5 Manfaat & Cara Membuat Masker Kopi

5 Manfaat & Cara Membuat Masker Kopi

Menjaga kulit agar tetap sehat dan awet muda menjadi salah satu kewajiban di kehidupan modern, terutama kulit wajah. Langkah tepat untuk merawat kesehatan kulit wajah adalah dengan masker. Tidak perlu membeli produk masker yang ada di pasaran, anda bisa menggunakan bahan alami seperti kopi. Manfaat masker kopi cukup banyak, selain untuk menghilangkan rasa kantuk tentunya.

Sebagai bahan dari hasil perkebunan, kopi memiliki banyak kandungan penting untuk kesehatan kulit. Selain itu, kopi juga ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Kandungan yang dimaksud adalah antioksidan, vitamin B3 dari jenis Niasin, kafein, dan ada beberapa lainnya. Semua kandungan tersebut terbukti efektif untuk menjaga dan mengatasi masalah kulit. Terbukti dari banyaknya produk masker wajah yang juga menggunakan kopi sebagai bahan utamanya atau bahan campuran.

Dari seamua bahan yang disebutkan tadi, yang paling utama adalah antioksidan. Dikutip dari American Chemical Society, kandungan antioksidan pada tanaman dari jenis biji-bijian ini cukup tinggi. Bahkan bisa dibandingkan dengan teh hijau, atau sedikit di bawahnya. Ketika dioleskan pada kulit, antioksidan mampu bekerja secara maksimal untuk melaksanakan tugasnya. Tentunya dengan nutrisi atau kandungan lain yang telah disebutkan diatas.

Manfaat Menggunakan Masker Kopi

Manfaat Menggunakan Masker Kopi
Image by Dariberita.com

Kopi tidak hanya nikmat ketika disajikan dengan gula atau krim dan diseduh dengan air panas. Namun juga memberikan sensasi ketika digunakan sebagai masker. Apalagi jika banyak manfaat yang didapat dari biji dengan rasa pahit tersebut. Manfaat masker kopi selengkapnya bisa anda simak melalui rangkuman berikut!

1. Mencerahkan Kulit

Meskipun warnanya hitam kecokelatan, bukan berarti menggunakan masker kopi menjadikan kulit hitam. Justru sebaliknya karena anda bisa mendapatkan manfaat kulit lebih cerah alami. Kandungan asam pada kopi dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan sisa kotoran maupun makeup yang masih menempel.

Seperti yang diketahui, sisa kotoran dan sel kulit mati yang tidak terangkat sempurna bisa menjadikan warna kulit kusam. Selain itu, butiran atau tekstur scrub pada kopi juga efektif untuk eksfoliasi kulit dan mengangkat sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat. Dengan pemakaian teratur, kulit berangsur tampak lebih cerah alami.

2. Mengatasi Mata Panda

Masalah kulit wajah yang paling umum terjadi dan dapat mengganggu penampilan adalah mata panda. Dalam keadaan parah ketika dibiarkan, masalah tersebut dapat mengakibatkan timbulnya kantung mata. Akibat mata panda bisa bermacam-macam, mulai dari kurang tidur hingga faktor keturunan.

Kandungan kafein pada kopi mampu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata tersebut. Manfaat lain dari kandungan yang sama adalah mengatasi mata bengkak atau yang umum dikenal dengan kantung mata. Kafein terbukti efektif untuk menyempitkan pembuluh darah dan menenangkan iritasi akibat pembengkakan.

3. Meremajakan Kulit

Manfaat masker kopi selanjutnya yaitu untuk meremajakan kulit. Bagi anda yang berada di usia kepala 4, tidak ada salahnya untuk menggunakan masker yang terbuat dari kopi secara rutin. Manfaat meremajakan kulit dan menghambat tanda penuaan dini didapat dari kandungan antioksidan.

Kandungan yang dimaksud sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Dengan demikian, bukan hanya kulit tampak lebih muda saja yang didapat, melainkan lebih kencang dan kenyal seperti usia remaja.

