10 Makanan Sehat untuk Penderita Diare Agar Cepat Sembuh

Makanan Penderita Diare

Diare sebenarnya menjadi proses alami pada tubuh untuk membersihkan diri dari kuman, virus ataupun bakteri yang berada pada saluran pencernaan. Ketika diare tubuh kehilangan banyak cairan dan butuh makanan sehat agar cepat sembuh.

Diare adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Penyakit ini terjadi karena adanya bakteri, dan juga kuman yang mungkin tidak sengaja masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Ketika kuman ini masuk, tubuh secara alami akan membersihkan diri dengan mengeluarkan kuman ini. Namun, pada saat proses ini biasanya membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Berikut beberapa makanan sehat yang bisa mengatasi diare agar cepat sembuh.

1. Makanan Berkuah

Makanan Berkuah
Image Credit: Cookpad.com

Ketika mengalami diare, Anda akan lebih rentan kehilangan banyak cairan tubuh seiring dengan keluarnya kuman pada saluran cerna. Padahal, tubuh membutuhkan banyak cairan untuk beraktivitas. Dengan banyaknya cairan tubuh yang keluar, maka Anda harus segera menggantinya agar tidak mengalami resiko terkena dehidrasi. Pada saat diare dan terjadi dehidrasi, resiko penyakit yang lebih serius akan mengancam kesehatan tubuh Anda.

Maka untuk menghindari resiko terjadinya dehidrasi, Anda dapat banyak mengkonsumsi makanan yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Anda bisa mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kuah untuk mengganti cairan tubuh. Diantaranya, adalah menu sayur sup titik menjadi makanan yang baik dikonsumsi ketika terkena diare karena makanan ini akan lebih mudah dicerna oleh perut dibanding makanan yang padat.

2. Roti Tawar

Roti Tawar
Image Credit: Merdeka.com

Ketika diare, perut akan lebih sensitif terhadap makanan yang masuk. Hal ini menyebabkan, Anda tidak bisa mengkonsumsi makanan yang sembarangan. Makanan yang mengandung banyak bumbu dan rempah kuat akan memperparah keadaan ketika Anda diare. Rempah-rempah yang biasa digunakan seperti cabe, lada, penguat rasa, santan dan juga cuka akan dapat dengan mudah membuat perut terkena iritasi dan diare yang diderita akan semakin parah.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih jenis makanan yang tidak memiliki cita rasa terlalu kuat atau memiliki rasa yang hambar. Anda bisa memilih makanan seperti nasi putih, ataupun roti tawar yang lebih sehat. Rasa tawar yang dimiliki, tidak akan memicu rasa mual ketika dikonsumsi. Selain itu, rasanya yang tawar juga tidak menimbulkan reaksi pada perut yang sensitif. Roti tawar memiliki tekstur yang lebih halus dan lebih mudah dicerna oleh lambung.

3. Nasi Putih atau Bubur

Nasi Putih atau Bubur
Image Credit: Ibudanbalita.com

Meski serat adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar pencernaan, namun pada saat terkena diare Anda harus menghindari makanan yang tinggi serat. Pasalnya, makanan tinggi serat membuat usus bekerja lebih sulit karena sedang terinfeksi dan hal ini akan memperburuk gejala diare ini. Ketika dikonsumsi pada saat diare, asupan serat akan menghasilkan gas dan dapat memicu perut menjadi kembung serta sering buang air.

BACA:  10 Manfaat Utama Kalium Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun serat yang rendah. Pilihannya adalah Anda bisa memperbanyak konsumsi nasi perut. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat akan lebih mudah dicerna oleh usus yang iritasi. Karbohidrat akan diolah menjadi glukosa yang lebih mudah dijadikan energi dibanding serat. Sebagai alternatif, Anda bisa membuatnya menjadi olahan bubur yang lezat.

