Inilah Daftar Makanan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi

Penderita kolesterol wajib untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Ada banyak makanan pantangan yang harus dijauhi penderita kolesterol tinggi, utamanya gorengan ataupun makanan cepat saji.

Kolesterol merupakan kadar lemak di dalam tubuh yang cukup tinggi. Lemak sendiri, sebenarnya memang diperlukan oleh tubuh manusia. Akan tetapi, lemak yang berlebih tentu saja akan tidak baik dan bisa mengancam gangguan kesehatan Anda. Untuk itu, terdapat beberapa daftar makanan pantangan yang wajib dihindari bagi penderita kolesterol yang tinggi. Apa saja makanan tersebut?

1. Makanan yang Manis

Makanan Manis
Image Credit: Hellosehat.com

Jenis makanan pertama yang wajib untuk Anda hindari adalah deretan makanan yang manis. Apabila Anda merasa bahwa penderita kolesterol harus menjauhi makanan yang berlemak saja, tentunya Anda salah besar. Hal ini dikarenakan makanan manis seperti es krim, camilan, aneka kue dan beragam jenis dessert, ternyata juga memiliki jumlah kolesterol yang cukup tinggi di dalam tubuh.

Tak berhenti itu saja, makanan yang manis juga akan memicu timbulnya diabetes atau naiknya gula darah. Sebab, di dalam makanan yang manis memiliki kandungan gula, kalori dan juga lemak jahat. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mulai mengurangi makanan yang manis. Apalagi jika kadar kolesterol yang ada di dalam darah cukup tinggi, maka Anda wajib untuk menjaga asupan pola makan tersebut.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji
Image Credit: Nationalgeographic.grid.id

Selain makanan yang mengandung gula, makanan cepat saji atau fast food menjadi salah satu pantangan yang harus Anda hindari. Meskipun fast food seringkali menjadi aternatif bagi Anda yang ingin mengkonsumsi makanan dengan cepat, atau hanya sekedar bosan dengan makanan yang itu itu saja. Akan tetapi, di dalam kenyataannya makanan cepat saji cenderung memiliki nutrisi yang tidak baik untuk tubuh Anda.

Bukan hanya memiliki nutrisi yang rendah, makanan satu ini pun memiliki jumlah lemak trans yang banyak. Dengan begitu, ketika Anda banyak mengkonsumsi makanan cepat saji akan bisa menyebabkan lemak perut menjadi menumpuk. Selain itu, fast food juga akan menganggu regulasi darah dan menibulkan peradangan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai meminimalisir untuk mengkonsumsi makanan berjenis fast food satu ini.

3. Gorengan

Gorengan
Image Credit: Tirto.id

Penderita kolesterol tinggi, sudah dipastikan dilarang untuk mengkonsumsi beragam jenis gorengan. Selain mengandung kolesterol yang cukup tinggi, makanan yang biasanya laris saat berbuka puasa ini juga tinggi akan kalori. Ditambah lagi, ketika makanan tersebut digoreng dengan menggunakan margarin atau minyak sayur. Tentunya kedua jenis minyak tersebut akan lebih berbahaya.

BACA:  15 Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh & Mudah Didapatkan

Dikarenakan kedua bahan tersebut memiliki kandungan yakni lemak trans yang akan memicu timbulnya penyakit jantung. Untuk itu, sekarang telah banyak pilihan atau opsi lain ketika Anda ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng. Seperti dengan menggunakan minyak lain yang lebih sehat atapun memilih margarin yang tanpa lemak. Namun, Anda juga perlu untuk memperhatikan titik didih dari minyak tersebut. Sehingga, Anda tetap harus mengolahnya dengan benar.

4. Sarden Instan

Sarden Instan
Image Credit: Resepkoki.id

Bagi Anda yang menyukai hidangan instan satu ini, sebaiknya mulai berpikir ulang untuk membelinya. Terlebih lagi, ketika Anda telah terindikasi menderita penyakit kolesterol yang tinggi. Pasalnya, di dalam ikan sarden dan juga ikan lain yakni ikan lemuru polos merupakan salah satu makanan penyumbang kolesterol cukup tinggi untuk tubuh. Hal ini disebabkan terdapat sekitar 131 mg kolesterol per 92 gr sajian.

