9 Manfaat & Cara Membuat Masker Bengkoang

9 Manfaat & Cara Membuat Masker Bengkoang

Bengkuang atau bengkoang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan manfaat. Selain untuk dimakan, bahan makanan yang biasanya digunakan untuk membuat rujak ini juga sering digunakan sebagai produk kecantikan, salah satunya masker. Banyak yang merasakan manfaat dari masker bengkoang, mungkin anda juga demikian. Atau mungkin anda masih perlu mencari referensi dari manfaatnya serta cara membuatnya? Kebetulan sekali karena pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan semua yang terkait dengan hal tersebut.

Ada yang mengatakan bahwa bengkoang termasuk buah, dan ada pula yang mengatakan jenis umbi. Apapun jenisnya, yang jelas bengkuang mempunyai banyak kandungan penting untuk kulit. Sebagai contoh adalah vitamin E, fosfor, kalsium, magnesium dan lainnya. Dengan kandungan tersebut, manfaat besar dari umbi ini yaitu untuk mencerahkan kulit. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang diberikan, nanti akan dibahas pada bab selanjutnya.

Di Indonesia, tanaman ini sangat mudah ditemui karena bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah. Harganya juga relatif murah, meskipun banyak perusahaan skincare yang menjadikannya sebagai bahan utama produk kecantikan. Selain dari manfaatnya, sebagian besar wanita menggunakan masker bengkoang karena alasan pembuatannya yang mudah. Anda bisa membuatnya dengan bahan alami ini tanpa campuran, juga menambahkan bahan lain sebagai campurannya.

Manfaat Menggunakan Masker Bengkoang

Manfaat Menggunakan Masker Bengkoang
Image by Liputan6.com

Sebelum mengetahui cara membuat masker bengkoang, ada baiknya jika anda menyimak terlebih dahulu manfaat apa saja yang diberikan. Jika dilihat dari sebagian besar produk masker di pasaran yang menggunakan bahan alami ini, seharusnya manfaat yang didapat bisa bermacam-macam. Supaya lebih jelas, berikut manfaat masker bengkoang yang berhasil kami rangkum!

1. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam akibat polusi dan terik sinar matahari dapat teratasi degan masker bengkuang. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti efektif untuk mencerahkan kulit. Bukan hanya itu, noda gelap dan flek hitam pada wajah juga hilang ketika menggunakan masker secara rutin. Dengan manfaat ini, maka tidak heran jika banyak produk masker dengan berbagai merek yang menjadikannya sebagai bahan utama.

2. Menyamarkan Noda Hitam

Noda hitam yang muncul di wajah menjadikan kurang percaya diri. Seringkali wanita menutupi masalah tersebut dengan bedak atau make up khusus. Tidak masalah, namun jangan berharap bahwa noda tersebut akan hilang dengan cara yang dilakukan. Ada baiknya jika anda mencoba menggunakan masker bengkuang secara rutin, karena manfaat lain yang didapat terbukti efektif menyamarkan noda hitam.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat memang cukup mengganggu, meskipun hilang menyeluruh namun bekasnya tidak dapat hilang dengan mudah. Mengatasi bekas jerawat bisa menggunakan produk kecantikan khusus, namun kali ini anda juga bisa menggunakan masker bengkoang. Pengguaan secara rutin tidak hanya membuat bekas jerawat hilang, namun juga membuatnya lebih cerah. Tentu anda harus bersabar untuk mengatasi masalah ini, karena bekas jerawat tidak dapat dihilangkan dengan cepat.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C yang ada pada bengkuang terbukti efektif untuk meremajakan kulit. Kandungan ini juga banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Kerutan di wajah dan garis halus dapat tersamarkan dengan baik menggunakan masker bengkuang secara rutin. Lebih efektif lagi jika anda mengaplikasikan ke wajah di malam hari, karena pada saat tersebut kulit sedang relaksasi.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Sebenarnya masih berkaitan dengan manfaat masker bengkoang mencegah penuaan dini. Ketika usia tidak lagi muda, produksi kolagen pada kulit semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya keriput dan garis halus. Kandungan bengkuang dapat merangsang produksi kolagen sehingga penuaan dini dapat dicegah dengan baik. Selain itu, kandungan antioksidan juga terbukti melindungi kulit dari radikal bebas.

