10 Tips Makeup Ala Korea untuk Tampil Lebih Menawan

10 Tips Makeup Ala Korea untuk Tampil Lebih Menawan

Hampir semua hal yang berbau Korea menarik untuk dibahas, termasuk dalam hal makeup. Jika melihat artis Korea, tampak jelas bahwa riasan yang dipakai terlihat natural namun tetap menawan. Tentunya ada tips makeup ala Korea dalam hal ini, nantinya juga akan menjadi pembahasan utama kita kai ini.

Tata rias artis Korea identik dengan wajah glowing natural sehinga tidak bosan dipandang mata. Bagi remaja, gaya ini tentu menjadi idaman karena pada dasarnya, kulit mereka masih alami. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bagi usia senja untuk menghasilkan gaya tersebut jika memang diminati. Selain natural, semua wajah artis yang pernah kita lihat cenderung segar atau fresh.

Mungkin anda mengira bahwa untuk tampil seperti mereka, diperlukan banyak waktu dan produk khusus dalam riasan wajah. Nyatanya tidak demikian, hanya sedikit waktu yang dibutuhkan untuk membuat makeup dengan hasil daily look. Apalagi jika bagi anda yang berusia paruh baya juga akan terlihat awet muda jika mengaplikasikan cara makeup dengan tepat.

Bagi pemula mungkin demikian, yakin butuh waktu lama. Akan tetapi jika sudah terbiasa, makeup ala Korea untuk tampil lebih menawan hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 15 menit. Tentunya ada tips yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil optimal. Berikut beberapa tips dan langkah yang telah kami rangkum dari berbagai sumber!

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu
Image by Halodoc.com

Sebelum memulai perawatan wajah atau makeup, pastikan bahwa anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini berlaku untuk semua gaya riasan wajah yang dilakukan, bukan hanya ketika ingin menghasilkan natural look seperti artis Korea. Membersihkan wajah berfungsi untuk mengangkat kotoran yang masih menempel, baik karena debu atau kotoran, dan juga sisa riasan sebelumnya.

Ketika wajah bersih, mengaplikasikan makeup jadi lebih mudah. Hasilnya juga merata dan terlihat flawless, serta lebih tahan lama. Dalam hal ini, gunakan produk facial wash atau pembersih wajah sesuai jenis kulit. Jika memungkinkan, anda bisa menggunakan toner agar kotoran lebih terangkat sempurna.

Toner juga mempunyai fungsi lain, diantaranya adalah melembapkan kuit kering dan mengatasi jerawat. Bagi kulit sensitif, penggunaan toner berfungsi untuk membuat pH lebih seimbang. Hal ini secara tidak langsung dapat mengontrol produksi minyak berlebih, terutama bagi pemilik jenis kulit berminyak.

2. Gunakan Serum sebagai Langkah Lanjutan

Gunakan Serum sebagai Langkah Lanjutan
Image by Olay.co.id

Tips makeup ala Korea selanjutnya yakni dengan mengaplikasikan serum setelah anda yakin wajah benar-benar bersih. Apabila anda melihat wajah artis Korea yang cerah dan bersinar, hal tersebut dikarenakan pemakaian serum. Fungsi dari serum sendiri cukup banyak, diantaranya adalah membersihkan pori-pori hingga ke bagian dalam.

Serum juga berfungsi melawan tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerut. Bukan hanya itu, mengaplikasikan serum sebelum makeup terbukti menjaga kelembapan kulit dengan cara menghidrasi sepanjang hari. Dari semua manfaat bahan aktif tersebut, yang paling utama yakni membantu meremajakan kulit dan sekaligus menyehatkannya.

Tujuan penting memberikan serum kulit adalah supaya makeup dapat menempel sempurna. Serum dengan bentuk cair memudahkan kandungannya untuk diserap kulit, bahkan ke bagian pori-pori paling dalam. Aka tetapi perlu diperhatikan, pilih serum sesuai dengan jenis kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

3. Gunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit

Gunakan Pelembap Sesuai Jenis Kulit
Image by Hellosehat.com

Supaya mendapatkan hasil makeup ala Korea lebih sempurna, gunakan pelembap dengan kandungan alami. Banyak produk pelembap yang ditemukan di pasaran, pilih salah satu yang terbaik. Jangan lupa sesuaikan dengan jenis kulit, apakah kering, berminyak, atau kulit sensitif. Pemilihan ini sangat penting supaya tidak terjadi kerusakan kulit akibat penggunaan pelembap.

