15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda

15 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Buah mengkudu merupakan buah yang sudah tak asing bagi masyarakat. Buah ini sebetulnya sudah banyak dikenal kebanyakan dari Anda meski belum dimanfaatkan secara maksimal. Mengkudu memiliki kandungan zat lengkap yang berguna bagi tubuh sehingga bagus sebagai obat herbal.

Pemanfaatan buah mengkudu atau dikenal pula dengan sebutan buah pace sangat bervariasi untuk menangkal banyak penyakit. Namun, karena rasa dan bau pahit yang dihasilkan buah tersebut sehingga banyak tak memilih untuk menggunakannya.

Bentuk buah pace memang terlihat kurang elegan. Berbentuk lonjong seukuran telur permukaan yang bintik-bintik serta berkutil. Buah yang matang pun menghasilkan aroma yang sedikit bau. Meski demikian manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh tak bisa diremehkan. Beragam penyakit dapat di atasi dengan olahan buah tersebut seperti di bawah ini:

Kandungan Nutrisi yang Dimiliki Buah Mengkudu

1. Zat Anti Kanker

Zat Anti Kanker
Image Credit: Kompas.com

Buah mengkudu kaya akan kandungan zat anti kanker. Zat demikian sangat berperan penting dalam menjaga kondisi tubuh dari bakteri mematikan. Apabila bakteri jahat demikian terus dibiarkan tumbuh maka dapat menimbulkan penyakit kanker.

Peneliti telah menemukan banyak zat anti kanker pada buah mengkudu meliputi Salmonella dam Shigella. Dua nutrisi tersebut juga penting dalam menjaga kondisi tubuh dari ancaman beragam penyakit lain seperti demam, batuk dan pilek.

2. Senyawa Terpenoid

Senyawa Terpenoid
Image Credit: Uj3n9.blogspot.com

Tubuh manusia membutuhkan bermacam-macam senyawa penting untuk menunjang kesehatan. Salah satu di antaranya ialah senyawa terpenoid. Senyawa yang satu ini memiliki peran penting dalam proses pemulihan beragam sel tubuh.

Sebetulnya terpenoid banyak juga terkandung pada lemak. Sebab memang masih sejenis lemak tapi penting dalam tubuh. Anda dapat mengolah ekstrak buah mengkudu untuk dapat memperoleh senyawa terpenoid.

3. Asam Askorbat

Asam Askorbat
Image Credit: Sehatq.com

Tubuh manusia membutuhkan vitamin C untuk melindungi dari radikal bebas. Nah vitamin demikian dapat diperoleh maksimal bila terdapat sumber asam askorbat dalam buah seperti halnya ada pada buah mengkudu.

Sifat antioksidan yang tinggi pada vitamin c membuat beragam jenis partikel jahat dalam tubuh dapat dibasmi. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari beragam penyakit berbahaya. Selain asam askorbat sebetulnya buah pace juga memiliki kandungan asam lain seperti asam karpoat dan asam kapri penyebab bau busuk pada buah tersebut.

4. Scopoletin

Scopoletin
Image Credit: Carlroth.com

Beberapa peneliti telah membuktikan bahwa buah mengkudu memiliki kandungan zat penting seperti scopoletin. Scopoletin memiliki peranan penting dalam membasmi beberapa tipe bakteri jahat dan pembunuh jamur.

BACA:  5 Manfaat Sayur Rebung Untuk Kesehatan

Lebih jauh, senyawa scopoletin pula mampu dimanfaatkan demi memperlancar pembuluh darah. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah sehingga menjadi lancar kembali.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Berat Badan
Image Credit: Anlene.com

Berat badan berlebih sering kali menjadi keluhan banyak dari Anda. Penampilan menjadi tidak maksimal sehingga timbul rasa percaya diri. Program diet penurun berat badan sudah banyak muncul tapi belum tentu semuanya efektif. Lebih baik Anda mulai mencoba memanfaatkan buah mengkudu.

Buah mengkudu mengandung oksida nitrat yang berguna untuk menurunkan berat badan. Cara kerjanya cukup simpel dengan asam nitrat yang akan mengubah lemak menjadi energi dalam tubuh. Bila rutin dikonsumsi maka sedikit demi sedikit lemak pada tubuh semakin berkurang.

2. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit
Image Credit: Facetofeet.com

Kulit bersih dan halus merupakan impian setiap manusia. Tidak semua cara bisa dilakukan dengan perawatan medis, cara herbal dengan memanfaatkan buah pace pun dapat menjadi pilihan untuk memperindah kulit. Perawatan akan dilakukan dengan cara alami tanpa obat-obatan.

