5 Manfaat & Cara Membuat Masker Madu

5 Manfaat & Cara Membuat Masker Madu

Sebagai bahan alami, madu memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan. Pastinya anda juga tau mengenai hal itu. Namun untuk bahan kecantikan? Apakah anda sudah mengetahuinya dengan jelas? Ya, manfaat madu selain untuk kesehatan tubuh adalah untuk menyehatkan kulit. Semua bagian tubuh yang terdapat kulit bisa mendapatkan manfaat ini, terutama bagian wajah.

Memanfaatkan madu tidaklah sulit, anda bisa langsung mengaplikasikan di wajah, atau bisa juga menambahkan bahan lain yang memiliki kandungan tertentu. Untuk mendapatkan manfaat lebih optimal, banyak yang menggunakan sebagai masker dengan campuran bahan alami lainnya. Bahan yang dimaksud diantaranya adalah kunyit, jeruk nipis, susu, dan masih banyak lagi.

Ada yang perlu diperhatikan sebelum anda menggunakan madu sebagai masker alami. Pastikan bahwa madu tersebut asli dan tidak mempunyai campuran apapun di dalamnya. Madu asli mengandung berbagai zat penting, diantaranya adalah protein, fruktosa, glukosa, asam amino, enzim, dan mineral penting untuk kulit.

Selain itu, pastikan bahwa madu yang digunakan belum melalui proses pasteurisasi, yakni proses pengawetan dengan memanaskan madu. Tujuannya memang bagus, yaitu untuk membunuh bakteri dan mikrooganisme yang menempel. Akan tetapi proses tersebut juga mengurangi sebagian senyawa atau zat penting yang dikandungnya.

Manfaat Masker Madu

Manfaat Masker Madu untuk Wajah
Image by Orami.co.id

Apabila anda pernah menggunakan produk masker, tentu mengetahui bahwa ada beberapa yang mengandung bahan tambahan berupa madu. Hal ini menandakan bahwa madu terbukti memiliki banyak manfaat penting untuk kulit wajah. Di bab ini, kami mencoba menjelaskan manfaat masker madu yang paling penting. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi menggunakannya untuk metode alternatif perawatan wajah.

1. Mengatasi Jerawat

Madu terbukti mengandung hidrogen peroksida, yakni sebuah zat antimikroba yang cukup efektif untuk melawan bakteri. Kandungan tersebut juga baik untuk mengatasi jerawat dan meredakan peradangan. Seperti yang diketahui, salah satu penyebab jerawat adalah bakteri yang dikenal dengan nama Propionibacterium acnes.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Bukan hanya menghilangkan jerawat, namun madu yang digunakan secara rtin juga membantu menyamarkan bekas jerawat. Anda pasti tau bahwa bekas jerawat sulit hilang jika hanya dibiarkan begitu saja. Manfaat masker madu kali ini masih berhubungan dengan zat aktif berupa antimikroba, antibakteri, dan antijamur.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat lain yang didapat dari bahan alam madu adalah mengangkat sel kulit mati. Madu mengandung sejumlah enzim yang sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati akibat proses regenerasi kulit. Selain itu, bahan alam yang berasal dari lebah tersebut juga sangat baik untuk mengangkat kotoran menumpuk akibat polusi dan debu. Jika hal itu dibiarkan, masalah lain dipastikan terjadi, seperti komedo, jerawat, dan bahkan beruntusan.

4. Melembapkan Kulit

Melembapkan kulit adalah salah satu manfaat masker madu lainnya yang perlu anda ketahui. Kandungan dari madu mampu menghidrasi kulit dan mengunci air di permukaan kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit tampak lebih lembap sepanjang hari. Menariknya, madu juga cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak dengan mengontrol produksi minyak berlebih. Dengan demikian, madu cocok untuk semua jenis kulit dengan fungsi utama untuk melembapkan.

5. Memperlambat Tanda Penuaan Dini

Untuk mengatasi masalah tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerit di wajah, anda juga menggunakan madu. Kandungannya berupa antioksidan sangat efektif dan sudah terbukti dari uji klinis yang dilakukan. Selain itu, kandungan kolagen juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga kulit senantiasa tampak lebih muda. Supaya mendapatkan manfaat ini, tentu anda harus menggunakannya secara rutin.

