7 Manfaat & Cara Membuat Masker Lidah Buaya

7 Manfaat & Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Dari banyaknya pilihan masker yang ada, masker lidah buaya menjadi pilihan utama bagi banyak wanita. Selain cara membuatnya yang mudah, alasan lain yakni karena manfaatnya. Tidak dapat di pungkiri bahwa tanaman dengan nama lain aloe vera ini mempunyai banyak khasiat. Bahkan sudah terbukti dan di uji klinis oleh para ahli. Tidak heran jika banyak produk masker menggunakan bahan ini, baik untuk tambahannya maupun bahan utamanya.

Masker wajah menjadi salah satu yang wajib digunakan dari produk skincare. Menggunakan pelembap saja tidak cukup untuk menjadikan kulit wajah cerah alami. Apalagi jika anda sering menggunakan produk kecantikan atau perias wajah, pamungkas terakhir untuk membersihkan sisa makeup bisa hilang dengan sempurna jika menggunakan masker. Bagi wanita yang mendambakan kecantikan luar, masker wajah menjadi pilihan utama yang harus digunakan.

Pastinya anda tau bahwa banyak sekali produk masker yang beredar di pasaran. Semua produk mempunyai manfaat tersendiri, tergantung dari bahan dan kandungan yang digunakan. Jika ingin lebih praktis, sebagian wanita lebih memilih ke salon untuk merawat kecantikan wajah. Soal biaya, dipastikan lebih banyak jika dibandingkan ketika menggunakan produk masker yang ada.

Lebih hemat lagi jika anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak ada alasan dalam melakukannya, pasalnya cara membuatnya sangat mudah. Bahan yang diperlukan juga mudah ditemui di sekitar rumah. Terlebih, banyak manfaat yang bisa didapatkan dan aman digunakan karena menggunakan bahan alami.

Manfaat Menggunakan Masker Lidah Buaya

Manfaat Menggunakan Masker Lidah Buaya
Image by Id.theasianparent.com

Sempat disinggung diatas bahwa masker lidah buaya mempunyai banyak manfaat untuk menutrisi kulit wajah. Sebagian dipastikan tau mengenai manfaat tersebut, namun untuk lebih detail nya masih diragukan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda simak berbagai manfaat dari penggunaan masker aloe vera secara rutin berikut!

1. Melembapkan Kulit

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari masker wajah lidah buaya adalah melembapkan kulit. Tekstur berupa gel dipercaya mampu menutrisi kulit kering sehingga menjadi lembap. Selain itu, kandungan vitamin yang ada di dalamnya juga cukup lengkap, diantaranya adalah vitamin A, C dan vitamin E. Dari kandungan tersebut, aloe vera tidak hanya melembapkan, namun juga menjadikan kulit lebih halus dan terlihat awet muda.

2. Mengatasi Iritasi Kulit

Pemilik kulit sensitif tentunya harus ekstra hati-hati ketika memilih atau menggunakan masker wajah. Beruntung sekali karena manfaat masker lidah buaya berikutnya dapat digunakan untuk jenis kulit tersebut. Bahkan ketik menggunakan masker ini secara rutin, masalah iritasi dapat teratasi dengan baik.

Manfaat tersebut didapat dari kandungannya berupa asam lemak dan enzim bradikinin. Jika anda mengalami masalah iritasi, tidak perlu mengaplikasikan nya ke seluruh wajah, cukup oleskan pada bagian kulit yang mengalami gangguan tersebut. Tentu saja untuk hasil yang lebih optimal, anda bisa menggunakannya dalam bentuk masker.

3. Melindungi dari Sinar UV

Anda tau bahaya sinar UV untuk kulit? Selain menyebabkan kulit rusak, paparan sinar UV terlalu lama juga dapat menyebabkan iritasi. Bentuk gel dan sensasi dingin yang diberikan mampu meredakan iritasi kulit akibat terbakar sinar UV. Efektifitas dari manfaat lidah buaya ini seringkali digunakan untuk produk sunblock. Dengan demikian, anda tidak perlu meragukan manfaatnya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Meremajakan Kulit

Anda bermasalah dengan kulit keriput dan garis halus meskipun usianya masih muda? jangan khawatir, manfaat masker lidah buaya lainnya juga bisa untuk mengatasi masalah tersebut. Tanda penuaan dini dipastikan tidak muncul ketika anda menggunakannya secara rutin. Kandungan aloe vera mampu merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga kulit tampak lebih muda. Selain itu, kulit terasa kencang dan kenyal, persis seperti usia remaja.

