10 Tips Flawless Makeup yang Mudah untuk Pemula

10 Tips Flawless Makeup yang Mudah untuk Pemula

Makeup dengan gaya flawless saat ini menjadi trend karena terlihat sempurna dan natural. Baik remaja maupun paruh baya, hampir semuanya menggunakan gaya makeup ini. Flawless bisa diartikan tanpa cela. Artinya, riasan wajah yang didapat terlihat merata dan tampak mulus. Tentu ada tips flawless makeup yang mudah dan bisa diterapkan meskipun anda termasuk pemula.

Jika dilihat dari pengertian sederhana diatas, teknik ini tidak cocok bagi pemilik kulit berjerawat. Pasalnya, untuk menutupi jerawat tentu bukan hal yang mudah. Hasilnya juga tidak terlalu mulus jika dibandingkan dengan kulit yang memang pada dasarnya sudah halus. Bagaimana dengan bekas jerawat? Soal ini tidak masalah karena banyak jenis makeup yang dapat menutupinya.

Meskipun terlihat natural, namun flawless makeup masih terlihat modern. Jadi tidak ada kesan ketinggalan zaman ketika anda menggunakan teknik riasan wajah ini. Selain itu juga terasa ringan sehingga hampir tidak menggunakan makeup sama sekali. Meski demikian, tidak banyak yang tau bagaimana tips flawless makeup yang mudah dan mendapatkan hasil optimal.

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu
Image by Halodoc.com

Setiap penggunaan makeup, baik teknik flawless atau ala Korea, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting untuk mengangkat kotoran, baik dari sisa makeup sebelumnya atau debu yang menempel. Membersihkan wajah bisa dengan facial wash atau sabun cuci muka khusus.

Akan tetapi yang harus diperhatikan yakni menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Selain facial wash, anda bisa menggunakan toner sebagai alternatif. Menggunakan keduanya juga tidak masalah karena ada jenis toner yang dilengkapi dengan pelembap sehingga memberikan efek yang baik ketika makeup.

Ketika kotoran di wajah terangkat sempurna, mengaplikasikan makeup bisa jadi lebih mudah. Manfaat lain yang didapat yakni makeup dapat dengan mudah menempel pada kulit. Dari semua manfaat langkah ini, yang paling penting yaitu menghasilkan riasan yang merata dan terlihat lebih halus.

2. Gunakan Primer untuk Menyamarkan Pori-pori

Pakai Primer Makeup
Image by Suara.com

Setelah melakukan langkah diatas dan yakin bahwa wajah benar-benar bersih, lanjutkan dengan mengaplikasikan primer. Tips flawless makeup kali ini berfungsi agar pori-pori kulit terlihat lebih samar dan juga kecil. Selain itu, makeup yang menempel akan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Primer pada umumnya berfungi untuk meratakan warna kulit yang kemerahan atau bekas jerawat yang menghitam. Bahan primer kebanyakan mempunyai kandungan yang mampu melembapkan kulit sepanjang hari. Bukan hanya itu, manfaat penting yang didapat dari langkah ini yakni kulit terlihat lebih halus dan lembut.

Tentunya anda ingin makeup lebih tahan lama bukan? Maka dari itu, silahkan gunakan primer silicone agar tidak selau mengaplikasikan ulang makeup. Agar mendapat hasil natural, pilih produk dengan warna sesuai dengan kulit. Jangan terlalu mencolok apabila tidak ingin riasan terlihat menor.

3. Pakai Foundation Cair

Beri Foundation Supaya Lebih Tahan Lama
Image by Fimela.com

Tips flawless makeup yang mudah untuk pemula berikutnya adalah dengan mengaplikasikan foundation. Produk skincare ini umum digunakan dan banyak merek yang bisa didapatkan. Fungsi utamanya untuk meratakan warna kulit sebelum menggunakan produk makeup lainnya. Selain itu, noda hitam dan bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan foundation.

Dalam hal warna, silahkan pilih produk yang mempunyai tingkat kecerahan diatas warna kulit anda. Jangan terlalu cerah, setidaknya satu tingkat saja sudah cukup. Hal ini dilakukan agar riasan terlihat natural, dan tentunya tampak flawless. Fokus pada beberapa titik utama, yakni dahi, pipi, hidung, dan dagu. Berikutnya, anda bisa meratakan dengan kuas atau spons khusus.

