20 Makanan & Minuman Penurun Darah Tinggi yang Perlu Anda Coba

Makanan Minuman Penurun Darah Tinggi

Hipertensi merupakan penyakit berbahaya, yang dapat memicu berbagai penyakit lainnya seperti stroke dan jantung. Meski termasuk penyakit berbahaya, anda bisa mencegah tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang mudah ditemukan.

Kondisi tekanan darah yang tinggi mencapai 130/80 mmHg akan membuat jantung berusaha lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Pada saat mengalami kondisi ini, anda akan didiagnosis menderita hipertensi yang membahayakan. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang dapat menurunkan tensi darah tinggi anda, seperti yang disarankan berikut ini.

1. Susu

Susu
Image Credit: Solopos.com

Sudah bukan menjadi rahasia, kalium merupakan salah satu zat yang harus dipenuhi dan dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Kadar garam dalam tubuh juga menjadi pemicu naiknya tekanan darah. Sehingga, jika kadar garam dalam tubuh anda dalam keadaan netral, maka otomatis tensi darah juga akan menurun. Kalium menjadi salah satu kandungan yang dapat menurunkan kadar garam.

Susu skim adalah salah satu minuman yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Sehingga, susu cocok dikonsumsi untuk penderita darah tinggi untuk menurunkan tensinya. Banyak penderita darah tinggi, akan meragukannya karena biasanya susu juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun, susu skim berbeda karena menjadi susu yang rendah lemak.

2. Pisang

Pisang
Image Credit: Tipskes.com

Buah kuning yang menyehatkan satu ini, biasanya dikenal untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun siapa sangka, pisang juga dapat menurunkan gejala hipertensi yang mungkin saja bisa anda alami secara tiba-tiba. Tak heran, buah ini sering direkomendasikan oleh banyak orang, untuk mengatasi tekanan darah yang naik, dan dapat menyebabkan hipertensi.

Pisang mengandung kalium yang berguna untuk membuat kadar natrium dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Dengan begitu, sehabis mengkonsumsi pisang kadar darah anda juga lebih stabil. Jika kestabilan ini terus dijaga dengan baik, maka anda akan terhindar dari penyakit hipertensi yang dapat menyerang kapan saja dan menyebabkan timbul masalah kesehatan yang lebih serius lainnya.

3. Yoghurt

Yoghurt
Image Credit: Sehatq.com

Kalsium adalah kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, salah satu penyebab darah tinggi adalah kurangnya asupan kalsium harian yang diperlukan oleh tubuh anda. Untuk itu, agar dapat menambah asupan kalsium dalam tubuh anda bisa banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi seperti plain yoghurt yang sehat.

Produk olahan susu ini memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan anda, terutama ketika sedang mengalami hipertensi. Dalam sebotol yoghurt, anda sudah bisa memenuhi asupan kalsium harian anda. Selain itu, kandungan natriumnya yang rendah dapat menjaga darah tetap stabil. Kandungan probiotiknya juga berguna untuk menurunkan tensi darah yang tinggi.

4. Ikan

Ikan Salmon
Image Credit: Liburankejepang.com

Kandungan yang terdapat dalam ikan, memang tidak perlu diragukan lagi. Selain berguna untuk berbagai macam kesehatan, ikan nyatanya juga menjadi makanan yang dapat membantu mengatasi hipertensi akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Ikan yang dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah adalah ikan salmon. Salmon memiliki begitu banyak kandungan omega-3 yang bagus untuk tubuh saat hipertensi.

Kandungan lainnya dalam seekor ikan salmon yang dapat membantu mengatasi hipertensi adalah vitamin D. Vitamin D yang tinggi, berperan untuk membuat tekanan darah menjadi lebih stabil dari sebelumnya. Anda bisa memilih salmon yang dipanggang tanpa garam. Untuk penyedapnya, gantilah dengan bawang putih ataupun minyak zaitun yang tidak kalah sedap dari garam.