5. Mengobati Jerawat

Banyak produk masker yang bisa digunakan untuk kulit berjerawat, tentunya lebih bagus jika menggunakan bahan alami. Hal ini dikarenakan sebagian jerawat sangat sensitif terhadap bahan tertentu, apalagi bahan kimia. Menggunakan masker wajah dari aloe vera menjadi pilihan terbaik. Kandungan asam salisilat terbukti mampu melawan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Supaya hasilnya lebih efektif, sebaiknya menggunakan masker lidah buaya pada malam hari.

6. Mengontrol Minyak pada Wajah

Selain untuk kulit kering, lidah buaya dalam bentuk masker juga dapat mengatasi kulit berminyak. Dengan kata lain, tanaman hijau ini cocok untuk semua jenis kulit karena mampu mengontrol minyak berlebih. Khusus untuk kulit berminyak, ada bahan tambahan yang diperlukan untuk hasil lebih maksimal. Bahan yang digunakan juga mudah ditemukan, sebagai contoh adalah kunyit, madu, atau pisang. Tentu semua bahan tersebut juga mempunyai manfaat lain selain dapat mengontrol minyak berlebih.

7. Mencerahkan Kulit

Bukan hanya kulit bermasalah yang diwajibkan menggunakan masker lidah buaya, kulit normal juga demikian. Menggunakan masker bahan alami secara rutin dipercaya dapat mencerahkan kulit. Manfaat ini sangat cocok bagi anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, dimana debu dan polusi menjadi penyebab utama kulit kusam.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Cara Membuat Masker Lidah Buaya
Image by Radiantpeach.com

Dari semua manfaat yang disebutkan, ternyata cara membuat masker lidah buaya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan bisa dikatakan bahwa caranya sangat mudah. Anda bisa membuatnya murni dari bahan aloe vera saja, juga bisa menambahkan bahan lainnya untuk jenis dan masalah kulit tertentu. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simak ulasan cara membuat masker disertai manfaatnya masing-masing!

1. Masker Lidah Buaya Alami

Lidah Buaya
Image by Tribunnews.com

Dikatakan alami karena anda tidak memerlukan bahan tambahan lainnya. Manfaat dari jenis masker ini yakni untuk melembapkan kulit sekaligus membuatnya lebih kenyal. Selain itu, kulit juga terasa lebih sehat dan cerah, karena kotoran penyebab kulit kusam terhapus sempurna. Tentu saja manfaat tersebut bisa anda dapatkan ketika menggunakannya secara rutin.

Cara membuatnya sangat mudah, ambil beberapa batang lidah buaya secukupnya. Kupas kulit luar dari tanaman tersebut, kemudian ambil dagingnya saja. Masukkan kedalam wadah bersih, kemudian oleskan merata ke wajah. Anda bisa memberikan es batu di sekitar wadah atau memasukkan terlebih dahulu kedalam kulkas untuk mendapatkan sensasi lebih dingin. Setelah pemakaian tersebut, diamkan 20 menit agar kandungannya meresap sempurna. Baru kemudian anda bisa membilasnya dengan air hingga bersih.

2. Masker Lidah Buaya dan Lemon

Masker Lidah Buaya dan Lemon
Image by Blog.tribunjualbeli.com

Kedua bahan ini bisa dikatakan sempurna dalam menjadikan wajah semakin glowing. Kandungan lidah buaya secara menyeluruh dapat melembapkan kulit, sedangkan air lemon mengandung vitamin C yang terbukti efektif untuk mencerahkan kulit. Selain itu, lemon juga sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat karena sifat asam yang dimilikinya.

