7 Manfaat & Cara Membuat Masker Putih Telur

7 Manfaat & Cara Membuat Masker Putih Telur

Ada banyak jenis masker, mulai dari bahan alami yang digunakan hingga bahan kimia. Semua memiliki fungsi dan manfaat masing-masing, tergantung dari penggunaan bahan. Tentu saja bahan alami lebih aman digunakan daripada masker bahan kimia. Salah satu bahan alami yang wajib anda coba adalah putih telur. Banyak manfaat yang didapat dari masker putih telur, mungkin anda belum mengetahui beberapa diantaranya atau bahkan semuanya.

Telur dipercaya mengandung banyak protein, terutama pada bagian putihnya. Kandungan lain yang ada di putih telur adalah nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Menariknya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu pergi ke salon. Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit, anda hanya memerlukan bahan pendukung lainnya agar mendapat manfaat maksimal.

Selain dari segi efektifitas, masker putih telur juga tidak memerlukan banyak biaya. Hanya butuh satu atau dua butir telur untuk sekali membuat masker dan mengaplikasikan nya di wajah. Untuk cara memakainya dan waktu menggunakan di wajah, masker ini tidak jauh berbeda dengan masker pada umumnya, baik yang berbahan alami atau kimia.

Manfaat Masker Putih Telur

Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah
Image by Ivanruna.my.id

Diatas tadi telah sedikit disinggung bahwa manfaat masker putih telur cukup banyak. Pastinya, manfaat yang didapat tidak jauh berbeda dengan masker lain, hanya saja kali ini anda menggunakan bahan yang benar-benar alami dan bisa membuatnya sendiri di rumah.

1. Mengencangkan Kulit

Manfaat pertama yang anda dapatkan adalah kulit lebih kencang. Manfaat tersebut didapat dari kandungan protein telur berupa albumin. Tentu anda sudah tau bahwa albumin mampu merangsang pertumbuhan sel lebih cepat dan biasanya digunakan untuk penyembuhan luka. Ternyata kemampuan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Dengan pemakaian teratur, bukan hanya kulit kencang yang anda dapatkan, melainkan lebih kenyal dan kerutan di wajah hilang.

2. Menyerap Minyak

Selain dapat mengencangkan kulit, albumin juga terbukti efektif untuk menyerap minyak berlebih. Kabar gembira bagi anda yang mempunyai jenis kulit berminyak tentunya. Minyak yang dihasilkan kelenjar kulit dicegah dengan cara menyempitkan pori-pori. Selain itu, proses tersebut juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih sehat.

3. Mengatasi Komedo

Sekilas komedo memang tidak mengganggu penampilan, namun hal tersebut bisa saja terjadi suatu saat. Pasalnya, komedo merupakan awal mula munculnya jerawat yang mengganggu. Komedo disebabkan karena pori-pori yang tersumbat, baik kotoran maupun sisa makeup. Masalah semakin besar jika anda memiliki kulit berminyak karena sel kulit mati atau kotoran yang menempel pada wajah susah dihilangkan. Namun dengan masker putih telur, anda bisa mengatasi semua permasalahan tersebut dengan mudah.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati yang tidak terangkat sempurna dapat menjadikan kulit kusam dan juga timbulnya jerawat. Seperti yang telah disebutkan tadi, kulit berminyak yang bercampur dengan sel kulit mati dapat menimbulkan masalah jerawat. Alangkah lebih baiknya jika anda membersihkannya sebelum timbul masalah yang mengganggu. Manfaat lainnya juga bisa mengangkat sel kulit mati. Jadi pastikan anda menggunakannya rutin karena proses regenerasi kulit terjadi setiap hari.

5. Mengurangi Garis Halus

Selain mengandung protein, putih telur juga terdapat kandungan Vitamin A. Kandungan inilah yang dapat menghilangkan garis halus di wajah, sekaligus kerutan yang mengganggu. Dengan demikian, kulit anda terlihat lebih halus dan awet muda, serta tampak sehat berseri. Manfaat ini biasanya digunakan untuk beberapa produk masker dengan bahan alami.