5. Buah Bit

Buah Bit
Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu umbi-umbian ini biasa dibuat sebagai jus sehat karena memiliki berbagai kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain karbohidrat yang tinggi, buah bit juga memiliki lemak kalori yang rendah. Selain itu, kandungan nitratnya juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang menyempit karena hipertensi. Jadi, buah ini sangat aman dikonsumsi bagi anda yang memiliki darah tinggi.

Pengidap darah tinggi akan disarankan untuk mengkonsumsi olahan buah ini secara rutin. Sebuah penelitian membuktikan bahwa jus buah bit dapat menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh secara signifikan. Anda bisa mengkonsumsinya selama 4 hingga 8 minggu tanpa berhenti, kemudian anda tidak akan merasakan pusing berlebihan karena darah tinggi kambuh.

6. Oatmeal

Oatmeal
Image Credit: Shutterstock.com

Salah satu menu sarapan sehat yang biasa dikonsumsi adalah oatmeal. Makanan ini juga banyak disarankan untuk penderita jantung. Terbuat dari gandum dan biji utuh, makanan ini memiliki kandungan natrium dan lemak yang rendah, namun serat yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang dapat menyehatkan jantung, termasuk membantu menurunkan tensi darah tinggi.

Rasa oatmeal yang hambar, nyatanya malah memiliki manfaat yang begitu kaya bagi kesehatan. Untuk membuat makanan ini lebih optimal membantu menurunkan resiko hipertensi, anda bisa mencampurnya dengan berbagai bahan lain yang juga memiliki manfaat yang sama-sama baik untuk penderita hipertensi. Diantaranya adalah pisang, madu, susu dan juga yoghurt yang akan menambah rasa.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Salah satu penyebab darah tinggi adalah banyaknya kadar lemak yang dikonsumsi penderitanya. Karena itulah, penderita dengan potensi hipertensi yang tinggi sebaiknya mengurangi kadar lemak yang dikonsumsi. Namun, bukan berarti anda tidak bisa sama sekali menikmati gorengan atau makanan dengan minyak yang memiliki rasa lezat dan enak.

Salah satu caranya adalah dengan mengubah minyak sayur yang biasa digunakan di dapur, dengan minyak zaitun. Kebalikan dengan minyak lainnya, minyak zaitun memiliki kandungan lemak sehat yang malah dibutuhkan oleh tubuh. Minyak ini juga memiliki kandungan polifenol yang merupakan bahan aktif yang ampuh menurunkan kadar darah tinggi di dalam tubuh manusia.

8. Kacang Polong

Kacang Polong
Image Credit: Dream.co.id

Kacang berwarna hijau yang sering ditemukan untuk menjadi topping nasi goreng ini, juga ternyata mampu menurunkan risiko hipertensi. Dalam semangkuk kecil kacang polong, anda dapat menemukan kandungan protein, vitamin, hingga asam folat yang semuanya berguna untuk membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan juga menurunkan tensi darah dalam tubuh.

Asam folat dinilai dapat bekerja dengan optimal untuk membantu mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular adalah sistem yang dapat berpengaruh pada bagian jantung dan pembuluh darah, termasuk hipertensi. Untuk itu, anda dapat mengkonsumsi kacang polong organik yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

9. Coklat Hitam

Coklat Hitam
Image Credit: Doktersehat.com

Coklat hitam dipercaya menjadi makanan yang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam kandungan yang terdapat pada coklat hitam, terdapat zat flavonoid yang mana dapat membuat tekanan darah tinggi dalam tubuh menurun. Zat ini dapat berguna untuk membantu oksida nitrat dalam tubuh meningkat, sehingga membuka jalannya arteri agar darah dapat mengalir lancar.

Bahkan, penggunaan coklat hitam sebagai salah satu makanan yang dapat menurunkan kadar darah tinggi ini pernah diteliti oleh kampus ternama di Portugal dan Swedia. Hasilnya adalah mengkonsumsi coklat hitam sesuai dengan asupan harian yang pas, akan membuat arteri menjadi elastis. Sehingga, pada saat dalam kondisi darah tinggi otomatis arteri akan melebar.

