10 Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Makanan Sehat Asam Urat

Sebagai penderita asam urat, Anda tidak boleh makan sembarangan. Terutama bagi Anda yang tidak ingin merasakan kembali ngilunya persendian. Inilah jenis makanan sehat berprotein dan vitamin tinggi untuk penderita asam urat.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian besar penyakit yang ada ternyata bisa dihilangkan atau dikendalikan dengan pola makan yang baik. Tidak terkecuali penyakit Gout atau Asam urat. Rasa sakit dalam persendian ini terjadi karena kadar asam dalam darah meningkat. Hal tersebut juga dikarenakan metabolisme purin dalam tubuh yang tidak stabil. Untuk hindari hal tersebut, berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi.

1. Lemon

Lemon
Image Credit: Newhope.com

Jika Anda bertanya mengapa harus konsumsi lemon, maka jawabannya hadir dari adanya kandungan vitamin C yang tinggi. Menurut berbagai riset, kadar vitamin C bisa sangat efektif menggelontorkan asam urat dalam darah. Karena itulah, banyak sekali buah berwarna kuning dan bervitamin C tinggi yang akan dijadikan rekomendasi. Dalam hal ini, lemon yang sangat asam di gadang gadang mampu menurunkan asam urat dengan sangat baik.

Anda bisa mengkonsumsi buah sejenis jeruk ini dalam bentuk jus atau minuman. Selain itu, Anda juga bisa buat infuse water dengan bahan lemon. Yang Anda perlukan hanyalah merendam buah ini dalam air dan tunggu hingga beberapa waktu. Kemudian minum air tersebut tanpa membuang buah lemon yang ada di dalamnya. Menurut sebuah riset doktor di Boston University Of School Medicine, efek menurunkan asam urat ini memang benar adanya.

Hal tersebut dibuktikan dari penelitian Thuna Neogi yang menuturkan bahwa kadar vitamin C ternyata berpengaruh besar pada fungsional ginjal. Vitamin dari buat rasa kecut ini bisa membantu Ginjal bekerja lebih efektif. Sehingga membuang kelebihan asam urat di dalam darah dan juga menyaring purin dengan baik. Selain lemon, Anda juga bisa coba buah bervitamin C lain berupa jeruk bali, jeruk, stroberi, atau nanas.

2. Buah Ceri

Buah Ceri
Image Credit: Harapanrakyat.com

Buah merah nan imut yang satu ini ternyata dianjurkan karena mampu turunkan kadar asam urat pada darah. Kemampuan tersebut muncul dari kandungan Antosianin yang merupakan pigmen warna merah dan ungu dari ceri. Pigmen ini tidak hanya memberikan warna saja, namun juga punya sifat antiiflamasi dan juga antioksidan yang tinggi. Kedua kandungan tersebut ternyata sudah dibuktikan dari berbagai macam riset.

Salah satu riset tersebut adalah dari Kidney Atlas, yang berfokus meneliti efektivitas buah ceri untuk penyembuhan asam urat. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa konsumsi 10 -12 buah ceri hingga tiga kali sehari, ternyata mampu turunkan asam urat hingga 35 persen. Bahkan, keefektivitasan ini bisa ditingkatkan apabila penderita juga mengonsumsi obat asam urat semacam Colchicine dan juga allopurinol.

BACA:  Makanan yang Boleh & Tidak Boleh untuk Penderita Asam Urat

3. Buah Kersen

Buah Kersen
Image Credit: Klikdokter.com

Selain kedua buah tersebut, ternyata jamaican cherry atau yang disebut sebagai Buah kersen juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Mengapa buah ini wajib dikonsumsi? Ternyata, dalam sebuah studi di tahun 2013 telah ditemukan bukti bahwa kersen ini memiliki kemampuan untuk atasi terjadinya asam urat. Bahkan tidak tanggung tanggung, buah yang juga dikenal akan nama talok ini juga punya banyak kelebihan.

Mulai dari mampu mengontrol gula darah, sembuhkan sakit kepala, menjaga daya tahan tubuh, dan pastinya atasi asam urat. Semua efek tersebut dikarenakan kandungan buah Kersen yang sangat tinggi akan vitamin C. Menurut para ahli, mengonsumsi buah ini sebanyak 9 hingga 12 buah tiga kali sehari ternyata mampu membiaskan rasa sakit asam urat. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin, asam urat bisa dicegah dan juga dihilangkan.