4. Melindungi Kulit

Bubuk kopi yang dijadikan masker terbukti ampuh melindungi kulit dari kerusakan. Paparan sinar matahari dan radikal bebas adalah dua penyebab utama dari kerusakan kulit. Supaya mendapatkan perlindungan ekstra, alangkah baiknya jika anda menggunakan produk tabir surya ketika beraktivitas diluar ruangan.

5. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Selain dari yang telah disebutkan diatas, manfaat masker kopi berikutnya adalah mencegah munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada setiap biji kopi. Selain itu, kopi juga mengandung senyawa antibakteri dan anti inflamasi yang sangat baik untuk merawat kulit berjerawat. Untuk jerawat membandel atau yang sedang meradang, sebaiknya anda konsultasi dulu dengan ahlinya.

Cara Membuat Masker Kopi

Cara Membuat Masker Kopi
Image by Bukamatanews.id

Memang manfaat masker dari kopi cukup banyak, namun setidaknya anda perlu tau bagaimana cara membuatnya. Sebenarnya tidak sulit, hanya saja ada beberapa bahan lain yang diperlukan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Artinya, ada takaran yang harus disesuaikan untuk mendapatkan hasil lebih optimal. Berikut cara membuat masker kopi dengan bahan campuran yang dibutuhkan!

✓ Masker Kopi dan Yoghurt

Masker Kopi dan Yoghurt
Image by 99.co

Yoghurt dikenal sebagai bahan makanan yang terbuat dari proses fermentasi susu. Teksturnya yang lembut cukup bermanfaat untuk melembutkan kulit. Kandungan vitamin pada yogurt sangat lengkap, terdiri dari vitamin A, B dan vitamin D. Ada kandungan lain berupa kalium dan fosfor yang tidak boleh diabaikan untuk merawat wajah dari berbagai masalah kulit.

Cara membuat masker kopi dan yogurt sangat mudah, cukup sediakan 1 yogurt dan 2 sendok makan bubuk kopi. Campurkan kedua bahan tersebut dalam wadah steril, kemudian aduk rata. Jika tekstur atau tingkat kekentalan belum sesuai, silahkan tambahkan air. Langkah berikutnya yakni dengan mengaplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15 menit agar kandungannya meresap sempurna. Setelah itu silahkan dibilas dengan air dingin.

✓ Masker Kopi dan Garam

Masker Kopi dan Garam
Image by Sehatq.com

Garam termasuk salah satu bahan yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, sifat antibakteri dari garam juga mampu mengatasi masalah kulit berjerawat. Akan tetapi harus diperhatikan jenis garamnya, yaitu garam laut yang masih belum mengalami proses untuk dijadikan garam dapur.

Takaran yang paling bagus untuk membuat masker kopi dan garam adalah 2 sendok makan kopi bubuk dan 1 cangkir garam laut. Sebagai pelarut, silahkan menambahkan ¼ cangkir minyak kelapa. Campur semua bahan tadi pada wadah mangkuk kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan dengan sabun khusus muka. Cukup diamkan selama 10 menit sebelum akhirnya bisa anda bilas dengan air bersih.

✓ Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Masker Kopi dan Minyak Zaitun
Image by 99.co

Manfaat masker kopi dan minyak zaitun tidak lain adalah untuk mengangkat sel kulit mati lebih efektif. Masalah pori-pori tersumbat juga bisa diatasi dengan perpaduan kedua bahan ini. Selain itu, minyak tersebut juga efektif untuk melembapkan kulit serta menghapus riasan wajah secara menyeluruh. Dengan demikian, pori-pori kulit tidak tersumbat oleh sisa makeup yang tidak terangkat sempurna.

Gunakan perbandingan 1:1 untuk embat masker dari kedua bahan ini. Jika anda menggunakan 1 sendok makan kopi, maka minyak zaitun yang ditambahkan juga 1 sendok makan. Aduk kedua bahan tadi hingga menemukan tekstur yang diinginkan. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker agar hasilnya lebih optimal. Oleskan masker menggunakan kuas khusus secara merata sambil pijat perlahan. Diamkan selama 20 menit agar kandungan meresap dan bilas dengan air bersih.

