Cara Diet Telur Rebus yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Cara Diet Telur Rebus yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Berbagai cara dan inovasi terus dilakukan dalam mengatasi masalah berat badan. Diet, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan masalah tersebut. Seperti yang diketahui, banyak sekali jenis diet dengan tujuan menurunkan berat badan. Baik itu diet dengan air putih, atau dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein. Seperti halnya diet telur yang menjadi bahasan utama kali ini.

Pada dasarnya, diet telur mengambil ilmu berdasarkan dari program diet Keto, yakni dengan memperbanyak konsumsi protein. Namun untuk kali ini, protein yang didapat khusus dari bahan telur saja, tidak ada dari jenis lain. Apakah efektif? Jika dilihat dari tingkat keberhasilan pada diet Keto, maka diet telur rebus bisa dikatakan cukup efektif. Namun dengan catatan anda melakukannya dengan benar, baik dari jenis telur maupun metodenya.

Telur termasuk salah satu jenis sumber makanan hewani yang kaya akan protein namun rendah kalori dan karbohidrat. Jenis makanan yang sering didapat dari hewan unggas ini cukup populer dan mudah ditemukan. Cara pengolahannya juga tidak merepotkan, apalagi jika dikhususkan untuk diet, dimana hanya perlu direbus saja. Selain itu, telur juga mengandung cukup gizi yang dibutuhkan tubuh, sebut saja vitamin, kalsium dan mineral.

Bukan hanya untuk diet yang ampuh turunkan berat badan, konsumsi telur secara rutin juga bisa menambah masa otot. Jadi selain langsing, tubuh anda juga tetap berisi, bukan langsing kurus kering tentunya. Umumnya, diet menggunakan bahan utama telur juga harus diimbangi dengan diet air putih agar hasilnya lebih maksimal.

Alasan Telur Rebus Ampuh Turunkan Berat Badan

Alasan Telur Rebus Ampuh Turunkan Berat Badan
Image by Nelliesfreerange.com

Mungkin ada pertanyaan yang masih belum terjawab dari sedikit penjelasan di atas mengenai cara kerja telur rebus yang dapat menurunkan berat badan. Pada bagian ini, anda akan tau secara gamblang bagaimana proses dan cara kerjanya!

✦ Rendah Kalori dan Tinggi Protein

Sedikit disinggung diatas bahwa telur mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu juga rendah kalori, sehingga kemungkinan tubuh gemuk tidak akan terjadi meskipun mengkonsumsi telur setiap hari dalam jumlah tertentu. Kandungan karbohidratnya juga tidak bisa dikatakan banyak, sehingga tubuh bisa memprosesnya lebih cepat.

Apakah anda tau bahwa inti dari banyak program diet yang ada yakni dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak kalori? Normalnya, jumlah kalori yang harus dikurangi untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 1kg dalam seminggu yakni 500 kalori setiap hari. Sedangkan satu telur rebus mengandung 70 kalori, dengan rincian 17 kalori pada bagian putihnya, sisanya ada di bagian kuning telur.

Meskipun tergolong kecil, namun proses masak telur yang salah justru bisa meningkatkan jumlah kalori yang dikandungnya. Salah satu proses yang dimaksud adalah dengan cara digoreng dengan minyak atau mentega. Maka dari itu, konsumsi telur yang paling bagus untuk program diet ialah dengan cara direbus.

✦ Kenyang Lebih Lama

Pernahkah anda makan sebutir telur ketika perut terasa lapar? Apa yang anda rasakan saat itu? Tentu sudah kenyang bukan? Itulah yang menjadikan telur cukup efektif dijadikan program diet. Dengan rasa perut yang cepat kenyang dan membuatnya bertahan lebih lama, anda bisa mengontrol nafsu makan yang notabene sangat berbahaya untuk program diet.