Manfaat utama dari pelembap dalam hal makeup yaitu untuk mengatasi kulit kering dan kusam. Bukan berarti pemilik kulit berminyak tidak cocok menggunakan produk ini, hanya saja disesuaikan dengan jenis kulit seperti yang dikatakan sebelumnya. Menggunakan pelembap juga bermanfaat untuk mengatasi kerut dan membuat kulit semakin glowing.

Seperti yang diketahui, makeup Korea selalu identik dengan istilah dewy look, yakni hasil akhir makeup yang tampak cerah dan bersinar. Hasil tersebut bisa ditempuh dengan pemakaian pelembap atau yang juga disebut dengan moisturizer. Selain itu, produk skincare yang dimaksud jua membuat kulit lebih halus dan lembut, seperti kulit bayi.

Sangat disarankan memilih produk dengan kandungan sunscreen atau tabir surya. Hal ini sangat penting bagi anda yang sering beraktivitas diluar ruangan. Pilihan terbaik adalah dengan kandungan SPF 30 atau 50 karena bisa menangkal radiasi sinar UV lebih lama.

4. Pilih Base Makeup dan Conclear Natural

Pilih Base Makeup dan Conclear Natural
Image by Cnfstore.com

Menggunakan base makeup merupakan langkah lanjutan sebagai tips makeup ala Korea. Langkah ini sangat penting karena berfungsi membuat kulit lebih halus merata. Terdapat beberapa base makeup yang bisa anda pilih, sesuaikan dengan warna dan jenis kulit. Bagi anda yang bermasalah dengan jerawat, ada baiknya menggunakan BB cream.

Lain halnya ketika anda memiliki warna tidak merata pada kulit, lebih cocok menggunakan CC cream sebagai base makeup. Fungsi lain dari CC cram juga dapat mencerahkan kulit lebih merata. Tanpa menerapkan langkah ini, riasan wajah yang dilakukan tidak begitu merata dan terlihat tidak sempurna.

Bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu dan ingin yang lebih praktis, silahkan gunakan BB cream atau CC cream dengan bentuk cushion. Meskipun mirip dengan foundation, namun base makeup dengan bentuk ini lebih mudah kering sehingga tidak perlu menunggu lama untuk tips berikutnya.

Sempurnakan langkah ini dengan mengaplikasikan conclear secara merata. Manfaat utamanya yakni untuk menyamarkan noda hitam yang belum tertutup sempurna oleh base makeup. Pastikan mengoleskan sedikit tebal pada bagian kulit di bawah mata karena pada umumnya memiliki warna lebih gelap daripada sekitarnya.

5. Lanjutkan dengan Bedak Tabur dan Shimmer

Taburkan Bedak Terbaik
Image by Bp-guide.id

Selanjutnya, gunakan bedak untuk mengunci semua makeup yang telah dilakukan sebelumnya. Bedak juga berfungsi untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan bekas jerawat. Untuk hasil lebih baik, pilih bedak tabur karena teksturnya ringan dan mudah menempel di kulit.

Fungsi lain bedak tabur dalam hal tips makeup ala Korea yaitu dapat membuat lebih tahan lama. Apalagi jika beberapa bedak memiliki kandungan yang dapat mengontrol minyak berlebih, dimana minyak yang keluar dari pori-pori kulit membuat riasan mudah luntur. Taburkan bedak ke seluruh bagian wajah, atau anda bisa menebalkan sedikit pada bagian tertentu untuk mendapatkan kesan dewy finish dan natural.

Selanjutnya, silahkan lengkapi dengan shimmer untuk hasil lebih menawan. Manfaat shimmer sendiri sebenarnya untuk membentuk tulang pipi agar lebih terlihat. Mengaplikasikan shimmer dengan tepat bisa menjadikan penampilan terlihat lebih natural. Pastikan mengoleskan tipis di area tulang pipi, anda bisa menggunakan brush atau kuas khusus untuk hasil lebih merata.

6. Bentuk Alis Secara Natural dan Tambahkan dan Eyeshadow

Bentuk Alis Secara Natural dan Tambahkan dan Eyeshadow
Image by Review.bukalapak.com

Langah berikutnya sebagai tips makeup ala Korea untuk tampil lebih menawan yakni dengan membentuk alis. Tidak perlu yang aneh, cukup sesuaikan dengan bentuk alis asli yang anda miliki. Selain itu, bentuk lurus juga memberikan kesan natural dan simpel. Gunakan pensil alis terbaik dalam hal ini, yang tidak mudah luntur dan awet warnanya.