6. Melembapkan Kulit

Selain mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit, bengkoang juga mengandung banyak air. Kandungan tersebut dipercaya mampu melembapkan kulit sepanjang hari. Bagi kulit kering, manfaat ini tentunya menjadi kabar gembira. Apalagi jika anda bisa mendapatkan manfaat tersebut hanya dari masker bengkoang murni, tanpa bahan atau kandungan lain.

7. Mengontrol Produksi Minyak

Ada jenis kulit yang memproduksi minyak berlebih sehingga membuat masalah kulit berminyak. Selain cocok untuk jenis kulit kering, bengkuang juga cocok untuk jenis kulit berminyak. Kandungan di dalamnya dapat mengontrol kelenjar minyak pada kulit sehingga produksinya semakin berkurang. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan kulit lebih lembap, tidak kering dan juga tidak berminyak.

8. Mengecilkan Pori-Pori

Sebenarnya manfaat dari masker alami bisa untuk mengecilkan pori-pori, termasuk bengkuang. Pori-pori membesar bisa disebabkan karena produksi sebum berlebihan. Ketika produksi sebum semakin banyak pori-pori otomatis membesar untuk mengeluarkan minyak yang dihasilkan. Jika manfaat masker bengkoang dapat mengontrol produksi minyak berlebih, otomatis pori-pori kulit juga semakin mengecil.

9. Menyehatkan Kulit

Dari semua manfaat yang disebutkan diatas, yang paling utama yaitu menyehatkan kulit. Berbagai kandungan seperti vitamin, mineral, dan kalsium terbukti mampu menyehatkan kulit wajah. Bagi anda yang ingin mendapatkan semua manfaat tersebut, tidak ada salahnya mencoba membuat dan menggunakannya.

Cara Membuat Masker Bengkong

Cara Membuat Masker Bengkong
Image by Fimela.com

Setelah mengetahui semua manfaat masker bengkoang, tentunya anda tertarik dan ingin membuatnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, membuat masker dari bahan umbi ini tidaklah sulit. Anda bisa membuatnya murni dari bahan bengkuang, juga menambahkan bahan lain untuk mendapatkan hasil lebih optimal. Namun tentunya anda harus mengetahui bagaimana cara membuat masker bengkoang agar tidak terjadi kesalahan dan menimbulkan efek samping. Berikut cara selengkapnya!

1. Masker Bengkoang Murni

Masker Bengkoang Murni
Image by Pidjar.com

Cara pertama dengan memanfaatkan bengkoang murni, yakni tanpa campuran apapun. Cara ini juga paling umum digunakan karena tanpa repot mencari bahan tambahannya. Apalagi jika prosesnya sangat sederhana. Meskipun hanya menggunakan bahan bengkuang, namun manfaatnya dapat mencecahkan wajah dan membuatnya terlihat semakin putih.

Ambil bengkuang minimal satu buah, kupas kulitnya kemudian bersihkan dengan air bersih. Parut perlahan agar memiliki tekstur lebih halus dan air yang dikeluarkan sempurna. Saring air dengan wadah berbeda, maksudnya pisahkan airnya dengan ampas bengkuang. Siapkan kuas yang telah dibersihkan, kemudian oleskan merata air bengkuang ke wajah. Diamkan selama 15 menit agar kandungannya meresap sempurna. Selanjutnya anda bisa membilas menggunakan ampas bengkuang tadi sebagai scrub.

2. Masker Bengkoang dengan Putih Telur

Putih Telur
Image by Sehatq.com

Jika anda ingin kulit lebih kencang secara optimal, membuat masker bengkoang dan putih telur juga menjadi alternatif pilihan. Perpaduan bahan tersebut juga terbukti menyehatkan kulit wajah. Cara membuatnya juga mudah, pastinya anda harus menyiapkan bahan yang dimaksud. Jangan khawatir akan efek samping karena pengalaman dari banyaknya pengguna tidak mengeluhkan adanya efek samping.

Kupas bengkuang secukupnya, kemudian cuci dengan air bersih. Anda bisa memotong bengkuang atau langsung memarut nya, namun disarankan untuk memotong kecil terlebih dahulu. Peras parutan bengkuang tadi untuk memisahkan air dengan ampasnya. Diamkan beberapa saat hingga endapan dan air terpisah. Selanjutnya anda bisa membuang airnya dan mengambil endapannya saja.

