Kenali Jenis & Penyebab Ketombe yang Membandel

Jenis Penyebab Ketombe

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang cukup mengganggu membuat tidak nyaman dalam beraktivitas. Apabila Anda mengalami masalah ini, kenali terlebih dahulu apa saja jenis dan penyebab munculnya ketombe yang membandel.

Ketika Anda mengalami masalah kulit kepala yang gatal dan saat menggaruknya terdapat serbuk putih, sudah dipastikan Anda mengalami ketombe. Gangguan di kulit kepala ini menjadi masalah yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Akan tetapi, sebagian besar orang belum mengetahui bahwa jenis dari ketombe ini cukup beragam. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu mencari tahu dahulu apa saja jenis dan yang menjadi penyebabnya munculnya ketombe.

1. Ketombe Jamur

Ketombe Jamur
Image Credit: Detik.com

Ketombe karena adanya jamur atau yang biasa disebut dengan ketombe jamur merupakan salah satu masalah kulit kepala yang kerap dialami oleh sebagian orang. Hal ini dapat terjadi akibat dari adanya infeksi pada kulit kepala. Infeksi tersebut dapat disebabkan karena jamur yang bernama Malassezia Globosa. Infeksi yang disebabkan oleh jamur satu ini dapat menyebar dalam kurun waktu yang cepat.

Terutama ketika kulit kepala Anda memiliki pH yang tidak seimbang. Ditambah lagi, ketika kulit kepala tersebut terlalu berminyak, maka ketombe pun akan bisa menyebar dengan sangat cepat. Umumnya, bagi Anda yang memiliki ketombe dengan jenis satu ini akan lebih mudah untuk menular. Biasanya penularan tersebut akan terjadi ketika Anda berbagi handuk, sisir dan juga topi pada seseorang yang pernah terinfeksi ketombe jenis ini.

Dengan adanya asam oleat yang terdapat pada jamur Malassezia akan mampu meningkatkan pergantian yang terjadi pada sel kulit. Sehingga, hal tersebut akan dapat menyebabkan ketombe pada kulit kepala Anda. Umumnya, ketombe dengan jenis ini akan memiliki bentuk yakni serpihan berwarna putih agak kekuningan. Tak hanya itu saja, bahkan ketombe ini akan terasa sangat gatal pada bagian kulit kepala rambut.

Untuk menghilangkan ketombe, Anda bisa menggunakan salah satu cara yang alami diantaranya adalah memakai tanaman lidah buaya. Tanaman obat satu ini telah dipercaya selama ratusan tahun untuk mengatasi berbagai masalah rambut yakni mulai rambut yang rontok bahkan hingga berketombe. Pasalnya, sari yang terdapat pada tanaman lidah buaya akan mampu membuat kulit kepala menjadi lebih dingin.

Selain itu, juga akan mengangkat sel kulit mati dan juga membunuh jamur, yakni Malassezia Globosa. Untuk penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memisahkan gelnya dari kulit lidah buaya. Kemudian, hancurkan hingga menjadi lembut dan berbentuk pasta. Lalu, Anda bisa mengoleskannya pada rambut dan juga kulit kepala secara merata. Setelah itu, tunggu hingga 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

2. Ketombe Karena Kulit Kepala yang Berminyak

Ketombe Karena Kulit Kepala Berminyak
Image Credit: Bisnis.com

Jenis ketombe selanjutnya adalah yang diakibatkan karena kulit kepala berminyak. Jika Anda mengalami kondisi satu ini maka seringkali ditandai dengan kulit kepala yang sangat berminyak. Hal ini dapat terjadi lantaran tubuh akan memproduksi sebum yang berlebih. Apabila sebum diproduksi dalam jumlah yang normal, maka hal tersebut akan mampu membantu untuk melembabkan rambut dan juga kulit Anda.