Langkah yang harus di ikuti ialah Anda menyiapkan beberapa buah mengkudu yang sudah masak. Kemudian haluskan secara merata bisa melakukan secara manual maupun dengan blender. Bila sudah halus maka tambahkan sedikit minyak zaitun kemudian aduk hingga merata. Gunakan racikan demikian untuk luluran ke tubuh.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut Rontok
Image Credit: Merdeka.com

Rambut rontok merupakan salah satu hal yang menyebalkan terutama bagi kaum hawa. Penyebabnya bervariasi bisa saja karena salah sampo. Siapa sangka bahwa olahan buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok.

Lebih jauh, mengkudu memiliki kandungan mineral dan vitamin sehingga bagus dalam menjaga kesehatan rambut kepala. Anda dapat memanfaatkannya baik secara langsung maupun di buat jus. Pembuatan jus mengkudu disarankan menambahkan madu agar tak pahit berlebihan. Untuk pengolesan dapat mencampur buah pace dengan kuning telur bebek.

4. Membasmi Jerawat

Muncul Jerawat
Image Credit: Klikdokter.com

Selain efektif dalam menghaluskan permukaan kulit, buah mengkudu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat pembasmi jerawat. Kehadiran jerawat memang tak bisa ditebak serta tak pilih-pilih. Banyak remaja khususnya mengalami keluhan jerawat bandel yang tumbuh.

Cara pemanfaatan buah pace untuk mengatasi jerawat tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuat racikan masker wajah berbahan buah tersebut. Haluskan buah mengkudu kemudian aplikasikan ke bagian wajah yang terkena jerawat. Tunggu beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih. Gunakanlah cukup beberapa minggu sekali serta jangan berlebihan.

5. Mengurangi Resiko Diabetes

Mencegah Penyakit Diabetes
Image Credit: Diabetes.co.uk

Buah mengkudu dikenal kaya akan senyawa penting dalam tubuh. Senyawa seperti saponin dan triterpen begitu bermanfaat dalam mengurangi resiko diabetes. Bagi penderita pun dapat memanfaatkannya untuk sembuh dari penyakit berbahaya demikian.

Pemakaian tak jauh beda yakni dapat memanfaatkan ekstrak buah maupun meminum jus buah mengkudu. Mengingat rasa pahit yang dihasilkan buah pace ini maka ada baiknya mencampur madu ataupun gula agar rasa buah menjadi tak terlalu pahit. Pemakaian secara rutin dapat menjadi solusi agar manfaat yang terasa semakin maksimal.

BACA:  15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Ketahui

6. Anti Kanker

Mencegah Tumor dan Kanker
Image Credit: Chirpstory.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah mengkudu memiliki kandungan zat anti kanker dalam diri Salmonella dan Shigella. Dua senyawa tersebut sangat efektif dalam menangkal bakteri dalam tubuh. Pertumbuhan sel-sel kanker pun akan terhambat dan juga mati.

Belum lagi adanya kandungan antioksidan serta polisakarida sehingga pertumbuhan sel kanker dapat di basmi oleh nutrisi demikian. Sistem kekebalan tubuh pun menjadi kuat sehingga terhindar dari ancaman beberapa penyakit berbahaya. Dengan begitu segala macam aktivitas sehari-hari menjadi tidak terhambat.

7. Mencegah Katarak

Kesehatan Mata
Image Credit: Elenaangel.com

Katarak merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan pandangan kabur. Segala benda pun terlihat kurang jelas. Penyakit mata ini umumnya disebabkan oleh faktor usia. Selain itu penyebab lain juga menjadi awal munculnya katarak yakni tingginya kadar gula dalam darah.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak buah mengkudu mampu menjadi pencegahan efektif penyakit katarak. Dengan begitu kejernihan mata akan lebih terkontrol sehingga kemungkinan penyakit tersebut hinggap menjadi menipis. Selain itu jauhkan juga dari kebiasaan buruk seperti menonton tv terlalu dekat, melihat layar ponsel dalam kondisi gelap dan lain-lain.

8. Memperlancar Menstruasi

Menstruasi
Image Credit: Halodoc.com

Manfaat buah mengkudu juga begitu terasa khususnya dapat dimanfaatkan khusus buat perempuan. Siklus menstruasi pasti terjadi dan buah mengkudu bisa menjadi solusi dalam mengurangi asa sakit terhadapnya. Anda dapat memanfaatkannya sebagai jus serta konsumsi secara rutin.

Kandungan zat analgesik pada buah mengkudu membuatnya dapat memperlancar menstruasi serta mengurangi rasa sakit. Sifat penenang alami demikian pun menjadi olahan efektif untuk ibu hamil agar terhindar dari risiko keguguran.

9. Mengatasi Stres

Stress
Image Credit: Hardrockfm.com

Tekanan hidup yang berlebihan sering menimbulkan efek buruk. Jika tak dapat mengontrol maka kemungkinan stres dapat hinggap begitu saja. Sebuah penelitian telah memberi bukti bahwa olahan jus mengkudu memberikan manfaat positif menjaga suasana hati dan menghilangkan stres.