Cara Membuat Masker Madu

Madu
Image by Klikdokter.com

Apakah anda pernah membuat masker madu? Jika belum, sebaiknya simak dan perhatikan ulasan yang akan kami bahas di bab ini. Untuk membuat masker dengan bahan utama dari madu, anda bisa langsung menerapkan di wajah, atau menggunakan bahan lain sebagai campurannya. Masing-masing campuran memiliki manfaat tambahan dan bisa disesuaikan dengan tujuan utama menggunakan masker. Anda juga bisa menyesuaikan dengan masalah kulit yang sedang dihadapi jika perlu. Berikut cara membuat masker madu selengkapnya!

✓ Masker Madu dan Lemon

Masker Madu dan Lemon
Image by Suara.com

Lemon kaya akan vitamin C yang sangat ampuh untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Kandungan asam pada buah dari keluarga jeruk tersebut juga efektif untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Jika dipadukan dengan madu, manfaatnya semakin sempurna dapat menyeimbangkan pH kulit.

Membuat masker madu dan lemon sangat mudah, bahkan tidak memerlukan bahan lain untuk membuatnya. Siapkan lemon, madu, dan mangkuk atau wadah sejenis. Ambil setengah sendok makan air lemon, kemudian tambahan satu sendok madu. Campur kedua bahan tersebut pada wadah yang disiapkan tadi, kemudian aduk merata. Dapatkan tekstur lembut dan tidak menggumpal, juga sedikit kental seperti halnya masker atau tekstur gel.

Bersihkan wajah secara menyeluruh menggunakan sabun muka atau hanya air bersih. Oleskan masker yang sudah jadi tadi, hindari area mata. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian anda bisa membilasnya lagi dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, silahkan gunakan masker dari kedua bahan tersebut dua kali seminggu.

✓ Masker Madu dan Susu

Image by Merdeka.com

Susu sangat efektif untuk membuat kulit tampak lebih putih. Selain itu juga mampu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan nya. Menggunakan masker madu dan susu tidak hanya dapat mengontrol pH kulit, namun juga efektif mengecilkan pori-pori. Dengan demikian, wajah tampak lebih mulus dan penggunaan makeup lebih maksimal terlihat flawless.

Siapkan kedua bahan tersebut, kemudian campurkan pada wadah khusus dan steril. Anda juga bisa menambahkan cuka apel jika perlu. Tambahan bahan tersebut dipercaya efektif untuk mengatasi alergi pada kulit. Jadi bisa dikatakan bahan formula masker dari ketiga bahan tersebut cocok digunakan untuk kulit sensitif.

Jika anda menggunakan ketiga bahan tersebut, maka pastikan takarannya ½ : 1 : 2. Setengah sendok teh untuk madu, satu sendok makan untuk susu, dan dua sendok teh untuk cuka apel. Aduk semua bahan tersebut hingga menemukan tekstur sempurna, kemudian oleskan merata pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Tunggu sekitar 15 menit dan bilas dengan air bersih atau air dingin.

✓ Membuat Masker Madu dan Pisang

Masker Madu dan Pisang
Image by Klubwanita.com

Masker madu dan pisang juga layak untuk anda coba karena manfaat pentingnya. Manfaat yang dimaksud adalah untuk membuat kulit lebih glowing, menyamarkan bintik hitam, melembutkan, dan juga menjaga elastisitas kulit. Selain itu, pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting untuk menutrisi kulit.

Cara membuat masker dari madu dan pisang cukup mudah, sebelumnya pastikan kedua bahan tersebut telah siap. Jangan lupa untuk menyiapkan air perasan lemon sebagai bahan tambahan opsional. Takaran yang bisa digunakan adalah satu buah pisang, satu sendok teh air lemon dan madu. Haluskan pisang dan masukkan dalam mangkuk, kemudian tambahkan madu dan lemon sesuai takaran.

