10 Makanan Pantangan untuk Penderita Asam Urat

Makanan Pantangan Asam Urat

Penderita asam urat tentu saja tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Inilah daftar makanan pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

Untuk Anda yang menderita asam urat, salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah konsumsi makanan. Hal ini disebabkan penderita penyakit satu ini dilarang untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung purin tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menjaga pola makan agar tidak diserang penyakit ini, berikut akan diulas beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk Kesehatan Anda.

1. Durian

Durian
Image Credit: Ngopidw.com

Buah yang memiliki bau tajam ini menjadi makanan pertama yang wajib dihindari penderita asam urat. Meskipun sebagian besar penduduk Indonesia menyukainya karena memiliki rasa yang manis, tetapi sayang sekali untuk Anda yang menderita asam urat harus menjauhi buah satu ini. Hal tersebut dikarenakan durian memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi sehingga Anda pun perlu untuk membatasi konsumsinya.

Tidak hanya akan menyebabkan penyakit asam urat saja, buah yang memiliki kulit tajam ini juga akan menimbulkan resiko penyakit yang lain. Sebut saja seperti berbagai penyakit komplikasi lainnya yakni stroke, penyakit jantung hingga radang dan juga hipertensi. Untuk itu, bagi Anda yang menderita penyakit satu ini sebaiknya tidak terlalu banyak untuk mengkonsumsi buah durian.

2. Nangka

Nangka
Image Credit: Glitzmedia.co

Selain durian, nangka juga termasuk deretan buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan purin yang terdapat di dalam buah berwarna kuning ini akan mengganggu fungsi utama dari ginjal. Sehingga ketika Anda mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan purin ini maka ginjal tidak dapat mencerna dan mengeluarkan urin dari dalam tubuh secara optimal.

Hal ini tentu saja akan menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat yang terjadi pada ginjal. Dengan begitu, akan menjadi salah satu penyebab dari penyakit batu ginjal. Meskipun nangka ini merupakan golongan buah buahan, namun bagi penderita asam urat Anda tetap harus membatasi konsumsi per harinya. Pasalnya, kandungan purin yang cukup tinggi akan membuat asam urat yang Anda derita menjadi mudah untuk kambuh.

3. Gula

Gula
Image Credit: Jybmedia.com

Ternyata, tidak hanya penderita diabetes saja yang harus mengurangi konsumsi gula. Melainkan bagi Anda yang mengidap penyakit asam urat, gula menjadi salah satu jenis makanan yang perlu Anda batasi konsumsinya. Hal ini dikarenakan konsumsi gula yang berlebihan akan memicu dan memperburuk gejala rematik. Yang mana gejala ini biasanya akan dialami oleh penderita asam urat,

BACA:  Kenali Gejala Asam Urat yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Tak hanya makanan yang mengandung gula saja, Anda juga harus mengurangi konsumsi minuman yang memiliki kandungan gula berlebih. Oleh karena itu, Anda juga perlu menghindari untuk meminum minuman yang memiliki kandungan fruktosa. Sebagai gantinya, Anda bisa memperoleh makanan yang manis dengan mengkonsumsi berbagai buah segar yang memiliki kandungan serat dan bagus untuk tubuh.

4. Kedelai Olahan

Kedelai Olahan
Image Credit: Kompasiana.com

Kedelai olahan menjadi daftar makanan pantangan yang harus Anda hindari selanjutnya. Meskipun tahu, tempe dan juga olahan kedelai lainnya memang dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi dan harganya yang ramah di kantong, akan tetapi bagi penderita asam urat pengkonsumsiannya pun perlu dibatasi. Sehingga, nantinya Anda bisa terhindar dari kambuhnya penyakit ini.