4. Pisang

Pisang
Image Credit: Tipskes.com

Siapa sangka kalau buah pisang ternyata mampu cegah peningkatan asam urat di tubuh. Buah yang sangat mudah ditemukan ini juga menjadi makanan yang akan selalu dianjurkan untuk para penderita asam urat. Mengapa demikian? Ternyata pisang sendiri memiliki kandungan vitamin yang tidak kalah tinggi dengan buah lain. Dan buah manis ini ternyata juga punya kadar purin yang rendah, sehingga aman untuk asam urat.

Purin sendiri adalah salah satu penyebab terjadinya asam urat. Apalagi jika kadarnya sangat tidak stabil. Hal tersebut akan membuat pengkristalan asam urat, sehingga membuat rasa sakit pada persendian, rasa nyeri pada jemari, dan merusak sendi. Dengan makan pisang yang sehat satu atau dua buah sehari, masalah asam urat tersebut bisa dihindari. Sehingga tidak terjadi pengerasan kristal dalam ginjal dan melancarkan kinerja ginjal Anda.

5. Brokoli, Tomat, Wortel

Brokoli, Tomat, Wortel
Image Credit: Homemadenugget.wordpress.com

Tidak hanya buah yang bisa bantu kurangi risiko serangan dan mengurangi masalah asam urat. Ternyata, sayuran sehat juga wajib dikonsumsi oleh penderita penyakit gout ini. Anggap saja brokoli, tomat, dan wortel, yang merupakan tiga serangkai yang memiliki kadar purin rendah. Menurut data kandungan gizi, tomat memiliki total 3,1 mg purin per 100 gram beratnya. Hal tersebut jelas sekali menjelaskan bahwa sayur ini aman untuk dikonsumsi.

Begitu juga dengan buah brokoli yang memiliki kandungan purin sebesar 70 Mg untuk per 100 gramnya. Sedangkan wortel juga memiliki 2,2 mg Purin yang sangat amat rendah, sehingga sangat tepat jika dikatakan bahwa sayuran ini mampu turunkan asam urat darah. Tidak hanya itu, ketiga sayuran ini juga punya senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kemampuan mencegah penyakit ke dalam tubuh.

BACA:  10 Makanan Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Berkaitan dengan kadar purin, ketiga serangkai tersebut memang sudah direkomendasikan. Begitu juga dengan sayuran lainnya, asalkan Anda menggaris bawahi kadar purin yang dimiliki, seperti kubis, timun, kentang, dan lainnya. Dari sekian banyak sayuran yang tersedia, ada pula beberapa sayur yang hendaknya Anda hindari. Seperti asparagus dan bayam yang memiliki kandungan purin tinggi, sehingga menjadi pantangan bagi penderita asam urat.

6. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Image Credit: Realitarakyat.com

Sama halnya dengan wortel, ternyata Ubi jalar disinyalir memiliki kadar senyawa purin yang sangat amat rendah. Dengan kadar yang rendah, tentunya Anda tidak perlu khawatir lagi saat konsumsi makanan ini. Selain sangat berpengaruh besar dalam rendahkan kadar asam urat, ternyata ubi jalar sendiri memiliki khasiat penyembuhan penyakit lain. Seperti contohnya adalah pencegahan penyakit kanker dan juga tekanan darah tinggi.

Ubi jalar yang kerap dijadikan sebagai pengganti nasi untuk diet ini ternyata punya kandungan mineral yang berlimpah. Mulai dari Vitamin A, C, Flavonoid tinggi, dan juga berkalori rendah. Tidak heran jika ubi jalar pun memiliki julukan sebagai Super Food bila dibandingkan dengan sayuran lainnya. Karena kandungan purin yang rendah, Anda bisa konsumsi Ubi jalar setiap hari tanpa takut terkena risiko penyakit lainnya.

7. Buncis, Kacang Polong, Lentil

Buncis, Kacang Polong, Lentil
Image Credit: Kompas.com

Tidak sedikit yang setuju jika protein nabati beri efek positif pada penderita asam urat dari pada protein hewani. Bahkan, sebuah studi dari New England Journal Of Medicine menjelaskan bahwa protein nabati cenderung tidak memicu gejala asam urat yang sering terjadi karena protein hewani. Dari informasi tersebut, Anda bisa mengerti bahwa konsumsi buah dan sayur seperti jenis Legum pun akan sangat membantu atasi asam urat.