Ada beberapa jenis foundation, yaitu padat, krim, dan cair. Usahakan memilih tekstur cair karena lebih mudah diaplikasikan dan diratakan. Apalagi jika anda tergolong pemula, foundation cair tentu banyak membantu dalam menghasilkan riasan terlihat flawless. Akan tetapi jika bentuk cair masih terlalu sulit, silahkan gunakan cushion.

4. Lengkapi dengan Concealer Supaya Warna Kulit Lebih Merata

Lengkapi dengan Concealer Supaya Warna Kulit Lebih Merata
Image by Tokopedia.com

Salah satu produk makeup yang harus dipunyai wanita modern yakni concealer. Fungsinya hampir mirip dengan foundation, yakni untuk menyamarkan noda hitam pada kulit. Menggunakan produk kecantikan ini dengan benar dapat menjadikan warna kulit lebih merata. Beberapa bagian yang harus diperhatikan yakni area di sekitar mata dan noda hitam atau bekas jerawat.

Concealer juga merupakan tips flawless makeup yang harus dilakukan ketika fungsi dari foundation belum terlalu efektif. Anda bisa memfokuskan pada bagian kulit yang berbeda dengan warna kulit asli. Seperti bekas jerawat, mata panda, dan juga kantung mata. Pemilihan warna concealer juga harus diperhatikan, jangan sampai terlau mencolok perbedaannya dengan warna kulit asli.

Meskipun hampir sama dengan foundation, namun tidak ada salahnya jika anda mengaplikasikan produk makeup ini supaya mendapatkan hasil lebih sempurna. Tekstur concealer yang lebih kental tentunya lebih mudah diaplikasikan bagi pemula maupun yang sudah advance dalam hal makeup.

5. Lanjutkan dengan Bedak Tabur

Taburkan Bedak Terbaik
Image by Bp-guide.id

Bedak tabur mampu menyempurnakan tips makeup yang mudah untuk pemula yang sedang kita bahas kali ini. Kenapa harus memilih bedak tabur? Alasannya simpel, yakni mudah dalam mengaplikasikan nya. Lain halnya dengan bedak padat, cukup sulit untuk membuat kulit lebih merata, apalagi setelah menggunakan concealer.

Dari banyaknya bedak yang bisa ditemukan, pastikan bahwa anda memilih warna yang tidak terlalu cerah. Pilih yang memberikan finishing satin agar kesan dewy semakin terlihat. Dalam hal kandungannya bebas, asalkan sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Hal yang terpenting yakni memilih bedak tabur yang tahan lama agar adan tidak perlu menggunakannya lagi setelah beberapa jam.

Manfaat penting dai bedak tabur yaitu untuk menyerap minyak berlebih. Bagi kulit berminyak, menggunakan produk makeup ini sangat penting agar kulit tidak tampak kusam. Fungsi lan yang didapat yakni melindungi kulit dari panas sinar matahari secara langsung. Supaya terlihat natural, oleskan tipis dan merata pada semua bagian wajah.

6. Blush On Untuk Tampil Lebih Fresh

Blush On Untuk Tampil Lebih Fresh
Image by Herstory.co.id

Blush on atau yang juga dikenal dengan perona pipi termasuk salah satu hal penting agar makeup tampak flawless. Peran blush on sangat penting untuk mendapatkan tampilan lebih fresh dan segar sepanjang hari. Produk ini juga memberikan kesan awet muda, jadi cocok digunakan bagi anda yang dengan usia yang tidak lagi muda.

Lain hal nya dengan tips flawless makeup yang telah disebutkan diatas, dimana hampir semuanya diusahakan menggunakan warna natural. Untuk kali ini berbeda, lebih disarankan memilih warna blush on yang cerah. Meski demikian, warna yang dimaksud tidak akan menghilangkan kesan natural. Warna terbaik untuk kulit putih yakni pink atau orange terang. Bagi pemilik kulit sedikit gelap, warna cokelat terang lebih cocok menjadi pilihan utama.

Mengaplikasikan blush on sangat mudah, cukup oleskan tipis pada area pipi. Utamakan tulang pipi dengan memberinya sedikit tebal agar kesan warnanya juga berbeda. Gunakan kuas dan sapukan dari arah belakang ke depan dan berakhir ke bagian tulang pipi paling ujung.