6. Mencegah Kerusakan Kulit

Kulit kusam dan rusak bukan hanya dikarenakan sel kulit mati yang menumpuk dan telah dibersihkan. Namun bisa juga dikarenakan polusi dan sinar UV, pasti anda sudah tau akan hal ini. Mencegah kerusakan kulit juga termasuk salah satu manfaat masker putih telur. Manfaat ini didapat dari kandungan putih telur yang bernama selenium. Bukan hanya sinar UV dan polusi, kandungan tersebut juga dapat menangkal radikal bebas. Namun tentunya tidak sebaik kandungan vitamin C yang biasanya anda dapat dari buah-buahan.

7. Melembapkan Kulit

Untuk kulit kering juga disarankan menggunakan masker ini. Mungkin anda tidak percaya bawah putih telur juga cukup efektif mengatasi masalah kulit kering dan dapat melembapkan nya dengan pemakaian teratur. Kandungan humektans yang ada di dalamnya terbukti memberikan manfaat ini. Anda bisa mencobanya sendiri jika masih ragu!

Cara Membuat Masker Putih Telur

Masker Putih Telur
Image by Sehatq.com

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, saatnya anda juga harus mengetahui bagaimana cara membuatnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tidak ada kata sulit membuat jenis masker alami ini. Anda hanya butuh bahan utama telur dan tambahan bahan pendukung untuk menyempurnakan bahan masker yang anda buat.

Bahan tersebut cukup banyak dan didapat dari bahan alam juga. Katakanlah kombinasi antara telur dan bahan yang dimaksud. Tentu saja anda juga bisa membuat masker dengan bahan telur saja. Berikut cara membuat masker putih telur dengan kombinasi bahan lain dan cara memakainya!

1. Masker Putih Telur dan Jeruk Nipis

Masker Putih Telur dan Jeruk Nipis
Image by Cosmopolitan.co.id

Kombinasi pertama yang bisa anda gunakan adalah putih telur dan jeruk nipis. Gabungan antara kedua bahan ini cukup efektif untuk mengatasi minyak berlebih. Jeruk nipis dikenal baik untuk menyerap minyak yang dihasilkan kelenjar kulit. Jika anda kesulitan mendapatkan bahan ini, silahkan menggantinya dengan air perasan lemon.

Selain dapat menyerap minyak, jeruk nipis atau lemon juga dapat mencerahkan kulit dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Tentu tidak bisa digunakan sekali atau dua kali saja, melainkan harus secara rutin. Jika anda mempunyai masalah flek hitam di wajah, penggunaan masker ini mungkin bisa membantunya karena efek perek pada telur.

Cara membuatnya sangat mudah, siapkan telur ayam kampung dan jeruk nipis atau lemon. Ambil wadah mangkuk atau sejenis, kemudian peras jeruk kedalam wadah tersebut. Jangan lupa mengambil biji jeruk agar tidak mengganggu proses pembuatan. Setelah itu, pecahkan telur dan ambil putihnya saja. Masukkan kedalam mangkuk yang berisi perasan jeruk tadi dan aduk hingga merata.

Cuci wajah anda dengan sabun khusus muka atau pembersih lainnya, yang penting wajah dalam kondisi bersih. Oleskan masker putih telur dan jeruk nipis yang sudah jadi pada wajah secara merata, hindari area mata. Diamkan selama 15 menit atau tunggu masker kering, lanjutkan dengan membilas wajah sekali lagi hingga masker sepenuhnya bersih.

2. Masker Putih Telur dan Timun

Masker Putih Telur dan Timun
Image by Bp-guide.id

Mentimun atau yang dikenal dengan nama timun memiliki banyak manfaat untuk kulit. Timun lebih banyak kandungan air sehingga sangat baik untuk menghidrasi kulit. Bagi kulit kering, masker putih telur dan timun merupakan salah satu pilihan utama yang harus anda coba. Selain itu, mentimun juga dapat menenangkan iritasi kulit dan juga melawan tanda-tanda penuaan dini.

