5 Manfaat & Cara Membuat Masker Tepung Beras

5 Manfaat & Cara Membuat Masker Tepung Beras

Sebagai salah satu bahan makanan pokok, tepung beras juga memiliki manfaat lain untuk perawatan kulit. Hal ini terbukti dari beberapa produk masker wajah yang menggunakan bahan utama beras, baik yang sudah di ekstrak maupun dalam bentuk halusnya. Salah satu manfaat masker tepung beras yakni melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Manfaat lain dari tepung beras akan kita bahas bersama di bab selanjutnya.

Di era modern saat ini, perawatan wajah hampir dikatakan wajib oleh sebagian wanita. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka rela mengeluarkan banyak biaya agar tampil cantik. Sebenarnya ada cara yang murah dan terbukti efektif untuk merawat kulit, bahkan juga terbukti mengatasi beberapa masalah kulit wajah. Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat tersebut, tentu ada bahan tambahan yang harus digunakan.

Negara yang sering menggunakan tepung beras sebagai bahan alami untuk produk kecantikan adalah Jepang, mulai dari sabun, pelembap, hingga masker. Masker dengan bahan alami ini semakin banyak diminati. Bukan hanya murah dengan bahan yang mudah ditemui, namun juga cara membuatnya tidak terlalu sulit. Asalkan ada bahan pokok yang dibutuhkan, anda bisa menciptakan sebuah produk masker alami dengan berbagai manfaat.

Manfaat Masker Tepung Beras

Manfaat Masker Tepung Beras
Image by Popmama.com

Pada pembukaan tadi dikatakan bahwa salah satu manfaat masker tepung beras adalah untuk melindungi kulit. Manfaat tersebut didapat dari kandungannya yang berupa asam ferulic dan alantoin. Selain itu, ada kandungan anti-inflamasi yang mampu menenangkan kulit dari terik panas dan bahaya sinar UV. Untuk manfaat lain, silahkan anda simak ulasan lengkap berikut ini!

1. Mengurangi Lingkaran Hitam di Mata

Lingkaran hitam pada daerah sekitar mata bisa disebabkan kurang tidur, paparan sinar UV, atau juga faktor usia. Masalah ini tidak mudah dihadapi jika belum meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, kecuali faktor usia tentunya. Setelah memastikan tidur cukup dan menghindari kulit wajah dari sinar matahari, silahkan gunakan masker tepung beras untuk mengatasi masalah tersebut.

Perlu diingat, mungkin diperlukan waktu cukup lama agar kondisi menjadi normal seperti semula. Selain mengurangi lingkaran hitam di mata, masker dengan warna alami putih ini juga cukup baik untuk meredakan mata bengkak atau masalah kantung mata.

2. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Tepung beras memiliki tekstur sedikit kasar yang cocok digunakan sebagai scrub. Beberapa produk masker dengan kandungan scrub berfungsi untuk membantu proses eksfoliasi. Proses tersebut merupakan pengelupasan kulit ketika terjadi regenerasi. Dengan membuang sel kulit mati, maka kulit baru akan mudah tumbuh secara alami.

Selain sebagian teksturnya kasar, ada juga tekstur halus yang menyertai tepung beras. Di sinilah alasan kenapa bahan dapur tersebut sangat baik meresap hingga bagian poi-pori kulit terdalam. Bukan hanya sel kulit mati bagian luar yang terangkat, namun juga bagian kulit epidermis yang terbuang sempurna.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat masker tepung beras berikutnya mungkin sama dengan bahan lain yang mengandung vitamin, yakni untuk mencerahkan kulit. Selain karbohidrat, beras juga mengandung asam amino dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Kedua bahan tersebut tidak hanya membuat kulit lebih cerah, namun juga membuatnya tampak lebih putih dan sehat berseri. Asam amino juga sangat baik untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

4. Melembapkan Kulit

Masih dengan manfaat asam amino, yakni terbukti efektif untuk melembapkan kulit. Kandungan tersebut dapat mengikat cairan yang ada pada lapisan kulit, sekaligus menguncinya agar tidak keluar. Dengan demikian, kulit tampak sagar karena kelembapan nya selalu terjaga. Menariknya, jenis kulit berminyak juga cocok menggunakan bahan alam ini. Tepung beras sangat baik untuk menyerap minyak berlebih dan juga mengontrol produksinya agar tidak berlebihan.