Hal tersebut dikarenakan pada tahu dan tempe memiliki tingkat purin yang cukup tinggi. Apabila Anda mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang berlebih, maka bisa menimbulkan adanya kekambuhan pada gangguan asam urat yang Anda miliki. Namun, para ahli mengatakan penderita penyakit ini tetap boleh untuk mengkonsumsi tahu dan tempe. Asalkan masih dalam batas wajar dan tidak secara berlebihan.

5. Daging Merah

Daging Merah
Image Credit: Klikdokter.com

Sudah bukan hal yang baru apabila penderita asam urat dilarang untuk mengkonsumsi daging merah. Berbagai sumber makanan yang berupa daging merah, mulai dari daging sapi, daging domba hingga daging kambing memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Dikutip dari Mayo Clinic, mengatakan bahwa asam urat dapat timbul ketika tubuh memproduksi bahan kimia yakni purin.

Akan tetapi, zat kimia satu ini tidak hanya dapat terjadi secara alami di dalam tubuh. Melainkan ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi juga akan bisa meningkatkan produksinya. Normalnya, purin akan dikeluarkan melalui urin. Namun, apabila kandungan tersebut terlalu banyak maka tubuh akan kesulitan untuk mengeluarkannya. Sehingga akan menumpuk dan membentuk kristal yang tajam di dalam sendi tubuh.

Oleh karena itu, meskipun daging merah memiliki kandungan protein yang cukup tinggi tetapi purinnya juga memiliki kandungan yang sangat tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang telah didiagnosis menderita penyakit asam urat sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan satu ini. Dengan begitu, Anda pun akan menghindari resiko kambuhnya penyakit asam urat yang Anda derita.

Bukan hanya yang telah didiagnosa menderita asam urat saja yang perlu untuk menghindari konsumsi makanan satu ini. Melainkan, bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit satu ini maka sebaiknya Anda bisa memperhatikan pola makan dan juga konsumsi dari daging merah. Pasalnya, apabila Anda memiliki keluarga yang memiliki penyakit asam urat, maka hal ini akan meningkatkan resiko untuk mengalami penyakit yang serupa.

BACA:  Makanan yang Boleh & Tidak Boleh untuk Penderita Asam Urat

Apabila Anda mengalami kondisi yakni nyeri sendi yang mendadak, terutama pada jempol kaki dan lutut maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari gejala asam urat. Terlebih lagi, ketika Anda mengalami sendi yang nyeri dan terjadi secara berulang kali. Dengan melakukan konsultasi ke dokter, maka Anda bisa mengetahui penyakit tersebut lebih awal dan bisa memperhatikan konsumsi makanan Anda nantinya.

6. Jeroan

Jeroan
Image Credit: Hellosehat.com

Jeroan menjadi salah satu makanan pantangan selanjutnya yang wajib untuk Anda hindari. Hal ini dikarenakan jeroan termasuk jenis makanan yang bisa menyebabkan asam urat kambuh. Ada berbagai macam jeroan yang perlu Anda tahu, sebut saja seperti otak, limpa, babat, usus, ati dan juga ampela. Sebab, jeroan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Sehingga, bagi Anda yang memiliki penyakit satu ini sebisa mungkin mengurangi konsumsinya.

Untuk 100 gram hati sapi saja terdapat sekitar 219,8 mg purin, yang mana kandungan tersebut sudah cukup tinggi. Akan tetapi, hati ayam masih menjadi kategori makanan yang memiliki kandungan purin tertinggi. Hal ini dikarenakan di dalam 100 gram hati ayam akan mengandung sekitar 312, 2 mg purin. Dengan begitu, Anda sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan tersebut agar terhindar dari kekambuhan asam urat.

7. Seafood

Seafood
Image Credit: Thedailymeal.com

Berbagai macam jenis seafood menjadi salah satu jenis makanan pantangan lain yang harus dihindari penderita asam urat. Sebab, pengidap dari penyakit satu ini diharapkan untuk membatasi konsumsi makanan laut. Pasalnya, terdapat beberapa jenis dari makanan laut yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Sebut saja seperti ikan teri, sarden, kerang dan juga ikan tuna.