Jangan lupa rapikan dengan brush sebelum dan sesudah menggunakan pensil alis. Setelah itu, anda bisa mengaplikasikan eyeshadow dengan warna yang tidak terlalu mencolok. Usahakan warnanya natural yang hampir mirip dengan warna kulit. Sebagai contoh warna yang bagus untuk kelopak mata adalah peach atau cokelat muda.

7. Jangan Lupakan Eye Liner dan Maskara

Eye Liner dan Maskara
Image by Facetofeet.com

Sebenarnya konsep makeup ala Korea cukup sederhana, anda bisa menambahkan eye liner setelah selesai dengan eyeshadow. Gunakan produk terbaik dan oleskan sesuai dengan garis pada kelopak mata. Jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis agar kesan natural didapat. Untuk warnanya, lebih baik menggunakan cokelat terang dan tidak terlalu mencolok.

Tidak perlu menggunakan bulu mata palsu karena anda pasti kehilangan kesan natural. Sebagai gantinya, gunakan maskara untuk melentikkan bulu mata yang dimiliki. Fungsi maskara sebenarnya dapat membuat bulu mata terlihat lebih panjang. Akan tetapi fungsi penting dalam hal makeup ala Korea ini yaitu untuk menebalkannya, selain mendapatkan natural look tentunya.

8. Wajib Gunakan Blush On

Wajib Gunakan Blush On
Image by Jawapos.com

Apakah anda tau bahwa wanita Korea selalu terlihat merona di wajah, terutama bagian pipi? Hal tersebut didapat dari penggunaan blush on pada salah satu langkah makeup. Jika ingin mendapatkan hasil lebih sempurna, tips makeup ala Korea ini bisa anda terapkan. Tidak perlu tebal, cukup tipis dengan satu atau dua satuan di daerah pipi dan di bawah mata.

Warna terbaik sebagai pilihan adalah pink dan peach yang tentu menghasilkan rona wajah lebih sempurna dan terlihat muda. Silahkan memilih warna lain jika memang kedua warna terebut kurang cocok dengan warna kulit. Pastikan bahwa pemilihan warna tidak sama dengan warna kulit karena fungsi utamanya yakni membuat wajah lebih merona.

9. Lip Tint dengan Warna Cerah

Image by Wolipop.detik.com

Meskipun sebagian besar terlihat natural, namun wanita Korea cukup berani dalam menampilkan warna bibir. Menariknya, warna tersebut tidak menghilangkan kesan natural meskipun warnanya mencolok. Penggunaan warna cerah justru menampakkan kesan wajah lebih merona.

Dalam hal pilihan warna, anda bisa menyesuaikan dengan selera. Satu hal yang pasti, hindari penggunaan warna bold. Gunakan warna yang memberikan kesan lembut layaknya artis korea pada umumnya. Contoh warna terbaik yakni pink, fuchsia, bright orange, atau merah cerah. Tujuan pemilihan warna cerah tersebut tidak lain adalah untuk memberikan kesan wajah lebih fresh.

10. Setting Spray Sebagai Langkah Terakhir

Setting Spray
Image by Review.bukalapak.com

Langkah terakhir sebagai tips makeup ala Korea untuk tampil lebih menawan yakni mengaplikasikan setting spray. Manfaat utama dari langkah ini yakni mengunci semua makeup yang dilakukan. Penguncian dilakukan supaya riasan wajah lebih awet dan tidak mudah luntur.

Selain itu, manfaat lain dari setting spray adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Produk skincare ini umumnya cocok untuk semua jenis kulit, jadi anda bisa memilih sesuai keinginan. Wajah akan tampak selalu segar dan fresh pada langkah terakhir ini karena juga memiliki kandungan kosmetik yang dibutuhkan untuk riasan wajah.

Itulah tips makeup ala Korea untuk tampil lebih menawan yang bisa anda lakukan di rumah. Tidak perlu ke salon atau perawatan kecantikan, anda bisa menghasilkan riasan terbaik sendiri dengan langkah yang telah disebutkan diatas. Wajah mirip artis Korea bukan hanya impian saat ini, namun bisa terwujud dengan langkah sederhana.