Apalagi ketika Anda membeli sarden instan, dimana bahan bahan yang terdapat di dalam makanan instan tersebut akan memiliki kandungan kolesterol lain yang lebih tinggi. Selain itu, di dalam mengolah sarden, pastinya Anda akan membutuhkan minyak goreng. Tentu saja hal tersebut akan menambah kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebaiknya, jika kamu memiliki koleterol yang cukup tinggi, hindari untuk mengolah ikan sarden dengan cara digoreng.

5. Konsumsi Kulit

Konsumsi Kulit
Image Credit: Cookpad.com

Makanan lainnya yang tak boleh sering dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi adalah kulit. Kulit merupakan salah satu makanan yang hampir disukai oleh semua orang karena teksturnya yang kenyal. Bahkan banyak orang yang juga tidak rela jika jatah kulit yang dimilikinya, diambil oleh orang lain.

Ada banyak jenis kulit tidak boleh untuk Anda konsumsi. Mulai dari kulit ayam, hingga kulit sapi atau kikil. Pasalnya, beragam jenis kulit tersebut memiliki kandungan lemak jenuh. Seperti yang Anda tahu, lemak jenuh sendiri adalah salah satu kandungan yang sangat jahat bagi penderita kolesterol. Namun, bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsi ayam. Melainkan, Anda perlu untuk memperhatikan porsi dan juga hindari untuk memakan kulit terlalu banyak.

6. Jeroan

Jeroan
Image Credit: Hellosehat.com

Selain kulit, maka jeroan menjadi bagian dari hewan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi. Meskipun jeroan memiliki rasa yang lezat dan menjadi pelengkap dari suatu masakan, namun kandungan lemak yang ada di dalamnya membuat Anda harus berpikir ulang. Jeroan sendiri dapat terdiri dari usus, babat, lidah, hati, paru, limpa, jantung hingga otak.

Bagi Anda yang menyukai jeroan sebaiknya mulai untuk mengkonsumsinya dalam batas yang wajar saja. Hal ini dikarenakan ada banyak kandungan baik di dalamnya seperti vitamin dan juga mineral. Akan tetapi, bagi Anda yang menderita kolesterol alangkah baiknya jika mengurangi konsumsi jenis makanan satu ini. Sebab, ketika Anda mengkonsumsi sekitar 100 gr jeroan, terdapat kurang lebih 200 mg kolesterol yang tentunya sangat mengkhawatirkan.

BACA:  15 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami yang Mudah Dilakukan

7. Daging Olahan

Daging Olahan
Image Credit: Resepkoki.id

Daging olahan menjadi deretan makanan lain yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebihan. Karena, daging olahan seperti sosis, ham dan lainnya memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan di dalam proses pengolahannya, daging olahan merupakan jenis makanan yang telah mengalami pemrosesan yang cukup banyak. Mulai dari diasapi, diawetkan hingga digarami.

Bahkan ada pula yang juga ditambahkan dengan berbagai jenis bahan yang lain agar meningkatkan rasanya. Selain itu, penambahan bahan tersebut juga akan mampu membuat daging olahan dapat bertahan dengan lama atau lebih awet. Tak hanya memiliki dampak buruk untuk penderita kolesterol, dengan mengkonsumsi daging olahan secara berlebihan akan memicu timbulnya penyakit kanker hingga jantung.

8. Seafood

Seafood
Image Credit: Thedailymeal.com

Beragam jenis makanan laut seperti udang, lobster dan kerang merupakan pantangan makanan lain yang harus Anda hindari. Sebenarnya, jenis seafood tersebbut kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebut saja seperti zat besi, vitamin B, protein dan juga selenium yang cukup tinggi. Akan tetapi, jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak, maka bisa menyebabkan kadar kolesterol menjadi meningkat.

Apabila Anda mengkonsumsi sekitar 85 gram udang, maka terdapat sekitar 166 mg kandungan kolesterol di dalamnya. Angka tersebut tentu saja telah melebihi 50 persen asupan kolesterol harian. Untuk itu, bagi Anda yang telah didiagnosis menderita kolesterol yang tinggi, alangkah baiknya untuk mengurangi jumlah asupan seafood setiap harinya. Dengan mengontrol jumlah makanan laut yang masuk ke dalam tubuh, dapat menjadi bentuk pencegahan yang baik.