Dengan adanya kandungan tersebut, sebaiknya Anda mulai mengontrol konsumsinya. Hal tersebut dikarenakan dalam ikan teri kering sendiri memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Dimana untuk sajian 100 gram saja, terdapat sekitar 1.108,6 mg purin. Sedangkan untuk ikan sarden yang segar akan mengandung 210,4 mg purin per 100 gramnya. Dengan kandungan yang besar tersebut, sebaiknya Anda perlu membatasi konsumsi per harinya.

Meskipun makanan laut termasuk jenis yang harus dihindari oleh penderita asam urat, akan tetapi Anda bisa memilih jenis seafood lain yang memiliki kandungan purin lebih rendah. Sebut saja salmon yang mempunyai purin dengan jumlah yang sangat rendah. Selain itu, salmon juga merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Jamur

Jamur
Image Credit: Medium.com

Jamur seringkali digunakan sebagai lauk alternatif bagi vegetarian. Rasanya yang kenyal membuatnya menjadi makanan pengganti daging yang dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet vegan. Selain itu, saat ini jamur juga bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan. Mulai dari keripik jamur, sambal jamur bahkan hingga sate jamur yang memiliki rasa lezat.

BACA:  15 Obat Asam Urat Alami yang Ampuh & Mudah Ditemukan

Namun, bagi Anda yang mengidap penyakit asam urat sebaiknya perlu untuk membatasi konsumsi sayur satu ini. Meskipun termasuk sayuran dan memiliki rasa yang enak, di dalam jamur sendiri terdapat kandungan purin sekitar 17 sampai 92 gram purin di dalam 100 gramnya. Untuk itu, bagi Anda yang menderita penyakit satu ini ada baiknya Anda mulai membatasi pengkonsumsiannya.

9. Daging Olahan

Daging Olahan
Image Credit: Resepkoki.id

Selain menghindari konsumsi daging merah, pengidap penyakit ini pun sebaiknya juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi daging olahan. Hal ini dikarenakan di dalam 100 gram salami, terdapat sekitar 120,4 mg kandungan purin. Selain itu, untuk daging olahan lainnya yakni dalam bentuk ham memiliki kandungan purin yang lebih besar, yang mana sekitar 138,3 mg purin.

Tak hanya itu saja, daging olahan ini memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Sehingga, ketika Anda mengkonsumsi banyak makanan yang berlemak akan bisa memicu timbulnya kenaikan berat badan yang berlebih. Ketika seseorang telah menderita kenaikan berat badan, maka akan cenderung menghasilkan lebih banyak insulin. Untuk itu, hal tersebut akan mengganggu kinerja ginjal untuk membuang asam urat. Sehingga akan mengendap di persendian.

10. Bayam

Bayam
Image Credit: Sehatq.com

Bayam dipercaya sebagai sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Hal ini dikarenakan dalam bayam mengandung vitamin C, zat besi, beta karoten dan juga luteins hingga flavonoid yang akan membantu metabolisme dalam tubuh. Ternyata meskipun memiliki kandungan yang baik di dalam tubuh, bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita asam urat.

Hal ini dikarenakan di dalam bayam memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram bayam, mengandung sekitar 57 gram purin. Sehingga dengan angka tersebut, bisa dikatakan bahwa setengah dari bayam yang dikonsumsi memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang telah mengidap penyakit satu ini sebaiknya mulai menghindari untuk mengkonsumsi bayam secara berlebihan. Anda masih bisa memakannya namun dalam batas yang wajar.

Itulah beberapa jenis makanan pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan makanan tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi. Dengan tingginya kandungan purin akan memicu timbulnya kekambuhan pada penderita asam urat. Oleh sebab itu, bagi pengidap penyakit ini Anda perlu untuk mengetahui konsumsi dan pola makan yang tepat.