10 Cara Makeup Natural & Tahan Lama untuk Pemula

10 Cara Makeup Natural & Tahan Lama untuk Pemula

Menggunakan makeup memang sangat mudah, tinggal mengaplikasikan pada wajah sesuai dengan produk yang dipakai. Namun untuk membuatnya terlihat natural dan tahan lama, tidak semua wanita bisa melakukannya, apalagi untuk pemula. Di sinilah tantangan mulai seru, dimana diperlukan beberapa trik yang tidak banyak diketahui wanita.

Untuk mengetahui apakah makeup tahan lama atau tidak, anda bisa melihat perbedaan dalam beberapa jam setelah pemakaian. Selain itu, coba lihat setelah melakukan aktivitas, apabila makeup masih seperti baru pertama kali memakai, artinya bisa dikatakan tahan lama. Jika sebaiknya, artinya tidak sesuai harapan dan anda harus mengetahui bagaimana cara makeup natural & tahan lama untuk pemula yang akan kami bahas kali ini.

Riasan wajah yang terlihat natural dan tidak mencolok akhir-akhir ini menjadi trend bagi sebagian wanita, terutama remaja. Natural bisa diartikan sebagai aslinya, maksudnya tidak begitu kelihatan jika sebenarnya anda menggunakan makeup. Namun ketika makeup tersebut luntur, maka justru terlihat bahwa anda menggunakan makeup.

Banyak produk makeup yang ditemukan di pasaran, semua tergantung masing-masing selera. Selain itu, tentunya ketika memilih produk harus disesuaikan dengan kebutuhan. Setiap individu memiliki jenis kulit tersendiri, begitu juga dengan permasalahannya. Ketika mengaplikasikan makeup, tidak sedikit pemula yang masih bingung bagaimana cara agar terlihat natural dan tahan lama. Apabila anda salah satunya, cara makeup natural berikut mungkin bisa anda lakukan.

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu
Image by Halodoc.com

Cara pertama dan harus dilakukan adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain yakni untuk menghapus sisa makeup sebelumnya. Selain itu, pembersihan juga dilakukan dengan tujuan menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada wajah, serta minyak.

Ketika wajah sudah bersih maksimal, hasil makeup akan terlihat merata dan flawless. Langah ini juga berguna supaya makeup yang akan digunakan tidak terhalang oleh kotoran yang mengakibatkan mudah luntur. Beberapa bagian yang harus diperhatikan adalah lekukan hidung dan dibawah mata. Kedua bagian tersebut paling mudah berkeringat jika terkena cuaca panas.

Untuk produk pembersih wajah yang baik, anda bisa memilih yang bebas alkohol atau pewangi. Hal ini untuk menghindari jika anda memiliki jenis kulit sensitif, dimana selalu bereaksi dengan kedua bahan tersebut. Selalu perhatikan ketika membersihkan wajah, jangan terlalu ditekan atau terjadi gesekan kuat karena dapat menimbulkan iritasi atau kemerahan.

2. Kompres dengan Es Batu

Kompres dengan Es Batu
Image by Newsmaker.tribunnews.com

Setelah anda membersihkan wajah secara menyeluruh, langkah kedua yakni dengan mengompres menggunakan es batu. Apabila tidak memungkinkan, silahkan gunakan air dingin yang suhunya mendekati es batu. Langkah ini bertujuan supaya memberikan sensasi dingin ketika memakai makeup.

Selain itu, es batu juga dapat mengecilkan pori-pori sehingga makeup terlihat lebih natural dan tahan lama. Proses ini juga berguna agar riasan menempel sempurna dan merata. Suhu yang dingin juga efektif menghentikan produksi minyak berlebih, dimana menjadi salah satu faktor riasan yang dipakai tidak bisa bertahan lama.

Perlu diketahui, masalah makeup yang mudah luntur seringkali diakibatkan oleh pori-pori membesar dan produksi minyak berlebih. Ketika kulit mengeluarkan minyak, maka akan mengakibatkan riasan wajah luntur. Demikian pula ketika pori-pori membesar, bedak atau apapun yang digunakan tidak bisa menempel sempurna.

3. Gunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit

Gunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit
Image by Hellosehat.com

Cara makeup natural dan tahan ama berikutnya adalah menggunakan pelembap. Selain pori-pori dan kulit berminyak, makeup juga susah menempel ketika kondisi kulit and kering. Maka dari itu, sebaiknya gunakan pelembap sebelum memakai bedak dan foundation. Sebagian wanita menganggap langkah ini tidak begitu penting, tentunya benar jika mereka memiliki jenis kulit normal.

Lain halnya dengan pemilik kulit kering, dimana kulit kurang terhidrasi dan dibutuhkan pelembap dalam mengatasinya. Selain berfungsi memudahkan riasan menempel dan tahan lama, pelembap juga berguna untuk menutrisi kulit. Dalam hal ini, anda bisa memilih produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

Seperti yang diketahui, produk pelembap yang beredar bermacam-macam dan memiliki keunggulan masing-masing. Usahakan memilih produk dengan kandungan SPF karena terbukti melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Lebih penting lagi, gunakan pelembap yang menggunakan bahan alami sebagai kandungan utamanya.

4. Pakai Primer Makeup

Pakai Primer Makeup
Image by Suara.com

Mengaplikasikan primer ketika merias wajah sangat penting karena banyak manfaat yang didapat. Primer berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, dimana hasil makeup tampak natural dan rata. Selain itu, salah satu produk skincare ini juga bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam sehingga warna makeup nantinya terlihat merata.

Primer juga diketahui mampu membuat riasan bertahan lebih lama dari pada ketika tidak memakainya. Produk dengan tekstur krim ini dapat mengontrol produksi minyak, artinya tidak berlebihan dan juga tidak terlihat kering. Manfaat lain yang di dapat yakni menyamarkan jerawat, jika anda mempunyai masalah kulit ini tentunya.

Pada dasarnya, primer berfungsi dengan baik untuk menyatukan makeup dengan kulit. Dengan demikian, memasukkan produk kecantikan ini pada langkah cara makeup natural dan tahan lama tergolong penting. Apalagi jika hasil riasan nantinya tidak terlihat pecah karena sudah menyatu dengan kulit, tentu manfaat ini tidak bisa diabaikan.

5. Jangan Lewatkan Tabir Surya

Jangan Lewatkan Tabir Surya
Image by Style.tribunnews.com

Menggunakan tabir surya sebelum mengaplikasikan makeup sangat penting. Sinar matahari yang panas dapat menyebabkan kulit mudah berkeringat. Hal inilah yang menjadikan makeup luntur dan tidak tahan lama. Terlebih jika anda memiliki jenis kulit berminyak, masalah ini tentu tidak boleh dibiarkan.

Setelah menggunakan primer, mengoleskan tabir surya secukupnya cukup efektif melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Selain itu, tabir surya juga berfungsi melindungi kulit agar tidak memproduksi melanin berlebih. Seperti yang diketahui, melanin merupakan salah satu pigmen yang menjadikan warna kulit hitam.

Menggunakan tabir surya agar menghasilkan makeup tahan lama juga tidak boleh sembarangan. Anda bisa mengoleskannya tipis merata pada kulit, setelah itu diamkan beberapa menit sebelum mengaplikasikan makeup. Tujuan dari langkah ini yakni agar kandungan tabir surya meresap sempurna kedalam kulit.

6. Beri Foundation Supaya Lebih Tahan Lama

Beri Foundation Supaya Lebih Tahan Lama
Image by Fimela.com

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manfaat dari primer, yakni untuk menyamarkan noda hitam atau garis halus. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda memberi tambahan foundation sebelum makeup supaya hasilnya lebih maksimal dan tahan lama. Dengan cara ini, kulit terlihat lebih natural dan tampak mulus.

Fungsi lain dari foundation yakni untuk mengontrol minyak berlebih. Tentunya sangat berguna bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Dalam menggunakan foundation, pastikan anda memilih yang sesuai dengan jenis kulit. Tidak ada cara khusus dalam hal ini, yang penting anda mengoleskan secara merata pada semua bagian wajah, terutama dahi, dibawah mata, dan hidung.

7. Taburkan Bedak Terbaik

Taburkan Bedak Terbaik
Image by Bp-guide.id

Cara makeup natural dan tahan lama untuk pemula berikutnya yakni dengan menaburkan bedak setelah memberikan foundation. Kehadiran bedak sangat penting supaya riasan terlihat lebih natural. Bedak tergolong mempunyai manfaat paling vital, dimana fungsi utamanya yakni meratakan warna kulit.