Siapkan satu buah mentimun matang atau sedikit tua, kemudian kupas dan bersihkan. Parut timun tadi hingga teksturnya halus dan campurkan dengan putih telur ayam kampung. Aduk merata hingga sedikit membentuk gel, anda bisa menakar sendiri banyaknya timun yang dicampurkan dengan telur tadi.

Diamkan beberapa saat sambil mencuci bersih wajah anda, kemudian keringkan dengan handuk halus. Oleskan masker yang dibuat tadi pada wajah, seperti halnya ketika anda menggunakan masker jenis lain. Diamkan selama 20 atau 30 menit, bilas masker dengan air bersih atau toner, kemudian keringkan lagi. Ulangi langkah diatas setidaknya 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Masker Putih Telur dan Madu

Masker Putih Telur dan Madu
Image by Fimela.com

Anda bermasalah dengan jerawat membandel? Tenang, masker putih telur dan madu mampu mengatasinya dengan baik. Selain menghilangkan jerawat, madu juga dipercaya efektif untuk menghilngkan bekas jerawat dan menyamarkan flek hitam. Bahan yang didapat dari lebah ini juga sangat baik untuk melembapkan kulit, sehingga perpaduan antara putih telur dan madu cocok untuk jenis kulit kering.

Beberapa wanita mendapatkan kulit tampak lebih putih berseri yang di dapat dari manfaat madu. Dengan banyaknya manfaat yang diberikan, jangan heran jika madu banyak digunakan untuk produk skincare. Apalagi jika kandungan yang ada pada madu dipadukan dengan manfaat putih telur, tentu anda mendapatkan hasil maksimal untuk kesehatan kulit wajah.

Tidak perlu banyak madu yang dibutuhkan untuk membuat masker dengan putih telur, anda hanya perlu satu sendok makan saja. Pecahkan telur dan ambil putihnya, kemudian campurkan dengan madu dalam mangkuk. Aduk merata kedua bahan tersebut hingga membentuk gel. Sebelum menggunakan, pastinya anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu agar pori-pori terbuka. Setelah itu baru oleskan merata menggunakan kuas pada wajah. Biarkan hingga minimal 30 menit untuk mendapatkan manfaat lebih baik, setelah itu baru anda bilas sampai bersih.

4. Masker Putih Telur dan Alpukat

Masker Putih Telur dan Alpukat
Image by Orami.co.id

Masker putih telur dan alpukat cocok digunakan untuk anda yang sering beraktivitas di luar ruangan. Alpukat mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk kulit wajah. Kandungan tersebut cukup efektif melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV, tentu saja juga polusi. Menghaluskan dan melembapkan kulit merupakan manfaat lain yang didapat dari buah alpukat.

Hanya butuh satu alpukat untuk menjadikannya sebagai masker yang dicampur dengan putih telur. Ambil daging dari buah alpukat, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender. Siapkan satu butir telur ayam kampung dan ambil bagian putihnya saja. Campurkan kedua bahan tersebut dalam wadah dan aduk hingga merata. Silahkan tambahkan putih telur jika dirasa satu butir masih kurang.

Seperti biasa, bersihkan wajah terlebih dahulu agar mendapatkan hasil maksimal, jangan lupa dikeringkan juga. Gunakan kuas khusus untuk mengoleskan pada wajah agar lebih steril, kemudian diamkan selam 30 menit. Kering ataupun tidak, anda bisa membilasnya jika melewati batas waktu tersebut.

Itulah beberapa manfaat masker putih telur dan juga cara membuatnya dengan campuran masing-masing bahan pendukung. Sebenarnya anda juga bisa membuat masker tanpa bahan tambahan. Cukup gunakan dua telur ayam kampung dan ambil putihnya saja, kemudian aduk hingga berbusa. Langkah selanjutnya tentu anda paham, yakni dengan cara mengoleskan merata pada wajah. Namun tentunya hal tersebut kurang efektif dan hasilnya kurang maksimal, apalagi jika anda mempunyai masalah kulit tertentu.