5. Memudarkan Bekas Jerawat

Tujuan dari penggunaan ekstrak beras sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk produk masker tidak lain adalah untuk memudarkan bekas jerawat. Kali ini anda tidak perlu membeli produk masker yang dimaksud, langsung saja gunakan bahan alaminya.

Silahkan gunakan secara menyeluruh pada wajah, atau pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat. Akan tetapi untuk hasil merata dan menyeluruh, silahkan gunakan sebagai masker yang menutupi semua kulit wajah.

Cara Membuat Masker Tepung Beras

Image by Hot.liputan6.com

Untuk mendapatkan semua manfaat yang telah disebutkan tadi, diperlukan bahan lain agar hasilnya lebih optimal. Untungnya, bahan yang dimaksud juga mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan tersebut juga mempunyai fungsi masing-masing, anggap saja sebagai manfaat tambahan atau untuk memperkuat manfaat utama. Di lansir dari berbagai sumber terpercaya berikut cara membuat masker tepung beras dengan campuran bahan alami lainnya!

✓ Masker Tepung Beras dan Kayu Manis

Masker Tepung Beras dan Kayu Manis
Image by Myfood.co.id

Bahan tambahan yang pertama bisa menggunakan kayu manis. Bumbu dapur ini mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit serta menghidrasi nya sepanjang hari. Dari manfaat tersebut, tentunya kedua bahan ini cocok untuk mengatasi kuit kering. Kandungan antioksidan juga efektif mengatasi masalah penuaan dini, seperti munculnya garis harus dan kerut di wajah.

Tidak sulit membuat masker tepung beras dan kayu manis, sebelumnya siapkan kedua bahan tersebut. Jika memungkinkan dan untuk manfaat lebih dalam hal melembapkan kulit, silahkan gunakan gliserin yang mudah didapat di apotek. Rebus setengah cangkir tepung beras, kemudian tambahkan kayu manis sebanyak dua sendok makan. Aduk merata agar kedua bahan tersebut tercampur sempurna dan mendapatkan tekstur masker pada umumnya.

Sebelum dingin, campurkan satu sendok makan gliserin dan aduk lagi hingga rata. Diamkan agar dingin terlebih dahulu sambil anda membersihkan muka. Setelah itu, oleskan secara menyeluruh pada bagian penting wajah, hindari area mulut dan mata. Diamkan selama 15 menit agar kandungannya meresap sempurna, atau tunggu hingga kering. Bilas wajah dengan air bersih, air hangat juga baik agar sel kulit mati terangkat sempurna.

✓ Membuat Masker Tepung Beras dan Madu

Membuat Masker Tepung Beras dan Madu
Image by Superapp.id

Madu terbukti mempunyai sifat antimikroba yang sangat baik untuk mengatasi kulit berjerawat. Kandungan tersebut tidak hanya mencegah, namun juga menghilangkan masalah yang dapat menurunkan kepercayaan diri tersebut. Madu juga dikenal sangat efektif untuk mengatasi kulit berminyak, apalagi jika dipadukan dengan tepung beras.

Takaran yang digunakan harus sempurna agar mendapatkan manfaat tersebut. Siapkan 3 sendok makan tepung beras dan 2 sendok makan madu. Rebus tepung beras dengan air secukupnya hingga teksturnya sedikit lengket. Angkat dan diamkan sambil mencampurkan madu sesuai dengan takaran yang telah disebutkan. Aduk merata hingga tercampur sempurna dan diamkan hingga dingin.

Lanjutkan dengan mengaplikasikan ke seluruh wajah, pastikan sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Silahkan gunakan masker tepung beras dan madu secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk hasil lebih optimal.

✓ Masker Tepung Beras dan Putih Telur

Masker Tepung Beras dan Putih Telur
Image by Bola.com

Bagi anda yang mengalami masalah penuaan dini dengan munculnya kerutan dan garis halus, silahkan membuat masker dengan bahan tepung beras dan putih telur untuk mengatasinya. Kandungan albumin pada putih telur cukup baik untuk merangsang pertumbuhan sel kulit selama proses regenerasi. Proses ini tentunya sangat membantu agar kulit senantiasa tampak lebih muda.

