannya secara rutin 3 kali seminggu.

6. LUSH Mask of Magnaminty

Image by Facebook.com (မှုံရွှေရည် U.K Branded Retails)

LUSH Mask of Magnaminty merupakan produk ternama dari Inggris yang juga terkenal di Asian, termasuk Indonesia. Produk ini tidak hanya mampu mengangkat komedo, melainkan juga membuat wajah cerah dan berseri.

Bahan yang memberikan sensasi berseri dan segar tersebut tidak lain yakni butiran ground aduki beans dengan aroma mints. Selain itu, wajah juga terasa kencang seketika setelah masker dilepas.

7. Bamboo Charcoal Mud Pack

Bamboo Charcoal Mud Pack
Image by Ubeauty.id

Bambu tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun juga kecantikan. Bahkan dalam bentuk arang, bambu cukup efektif untuk mengangkat komedo. Bamboo Charcoal Mud Pack yang di produksi oleh Nature Republic memberikan kemudahan akan manfaat tersebut.

Terdiri dari dua kandungan utama, yaitu bentonit dan kaolin. Kedua kandungan tersebut saling berhubungan erat. Bentonit untuk menyerap sebum, sedangkan kaolin berfungsi untuk membuang atau membersihkannya.

8. Mask of Magnaminty

Mask of Magnaminty
Image by Ernykurnia.com

Kehadiran Mask of Magnaminty menjadi pembeda dengan produk masker lainnya. hal ini dikarenakan produk dari Lush ini juga bisa digunakan untuk masker tubuh. Sensasi segar didapat karena adanya kandungan peppermint oil. Adanya kandungan madu mampu menjaga kelembapan kulit agar tidak mudah kering.

Jenisnya clay mask, dengan lama penggunaan sekitar 15 menit atau ditunggu hingga kering. Untuk mendapatkan produk multifungsi ini, anda siapkan dana setidaknya 300.000 rupiah ya! Harga tersebut bisa jadi tidak begitu mahal jika melihat dari manfaat yang diberikan. Selain bebas komedo, wajah juga lebih berseri karena kelembapan masih terjaga.

9. Biore Pore Pack Black

Biore Pore Pack Black
Image by Ideannisa.com

Khusus yang mengalami komedo di daerah hidung, anda bisa menggunakan Biore Pore Pack Black. Harganya cukup murah, tidak lebih dari 20.000 rupiah dengan isi 4 strip. Dibalik harga murah tersebut, ternyata produk dari KAO ini menyimpan beberapa manfaat penting.

Manfaat utamanya tentu saja mengangkat komedo yang ada di sekitar hidung. Namun ternyata bukan hanya itu saja, karena produk yang sudah dikenal lama di Indonesia ini juga mampu menjaga kelembapan kulit. Bagi kulit berminyak juga cocok karena ada kandungan oil absorbing powder.

10. Origins Clear Improvement

Image by Id.carousell.com

Rekomendasi masker komedo yang terakhir datang dengan merek Origins Clear Improvement. Jenisnya clay mask dengan kemasan tube sehingga terjamin dan tetap higienis. Anda bisa memakainya selama 15 menit untuk kulit berminyak, sedangkan untuk kulit sensitif disarankan hanya 5 menit saja.

Masker yang satu ini juga diproduksi oleh Origins, namun dirancang khusus untuk komedo membandel. Jadi jika anda sudah menggunakan masker komedo namun belum menemui hasil optimal, silahkan coba produk yang satu ini.

Kesimpulan

Memilih masker komedo yang ampuh memang susah-susah gampang. Dikatakan gampang karena banyak produk yang bisa ditemui, susah karena harus menyesuaikan dengan jenis kulit dan jenis masker. Namun dengan adanya penjelasan diatas, semoga bisa menjadikan susah-susah gampang tersebut hanya menjadi gampang.