9 Manfaat & Cara Membuat Masker Gelatin

9 Manfaat & Cara Membuat Masker Gelatin

Berbagai jenis masker bisa ditemukan saat ini dengan berbagai bahan utama yang digunakan. Salah satu bahan alami dan terbukti efektif untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit adalah Gelatin. Cara membuat masker Gelatin juga mudah, hanya beberapa langkah saja yang diperlukan. Memang tidak bayak produk masker dengan bahan utama Gelatin, anda bisa membuatnya sendiri di rumah sebagai alternatif.

Gelatin merupakan produk atau bahan dari turunan protein dan diambil dari ekstrak kolagen. Belum menjadi Gelatin jika bahan tersebut tidak dicampur dengan asam amino. Banyak manfaat masker Gelatin yang didapat, selain menyehatkan kulit tentunya. Dengan manfaat yang diberikan, sebagian wanita mempercayakan perawatan kulit wajah dengan bahan ini. Pastinya ada tips dan cara khusus dalam pembuatannya, nanti akan dibahas pada bab berikutnya.

Anda bisa mendapatkan Gelatin dengan berbagai cara mudah, salah satunya dengan merebus kolagen. Kolagen sendiri bisa didapat air rebusan tulang sapi atau kambing yang berwarna keruh. Akan tetapi ada cara yang lebih praktis dan mudah, yakni dengan membeli Gelatin bubuk. Banyak sekali jenis Gelatin tersebut, anda bisa menemukannya di pasar atau di toko online. Kebanyakan wanita juga menggunakannya untuk dijadikan masker. Tentu anda bisa melakukannya juga sehingga tidak perlu bersusah payah merebus tulang sapi.

Manfaat Menggunakan Masker Gelatin

Manfaat Menggunakan Masker Gelatin
Image by Diadona.id

Hampir 100 persen kandungan Gelatin berupa protein, anda juga tau bahan protein sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit bukan? Meskipun sudah berbentuk Gelatin, manfaat yang diberikan tidak sedikitpun berkurang. Manfaat akan semakin optimal ketika digunakan sebagai masker secara rutin. Apa saja manfaat masker Gelatin yang dimaksud? Silahkan simak dengan baik ulasan berikut!

1. Menghaluskan Kulit

Manfaat pertama yang anda dapatkan ketika menggunakan masker Gelatin adalah kulit lebih halus dan lembut. Kandungan protein yang ada di dalam bahan tersebutlah yang bekerja efektif untuk menghaluskan kulit yang sebelumnya kasar dan kusam. Selain itu, bahan ini juga dapat mengencangkan dan membuat kulit lebih kenyal.

Gelatin bekerja efektif untuk menutup celah pori yang disebabkan radikal bebas dan polusi. Dengan permukaan kulit lebih rata, pemakaian make up juga lebih maksimal, dalam artian terlihat flawless. Menggunakan masker ini secara rutin juga dapat membuat kulit tampak lebih muda dan sehat berseri.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Proses regenerasi kulit dipastikan terjadi pada siapa pun, baik usia muda maupun paruh baya. Menjadi berbahaya ketika sel kulit mati tersebut tidak terangkat sempurna atau tidak dibersihkan. Akibatnya, sel kulit menutupi pori-pori dan menyebabkan jerawat. Akibat paling ringan yakni kulit terlihat kusam dan jauh dari bercahaya.

Akan tetapi jangan khawatir, karena manfaat masker Gelatin berikutnya bisa mengatasi masalah tersebut. Manfaat ini persis seperti ketika anda menggunakan jenis msker peel off, dimana sel kulit mati terangkat sempurna ketika anda mengelupas masker. Menariknya, masker Gelatin juga terbukti mampu mengangkat kotoran yang diakibatkan polusi dan debu.

3. Mencegah Jerawat

Memang banyak produk masker yang anda temui dengan manfaat ini, namun tentunya ada bahan tambahan yang mungkin saja tidak ocok untuk jenis kulit anda. Dengan masker Gelatin, dimana bahannya alami dan tidak ada campuran sama sekali, risiko terjadinya iritasi semakin minim.