Seperti biasa, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Silahkan pakai masker tadi secara menyeluruh dan diamkan selama 10 menit. Bilas wajah dengan air bersih atau juga bisa menggunakan produk khusus pembersih muka. Lanjutkan dengan pemakaian skincare lain jika peru agar hasilnya lebih maksimal.

✓ Masker Madu dan Jeruk Nipis

Masker Madu dan Jeruk Nipis
Image by Bp-guide.id

Untuk mengatasi masalah jerawat agar lebih efektif, anda bisa menggunakan campuran jeruk nipis. Perpaduan masker madu dan jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi jerawat dengan senyawa antibakteri dan antijamur yang dimiliki. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang sangat baik untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Seperti yang diketahui, jerawat sering terjadi pada jenis kulit berminyak karena sel kulit mati tidak bisa terangkat sempurna. Ketidaksempurnaan proses tersebut dikarenakan sel kulit mati lebih mudah menempel pada kulit dan susah terangkat. Selain itu, polusi dan debu juga kerap menempel dan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Pastikan anda menggunakan madu alami yang belum melalui proses pasteurisasi. Campurkan satu setengah sendok makan madu alami dengan setengah sendok teh air jeruk nipis. Aduk merata hingga tidak terjadi gumpalan dan mendapatkan tekstur sesuai keinginan. Gunakan masker yang telah siap tadi pada wajah, hindari area mata dan bibir. Biarkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air dingin untuk sensasi lebih segar.

✓ Masker Madu dan Kunyit

Masker Madu dan Kunyit
Image by Smol.id

Kandungan penting yang terdapat pada kunyit diantaranya adalah anti-inflamasi dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut efektif untuk membuat kulit tampak lebih bercahaya. Manfaat tersebut lebih optimal jika dipadukan dengan madu. Bahkan pemakaian secara teratur dapat membuat kulit lebih glowing dan bebas dari masalah kulit seperti jerawat, keriput, dan garis halus.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda perlu tambahan bahan lain berupa susu cair. Ketiga bahan ini sangat efektif menutrisi kulit sepanjang hari. Cara membuat masker madu dan kunyit tidaklah sulit. anda hanya perlu memperhatikan takaran yang pas. Siapkan 4 sendok kunyit bubuk, 2 sendok susu, dan 4 sendok madu. Semua takaran menggunakan sendok teh, atau anda bisa membuat lebih banyak dengan patokan takaran tersebut. Masukkan semua bahan pada wadah mangkuk, kemudian aduk merata.

Setelah anda mendapatkan tekstur mirip gel atau krim, bersihkan muka terlebih dahulu. Setelah itu baru anda bisa memakainya secara menyeluruh. Seperti biasa anda menggunakan produk masker, diamkan kira-kira 10 hingga 15 menit agar semua kandungan meresap sempurna. Langkah terakhir yakni dengan membilas wajah hingga bersih.

✓ Masker Madu dan Oatmeal

Masker Madu dan Oatmeal
Image by Halodoc.com

Bagi anda yang sering beraktivitas diluar ruangan, sebaiknya gunakan masker madu yang dicampur dengan oatmeal. Kedua bahan ini sangat baik untuk mengatasi kulit terbakar akibat reaksi dari paparan sinar matahari. Tekstur oatmeal yang lunak dan lembut juga efektif menyerap minyak berlebih hingga kedalam pori-pori.

Siapkan oatmeal yang sudah direbus hingga lunak, cukup dengan takaran setengah cangkir saja. Setelah meniriskan rebusan oatmeal tadi, campurkan dengan 3 sendok makan madu organik. Aduk merata sambil sesekali ditekan agar mendapatkan tekstur mirip seperti krim. Biarkan dingin sambil anda membersihkan muka dengan air atau sabun khusus muka. Pakai masker selama 15 menit atau ketika sedikit kering, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Dari semua manfaat yang diberikan, ternyata cara membuat masker madu tidak terlalu sulit. Bahan tambahan yang dibutuhkan juga mudah ditemui, jadi tidak ada alasan untuk tidak memakainya. Hanya saja, beberapa manfaat madu diatas belum terbukti secara ilmiah. Jadi ada baiknya jika anda konsultasi dengan ahli perawatan kulit terlebih dahulu.