10 Jenis Buah yang Membantu Menurunkan Kolesterol

10 Jenis Buah yang Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sebenarnya merupakan zat lemak dengan fungsi penting untuk tubuh. Zat tersebut melindungi lapisan kulit luar dan juga membantu proses metabolisme. Namun dalam jumlah yang terlau banyak, atau dikatakan kolesterol tinggi, justru sangat berbahaya dan menjadi penyebab utama timbulnya berbagai macam penyakit. Selain menggunakan obat, ada juga jenis buah yang membantu menurunkan kolesterol. Tidak semua buah, hanya buah tertentu yang efektif memberikan manfaat tersebut.

Jenis kolesterol terbagi dua, pertama kolesterol jahat yang disebut dengan LDL (low density lipoprotein), dan kedua HDL (high density lipoprotein) sebagai kolesterol baik. Keduanya saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan dengan HDL sebagai fungsi aktif. Artinya, LDL tidak dapat bekerja tanpa adanya HDL. Hal ini dikarenakan fungsi utama HDL menyalurkan LDL ke seluruh tubuh. Dengan jumlah kolesterol jahat melebihi batas normal, maka aliran darah menjadi terhambat karena lemak jahat mengendap di dinding arteri.

Kandungan kolesterol dalam darah dikatakan normal apabila masih berada di bawah angka 200 mg/dl. Jika anda mengecek kemudian hasilnya kisaran 200 – 230 mg/dl, sebaiknya waspada dan mulai untuk mengkonsumsi buah penurun kolesterol. Dikatakan berbahaya jika kadarnya sudah melebihi 240 mg/dl, dengan kadar ini umumnya dibantu dengan obat dokter untuk menurunkannya.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Kolesterol Tinggi
Image by Sfidn.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai buah yang membantu menurunkan kolesterol, sebaiknya kita simak apa saja penyebab kolesterol tinggi. Setelah mengetahui penyebab yang dimaksud, diharapkan untuk selalu menghindarinya. Dari jenis makanan hingga pola hidup, semuanya bisa menjadi penyebabnya. Lebih jelas, berikut beberapa penyebab tingginya kadar kolesterol tubuh yang paling umum!

✦ Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Tidak cukup berbahaya jika anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak baik. Begitu pula ketika anda mengkonsumsi lemak LDL dalam batas wajar. Akan tetapi sangat berbahaya jika jumlahnya sudah melebihi batas. Makanan yang tergolong mengandung kolesterol tinggi diantaranya adalah santan, mentega, keju, krim, dan gorengan.

✦ Konsumsi Minuman Alkohol

Kebiasaan buruk yang dapat memicu tingginya kolesterol adalah mengkonsumsi alkohol. Apapun jenis alkohol yang diminum, dapat meningkatkan trigliserida yang merupakan jenis lemak jahat. Semakin banyak yang diminum, semakin banyak pula produksi trigliserida yang dihasilkan. Akibatnya, penumpukan lemak terjadi pada dinding arteri dan menyebabkan gangguan kesehatan yang menjadi topik utama kita kali ini.

✦ Obesitas

Penyebab kolesterol yang diakibatkan obesitas sebenarnya secara tidak langsung terjadi. Artinya, obesitas selalu identik dengan lemak, dimana lemak juga suatu masalah yang berhubungan dengan kolesterol. Penyebab obesitas adalah dari konsumsi makanan yang berlebihan, pada umumnya makanan dengan kandungan lemak tinggi.

✦ Kurang Olahraga

Tubuh yang jarang bergerak atau melakukan olahraga juga menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi. Dengan berolahraga secara rutin, tubuh melakukan proses metabolisme dengan membakar lemak. Semakin sering olahraga, semakin kecil jumlah penumpukan lemak. Jika sebaliknya, maka besar kemungkinan lemak jahat berkumpul dan memenuhi dinding arteri.

✦ Faktor Penyakit

Ada beberapa penyakit yang juga menjadi salah satu pemicu tingginya kolesterol. Penyakit yang dimaksud diantaranya adalah darah tinggi, diabetes, liver, dan penyakit ginjal. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa tidak semua penyakit tersebut menjadi pemicunya. Jadi diperlukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab pastinya.

