8 Manfaat & Cara Membuat Masker Oatmeal

8 Manfaat & Cara Membuat Masker Oatmeal

Sebagai makanan sehat, oatmeal juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit. Oatmeal yang biasanya digunakan sebagai makanan program diet juga bisa digunakan sebagai masker wajah. Banyak yang sudah merasakan manfaat masker oatmeal, tentu dengan cara pembuatan yang tepat. Pasalnya, anda tidak bisa menemukan masker yang terbuat dari oatmeal sebagai bahan utamanya. Kalaupun ada, bentuknya sudah berubah menjadi khas masker pada umumnya.

Kandungan yang terdapat pada oatmeal diantaranya adalah vitamin, mineral, protein, dan serat. Kandungan tersebut tidak hanya dibutuhkan tubuh, melainkan juga dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan cantik. Dikarenakan bahan alami, masker yang terbuat dari oatmeal cocok untuk segala jenis kulit, baik kulit kering, berminyak, maupun sensitif. Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, tentunya ada bahan lain yang harus digunakan, dalam artian kombinasinya.

Cara membuat masker oatmeal sebenarnya tidak sulit, anda harus mengerti bahan lain dan takaran yang sesuai. Menggunakan masker alami ini juga tidak jauh berbeda dengan produk masker ada umumnya. Cukup oleskan merata pada wajah, kemudian diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih. Untuk cara selengkapnya, nanti akan dibahas pada bab berikutnya.

Manfaat Menggunakan Masker Oatmeal

Manfaat Menggunakan Masker Oatmeal
Image by 99.co

Dari berbagai kandungan yang telah disebutkan tadi, banyak manfaat masker oatmeal yang bisa didapatkan. Semua manfaat tersebut pastinya sesuai dengan kebutuhan kulit atau masalah yang sedang dihadapi. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut rangkuman selengkapnya

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan masker oatmeal adalah kulit menjadi lebih lembap. Kandungan alami yang ada pada makanan sehat tersebut terbukti dapat membuat kulit kering menjadi lebih lembap. Bukan berarti tidak cocok untuk kulit berminyak, oatmeal melembapkan kulit kering dengan mengontrol produksi minyak agar lebih stabil.

2. Mencerahkan Wajah

Dengan mineral yang terkandung di dalamnya, oatmeal dipercaya dapat mencerahkan wajah. Proses mengeksfoliasi kulit semakin sempurna ketika anda menggunakannya secara rutin. Bagi anda dengan aktivitas diluar ruangan sehari-hari, menggunakan masker ini sangat cocok karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

3. Memperlambat Efek Penuaan Dini

Manfaat masker oatmeal berikutnya yakni dapat memperlambat efek penuaan dini. Garis halus dan kerut di wajah dapat teratasi dengan baik sehingga kulit terlihat lebih halus. Manfaat tersebut didapat dari kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kulit terasa lebih kenyal dan elastis dengan kandungan lain berupa asa amino yang dapat merangsang produksi kolagen.

4. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Seperti yang dikatakan tadi, menggunakan masker berbahan ini secara teratur dapat melindungi kulit dari sinar matahari atau sinar UV. Berkat kandungan lemak di dalamnya, sinar matahari tidak bisa masuk ke lapisan kulit paling dalam. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu melindungi kulit wajah dari bahaya debu dan polusi yang bisa menumpuk dan menyebabkan jerawat.

5. Membersihkan Pori-Pori

Debu, polusi, dan radikal bebas menyebabkan kulit kusam dan jauh dari bersinar. Untungnya, manfaat masker oatmeal dapat menghilangkan satu kekhawatiran tersebut. Oatmeal juga mengandung saponin, dimana kandungan tersebut sangat efektif untuk membersihkan pori-pori kulit. Dengan pori-pori yang bersih, anda bisa terbebas dari masalah wajah seperti komedo, jerawat, dan juga pori-pori membesar.

6. Mengurangi Minyak Berlebih

Kabar gembira bukan hanya didapat bagi pemilik kulit kering, kulit berminyak juga patut merasa senang dengan kehadiran masker ini. Kandungan serat yang ada di dalamnya terbukti mampu menyerap minyak berlebih. Bukan hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mengontrol produksi minyak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit. Bahkan dengan pemakaian rutin setiap hari, masalah flek hitam di wajah dapat teratasi dengan sempurna.