✓ Masker Kopi dan Madu

Masker Kopi dan Madu
Image by Womantalk.com

Apabila kopi dipadukan dengan madu, manfaatnya tidak lain adalah menenangkan kulit, mencegah penuaan dini, dan mengecilkan pori-pori. Kandungan anti bakteri ad madu juga baik untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Selain itu, madu juga efektif melembapkan kulit dan mengatasi minyak berlebih. Kandungan minyak yang dihasilkan kulit akan di kontrol dengan baik oleh kedua campuran bahan alami ini.

Langkah membuat masker kopi dan madu sama dengan ketika menggunakan bahan lain. Silahkan campurkan 2 sendok makan kopi bubuk dengan 1 sendok makan madu. Aduk merata kedua bahan tadi dalam wadah mangkuk steril. Bersihkan wajah kemudian oleskan masker yang sudah jadi tersebut secara merata. Biarkan hingga sekitar 5 menit untuk hasil lebih maksimal. Selanjutnya anda bisa membersihkan sisa masker dengan air dingin.

✓ Masker Kopi dan Air Mawar

Air Mawar
Image by Brilistyle.brilio.net

Air mawar juga mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Kandungan antiseptik pada air mawar sangat baik untuk melindungi kulit dari serangan jerawat. Bukan hanya itu, air dengan bau harum terebut juga efektif mengatasi jerawat, bahkan ketika sedang meradang. Dengan demikian, masker kopi dan air mawar cukup aman digunakan untuk jenis kulit sensitif sekalipun.

Tidak ada aturan dalam pembuatan masker dari kedua bahan ini. Silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan, baik tekstur dan jumlahnya. Jika dianggap terlalu kental, silahkan tambahkan air mawar. Begitu juga dengan sebaliknya, anda bisa menambahkan bubuk kopi ketika campurannya terlalu ecer. Aduk merata hingga tidak terjadi gumpalan dan teksturnya mirip dengan krim.

Bersihkan wajah dengan air dingin atau menggunakan toner untuk mendapatkan sensasi segar. Ambil kuas atau kapas dan celupkan secukupnya pada masker yang sudah jadi. Oleskan pada kulit wajah secara merata, kemudian diamkan sekitar 15 menit atau menunggu hingga kering. Bilas sisa masker dengan air sambil memijat perlahan agar proses eksfoliasi berjalan sempurna.

✓ Masker Kopi dan Jeruk Nipis

Masker Kopi dan Jeruk Nipis
Image by Stylo.grid.id

Bagi kulit berminyak, silahkan coba menggunakan masker kopi dan jeruk nipis. Kandungan asam ada di dalamnya terbukti efektif menyerap minyak berlebih yang dihasilkan kelenjar kulit. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang ampuh untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Akibatnya, kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Kandungan ini juga banyak digunakan sebagai bahan utama atau tambahan produk skincare. Jadi anda tidak perlu meragukan manfaat pentingnya.

Porsi yang tepat untuk membuat masker dari kopi dan madu harus diperhatikan. Ambil satu jeruk nipis ukuran sedang, kemudian iris menjadi dua bagian. Peras kedua bagian tersebut ke wadah mangkuk, lalu ambil bijinya. Tambahan satu sendok makan kopi bubuk murni dan aduk merata hingga menemukan tingkat kekentalan yang diinginkan.

Seperti biasa, silahkan bersihkan wajah terlebih dahulu, kali ini usahakan menggunakan air dingin. Jika anda yakin tangan sudah steril, silahkan gunakan untuk mengoleskan masker tersebut pada wajah secara menyeluruh. Silahkan gunakan bola kapas atau kuas jika tangan tidak yakin bersih. Hindari area mata dan mulut karena kandungan asam bisa membuat mata iritasi atau bibir kering. Tunggu hingga masker kering, atau setidaknya 10 menit sebelum anda membilasnya dengan air dingin.

Mengetahui berbagai manfaat dan apa saja bahan tambahan yang diperlukan untuk membuat masker kopi sangat penting. Untuk hasil lebih maksimal dalam proses eksfoliasi, ada baiknya jika anda menggunakan jenis kopi bubuk yang diproses dengan cara ditumbuk. Butiran scrub kopi yang diproses dengan cara tersebut lebih banyak daripada ketika digiling.