7 Manfaat & Cara Membuat Masker Tomat

7 Manfaat & Cara Membuat Masker Tomat

Memiliki wajah halus, lembut, sehat, dan bebas dari masalah kulit tentu menjadi idaman setiap wanita. Menggunakan masker adalah salah satu cara yang bisa ditempuh. Mungkin anda menganggap bahwa menggunakan masker hanya cocok untuk orang kaya yang mementingkan penampilan. Nyatanya tidak demikian, anda bisa mendapatkan manfaat masker tomat untuk hal tersebut. Pastinya anda juga tau kalau buah tomat kaya akan vitamin dan mineral penting bukan? Apalagi harganya murah dan mudah ditemui di berbagai tempat.

Tomat merupakan bahan alami yang tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga kulit. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya produk skincare yang menggunakan buah tersebut sebagai bahan tambahannya. Bahan ada beberapa yang menjadikannya bahan utama. Tidak ada salahnya jika anda mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang akan kami berikan nantinya.

Dikutip dari Healthline, tomat memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yang mampu menutrisi kulit sepanjang hari. Selain itu, ada juga kandungan antioksidan dengan fungsi utama untuk mencegah tanda penuaan dini. Senyawa tersebut juga cukup baik untuk mencerahkan kulit dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Manfaat Masker Tomat

Manfaat Masker Tomat untuk Wajah
Image by Berkeluarga.id

Secara keseluruhan, anda akan mengetahui manfaat masker tomat pada bab ini. Sekilas anda sudah mengetahui kandungan dan manfaat yang sedikit disinggung, pastinya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan. Dikarenakan bahan tersebut alami, tidak ada efek samping dari setiap manfaat yang diberikan.

1. Mencegah Penuaan Dini

Sedikit diulas manfaat ini, yakni dapat mencegah penuaan dini. Manfaat tersebut didapat dari kandungan antioksidan tinggi yang terkandung dalam setiap buah tomat. Kandungan vitamin C yang ada juga efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Vitamin C juga efektif membuat kulit lebih cerah alami, sekaligus menjadikan kulit tampak lebih putih berseri.

2. Merangsang Produksi Kolagen

Diantara manfaat kolagen adalah untuk mempercepat proses regenerasi kulit, meratakan warna kulit, juga terbukti mampu mengencangkan kulit. Menggunakan masker tomat secara teratur dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Dengan demikian, bukan hanya menjaga dan mencegah penuaan dini yang didapatkan, namun juga menjadikan kulit senantiasa tampak lebih muda dan sehat.

3. Mengurangi Minyak Berlebih

Bagi anda yang sedang mengalami masalah minyak berlebih, atau memiliki jenis kulit berminyak, masker tomat bisa menjadi alternatif. Selain kandungan yang disebutkan tadi, tomat juga mengandung asam yang sangat baik untuk menyerap minyak, bahkan dari pori-pori terdalam sekalipun. Anda juga bisa menambahkan bahan lain jika perlu agar lebih efektif, seperti jeruk dan green tea.

4. Mengatasi dan Mencegah Jerawat

Masih berhubungan dengan jenis kulit atau masalah kulit berminyak. Perlu diketahui, salah satu penyebab jerawat yakni kulit berminyak. Kondisi kulit yang kelebihan minyak justru membuat kotoran dan debu mudah menempel. Kondisi semakin parah ketika sel kulit mati tidak dapat terangkat sempurna. Akibatnya, komedo putih banyak muncul di permukaan kulit. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, hal itu dapat menyebabkan jerawat.

Menggunakan masker tomat secara teratur ternyata tidak hanya mengatasi masalah jerawat, namun juga mencegahnya kembali. Kandungan asam salisilat terbukti efektif dalam hal ini, kandungan tersebut juga ada pada buah tomat. Jika anda tidak percaya, silahkan lihat beberapa produk masker yang digunakan untuk mengatasi jerawat, sebagian besar menggunakan tomat sebagai bahan aktifnya.