Langkah berikutnya yakni dengan memasukkan putih telur, cukup satu saja sebagai pelengkapnya. Aduk kedua bahan terebut hingga merata dengan sedikit tekstur menyerupai gel. Bersihkan wajah terlebih dahulu, baru anda bisa mengaplikasikan masker yang dibuat tadi. Tunggu setidaknya 15 menit agar hasilnya lebih optimal, lanjutkan dengan membilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

3. Masker Bengkoang dan Madu

Madu
Image by Klikdokter.com

Madu dipercaya mengandung antibakteri dan antiinflamasi tinggi sehingga mampu mengatasi jerawat dan mencegahnya muncul kembali. Membuat masker bengkoang dan madu sebenarnya sama dengan perpaduan masker dengan bahan lainnya. Hanya saja bahan pendukung dan takarannya yang berbeda.

Seperti biasa, anda harus memarut bengkuang agar menjadi lembut dan dapat memisahkan air dan ampasnya dengan mudah. Setelah diparut, gunakan saringan untuk memisahkan ampas tadi dengan air bengkuang. Diamkan beberapa saat hingga terjadi endapan, kemudian anda bisa membuang airnya dan mengambil endapan tersebut. Ambil satu sendok makan madu, kemudian campurkan pada endapan bengkong.

Setelah mengaduk kedua bahan tersebut, anda bisa mengaplikasikan ke wajah secara menyeluruh. Namun sebelumnya, anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu. Agar hasil lebih maksimal, diamkan masker selama 15 menit. Selanjutnya anda bisa menggunakan ampas bengkuang untuk dijadikan scrub dan membilasnya lagi dengan air bersih.

4. Masker Bengkoang dan Air Mawar

Masker Bengkoang dan Air Mawar
Image by Brilistyle.brilio.net

Sebenarnya bengkoang memiliki manfaat utama untuk mencerahkan kulit. Namun dengan bahan tambahan seperti air mawar, manfaat tersebut lebih efektif dan optimal. Air mawar juga digunakan untuk mengatasi peradangan kulit dan mampu mengatasi penuaan dini karena kandungan antioksidan tinggi.

Cara membuat masker bengkoang dan air mawar jauh berbeda dengan sebelumnya. Kali ini bukan menggunakan air endapan bengkoang, melainkan ampas dari parutan tersebut. Ambil satu bengkoang, kupas kulitnya dan bersihkan dengan air mengalir. Potong kecil bengkuang, kemudian parut agar lembut. Peras bengkuang yang telah dipotong tadi, kemudian diamkan hingga ampasnya sedikit kering.

Campurkan ampas tadi dengan air mawar secukupnya, kemudian aduk merata. Selanjutnya anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai masker dan air mawar ini. Diamkan selama 15 menit agar kulit terhidrasi sempurna oleh masker tersebut. Lanjutkan proses dengan membilas air bersih atau toner jika perlu.

5. Masker Bengkoang dan Beras

Image by Plus.kapanlagi.com

Produk masker dari Jepang kebanyakan menggunakan bahan beras sebagai tambahannya. Hal ini wajar karena beras terbukti efektif untuk mencerahkan kulit, sekaligus mengatasi flek hitam di wajah. Menggunakan masker dengan perpaduan bahan tersebut bisa menjadi alternatif jika anda ingin kulit wajah lebih cerah tanpa khawatir efek samping yang ditimbulkan.

Cara membuat masker bengkoang dengan beras sedikit lebih sulit daripada menggunakan bahan lain yang telah disebutkan. Pertama anda kupas satu buah bengkuang terlebih dahulu, kemudian cuci bersih. Potong kecil umbi tersebut, sebisa mungkin untuk memotong dengan ukuran yang sangat kecil, namun tidak perlu diparut Lanjutkan dengan membersihkan satu gelas beras, cukup satu kali bilasan agar nutrisi nya tidak berkurang.

Campur kedua bahan tersebut, kemudian blender hingga halus. Selanjutnya anda bisa menggunakan masker secara langsung dan diamkan selama 10 menit. Seperti biasa, anda bisa membilasnya dengan air bersih atau juga bisa menggunakan sabun khusus muka.

Itulah manfaat masker bengkoang yang perlu anda ketahui, juga cara membuat masker dengan benar. Bahan lain mungkin bisa dijadikan pendukung dari bahan utama tersebut. Namun anda perlu mengetahui untuk apa menggunakan masker untuk wajah, apakah untuk mencerahkan, memutihkan, atau mengatasi masalah jerawat.