Rasa terebut tidak serta-merta anda dapatkan begitu saja tanpa alasan yang jelas. Kandungan protein tinggi, itulah penyebab utama kenapa anda merasa kenyang lebih lama. Bahkan ada penelitian yang dilakukan dalam membuktikan hal itu, yaitu membandingkan beberapa orang yang sarapan telur, dengan beberapa orang lainnya yang sarapan makanan rendah protein. Hasil yang didapat membuktikan kebenaran bahwa lebih lama kenyang makan telur dari pada roti, yang mana kandungan proteinnya rendah.

✦ Meningkatkan Metabolisme

Ternyata tidak hanya membuat kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi telur secara rutin, melainkan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan protein mampu meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 15 – 30 persen dari normalnya. Jumlah tersebut tentu sangat jauh jika dibandingkan makanan yang mengandung lemak maupun karbohidrat yang masing-masing hanya 3% dan 5% saja.

Agar mendapat hasil lebih maksimal, anda bisa mengimbangi dengan olahraga teratur dan juga minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, yakni minimal 8 gelas sehari. Dengan demikian, kalori yang ada di dalam tubuh akan dibakar sempurna sehingga berat badan semakin menurun.

Jenis Diet Telur Rebus

Jenis Diet Telur Rebus
Image by Everydayhealth.com

Sebagian besar menganggap bahwa diet telur hanya membolehkan konsumsi telur sebagai asupan sehari-hari. Hal ini tidak benar, karena yang dimaksud yakni diutamakan mendapatkan sumber protein dari jenis telur. Artinya, anda masih bisa mengkonsumsi jenis makanan lain seperti sayuran, ikan dan buah-buahan.

Beberapa aliran diet yang hanya mengkonsumsi telur sehari-hari sangat tidak disarankan dan juga banyak ahli gizi yang melarangnya. Hal ini dikarenakan tubuh bisa kekurangan gizi, karena hanya asupan protein yang masuk. Diet ini lebih dikenal dengan diet mono, yang mana hanya air putih yang menjadi teman makan telur rebus terebut.

Jika diteliti lebih mendalam, ada dua jenis diet telur rebus yang bisa ditemui. Keduanya hampir mirip, hanya makanan pendamping yang membedakannya. Berikut jenis program diet telur yang dimaksud!

✦ Diet Telur Rebus Tradisional

Diet tradisional dengan metode telur rebus lebih banyak diminati karena lebih mudah dan sifatnya tidak mengikat. Aliran diet telur yang satu ini masih membolehkan konsumsi makanan yang juga mengandung sumber protein lain, seperti ikan dan daging. Akan tetapi porsi dan jumlahnya harus lebih sedikit dari pada telur yang masuk.

Makanan dari sayur dan buah juga masih diperbolehkan, bahkan yang mengandung karbohidrat, namun tentunya yang tidak terlalu tinggi. Untuk makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi, ubi, dan roti, aliran ini melarang keras dan tidak boleh dikonsumsi sama sekali selama program diet berjalan.

Bagi anda yang doyan camilan, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Hal itu juga menjadi salah satu larangan dari diet telur rebus tradisional. Anda hanya diperbolehkan minum air putih sebagai pengganti camilan.

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk jenis diet yang satu ini yakni selama 14 hari, atau 2 minggu tepat. Jika hasilnya kurang maksimal, anda bisa melakukannya lagi setelah sesi yang dijalani selesai dan di beri jarak 1 atau dua minggu. Tidak disarankan untuk menambah durasi, karena ditakutkan tubuh kekurangan asupan gizi.

✦ Diet Telur Grapefruit

Tidak jauh berbeda dengan jenis diet telur diatas, pembeda nya hanya dari tambahan makanan yang diwajibkan, yakni jeruk bali merah (Grapefruit). Aliran diet grapefruit mewajibkan pelakunya untuk menambah jeruk bali alam setiap menu makanannya.

Sebagai gantinya, jumlah telur yang dikonsumsi harus dikurangi. Misalkan pada diet tradisional diatas menggunakan 2 butir telur, untuk diet yang satu ini hanya cukup 1 butir telur saja. Hal ini dikarenakan adanya asupan lain berupa jeruk bali yang bisa mengganti setengah dari porsi telur yang hilang.