9. Olahan Susu

Olahan Susu
Image Credit: Halodoc.com

Selain itu, olahan susu juga mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Sehingga, bagi Anda yang menderita kolesterol, sebaiknya mulai memperhatikan konsumsi produk yang berasal dari susu tersebut. Pasalnya, lemak jenuh memiliki dampak yang sangat buruk bagi penderita kolesterol. Ada beberapa jenis lemak jenuh yang terdapat di produk susu, diantaranya adalah asam miristat dan juga asam laurat.

Kedua jenis asam yang terdapat di olahan susu tersebut akan memiliki potensi untuk meningkatkan kolesterol jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh. Salah satu produk susu yang memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi adalah keju. Hal ini dikarenakan pada sekitar 100 gram keju, akan mengandung sekitar 95 mg kolesterol. Untuk itu, bagi Anda yang ingin tetap mengkonsumsi susu, ada baiknya Anda bisa memilih produk yakni susu yang memiliki lemak rendah.

Atau Anda juga bisa mengkonsumsi susu yang bebas lemak. Tentu saja, di jaman yang serba modern ini akan sangat mudah untuk mencari jenis susu yang memiliki rendah lemak. Tak hanya mengkonsumsi susu yang bebas lemak saja, Anda juga bisa mulai mengkonsumsi produk olahan susu alternatif yang lain. Sebut saja hasil fermentasi susu yakni yogurt yang memiliki banyak kandungan baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA:  10 Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

10. Telur

Telur
Image Credit: Tribunnews.com

Sejatinya, telur merupakan salah satu makanan yang digemari oleh orang Indonesia. Hal ini disebabkan telur memiliki cara pengolahan yang mudah dan juga bisa didapatkan dimana saja. Makanan sederhana satu ini juga memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, sangat disayangkan jika telur ternyata memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

Pada satu butir telur, di dalamnya terdapat sekitar 185 hingga 200 mg kolesterol. Umumnya, sebagian besar dari kolesterol yang ada di dalam telur akan terletak di bagian kuningnya. Sementara itu, untuk bagian putihnya dapat dikatakan rendah kolesterol. Tak hanya telur ayam saja, telur puyuh juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Meskipun ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam, nyatanya telur puyuh memiliki kandungan kolesterol 2 kali lebih besar.

Untuk itu, apabila Anda sering kali tidak sadar ketika menyantap hidangan satu ini saat dalam sate telur puyuh, sebaiknya sekarang mulai berhati hati. Karena hal tersebut akan memicu naiknya kolesterol. Sehingga, Anda wajib untuk menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Agar nantinya kolesterol yang Anda derita tidak kambuh kembali.

11. Garam

Garam
Image Credit: Life.trubus.id

Penderita kolesterol juga perlu untuk membatasi asupan garam setiap harinya. Hal ini dikarenakan kandungan garam yang berlebihan akan membuat kadar kolesterol menjadi lebih tinggi. Umumnya, kandungan garam yang berlebihan akan bisa Anda temukan di dalam makanan ringan maupun makanan kemasan. Untuk itu, Anda perlu berhati hati di dalam memilih makanan yang Anda konsumsi per harinya.

12. Minuman yang Mengandung Gula

Minuman Mengandung Gula
Image Credit: Detik.com

Selain makanan manis, ternyata minuman yang mengandung gula juga perlu Anda batasi konsumsinya perhari. Karena, selain menyebabkan kolesterol juga mampu meningkatkan gula darah, menyebabkan serangan jantung dan juga kenaikan berat badan. Sehingga, selain perlu menjaga asupan makanan, maka Anda juga perlu mengontrol minuman yang Anda konsumsi. Usahakan untuk rutin minum air putih sebagai pengganti minuman yang manis.

Bagi penderita kolesterol, tentunya menjaga makanan yang dikonsumsi tiap harinya menjadi sangat penting. Hal ini disebabkan banyak pantangan makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah naiknya kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, Anda juga perlu untuk rutin melakukan cek kolesterol agar bisa mendeteksi secara dini dan meminimalisir konsumsi makanan yang memang harus dihindari.