4. Apel

Apel
Image Credit: Hellosehat.com

Makanan sehat lainnya yang dapat dikonsumsi ketika diare adalah apel. Kandungan gizi yang ada pada apel dapat menghentikan gejala diare yang menyerang tubuh. Biasanya orang-orang juga akan memasukkan makanan ini ke dalam menu diet yang biasa dikonsumsi oleh penderita diare. Sama seperti nasi dan juga roti tawar, apel juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga lebih mudah dicerna oleh usus yang terinfeksi karena diare.

Agar lebih mudah disaring dan dicerna oleh tubuh, Anda bisa mengkonsumsi apel dengan cara menghaluskannya atau dibuat jus. Perpaduan kandungan apel seperti karbohidrat, pektin dan gula dalam apel dapat membantu untuk meningkatkan stamina pada tubuh. Karena itu, makanan ini dapat membantu menyerap kelebihan cairan yang ada pada usus dan membuat feses yang dikeluarkan menjadi lebih padat dan tidak lagi berair seperti cairan.

5. Daging Kukus

Daging Kukus
Image Credit: Coockpad.com

Meski sedang terkena diare, Anda tetap wajib untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein protein juga dipercaya dapat membantu untuk mengatasi diare. Makanan yang diperkaya oleh sumber protein salah satunya adalah daging. Anda bisa memilih makanan dengan olahan daging-dagingan seperti daging ayam, daging sapi, dan juga daging ikan yang direbus atau dikukus agar mendapatkan tekstur daging yang lebih lembut.

Pastikan untuk mengukus daging tanpa tambahan bumbu apapun yang dapat memicu usus menjadi lebih parah. Karena, ketika daging diolah dengan cara digoreng makan daging akan menjadi lebih berminyak. Makanan yang mengandung banyak minyak dan berlemak, dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat perut menjadi kembung. Selain itu, minyak juga dapat mengganggu proses penyerapan obat diare, sehingga kinerja obat menjadi tidak optimal.

6. Makanan Tinggi Probiotik

Makanan Tinggi Probiotik
Image Credit: Okadoc.com

Ketika mengalami diare, Anda juga akan kehilangan banyak bakteri baik yang ada pada usus. Untuk mengatasi masalah diare dengan lebih cepat, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga konsumsi probiotik ini, dapat menggantikan bakteri baik yang hilang dan mengembalikan fungsi usus menjadi normal kembali.

BACA:  7 Obat Diare untuk Anak yang Aman Tanpa Resep Dokter

Makanan yang memiliki kandungan probiotik tinggi diantaranya adalah yoghurt, tempe, dan juga sayur kubis. Jika ingin mengkonsumsi yoghurt, pilihlah yoghurt yang rendah gula dan tidak memiliki rasa atau plain yoghurt. Yoghurt akan membantu usus cepat pulih dari infeksi dan gejala diare. Sedangkan, yoghurt yang mengandung pemanis buatan memiliki efek sebagai pencahar yang akan membuat Anda menjadi lebih sering buang air besar dan memperburuk diare.

7. Buah Pisang

Pisang
Image Credit: Tipskes.com

Ketika terserang diare, Anda akan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang yang memiliki banyak manfaat dan dapat mengatasi gejala diare dengan cepat. Sama seperti apel, pisang memiliki kandungan pektin yang dapat menyerap cairan pada usus dan membuat tekstur feses menjadi lebih padat. Pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang dapat diolah lebih cepat oleh tubuh untuk menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menggantikan cairan elektrolit pada tubuh yang ikut hilang akibat buang air. Tak heran, buah ini juga menjadi salah satu menu diet BRAT yang baik dikonsumsi oleh orang yang terkena diare. Buah berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut sehingga ketika dimakan oleh orang yang terserang diare, makanan ini akan dengan mudah dicerna oleh lambung dan juga usus.

Asupan kalium dalam pisang juga bermanfaat untuk mengurangi sensasi perut mual dan keinginan untuk muntah akibat diare. Namun, pilihlah buah pisang yang sudah matang sempurna karena lebih mudah dicerna oleh perut yang mengalami peradangan. Ciri-ciri buah pisang yang matang dapat dilihat dari warna kulit yang kuning sempurna.