Sedangkan untuk makanan sumber protein lain juga masih diperbolehkan, dengan catatan tidak terlalu banyak. Adapun jika anda menggunakan daging sebagai sumber protein lain, dianjurkan memilih daging merah tanpa lemak.

Menu Diet Telur Rebus yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Menu Diet Telur Rebus yang Ampuh Turunkan Berat Badan
Image by 1-moda.com

Setelah anda mengetahui alasan telur rebus dapat menurunkan berat badan, juga mengetahui jenis diet telur yang bisa ditemukan, saatnya kali ini mengetahui menu diet yang dimaksud. Penting untuk mengetahui menu diet telur rebus agar mendapatkan hasil lebih optimal. Selain itu, diet yang dilakukan juga stabil dengan menu makanan yang sudah di jadwal sebelumnya.

Bagi anda yang masih pertama kali menjalankan program diet telur dan bingung memilih menu makanan selama tujuh hari, berikut kami sediakan menu yang pasti ampuh dengan bahan yang mudah ditemukan!

Hari Pertama

Saat sarapan dihari pertama, dianjurkan mengkonsumsi 2 butir telur dan buah-buahan. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan sumber energi di pagi hari dan juga serat yang cukup. Sedangkan saat makan siang, anda cukup konsumsi 1 butir telur dengan roti isi atau roti gandum. Menjelang tidur, makan 2 butir telur dengan lalap salad mentah.

Hari Kedua

Makan 2 butir telur dan 1 buah apel saat sarapan untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima. Saat makan siang bisa dengan 1 butir telur saja dengan potongan keju dan tomat. Sedangkan di malam hari, makan lagi 2 telur rebus dengan sayur bayam.

Hari Ketiga

Konsumsi 2 butir telur dan sayuran hijau, bisa bayam atau salad. Pada saat siang hari, cukup makan 1 butir telur dan buah. Malam harinya tidak jauh berbeda dengan sarapan, anda bisa makan 2 butir telur yang dibarengi dengan buah-buahan.

Hari Keempat

Anda bisa mengkonsumsi 2 butir telur pada hari keempat yang didampingi dengan buah. Siang hari cukup makan 1 butir telur rebus dengan sayuran hijau setengah matang. Selanjutnya di malam hari, anda bisa konsumsi tanpa kehadiran telur, melainkan ikan dan yang ditemani dengan salad.

Hari Kelima

Seperti biasa, makan 2 butir telur dengan buah pada saat sarapan. Di siang hari cukup konsumsi buah-buahan dan sayuran. Sebagai gantinya, anda bisa makan telur dan juga ayam yang dikukus dengan salad.

Hari Keenam

Pada hari keenam, masih tetap sama untuk menu utama di pagi hari, yaitu 2 butir telur dan buah-buahan. Makan siang cukup berbeda, anda bisa konsumsi 1 butir telur dengan ayam sekaligus. Untuk makan malam cukup 1 butir dan sayuran hijau yang dikukus setengah matang.

Hari Ketujuh

Dua butir telur rebus dan buah jeruk untuk mengawali aktivitas di pagi hari rasanya cukup untuk hari terakhir program diet. Saat makan siang, hanya buah-buahan yang boleh masuk ke dalam tubuh sebagai nutrisi utama. Sedangkan di malam hari, lengkapi menu dengan 2 butir telur, salad, buah dan juga jus sebagai minumannya.

Program diet telur rebus yang anda lakukan setidaknya harus berjalan selama 14 hari untuk mendapatkan hasil optimal. Oleh karena itu, anda bisa mengulangi menu diatas selama dua minggu. Tidak menutup kemungkinan anda ingin mengganti menu seperti yang diberikan, namun tetap harus memilih dari ketiga jenis makanan yang ada, yakni telur, sayur, buah dan juga ikan atau daging.