✦ Faktor Usia

Selain semua yang telah disebutkan diatas, faktor usia adalah penyebab yang tidak dapat dihindari. Meskipun demikian, sebenarnya masih bisa diminimalkan dengan pola hidup sehat. Kolesterol tinggi pada usia lanjut dikarenakan organ tubuh tidak lagi kuat untuk memproduksi zat penting, atau melakukan proses metabolisme untuk membakar lemak. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara ruin, kolesterol jahat dalam darah masih dapat ditekan.

Jenis Buah yang Membantu Menurunkan Kolesterol

Jenis Buah yang Membantu Menurunkan Kolesterol
Image by Kompas.com

Buah dikenal mempunyai kandungan serat tinggi. Selain itu juga banyak nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan vitaminnya juga cukup lengkap, mulai dari vitamin A, B, C, tergantung dari jenis buahnya. Lalu, apa saja jenis buah yang membantu menurunkan kolesterol dengan kandungan pentingnya

1. Apel

Apel
Image by Hellosehat.com

Mudah ditemukan, harganya juga terjangkau, siapa sangka jika apel juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan seratnya cukup tinggi, mencapai 3 hingga 7 gram untuk satu buahnya. Manfaat ini sudah diuji secara klinis dan terbukti mampu menurunkan kadar LDL dengan mengkonsumsi 2 buah apel sehari.

Apel juga berfungsi baik untuk menurunkan trigliserida akibat berbagai makanan atau minuman yang kurang baik dikonsumsi, seperti alkohol yang telah disebutkan diatas. Kandungan lain yang terdapat pada setiap apel adalah polifenol, yakni senyawa penting yang diyakini mempunyai dampak positif untuk masalah kolesterol.

2. Alpukat

Alpukat
Image by Sitindaonnews.com

Buah alpukat sebenarnya mengandung lemak, namun dari jenis lemak baik yang disebut dengan HDL. Nutrisi yang ada pada buah dengan daging dan kulit berwarna hijau ini cukup baik untuk menyehatkan jantung. Sebagai pengganti lemak atau untuk diet lemak, alpukat juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Menariknya, buah yang kebanyakan tumbuh di dataran tinggi ini dapat menurunkan lemak jahat tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik. Justru kandungan alpukat banyak terdapat lemak tak jenuh, yaitu sejenis lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Dalam 150 gram buah alpukat, terdapat lebih dari 14 gram kolesterol baik yang juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Buah Pir

Buah Pir
Image by Jovee.id

Jenis buah yang membantu menurunkan kolesterol lainnya adalah buah pir. Buah dengan rasa manis dam asam ini mengandung pektin atau serat. Fungsi utama kandungan tersebut adalah untuk mengikat kolesterol jahat dan dibuang melalui proses metabolisme. Tidak perlu banyak mengkonsumsi, asalkan secara rutin setiap hari. Paling tidak, anda harus mengkonsumsi dua buah pir dalam sehari. Alangkah baiknya jika anda juga menambahkan menu sayuran dalam program menurunkan dan menjaga kadar kolesterol tubuh.

4. Pepaya

Pepaya
Image by Halodoc.com

Hampir semua buah sangat baik untuk pencernaan, termasuk Pepaya. Selain baik untuk masalah tersebut, buah dengan tekstur lembut dan manis ini juga efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan penting berupa antioksidan tinggi membantu tubuh untuk menghambat proses oksidasi lemak di dalam pembuluh darah.

Kandungan antioksidan yang dimaksud adalah likopen, vitamin C, dan vitamin E. Anda bisa mengkonsumsi pepaya secara langsung, atau juga dikombinasikan dengan jenis buah lainnya yang dibuat jus. Akan tetapi sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan gula, apalagi pemanis buatan.

5. Jambu biji

Jambu Biji
Image by Okezone.com

Jambu biji juga merupakan salah satu jenis buah yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Buah yang berasa manis dan sedikit sepat ini mengandung berbagai zat penting untuk tubuh. Salah satu zat yang dimaksud adalah kalium yang tidak hanya efektif menurunkan kolesterol, namun juga membuat tekanan darah lebih stabil dan meningkatkan jumlah HDL.