10. Teh Dandelion

Teh Dandelion
Image Credit: Amazine.co

Bunga kecil satu ini, sudah banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Dandelion menjadi salah satu tanaman yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan untuk membuat tubuh menjadi sehat. Biasanya, bunga ini banyak dikonsumsi untuk mengatasi masalah mata, kulit, hati dan juga dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Teh dandelion dapat bekerja secara alami untuk melepaskan sodium berlebih pada tubuh, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Sedangkan kandungan kalium pada bunga ini, akan membantu menstabilkan tekanan darah dengan cara melakukan konstriksi pada pembuluh arteri. Dalam segelas teh dandelion, juga terkandung magnesium yang dapat melarutkan darah yang beku.

11. Buah Berries

Buah Berries
Image Credit: Tokopedia.com

Buah berries adalah salah satu makanan yang juga memiliki kandungan penuh manfaat untuk penderita hipertensi. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan serat dan juga antioksidan yang begitu tinggi. Kebutuhan akan serat juga dibutuhkan oleh para penderita hipertensi untuk memenuhi asupan dan nutrisi hariannya. Sedangkan antioksidan berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah berries juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat menjadikan tubuh menjadi lebih sehat, meskipun sedang terserang gejala dari hipertensi. Pada blueberry, terdapat senyawa pterostilbene yang dapat melindungi arteri dari penumpukan plak yang terjadi pada saat tekanan darah tinggi naik. Jika tidak dicegah, plak ini dapat menyumbat arteri.

12. Semangka

Semangka
Image Credit: Solopos.com

Sebuah penelitian di salah satu Universitas Florida menemukan kandungan L-citrulline pada semangka yang disebut-sebut dapat menurunkan tekanan darah yang terlampau tinggi. Zat ini akan membuat pembuluh darah arteri menjadi rileks ketika harus bekerja lebih keras karena terjadi kenaikan pada tensi darah. Tak heran, mengkonsumsi semangka secara teratur dapat menurunkan tensi darah.

13. Wortel

Wortel
Image Credit: Dream.co.id

Wortel dikenal menjadi salah satu makanan penghasil vitamin A, namun ternyata sayuran ini juga memiliki kandungan kalium yang tak kalah tinggi. Kalium dapat membuat otot-otot pada arteri yang menegang akibat darah tinggi menjadi lebih rileks. Sehingga, pembuluh darah ini tidak akan bekerja terlalu keras untuk membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar lagi.

Mengkonsumsi jus wortel di pagi hari secara teratur selama beberapa minggu, akan membuat tekanan darah pada tubuh anda menjadi lebih stabil, dan menjaganya agar tidak kembali naik dalam beberapa waktu kedepan. Dalam satu gelas jus dari stu wortel berukuran sedang, dapat mencukupi kebutuhan kalium anda hingga 4%.

14. Kentang Panggang

Kentang Panggang
Image Credit: Parenting.orami.co.id

Kentang menjadi salah satu bahan yang juga turut berpengaruh untuk menurunkan tensi darah pada penderita darah tinggi. Pasalnya, kentang memiliki kandungan kalsium yang tak kalah tinggi dari umbi-umbian lainnya. Selain kalsium, kandungan magnesium dalam kentang juga dapat berfungsi untuk menurunkan resiko anda terkena hipertensi yang dapat membahayakan anda.

Untuk meredakan hipertensi, anda dapat memilih proses pemanggangan untuk ketika akan mengkonsumsi kentang. Proses ini akan lebih aman bagi penderita hipertensi, karena ketika memanggang, anda tidak memerlukan banyak minyak yang malah akan meningkatkan tekanan darah anda lagi. Kentang panggang juga memiliki kandungan kukoamin yang ikut membantu menurunkan tensi.