Perlu diketahui, jerawat muncul akibat kotoran yang menyumbat pori-pori. Masalah ini akan semakin sering terjadi ketika anda memiliki kulit berminyak. Jenis kulit tersebut cukup rawan karena kotoran dapat dengan mudah menempel ada kulit. Jika tidak dibersihkan dengan segera, kotoran tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Apakah anda tau betapa pentingnya kolagen untuk menjaga kesehatan kulit? Jika produksi kolagen menurun, otomatis kulit wajah menjadi keriput dan muncul garis halus. Timbulnya flek hitam juga menjadi pertanda bahwa anda sudah tidak lagi muda. Jika memang usia sudah tua tentunya tidak masalah, namun bagaimana jika anda masih muda tetapi muncul tanda-tanda tersebut?

Jawaban dari pertanyaan tersebut saat ini tentu tidak masalah karena manfaat masker Gelatin dapat mengatasinya. Dikarenakan bahan ini merupakan turunan dari protein yang berupa kolagen tentunya semua masalah tersebut dapat teratasi dengan baik. Apalagi jika menggunakan masker alami ini secara rutin juga dapat merangsang produksi kolagen alami pada kulit.

5. Mengatasi Komedo

Selain dapat mencegah jerawat, masker Gelatin juga mampu mengatasi komedo yang sering muncul di area sekitar wajah. Ada dua jenis komedo yang perlu diketahui, yakni komedo putih dan komedo hitam. Keduanya dapat diatasi dengan menggunakan masker secara rutin.

Seperti yang diketahui, komedo merupakan cikal bakal dari masalah jerawat. Dengan kata lain, komedo adalah awal dari masalah jerawat jika tidak segera dibersihkan. Komedo sendiri terbentuk dari sisa sel kulit mati yang tidak terangkat dan juga kotoran dan minyak yang menumpuk. Masker Gelatin dengan jenis peel off terbukti efektif mengatasinya.

6. Melembapkan Kulit

Kabar gembira bagi pemilik kulit kering, karena salah satu manfaat maser gelatin dapat melembapkan nya. Kandungan kolagen yang ada di dalamnya tidak diragukan lagi untuk manfaat tersebut. Bahkan bukan hanya melembapkan kulit kering, namun juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih. Dengan demikian, masker ini cocok juga digunakan untuk jenis kulit berminyak.

7. Memutihkan Kulit

Sel kulit mati dan kotoran yang terangkat sempurna secara tidak langsung menjadikan kulit tampak lebih putih dan bercahaya. Manfaat tersebut semakin efektif jika anda mencampurkan Gelatin dengan putih telur. Tentu hal ini tidak wajib, karena 100% bahan Gelatin sudah cukup memberikan manfaat tersebut.

Kulit bersih dan putih menjadi dambaan bagi setiap orang baik, laki-laki maupun perempuan. Tidak perlu membeli produk masker dengan harga mahal, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan terjamin keamanannya. Terlebih, anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke salon.

8. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori kulit yang normal adalah yang tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Jika poripori kulit terlalu sempit, kotoran dan debu akibat polusi akan susah diangkat dan dibuang. Begitu pula dengan pori-pori besar yang justru memudahkan kedua masalah tersebut masuk kedalam kulit. Apalagi jika masuk pada lapisan kulit paling dalam, pastinya tidak bisa diatasi jika hanya menggunakan produk skincare biasa.

Dari beberapa manfaat masker Gelatin yang telah disebutkan diatas, manfaat mengecilkan pori-pori juga tidak boleh diabaikan. Kecil di sini tentu dalam artian ukuran normal untuk jenis kulit yang bisa dikatakan sehat dan terawat. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan pemakaian secara rutin dan cara pembuatan yang benar.

9. Menyegarkan Kulit

Pasti anda tidak menduga bahwa bahan Gelatin juga dapat menyegarkan kulit wajah. Bagi anda yang lelah dengan aktivitas sehari-hari, protein yang terkandung di dalamnya terbukti dapat mengembalikan rona wajah seperti semula. Efek cooling dari masker alami ini mampu membuat wajah kembali fresh.

Apalagi jika anda mengombinasikan dengan bahan alami lainnya, seperti susu atau madu. Dengan wajah yang tetap segar berseri, rasa percaya diri anda diharapkan semakin meningkat. Inilah salah satu hal yang menjadi dambaan banyak wanita, termasuk anda mungkin?