7. Mengatasi Jerawat

Salah satu kandungan antioksidan bernama avenanthramide pada oatmeal dipercaya efektif untuk mengatasi masalah jerawat meradang. Jerawat bisa terjadi karena beberapa sebab, yang paling utama adalah kotoran yang menyumbat pori-pori dan hormon. Untuk penyebab kotoran yang menyumbat pori-pori, anda pastinya sudah paham solusinya karena masker oatmeal terbukti efektif mengangkat kotoran hingga bagian paling dalam.

Untuk masalah jerawat yang muncul dikarenakan hormon, kandungan oatmeal berupa magnesium, fosfor, mangan, dan mineral dipercaya dapat menyeimbangkan hormon tersebut. Dengan demikian, masalah jerawat yang muncul bukan menjadi masalah besar lagi. Apalagi anda bisa menggunakan bahan lain sebagai pendukungnya untuk mendapatkan manfaat lebih maksimal.

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Hampir semua masker memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Sebagian orang memang mempunyai tujuan utama tersebut. Tidak jauh berbeda dengan jenis masker lainnya, sel kulit mati juga terangkat sempurna ketika menggunakan masker oatmeal. Bahkan anda bisa merasakan manfaat tersebut hanya dalam satu kali memakainya. Dengan sel kulit mati yang terangkat sempurna, pastinya kulit menjadi lebih sehat dan berseri.

Cara Membuat Masker Oatmeal

Image by Wolipop.detik.com

Banyak manfaat di dapat, tentunya jika anda mengetahui cara membuat masker oatmeal yang baik dan benar. Memang tidak terjadi efek samping mengerikan seperti halnya jika anda menggunakan masker berbahan kimia, namun cara membuat masker yang salah bisa jadi kurang efektif dalam mendapatkan hasilnya. Apalagi jika anda juga rugi waktu dan harus mengulanginya dari awal jika ada kesalahan dalam pembuatannya.

Banyak bahan yang bisa anda jadikan kombinasi dalam membuat masker oatmeal. Putih telur, lemon, dan madu hanya beberapa diantara bahan yang bisa digunakan. Selengkapnya, anda bisa menyimak penjelasan berikut disertai cara membuatnya dan manfaat yang didapat

1. Masker Oatmeal dan Madu

Masker Oatmeal dan Madu
Image by Halodoc.com

Madu dipercaya dapat melembapkan kulit dan juga menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Membuat masker oatmeal dan madu memberikan manfaat cukup besar untuk kesehatan kulit. Selain itu, pemakaian teratur kombinasi masker ini dapat membuat kulit lebih putih dan bercahaya.

Tidak sulit membuat masker dengan kedua bahan tersebut, hanya saja anda harus mengetahui takarannya untuk mendapatkan hasil optimal. Ambil dua 2 sendok madu dan juga 2 sendok oatmeal, campurkan dalam wadah mangkuk dan aduk merata. Setelah mendapatkan tekstur gel, oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Basuh masker dengan air bersih, anda juga bisa menggunakan produk khusus pembersih muka.

2. Masker Oatmeal dan Putih Telur

Image by Idntimes.com

Bagi pemilik kulit normal dan ingin membersihkan sekaligus mencegah timbulnya komedo, perpaduan antara oatmeal dan putih telur menjadi alternatif utama yang bisa digunakan. Selain itu, telur juga sangat efektif untuk mengencangkan kulit dan membuatnya lebih kenyal. Bahkan pemakaian masker oatmeal dan putih telur secara teratur sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori.

Perbandingan sebagai cara membuat masker dengan bahan oatmeal dan putih telur yakni 2 sendok makan oatmeal dan satu butir telur. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aduk hingga sedikit berbusa. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian keringkan. Oles merata masker tadi pada wajah dan tunggu selama 15 menit atau hingga kering. Bilas wajah hingga bersih menggunakan sabun muka, kemudian bersihkan lagi dengan toner untuk hasil lebih maksimal.