Selain itu, produksi sebum yang normal akan membuat kulit tidak menjadi kering. Akan tetapi, apabila produksi tersebut terlalu banyak maka akan menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak dan menjadi penyebab utama munculnya ketombe. Jumlah sebum yang berlebihan tersebut juga bisa terjadi karena masa pubertas, stres, kehamilan dan juga keramas yang tidak teratur.

Apabila sebum yang berlebih tersebut telah bercampur dengan kotoran dan juga sel sel kulit mati yang ada di kulit kepala, maka hal tersebut akan menjadi penyebab utama dari ketombe. Umumnya, untuk ketombe yang memiliki jenis satu ini akan ditandai dengan adanya bercak berwarna kuning yang terdapat pada kulit kepala Anda dan tentu saja akan terasa gatal.

Tak hanya itu saja, serpihan dari ketombe dengan jenis satu ini juga akan memiliki bentuk yang besar dan berwarna kekuningan di kulit kepala. Rambut berminyak dan rasa gatal yang tak tertahankan juga menjadi ciri ciri dari ketombe yang disebabkan karena masalah kulit kepala berminyak. Untuk itu, Anda pun perlu menjaga kesehatan kulit kepala dengan baik untuk menghindari masalah satu ini.

Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin memakai shampo anti ketombe. Namun, sebelum menggunakan shampo ini maka Anda perlu cermat untuk memilihnya. Pastikan Anda memilih jenis shampo yang mempunyai kandungan piroctone yang akan berfungsi untuk mengurangi ketombe yang ada di kulit kepala Anda. Selain itu kandungan tersebut juga bisa untuk menjaga dan memelihara kesehatan pada rambut Anda.

3. Ketombe Karena Kulit Kepala yang Kering

Ketombe Karena Kulit Kepala Kering
Image Credit: Liputan6.com

Kulit kepala yang mengalami kekeringan, juga bisa menjadi penyebab utama masalah ketombe. Biasanya gangguan kesehatan rambut ini akan muncul pada orang yang memiliki jenis kulit kepala kering. Kulit yang kering tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan cuaca yang terlalu ekstrem. Sebut saja, ketika musim dingin tiba maka akan bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan ketombe muncul.

Selain itu, jadwal keramas yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebab masalah rambut satu ini. Umumnya, orang yang memiliki jenis rambut keriting cenderung lebih sering memiliki kulit kepala yang lebih kering. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki jenis rambut lurus dan lainnya. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk memilih bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah ketombe satu ini.

Usahakan untuk tidak menggunakan shampo yang memiliki sulfat. Dimana shampo tersebut akan menghasilkan busa dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan shampo jenis tersebut akan bisa memperburuk kondisi kulit kepala yang mengalami jenis ketombe satu ini. Biasanya, untuk ketombe yang dikarenakan rambut kering akan memiliki bentuk yakni berupa serpihan yang kecil dan berwarna putih kering di rambut Anda.

Untuk menghilangkan ketombe jenis satu ini, Anda perlu untuk memilih produk perawatan rambut yang sesuai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan garam yang memiliki tekstur alami untuk scrub. Sehingga, Anda bisa menggunakan garam untuk mengusir ketombe dengan aman. Gosokkan garam tersebut pada kulit kepala yang berketombe dan biarkan selama beberapa saat, barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan shampo hingga bersih.

4. Psoriasis

Psoriasis
Image Credit: Tribunnews.com

Jenis ketombe satu ini umumnya dikarenakan adanya kondisi kulit kepala yang cukup kronis. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh akan mulai menyerang jaringan kulit yang sehat. Sehingga, kondisi kesehatan satu ini akan sangat cepat untuk memproduksi sel sel kulit baru yang cukup cepat. Dan bahkan dapat terjadi sebelum kulit mati yang lama tersebut mengalami pengelupasan.