Penelitian demikian bukan tanpa alasan mengingat buah pace memiliki kandungan zat melantonin yang bermanfaat dalam tubuh. Zat demikian pula efektif dalam hal mengatasi kecemasan berlebihan sehingga Anda dapat terhindar dari rasa stres.

10. Mengobati Radang Kulit

Mengatasi Radang dan Gatal
Image Credit: Verywellhealth.com

Kulit manusia terkadang mengalami peradangan akibat paparan langsung sinar matahari. Bila dibiarkan tentu menimbulkan efek perih. Selain dapat dimanfaatkan untuk beragam penyakit, buah pace bisa Anda manfaatkan untuk peradangan pada kulit.

Cara pemakaian begitu mudah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa butir buah kemudian haluskan secara merata. Bisa dengan cara manual dengan menumbuh ataupun membuatnya dengan blender. Jika sudah maka oleskan ke bagian kulit yang mengalami peradangan. Lakukan secara rutin sampai kulit kembali sembuh dan tidak merasakan sakit.

BACA:  15 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Anda

11. Penurun Kolesterol

Mencegah Kolesterol Tinggi
Image Credit: Merdeka.com

Kadar kolesterol dalam tubuh memiliki peranan penting. Sebab bila tak terkontrol maka dapat membahayakan kesehatan Anda. Kolesterol berlebih dapat mengundang penyakit mematikan seperti serang jantung maupun penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu penting untuk selalu konsumsi olahan sehat seperti jus mengkudu.

Ekstrak air mengkudu dipercaya ampuh dalam mengontrol kadar kolesterol. Anda dapat meminum secara teratur agar tubuh terjaga kondisinya. Tambahkan gula maupun madu jika ingin meminum jus mengkudu sebagai penetralisir rasa pahit.

12. Mencegah Stroke

Stroke
Image Credit: Dream.co.id

Olahan buah mengkudu telah terbukti dapat memperlancar pembuluh darah dalam tubuh. Hal demikian ditunjang dengan adanya antioksidan dan anti inflamasi. Kedua sifat itu mampu memperlancar pembuluh darah manusia dengan lancar.

Sirkulasi darah akan lancar sehingga kemungkinan terkena stroke dapat di atasi. Anda dapat mengonsumsi jus buah pace secara rutin agar peredaran darah tetap lancar sehingga tak menyempit. Tak lupa tambahkan madu agar rasa pahit pada buah mengkudu tak terasa.

13. Mencegah Asam Urat

Asam Urat
Image Credit: Anayemeni.net

Asam urat merupakan gangguan pada persendian dan tulang. Penyakit ini terbilang tak terlalu berbahaya tapi begitu mengganggu aktivitas Anda. Nah olahan ekstrak atau jus buah pace ternyata dapat menjadi solusi pencegahan asam urat.

Mengonsumsi secara teratur dapat menutup peluang sendi terasa nyeri sehingga kemungkinan mengalami asam urat menurun. Dengan begitu segala aktivitas Anda tak lagi ada yang menghambat dan terus lancar.

14. Mengobati Demam

Demam
Image Credit: Alodokter.com

Demam sering kali datang tiba-tiba. Hal itu terkait pula akan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Beragam obat medis sudah ada untuk mengatasi demam. Namun tak ada salahnya pula jika Anda ingin mengonsumsi obat herbal demi menangkal demam.

Penggunaan obat herbal menggunakan buah mengkudu bisa jadi solusi efektif mengatasi demam. Cara memanfaatkannya pun begitu mudah, Anda hanya perlu membuat jus atau ekstrak tersebut kemudian meminum secara rutin. Sifat anti virus pada buah pace begitu efektif dalam menghilangkan demam, patuk serta pilek.

15. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang
Image Credit: Merdeka.com

Masalah kesehatan tulang sering hinggap terutama jika sedang dalam usia lanjut. Namun Anda tak perlu panik mengingat beragam pengobatan dapat di atasi. Memanfaatkan olahan buah mengkudu juga menjadi solusi tepat menjaga kesehatan tulang.

Hal demikian bukan tanpa alasan mengingat buah pace memiliki kandungan zat bermanfaat untuk kekuatan tulang seperti methl, acetyl, dan capril. Mengonsumsi secara teratur dapat membuat Anda terhindar dari tulang keropos atau yang juga dikenal osteoporosis.

Itulah beragam manfaat dan nutrisi yang ada pada buah mengkudu. Manfaat yang begitu banyak di atas membuktikan bahwa buah dengan aroma menyengat ini begitu berguna bagi kesehatan. Anda dapat memanfaatkannya secara teratur agar manfaat yang diterima menjadi maksimal. Namun, jangan terlalu berlebihan agar tidak malah merusak manfaat yang ada.