3. Masker Oatmeal dan Lemon

Image by Today.line.me

Manfaat masker oatmeal dan lemon yakni untuk mencerahkan wajah. Tentu ad manfaat lain, diantaranya adalah menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar UV, dan juga mencegah penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tentu anda harus tau bagaimana cara membuatnya.

Ambil 2 sendok makan oatmeal dan juga air lemon, kemudian aduk merata. Tambahkan minyak zaitun secukupnya untuk menghilangkan sedikit asam yang terkandung pada lemon. Cara ini cukup efektif bagi anda pemilik kulit sensitif, dimana kadar pH terlalu asam justru dapat merusak kulit. Setelah tercampur sempurna, oleskan merata pada wajah, tentunya wajah harus dibersihkan terlebih dahulu. Tunggu setidaknya 10 menit, kemudian anda bisa membilasnya dengan air dingin.

4. Masker Oatmeal dan Kopi

Masker Oatmeal dan Kopi
Image by Tribunnews.com

Siapa sangka jika kopi yang mengandung kafein juga mempunyai kandungan lain yang baik untuk kulit wajah. Salah satunya adalah antioksidan, kandungan tersebut terbukti efektif untuk menangkal radial bebas dan juga melindungi kulit. Selain itu, manfaat ajaib dari kopi yang lain yakni menyamarkan lingkaran hitam dibawah mata, dan melembutkan kulit.

Meski dikatakan masker oatmeal dan kopi, ada juga bahan lain yang harus anda siapkan. Bahan tersebut adalah minyak zaitun dan madu. Perbandingan antara keempat bahan tersebut adalah setengah gelas kecil kopi bubuk dan oatmeal, kemudian dicampur dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan madu. Aduk semua bahan pada wadah khusus, kemudian oleskan merata pada wajah. Tunggu hingga 20 menit sebelum anda membilasnya hingga bersih.

5. Masker Oatmeal dan Tepung Beras

Image by Lemonilo.com

Apakah ada kombinasi masker oatmeal yang dapat mengatasi masalah jerawat? Tentunya ada, bahan tersebut adalah tepung beras. Pastinya anda tidak menyangka bahwa bahan makanan tersebut ternyata sangat efektif mengatasi masalah jerawat, bahkan yang membandel sekalipun.

Takaran yang bisa digunakan untuk membuat masker oatmeal dan tepung beras adalah satu banding satu. Anda bisa memperkirakan banyaknya kebutuhan masker untuk sekali pakai. Misalkan ika cukup dua sendok dai kedua bahan tersebut, silahkan gunakan takaran tersebut. Selanjutnya, tambahkan air mawar secukupnya dan aduk hingga mengenal atau berbentuk pasta. Anda bisa mengaplikasikan ke wajah setelah dibersihkan. Tunggu hingga kering, kemudian bilas dengan air dingin menggunakan sabun muka.

6. Masker Oatmeal dan Lidah Buaya

Masker Oatmeal dan Lidah Buaya
Image by Lamosea.com

Lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan nya sepanjang hari. Menggunakan masker oatmeal dan lidah buaya bisa menjadi alternatif bagi anda yang memiliki kulit kering. Lidah buaya atau aloe vera juga mampu meregenerasi kulit lebih cepat dari normalnya. Dengan pemakaian teratur bukan hanya kelembapan yang didapat, melainkan juga lebih sehat dan tampak awet muda.

Cara membuat masker ini tidak jauh berbeda dengan yang telah disebutkan diatas. Cukup sediakan 2 sendok makan oatmeal dan gel lidah buaya, kemudian aduk merata. Tambahkan 1 sendok makan mentimun yang sudah diparut, kemudian aduk lagi hingga membentuk pasta atau gel. Anda bisa mengaplikasikan ke wajah, tunggu sekitar 20 menit. Bilas wajah menggunakan air bersih, dan keringkan dengan handuk.

Itulah berbagai manfaat masker oatmeal untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit wajah, serta cara membuatnya. Meskipun sudah banyak yang membuktikan kebenarannya, namun manfaat yang telah disebutkan belum meruji secara klinis. Tidak begitu masalah karena semua bahannya alami, jadi hampir tidak ada efek sang berbahaya bagi kulit. Hanya saja jika terjadi iritasi atau gatal ketika menggunakannya, sebaiknya anda hentikan pemakaian sementara.