15. Kacang Hitam

Kacang Hitam
Image Credit: Sehatq.com

Tekanan darah yang tinggi, juga dipengaruhi oleh kadar gula darah dan juga kolesterol dalam tubuh. Kedua hal ini, dapat distabilkan dengan kandungan yang ada pada kacang hitam. Kacang hitam adalah salah satu makanan penghasil magnesium yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat membantu penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah sistolik agar menjadi lebih stabil.

16. Brokoli

Brokoli
Image Credit: Kompas.com

Brokoli memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga dapat meningkatkan proses inflamasi dalam tubuh, sehingga terbilang cukup efektif melindungi tubuh anda dari resiko kenaikan darah tinggi. Kandungan gizinya yang lengkap juga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat serta lebih kuat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalsium dan magnesium sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Kedua bahan ini juga terdapat dalam brokoli dengan kadar yang cukup tinggi. Tak heran, sayuran ini akan selalu direkomendasikan oleh dokter untuk anda yang memiliki keluhan gejala darah tinggi yang dapat mengganggu aktivitas harian anda.

17. Seledri

Seledri
Image Credit: Sehatalami.co

Seledri memang sering hanya dijadikan sebagai pemanis dan penambah rasa pada beberapa masakan. Akhirnya, banyak orang yang memilih untuk meminggirkannya di tepi piring. Padahal, seledri bermanfaat untuk menurunkan resiko hipertensi. Kandungan fitokimianya berguna untuk membuat otot pada pembuluh arteri menjadi lebih elastis sehingga dapat melebar ketika tensi naik.

18. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau
Image Credit: Detik.com

Sayuran memang menjadi makanan sehat yang seharusnya selalu dikonsumsi setiap orang. Kandungan dalam sayur, akan membuat asupan nutrisi di tubuh kita menjadi terpenuhi. Tidak sampai disitu, sayur dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu penyakit yang dapat diredakan dengan sayur adalah hipertensi.

Meski semua sayur sehat, tapi tidak semua dapat menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah yang naik. Sayuran terbaik yang dapat anda gunakan untuk menjadi pertolongan pertama ketika tensi darah mulai meningkat adalah sayuran hijau. Sayuran hijau yang masih segar dapat menetralisir natrium dan kadar garam yang ada dalam tubuh, sehingga membuat tekanan darah ikut turun.

19. Buah Delima

Buah Delima
Image Credit: Alodokter.com

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi delima dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Orang yang rutin mengkonsumsi jus delima sebanyak satu cangkir selama empat minggu, akan lebih mudah menurunkan tesinya. Hal ini dapat terjadi karena delima memiliki kandungan yang ternyata dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat darah menjadi netral.

Buah delima memiliki kandungan vitamin C dengan dosis yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan imun tubuh bagi penderita hipertensi. Selain itu, kandungan antioksidan dan polifenolnya inilah yang dapat membantu anda untuk menurunkan tensi darah yang terlalu tinggi. Delima juga memiliki bermacam manfaat lainnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

20. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Credit: Kompas.com

Salah satu bahan penyedap ini, termasuk bahan yang paling memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menurunkan kadar darah tinggi dalam tubuh. Bawang putih memiliki kemampuan untuk membuat kadar oksida nitrat dalam tubuh menjadi meningkat. Oksida nitrat ini akan membantu tubuh untuk melakukan pelebaran pada pembuluh darah, sehingga aliran menjadi lancar.

Cara menurunkan hipertensi dengan bawang putih, bukan berarti anda bisa dengan bebas untuk mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan manfaatnya, penderita harus mengkonsumsi bawang putih dengan cara yang tepat. Anda bisa mengkonsumsi satu siung bawang putih kukus sebanyak dua kali sehari dengan teratur. Lakukan kebiasaan ini dibarengi dengan penerapan pola hidup sehat.

Hipertensi dapat kambuh secara tiba-tiba, karena hingga kini tidak ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkannya. Salah satu cara terbaik untuk tidak terkena darah tinggi adalah dengan menjaga hidup sehat dan pola makan yang baik. Beberapa makanan dan minuman diatas dapat menjadi pertolongan pertama bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi secara tiba-tiba.