8. Wortel

Wortel
Image Credit: Dream.co.id

Sayuran menjadi makanan yang penting karena memiliki kandungan nutrisi penting yang hilang ketika Anda terkena diare. Sayangnya, tidak semua sayuran baik dikonsumsi ketika Anda mengalami infeksi pada saluran pencernaan. Salah satu contoh sayuran yang aman dan baik dikonsumsi ketika diare menyerang adalah wortel. Vitamin yang dikandung oleh wortel dapat membantu tubuh khususnya usus agar cepat pulih dari infeksi yang menyebabkan diare.

Karena memiliki tekstur yang sedikit keras, Anda bisa merebus dahulu wortel yang akan dikonsumsi hingga lunak. Sebagai variasi, Anda bisa mencampurkan potongan wortel ke dalam bubur nasi yang hangat sebagai menu makanan yang bisa dikonsumsi pada saat terserang diare. Terbukti, sayur ini juga menjadi salah satu makanan yang masuk ke dalam menu diet BRAT yang bisa dikonsumsi oleh orang-orang untuk meredakan gejala diare yang dialami.

BACA:  Ketahui Penyebab & Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

9. Kelapa

Kelapa
Image Credit: Halodoc.com

Saat mengalami diare Anda akan kehilangan banyak cairan tubuh atau elektrolit, sehingga Anda memerlukan makanan yang dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat, seperti buah kelapa. Buah kelapa memiliki kandungan air yang banyak dan tinggi elektrolit serta kalium yang baik untuk penderita diare. Kalium dalam air kelapa dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh dan membantu pencernaan menjadi lancar.

Kelancaran darah ini juga dapat membantu sistem pencernaan yang sedang meradang agar dapat pulih dengan mudah. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat sistem imun dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga dapat membantu tubuh menghalau bakteri yang bisa memperburuk gejala diare. Peradangan sistem pencernaan, biasanya akan kembali pulih setelah beberapa waktu. Namun, Anda tetap harus menjaga kesehatan agar tidak terserang diare lagi.

Tidak hanya airnya, Anda juga dapat mengkonsumsi daging kelapa untuk mengatasi diare. Daging buah kelapa memiliki kandungan protein yang tinggi dan karbohidrat yang berguna untuk membantu menguatkan stamina tubuh selama tubuh terserang diare. Selain itu, daging kelapa yang tawar dan memiliki tekstur lembut akan lebih mudah dicerna oleh perut yang sedang melilit. Sehingga, proses kesembuhan diare akan lebih cepat untuk diatasi.

10. Buah Semangka

Semangka
Image Credit: Solopos.com

Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, Anda bisa mengkonsumsi buah semangka yang memiliki kandungan air hingga 92%. Tak heran, buah ini dianggap sebagai buah yang baik untuk memenuhi cairan tubuh bagi penderita diare dan muntaber. Buah semangka juga menjadi salah satu makanan yang disarankan dikonsumsi dan masuk ke dalam list diet BRAT. Kandungan lain yang ada pada buah semangka juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi buah semangka yang segar dapat memenuhi hingga 30% kebutuhan cairan tubuh dalam sehari. Sehingga, konsumsi buah satu ini dapat membantu Anda terhindar dari risiko dehidrasi akibat terus muntah-muntah dan buang-buang air. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka diyakini bagus dalam mengurangi peradangan pada usus akibat adanya infeksi. Kandungan mineral dan elektrolitnya juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Ketika tubuh tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan kuman, maka Anda akan memiliki resiko terkena diare. Diare akan membuat Anda merasa menjadi lemas karena kehilangan banyak asupan nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, Anda perlu untuk segera mengganti cairan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menggantinya dengan cepat. Pilihlah makanan sehat yang dapat mempercepat proses kesembuhan diare.