Apabila Anda mengalami masalah kulit kepala satu ini, maka nantinya akan terjadi pembentukan bercak yang bersisik dengan warna putih tebal di bagian kulit kepala. Tak hanya itu saja, pada bagian lutut, leher dan punggung pun juga akan mengalami hal tersebut. Selain itu, bercak yang berwarna putih bersisik tersebut juga akan ditandai dengan adanya serpihan besar yang ada di kulit kepala. Bahkan akan terasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai. Biasanya para dokter kulit akan meresepkan obat obatan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkannya. Diantaranya dengan menggunakan tea tree oil, cuka apel dan juga lidah buaya.

5. Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik
Image Credit: Klikdokter.com

Ada pula jenis ketombe lainnya yang disebabkan karena dermatitis seboroik. Masalah kulit satu ini merupakan kondisi yang mengakibatkan peradangan pada kulit secara kronis. Peradangan tersebut dapat berkembang di dalam bagian tubuh manusia dengan adanya konsentrasi dari kelenjar sebaceous yang lebih tinggi. Hal ini biasanya akan terjadi pada leher, area belakang telinga, wajah, alis dan juga kulit kepala.

Di dalam jurnal yakni Seborrheic Dermatitis and Dandruff menyebutkan bahwa jenis ketombe satu ini umumnya disebabkan karena adanya reaksi dari peradangan terhadap jamur. Biasanya ini akan secara alami ditemukan pada permukaan kulit. Selain itu, penyebab lainnya seperti stres dan juga hormon juga akan menjadi pemicu seseorang menderita penyakit satu ini.

Untuk bentuknya sendiri, ketombe ini akan berbentuk serpihan besar serta berwarna putih dan kekuningan. Tak hanya itu, ketombe ini juga kerap kali ditandai dengan berminyak, bercak yang bersisik, kemerahan dan timbul iritasi. Untuk mengatasi ketombe dengan jenis dermatitis seboroik adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe yang bisa Anda temukan dengan mudah di supermarket.

Sedangkan untuk mengendalikan peradangan, maka Anda bisa untuk mengurangi kebiasaan menggaruk bagian tubuh yang terkena dermatitis. Hal ini dikarenakan akan mampu memperparah kondisi serta iritasi. Dengan menggaruk bagian yang terkena dermatitis seboroik juga akan meningkatkan terjadinya infeksi pada kulit kepala Anda. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu untuk mandi dan keramas secara teratur.

Kemudian, Anda bisa membilas sabun dan shampo tersebut hingga bersih dengan menggunakan air yang mengalir. Sehingga nantinya tidak akan menyisakan bekas shampoo di kulit kepala Anda. Sisa shampo yang ada di kulit kepala akan membuat kondisi ketombe dengan jenis satu ini akan bertambah parah. Untuk itu, Anda bisa dengan mudah untuk membersihkannya hingga tak bersisa.

Tak hanya itu, di dalam mengatasi masalah jenis ketombe yang dikarenakan Dermatitis seboroik, maka Anda juga perlu menggunakan krim. Krim tersebut biasanya akan diresepkan oleh dokter untuk mengatasi peradangan. Umumnya, dokter akan memberikan obat luar yakni kortikosteroid topikal. Contoh dari jenis obat tersebut adalah clobetasol, desonide dan juga hydrocortisone.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan shampoo anti jamur yang memiliki kandungan ketoconazole. Sedangkan, dokter juga kerap kali meresepkan obat anti jamur dalam bentuk minum. Hal ini umumnya dikarenakan kondisi penderita belum menunjukkan adanya perbaikan meskipun telah menjalani beberapa pengobatan. Untuk itu, Anda pun perlu untuk mengatasinya dengan tepat.

Ketika Anda mengetahui penyebab dan juga jenis ketombe yang Anda alami maka lebih mudah untuk menghilangkannya. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami kondisi kesehatan satu ini, maka tak ada salahnya untuk mulai mencoba menjalani pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan dengan hidup yang sehat dan mencuci rambut secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi ketombe.