Makanan yang masuk dalam jenis legum adalah sayuran seperti kacang kacangan dengan kandungan purin yang sangat rendah. Makanan ini pula digadang gadang punya kandungan sehat seperti antioksidan. Bahan makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat tersebut adalah kacang polong, lentil, dan juga buncis. Ketiga jenis tanaman ini memang sangat dikenal akan kemampuannya untuk turunkan kadar asam dalam darah.

8. Salmon, Nila, Lele dan Kakap Merah

Ikan Salmon
Image Credit: Liburankejepang.com

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua bahan ikan aman untuk dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Selain memiliki purin, tidak sedikit jenis ikan yang juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun tidak berarti Anda tidak bisa makan bahan ini, karena ikan lele, nila, salmon, dan kakap merah disinyalir masih aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Contohnya adalah ikan salmon yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

BACA:  Makanan Sumber Asam Urat Tinggi Yang Perlu Anda Waspadai

Seperti contohnya, kandungan omega 3 yang disinyalir mampu ringankan risiko serangan Gout atau asam urat. Selain itu, kakap merah juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi seperti ayaknya nila. Kandungan ini justru dikatakan mampu penuhi asupan protein tubuh tanpa membuat rasa ngilu karena asam umat kambuh. Hal ini tentunya berlaku juga pada ikan Lele yang ternyata juga memiliki kandungan Vit D dan kandungan purin yang rendah.

9. Susu Rendah Lemak

Susu
Image Credit: Solopos.com

Protein hewani memang dikenal karena memiliki kandungan purin yang jauh lebih tinggi dari sayuran, terutama daging sapi. Namun hal tersebut tidak berlaku pada makanan berupa olahan susu seperti keju dan juga yogurt. Sayangnya, tidak semua jenis susu, keju, atau yogurt dianggap aman untuk penderita asam urat. Anda harus benar benar selektif dalam memilih produk yang memiliki kandungan rendah lemak atau tanpa lemak.

Skim milk (tanpa lemak) dan low fat (rendah lemak) ternyata sudah terbukti memiliki kandungan purin yang lebih rendah. Bahkan, sebuah penelitian milik Arthritis Foundation mengatakan bahwa susu tersebut mampu turunkan kadar asam urat dan juga kurangi risiko serangan penyakit lain. Menurut studi itu pula diketahui bahwa protein dari susu ini mampu membawa serta asam urat dan membuangnya melalui urine.

10. Ayam atau Bebek

Ayam atau Bebek
Image Credit: Hellosehat.com

Dilansir dari sebuah situs kesehatan, ternyata kadar purin dalam daging unggas masih masuk dalam skala rendah. Namun bukan semua jenis unggas, hanya ayam dan juga bebek saja yang dianggap aman. Hal tersebut memberi Anda kesempatan makan daging meski bukan daging sapi merah. Tingkatan kadar purin tersebut berbanding terbalik dengan daging angsa dan juga kalkun, yang punya kadar purin tinggi dan konsumsinya harus dibatasi.

Perlu dipahami bahwa entok dan bebek itu sangatlah berbeda. Entok adalah sejenis angsa kecil dengan leher yang lebih panjang dari bebek. Meski sama sama merupakan tipe unggas, tapi ternyata entok adalah makanan yang justru jadi pantangan bagi penderita asam urat. Daging entok yang berwarna kemerahan seperti bebek ini ternyata memiliki kandungan 19 persen lemak dengan purin tinggi. Sehingga jangan pernah coba coba.

Tidak bisa dipungkiri jika suatu penyakit bisa saja terjadi pada siapa saja. Baik itu muda atau pun muda, Gout sendiri bisa terjadi karena pola makan yang tidak benar. Bisa saja Anda terlalu sering konsumsi makanan dengan purin yang tinggi. Karena itu, untuk menstabilkan kondisi dan kadar asam urat darah dengan baik, maka Anda bisa coba mengonsumsi beberapa makanan sehat bagi penderita asam urat yang direkomendasikan.