5. Melembapkan Kulit

Kandungan tomat cukup lengkap, ada juga yang dikenal dengan kalium dengan fungsi atau manfaatnya tersendiri. Manfaat yang dimaksud adalah untuk melembapkan kulit dengan cara mengunci air di permukaan kulit. Menggunakan masker tomat tentunya efektif membuat kulit lebih lembap sepanjang hari. Bagi kulit kering, disarankan untuk menggunakan masker tomat secara rutin disertai dengan pelembap khusus muka setiap hari.

6. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam bisa diakibatkan oleh debu dan polusi yang menempel, atau bisa juga dikarenakan sel kulit mati yang menumpuk. Enzim yang terkandung pada setiap buah tomat dipercaya efektif mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah. Dalam sekali pakai, anda mendapatkan perbedaan yang bisa dilihat langsung. Selain itu, kandungan enzim tersebut juga mampu membuat kulit lebih halus.

7. Menyamarkan Noda Hitam

Selain manfaat masker tomat yang telah disebutkan diatas, ada lagi manfaat yang tidak kalah penting, yaitu menyamarkan noda hitam. Salah satu penyebab noda hitam di wajah adalah paparan sinar UV. Kondisi tersebut merangsang pigmen kulit untuk melindunginya sehingga terjadilah warna yang tidak sesuai alaminya. Selain itu, pemakaian rutin juga efektif untuk mengatasi masalah jerawat, dimana warnanya mirip dengan noda hitam.

Cara Membuat Masker Tomat

Cara Membuat Masker Tomat
Image by Bp-guide.id

Alasan utama menggunakan masker tomat yakni murah, cepat, dan mudah. Murah dalam artian harganya sangat terjangkau dan ramah kantong. Sedangkan cepat dan mudah tidak lain adalah cara membuatnya, bahkan anda bisa langsung menggunakan buah tersebut tanpa campuran bahan apapun. Namun untuk mendapatkan manfaat lebih sebaiknya ada bahan alami lain sebagai campurannya.

✓ Masker Tomat dan Yogurt

Masker Tomat dan Yogurt
Image by Feed.merdeka.com

Apabila anda ingin mendapatkan manfaat kulit cerah sempurna, gunakan yogurt sebagai bahan tambahannya. Kedua bahan ini juga sangat baik untuk melembapkan kulit, apalagi jika ditambahkan dengan perasan air lemon. Vitamin C yang terkandung pada lemon cukup tinggi sehingga efektif untuk mencerahkan kulit.

Cara membuat masker tomat dan yogurt cukup mudah, siapkan semua bahan yang dibutuhkan dengan takaran setengah buah tomat, 1 sendok makan yogurt, dan tambahan 1 sendok teh air lemon. Peras buah tomat pada wadah mangkuk bersih, campurkan bahan lain yang telah disebutkan tadi. Aduk merata hingga mendapatkan tekstur sempurna untuk masker agar nyaman dipakai.

Oleskan merata pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 15 menit atau hingga sedikit kering agar kandungannya meresap sempurna. Bilas masker tadi menggunakan air hangat untuk mengangkat sel kulit mati lebih sempurna. Keringkan wajah dan silahkan gunakan produk kecantikan lain sebagai pamungkas.

✓ Masker Tomat dan Gula Pasir

Masker Tomat dan Gula Pasir
Image by Wikihow.com

Proses mengangkat sel kulit mati bisa jadi mudah dan juga susah. Jika menempel pada kulit berminyak, proses tersebut tergolong susah. Namun jangan khawatir, adanya masker tomat dan gula pasir menjadi solusi yang tepat dan murah. Adanya scrub dari butiran gula cukup efektif mengangkat sel kulit mati. Sedangkan kandungan tomat dengan sempurna masuk kedalam lapisan kulit bagian dalam.

Siapkan 1 buah tomat dan 1 sendok teh gula pasir. Kuas kulit tomat dan ambil bagian dagingnya. Masukkan kedalam wadah lalu campurkan dengan gula pasir sesuai takaran tadi. Aduk sebentar saja dan jangan sampai butiran gula larut secara keseluruhan. Oleskan menyeluruh pada wajah sambil memutar perlahan agar butiran halus gula dapat dengan baik mengangkat sel kulit mati. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih atau air hangat.