7. Bentuk Alis Natural

Bentuk Alis Secara Natural dan Tambahkan dan Eyeshadow
Image by Review.bukalapak.com

Menggunakan alis pada salah satu flawless makeup sangat penting, terutama bagi pemilik alis tipis. Meskipun anda memiliki bulu alis tebal, tidak ada salahnya menambahkan pensil alis untuk mendapatkan hasil lebih sempurna. Menggunakan alis pada langkah makeup dapat memberikan kesan berbeda, namun tetap terlihat natural.

Kali ini harus disesuaikan dengan warna kulit supaya hasilnya terlihat lebih natural. Akan tetapi pada umumnya, pensil alis warna cokelat dapat digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Tidak perlu terlalu tebal dalam menggambar alis, cukup gunakan tipis saja. Selain itu, usahakan tetap pada bentuk alis aslinya. Jika tidak, anda akan kehilangan kesan natural.

Pertama, rapikan alis menggunakan spoolie brush atau alat lainnya yang masih berhubungan. Kemudian gambar alis sesuai dengan jalur bulu aslinya. Supaya terlihat lebih rapi, pastikan anda menyisir kembali dengan spoolie brush. Lakukan secara perlahan dan santai agar hasilnya tidak mengecewakan.

8. Teknik Puppy Eyeliner

Teknik Puppy Eyeliner
Image by M.dream.co.id

Gunakan teknik puppy eyeliner sebagai kelanjutan dari tips flawless makeup yang mudah berikutnya. Bentuk puppy eyeliner cukup trend saat ini, terutama bagi remaja yang mengidamkan penampilan natural. Silahkan memilih warna eyeliner hitam atau cokelat terang agar terlihat lebih natural dan flawless.

Tujuan dari teknik riasan wajah kali ini yakni untuk memberikan kesan bentuk mata yang lebih panjang. Bentuk mata yang panjang mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Pilihan terbaik untuk mendapatkan hasil sempurna yakni menggunakan produk eyeliner dengan kuas presisi. Sapukan perlahan pada area garis diatas kelopak mata. Tidak perlu tebal, cukup tipis saja asalkan terdapat perbedaan dengan aslinya.

9. Melentikkan Bulu Mata dengan Maskara

Melentikkan Bulu Mata dengan Maskara
Image by Beautynesia.id

Tidak perlu menggunakan bulu mata palsu, hal tersebut justru memberikan kesan tidak natural. Cukup gunakan maskara sebagai penggantinya dan dapat memberikan kesan flawless pada riasan. Teknik ini secara tidak langsung dapat memberikan kesan wajah terlihat fresh. Selain itu, menggunakan maskara juga cocok bagi pemilik mata sipit, dimana dapat memberikan kesan lebih lebar atau besar.

Tentunya ada teknik menggunakan maskara agar hasilnya sempurna. Ketika pandangan anda tegak ke depan, silahkan oleskan perlahan secara zig-zag. Cara tersebut cukup baik untuk menghasilkan maskara lebih merata dan tidak menggumpal ketika dioleskan. Cukup oleskan dua atau tiga kali agar tidak terlalu mencolok dan menghilangkan kesan flawless.

10. Oleskan Lipstik Berwarna Cerah

Gunakan Lipstik atau Lip Cream
Image by Wolipop.detik.com

Apakah menggunakan lipstik berwarna cerah tidak menghilangkan kesan natural? Secara teknis tidak, karena lipstik tidak mempengaruhi riasan wajah secara keseluruhan. Justru dengan menggunakan warna cerah, tips makeup flawless yang diterapkan tidak terlihat pucat. Warna terbaik dan menjadi pilihan utama yakni coral, pink, peach, atau plum.

Untuk warna bold sebaiknya anda hindari karena terkesan lebih mencolok. Cukup oleskan tipis pada bibir yang sebelumnya diberikan pelembap khusus bibir. Apabila anda kurang suka menggunakan lipstik, silahkan pilih lip cream atau produk sejenis pewarna bibir. Langkah ini hanya berfungsi untuk memberikan warna pada bibir agar terlihat lebih natural dan flawless. Jadi tidak masalah jika anda menggunakan pewarna bibir apapun sesuai keinginan.

Itulah beberapa tips flawless makeup yang mudah untuk pemula. Dari semua penjelasan diatas tentu anda tidak kesulitan ketika menerapkannya. Agar lebih tahan lama, gunakan setting spray dan juga produk riasan wajah yang awet. Tidak wajib, namun lebih baik dilakukan daripada anda harus mengaplikasikan ulang beberapa langkah diatas.