Selain manfaat tersebut, putih telur juga sangat efektif untuk mengencangkan kulit. Caranya mudah, siapkan 2 sendok makan tepung beras dan 1 butir telur. Kali ini anda tidak perlu merebus tepung beras terlebih dahulu, langsung saja campurkan takaran tadi dengan putih telur yang telah disiapkan.

Aduk merata agar tidak terjad gumpalan, serta mendapatkan tekstur mirip gel. Oleskan merata dengan kuas khusus atau bola kapas agar steril. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Agar mendapatkan kelembapan ekstra, silahkan tambahkan gliserin dengan takaran tidak lebih dari 4 tetes.

✓ Masker Tepung Beras dan Susu

Masker Tepung Beras dan Susu
Image by Sehatq.com

Campuran masker tepung beras dan susu sangat efektif untuk menghaluskan kulit sekaligus membuatnya lebih putih. Kandungan susu yang paling penting adalah AHA, dimana mempunyai fungsi utama mengangkat sel kulit mati. Manfaat ini bahkan digunakan oleh berbagai produk kecantikan, khususnya masker.

Siapkan 1 sendok makan tepung beras dan susu untuk membuat masker. Campurkan keduanya pada wajah mangkuk yang telah steril. Aduk merata hingga menemukan tekstur krim, silahkan tambahkan sedikit dari kedua bahan tersebut jika belum mendapatkan tekstur yang diinginkan. Oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan masker yang sudah dipakai tadi kira-kira 15 hingga 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air dingin agar lebih segar.

✓ Masker Tepung Beras dan Kunyit

Kunyit
Image by Alodokter.com

Seperti halnya madu, kunyit juga mengandung bahan aktif anti inflamasi yang efektif mengatasi dan mencegah masalah jerawat atau komedo. Kandungan antioksidan pada bumbu dapur tersebut juga terbukti mampu mengatasi tanda penuaan dini. Jika dipadukan dengan tepung beras, manfaat yang didapat pastinya lebih optimal. Supaya mendapatkan manfaat kulit lebih cerah, silahkan gunakan lemon sebagai bahan tambahannya.

Jika anda menggunakan ketiga bahan tersebut, pastikan untuk menyiapkan 4 sendok makan tepung beras, 3 sendok makan perasan lemon, dan 1 sendok makan kunyit bubuk. Campurkan semua bahan tersebut dalam wadah khusus, kemudian aduk hingga rata. Oleskan dengan tangan yang sebelumnya dibersihkan, silahkan sambil dipijat agar mendapatkan efek relaksasi. Pijatan tersebut harus dilakukan secara melingkar dan perlahan.

Agar semua kandungan dari bahan yang digunakan meresap sempurna, diamkan masker selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih. Untuk kali ini lebih baik menggunakan air dingin atau air biasa. Hindari menggunakan air hangat karena kandungan asam pada lemon yang bertemu dengan air hangat bisa menyebabkan iritasi.

✓ Masker Tepung Beras dan Teh Hijau

Masker Tepung Beras dan Teh Hijau
Image by Sehatq.com

Banyak manfaat yang didapat dari bahan alami teh hijau, diantaranya adalah sebagai anti aging, mengatasi jerawat, meredakan iritasi, dan melembapkan kulit. Tidak heran jika banyak produk masker wajah yang menggunakan bahan ini. Tidak perlu membeli produk dengan bahan teh hijau, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan campuran tepung beras.

Cara membuat masker dari tepung beras dan teh hijau memang sedikit memakan waktu jika dibandingkan bahan lainnya. Silahkan rebus teh hijau dengan sedikit air sebagai langkah awal. Biarkan dingin dan ambil 3 sendok makan air rebusan tersebut, kemudian campur dengan 2 sendok makan tepung beras. Aduk perlahan hingga rata, silakan mengaplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih atau air hangat.

Tidak diragukan lagi bahwa manfaat masker tepung beras memang cukup banyak. Alasan inilah yang menjadikan banyak orang memakainya. Apalagi jika cara membuat masker dari bahan tepung beras sangat mudah, selain itu juga murah. Akan tetapi perlu diperhatikan jika ada iritasi atau gatal ada kulit setelah pemakaian, silahkan hentikan sementara waktu.