Cara Membuat Masker Gelatin

Cara Membuat Masker Gelatin
Image by Caraprofesor.com

Dari segudang manfaat yang diberikan, bagaimana cara membuat masker Gelatin? Apakah susah? Untungnya tidak, alias sangat mudah. Anda bisa membuatnya tanpa campuran apapun, atau juga menggunakan bahan lain sebagai pelengkapnya. Adapun bahan yang bisa digunakan adalah madu atau susu. Namun sebelumnya, pastikan anda membeli produk Gelatin bubuk dengan label ‘food-grade’ pada kemasannya.

Misalkan anda menggunakan madu sebagai bahan campurannya, campurkan dua sendok Gelatin dengan satu sendok madu. Aduk hingga rata kedua bahan tersebut dengan memperhatikan hasil dari campurannya, maksudnya jangan terlalu kental atau encer. Anda bisa menambahkan sedikit dari campuran kedua bahan tersebut jika belum mendapatkan tekstur yang pas.

Setelah menjadi ‘adonan’, masker Gelatin masih belum bisa dipakai. Anda harus memanaskannya beberapa detik, tergantung dari pemanas yang digunakan. Jika anda menggunakan microwave, cukup panaskan selama 15 detik. Lain halnya jika dikukus dengan wadah khusus, waktu yang diperlukan hanya 10 detik terhitung dari panas maksimal. Dari kedua cara tersebut, menggunakan microwave lebih aman dilakukan tanpa mengurangi kualitas dari masker.

Setelah keluar dari microwave, diamkan masker hingga benar-benar dingin. Waktu yang diperlukan biasanya tidak lebih dari 10 menit, anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu sambil menunggu. Pakai masker secara menyeluruh pada wajah setelah dingin, diamkan sekitar 20 menit atau ketika masker Gelatin sudah kering.

Langkah selanjutnya tentu anda sudah tau, yakni dengan cara mengelupas masker seperti halnya ketika menggunakan masker peel off. Alangkah baiknya jika anda mengelupas mulai dari bawah. Supaya lebih efektif dan mendapatkan hasil optimal, silahkan mengulangi langkah diatas, atau menggunakan masker selama dua kali seminggu.

Efek Samping Masker Gelatin untuk Wajah

Efek Samping Masker Gelatin untuk Wajah
Image by Idntimes.com

Banyak manfaat masker Gelatin bukan berarti tidak memiliki efek samping. Meskipun jarang terjadi dan tidak semua orang mengalaminya, selayaknya anda mengetahui beberapa efek samping yang mungkin muncul. Adapun efek samping masker Gelatin untuk wajah yang umum terjadi adalah sebagai berikut!

1. Iritasi Kulit

Sanat umum terjadi iritasi kulit bagi pemilik kulit sensitif. Jenis kulit ini memang tidak boleh menggunakan sembarang produk atau bahan skincare. Jika memang terjadi, sebaiknya anda hentikan pemakaian hingga iritasi benar-benar mereda. Selain itu, ada juga yang mengalami peradangan atau kulit gatal ketika menggunakannya.

2. Kulit Kemerahan

Efek samping berikutnya yang mungkin terjadi adalah kulit kemerahan. Masalah ini biasanya dialami oleh mereka yang menggunakan masker secara berlebihan. Maka dari itu, ada baiknya jika anda menggunakannya dua kali dalam seminggu, atau sekurang-kurangnya satu kali seminggu.

3. Kulit Mengelupas

Bagi yang sedang mengalami masalah jerawat, masker Gelatin yang digunakan secara berlebihan juga dapat menimbulkan pengelupasan kulit. Hal ini cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan jerawat semakin meradang. Solusinya hanya satu, hentikan pemakaian msker hingga jerawat tidak meradang dan juga kulit kembali normal.

Mengetahui manfaat dan cara membuat masker Gelatin sangat penting, terlebih bagi anda yang mendambakan kulit sehat dan bebas dari gangguan kulit. Akan tetapi lebih baik lagi jika anda konsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Mengingat ada risiko yang menanti, meskipun tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan masker berbahan kimia.