Tidak ada kata sulit untuk membuat masker lidah buaya dan lemon, anda hanya perlu menyiapkan kedua bahan tersebut. Ambil daging dari aloe vera yang berwarna putih bening, kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan air perasan dari satu butir lemon, kemudian aduk hingga merata. Simpan dulu setidaknya satu jam kedalam kulkas agar lebih dingin ketika dipakai. Bersihkan wajah kemudian keringkan, oles merata masker yang dibuat tadi. Tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

3. Masker Lidah Buaya, Kunyit dan Madu

Masker Lidah Buaya, Kunyit dan Madu
Image by Kitakini.news

Jika tadi dibutuhkan dua bahan utama, kali ini anda butuh tiga bahan untuk membuat masker lidah buaya. Dari campuran ketiga bahan tersebut, anda tidak hanya mendapatkan kulit wajah lebih lembap, melainkan juga sehat dan berseri. Jika madu dan aloe vera lebih efektif untuk melembapkan kulit, lain halnya dengan kunyit yang sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada hal yang menjadi pusat perhatian. Hal yang dimaksud adalah cara membuat dan takaran yang pas dari masker wajah lidah buaya yang dibuat. Setelah mengambil daging atau gel lidah buaya, silahkan tambahan satu sendok makan kunyit bubuk dan madu. Jika kesulitan menemukan kunyit bubuk, bisa juga menggunakan batang kunyit yang telah dihaluskan. Aduk merata semua bahan yang tercampur, lalu oleskan menyeluruh pada wajah. Diamkan selama 15 menit agar meresap sempurna, kemudian bilas dengan air dingin.

4. Masker Lidah Buaya dan Pisang

Image by Sehatq.com

Manfaat yang bisa didapat ketika anda menggunakan masker lidah buaya dan pisang yakni kulit terasa lebih kencang. Tentu bukan hanya itu saja manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Mengangkat sel kuit mati, menyamarkan flek hitam, dan mengontrol minyak berlebih adalah beberapa manfaat lainnya. Jika dipadukan dengan aloe vera, manfaat yang didapat pastinya lebih sempurna.

Tidak jauh berbeda dalam hal mengambil atau membuat lidah buaya dengan cara yang telah disebutkan diatas. Cukup ambil daging dari tanaman lidah buaya, kemudian masukkan ke dalam wadah. Untuk takarannya, ambil dua sendok gel lidah buaya yang elah dibersihkan. Masukkan 3 potong pisang matang dan aduk hingga rata sambil menghaluskan tekstur pisang. Jika sudah mendapat tekstur pasta, silahkan oleskan ke wajah secara menyeluruh. Diamkan masker selama 20 menit, kemudian anda bisa membilasnya dengan sabun khusus muka.

5. Masker Lidah Buaya dan Kayu Manis

Masker Lidah Buaya dan Kayu Manis
Image by Brilio.net

Apabila anda sedang mengalami masalah jerawat meradang, masker lidah buaya dan kayu manis bisa menjadi solusinya. Kandungan antibakteri dari kayu manis terbukti efektif untuk menenangkan jerawat. Manfaat lain dari kayu manis yaitu memperlambat tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya garis halus di wajah dan keriput.

Sebenarnya ada tiga bahan utama yang dibutuhkan, selain kedua bahan tersebut, madu juga harus ada supaya hasilnya lebih efektif. Takaran sempurna dari jenis masker alami ini adalah sat sendok makan gel aloe vera, 2 sendok makan madu, dan seperempat sendok teh kayu manis bubuk. Campurkan semua bahan kedalam wadah mangkuk, lalu aduk hingga merata.

Bersihkan wajah dengan toner atau sabun muka, kemudian keringkan. Oleskan masker secara menyeluruh, hindari area mata jika tidak ada masalah serius seperti jerawat atau iritasi. Diamkan selama 10 menit atau hingga sedikit kering, selanjutnya anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Manfaat masker lidah buaya memang cukup banyak, begitu pula dengan cara membuatnya yang sangat mudah. Selain yang telah disebutkan, bahan atau kombinasi lain yang bisa digunakan adalah yoghurt, air mawar, dan susu. Dari banyaknya kombinasi dari bahan tambahan tersebut, maka tidak heran jika masker alami ini menjadi pilihan utama bagi wanita. Apalagi biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu mahal, anda bisa memanfaatkan budget untuk perawatan lainnya.