Selain itu, bedak juga mampu mengatasi hiperpigmentasi yang mengakibatkan warna kulit tidak merata. Manfaat lainnya yakni dapat menjaga kelembapan ketika kulit anda memproduksi minyak berlebih. Boleh dikatakan bahwa bedak merupakan langkah akhir dalam hal riasan wajah, selain mata dan bibir tentunya.

Supaya hasil terlihat lebih maksimal, gunakan bedak tabur supaya penggunaan makeup sebelumnya tidak pecah. Anda bisa menggunakan face brush dalam hal ini supaya hasilnya lebih merata. Oleskan perlahan supaya riasan sebelumnya tidak hilang atau tersapu dengan bedak. Pada bagian kulit yang sering berminyak, silahkan beri sedikit lebih banyak atau tebal.

8. Riasan Mata

Riasan Mata
Image by Hipwee.com

Bagian wajah yang perlu dirias selain muka adalah mata. Bagian ini sangat penting dan boleh dikatakan sebagai penilaian awal ketika seseorang melihat. Anda bisa menggunakan Eyeliner sebagai langkah awal dalam tahapan ini. Sesuaikan dengan warna kulit dalam pemilihan produknya. Pada umumnya, Eyeliner yang baik yakni berwarna hitam persis seperti warna bulu mata. Penggunaan warna tersebut semakin menampakkan kesan natural pada makeup.

Selain itu, jangan lupakan penggunaan alis mata. Sedikit membedakan warna antara bulu mata dengan alis merupakan trik yang bisa digunakan. Artinya, anda bisa memilih warna alis yang sedikit lebih terang dari warna bulu mata. Jangan terlalu tebal dan ikuti alur dari alis yang dimiliki supaya kesan natural tidak hilang.

Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan riasan mata, terutama pada eyeliner. Kebanyakan produk tersebut tidak tahan lama dan mudah luntur. Ada baiknya jika anda memilih produk yang tahan air atau yang dikenal dengan waterproof. Jika tidak, maka riasan yang anda lakukan kemungkinan sia-sia karena berpengaruh terhadap semua makeup.

9. Gunakan Lipstik atau Lip Cream

Gunakan Lipstik atau Lip Cream
Image by Wolipop.detik.com

Penting sekali memperhatikan lipstik agar makeup semakin terlihat natural. Menggunakan lipstik dengan warna tebal dan mencolok tentunya tidak disarankan. Hal tersebut terlihat kontras dengan bagian makeup lain yang anda gunakan. Pilih lipstik dengan warna bibir alami, seperti burgundy, pink, dan warna lain yang cerah.

Selain lipstik, ada juga produk pewarna bibir yang bisa dijadikan alternatif, yakni lip cream. Fungsinya sama, yaitu untuk memberikan warna pada bibir sesuai keinginan. Manfaat lain yang didapat dari produk kecantikan tersebut adalah melembapkan bibir agar tidak terlihat kering.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih tahan lama, anda bisa mengaplikasikan antara keduanya. Lip cream juga dikenal sebagai foundation yang memberikan kelembapan ekstra pada bibir. Setelah memakainya, anda bisa menggunakan lipstik secukupnya. Penting diperhatikan, pastikan warnanya sesuai dengan tata rias bagian wajah lain.

10. Setting Spray

Setting Spray
Image by Review.bukalapak.com

Langkah terakhir agar makeup terlihat natural dan sekaligus membuatnya lebih tahan lama yakni menggunakan setting spray. Fungsi utama penggunaan produk skincare ini untuk mengunci makeup. Dengan demikian, riasan akan menempel pada kulit dan membuatnya lebih tahan lama.

Fungsi lain dari Setting Spray adalah dapat mengontrol minyak berlebih yang dihasilkan kelenjar kulit. Seperti yang dikatakan sebelumnya, salah satu faktor yang menyebabkan riasan luntur adalah kulit yang berminyak. Akan tetapi perlu diperhatikan ketika menggunakannya, jangan terlalu banyak dan juga jaraknya tidak terlalu dekat.

Setelah memperhatikan cara makeup natural dan tahan lama diatas, tentunya bagi pemula tidak kesulitan lagi saat ini. Hal yang paling penting adalah produk skincare yang dipakai. Usahakan memilih produk yang memang tahan lama dengan bahan alami yang tidak membahayakan kulit.