Selain dengan manfaat utama tersebut, Jambu biji juga cukup baik untuk melindungi jantung dari bahaya radikal bebas karena kandungan antioksidan tingginya. Tidak sulit menemukan buah ini, anda bisa mencarinya di supermarket atau pasar tradisional dengan harga terjangkau. Silahkan anda konsumsi minimal 2 buah sehari untuk kadar kolesterol diatas normal.

6. Buah Beri

Image by Tokopedia.com

Semua jenis buah beri, strawberry, blueberry, dan blackberry, dipercaya sangat baik untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan menurunkan jumlahnya jika kelebihan. Kandungan serat tinggi yang mudah larut membuat buah ini sangat efektif untuk mengatasi masalah lemak. Cara kerjanya yakni dengan mengikat dan membuangnya melaui urine dan kotoran. Kandungan lain yang terdapat pada setiap buah berry yang telah disebutkan adalah antioksidan dan antiinflamasi.

7. Anggur

Anggur
Image by Orami.co.id

Kandungan utama anggur tidak jauh berbeda dengan buah berry yang telah disebutkan diatas. Serat yang mudah larut tersebut menyerap dengan baik kolesterol yang terserap usus halus sehingga dikatakan baik untuk menurunkan kadarnya. Jenis anggur yang paling baik adalah anggur merah yang juga dikenal mengandung antioksidan tinggi.

Seperti yang diketahui, antioksidan mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Dalam hal ini, senyawa tersebut sangat baik untuk meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL. Selain itu, anggur juga efektif menurunkan trigliserida sebagai penyebab tingginya kadar kolesterol.

8. Jeruk

Jeruk
Imagee by jawapos.com

Buah penurun kolesterol berikutnya sangat mudah ditemui di berbagai tempat, yaitu Jeruk. Sama dengan kandungan buah lain pada umumnya, jeruk mengandung serat mudah larut yang mampu mengikat lemak dalam darah. Selain bak untuk menurunkan kolesterol, jeruk juga dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara.

Pastinya anda juga tau bahwa buah jeruk terdapat kandungan vitamin C tinggi. Jenis vitamin tersebut sangat efektif meningkatkan produksi HDL dan menekan pertumbuhan LDL. Dengan demikian, fungsi HDL untuk menyalurkan lemak ke seluruh tubuh menjadi lebih efektif. Anda bisa mengkonsumsi jeruk setiap hari secara langsung maupun dibuat sebagai minuman.

9. Tomat

Tomat
Image by Alodokter.com

Ada dua jenis tomat, atau tomat sayur dan buah. Dari keduanya, yang paling baik untuk menurunkan kadar kolesterol adalah tomat buah. Ukurannya lebih besar dengan kandungan air lebih banyak. Tomat mempunyai kandungan senyawa penting yang disebut dengan lycopene. Kandungan tersebut memang tidak cukup baik menaikkan kadar HDL, namun sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat yang dikenal dengan LDL.

Manfaat ini juga sudah dibuktikan dan dipublikasikan melalui jurnal ternama, yaitu British Journal of Nutrition. Meskipun dikatakan tidak dapat menaikkan kadar HDL, namun buah ini mampu membuat fungsinya menjadi lebih kuat sehingga proses oksidasi dalam darah tidak terjadi.

10. Kiwi

Kiwi
Imagee by m.merdeka.com

Kiwi mengandung berbagai macam zat dan senyawa yang baik untuk tubuh. Senyawa yang dimaksud adalah kalium, natrium, dan protein. Menariknya, buah yang mempunyai daging berwarna hijau dan biji hitam ini tidak mengandung kolesterol sama sekali. Rasnya memang sedikit asam, namun dibalik itu mempunyai manfaat penting untuk menaikkan kadar HDL sekaligus menurunkan jumlah LDL.

Penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan bahwa buah kiwi mengandung gel yang menghambat usus untuk menyerap kolesterol. Selain itu, kiwi juga baik untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Mengkonsumsi nya setiap hari selama 10 hari terbukti membuat stabil kolesterol dalam darah. Anda bisa langsung mengkonsumsi nya atau dibuat minuman, seperti buah lain pada umumnya.

Itulah berbagai macam buah yang membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Meski telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, namun ada baiknya jika anda konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak terjad hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi jika dalam waktu bersamaan juga mengkonsumsi obat dari dokter, karena bisa jadi ada reaksi yang justru membahayakan.