✓ Masker Tomat dan Timun

Masker Tomat dan Timun
Image by Bp-guide.id

Masalah jerawat dapat teratasi dengan baik dari campuran tomat dan timun. Buah yang juga memiliki nama mentimun ini banyak mengandung air yang cocok dijadikan bahan utama untuk menghidrasi kulit. Selain manfaat terserbu, timun juga cukup baik mencegah munculnya jerawat. Ingat, munculnya bukan berarti dapat mengatasi masalah jerawat yang sudah telanjur timbul.

Supaya mendapatkan manfaat dari kedua bahan terebut, cara yang harus dilalui cukup rumit. Siapkan buah tomat yang sudah di blender terlebih dahulu, kemudian masukkan kedalam wadah. Beri tambahan ekstrak mentimun, atau juga mentimun yang juga melalui proses blender. Aduk kedua bahan tersebut hingga rata, bersihkan wajah dengan air bersih.

Ambil bola kapas atau bulatan kapas steril, celupkan kedalam masker yang sudah jadi tadi. Oleskan perlahan ke seluruh wajah sambil menekan perlahan. Diamkan selama 10 menit agar kandungan bahan terebut meresap ke dalam kulit hingga bagian terdalam. Lanjutkan dengan membersihkan wajah dengan air dingin untuk mendapatkan sensasi lebih segar.

✓ Masker Tomat dan Minyak Zaitun

Masker Tomat dan Minyak Zaitun
Image by Merdeka.com

Bagi pemilik kulit kering, disarankan untuk menggunakan masker dari campuran tomat dan minyak zaitun. Kedua bahan ini terbukti efektif melembapkan kulit dan memberikan kesegaran sepanjang hari. Air atau kandungan air yang menempel pada kulit dikunci sempurna sehingga memberikan kelembapan ekstra.

Anda hanya membutuhkan setengah buah tomat ukuran sedang dan satu sendok teh minyak zaitun. Peras tomat dan masukkan pada wadah khusus, kemudian campurkan satu sendok teh minyak zaitun yang sudah disiapkan tadi. Aduk merata agar kedua bahan tercampur sempurna, mugkin butuh waktu lama karena pada dasarnya minyak tidak mudah menyatu dengan bahan cairan lain.

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun khusus muka atau toner dari bahan alami. Oleskan campuran bahan tadi secara menyeluruh, bisa dengan kuas khusus atau bola kapas steril. Setelah yakin rata, biarkan selama sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat agar sel kulit mati bersih sempurna.

✓ Masker Tomat dan Alpukat

Masker Tomat dan Alpukat
Image by Pikist.com

Alpukat memiliki kandungan mineral penting yang baik untuk kulit. Kandungan yang dimaksud adalah antioksidan, vitamin C dan E, juga mineral. Semua bahan atau kandungan yang ada di buah berwarna hijau tersebut sangat baik untuk mencegah tanda penuaan dini. Sebenarnya manfaat tomat sendiri cukup baik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun alangkah sangat baik jika kedua bahan ini dipadukan untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Ambil wadah steril, baik dari mangkuk, piring, atau lainnya. Ambil satu sendok makan daging alpukat dan tomat dengan takaran yang sama. Aduk sambil menekan kedua campuran tersebut untuk mendapatkan tekstur krim. Anda bisa menambahkan sedikit tomat jika takaran tersebut dirasa terlalu kental. Bisa juga sebaliknya jika campurannya terlalu encer.

Oleskan merata ke seluruh wajah, sebaiknya hindari daerah sekitar mata. Pastikan anda menggunakan masker tomat dan alpukat tersebut selama 15 menit untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. Waktu tersebut sangat baik agar kandungannya meresap sempurna hingga lapisan kulit bagian dalam. Seperti biasa, silahkan bersihkan wajah dengan air setelah batas watu tersebut.

Manfaat masker tomat sangat banyak, jadi anda tidak perlu meragukannya lagi. Apalagi jika cara membuat masker tomat sangat mudah, baik tanpa campuran maupun dengan campuran bahan alami lainnya. Namun sebelumnya, pastikan kulit anda cocok dengan bahan tersebut, terutama jika menggunakan bahan campuran. Apabila ada tanda iritasi, gatal, atau kulit kemerahan, sebaiknya hentikan pemakaian.