15 Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe

Ketombe kerap kali menjadi masalah yang dapat mengganggu aktivitas seharihari. Namun tidak usah khawatir, ada beberapa bahan alami yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Ketombe menjadi salah satu momok yang membuat rasa percaya diri Anda menjadi turun. Gangguan pada kulit kepala ini kerap kali dipicu oleh beberapa hal seperti, kulit kepala kering, perkembangan jamur, reaksi alergi, hingga stres. Untuk menghilangkan ketombe, tidak ada salahnya jika menjajal bahan alami. Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut!

1. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Credit: Herstory.co.id

Asam pada cuka apel dipercaya dapat membantu untuk menstimulasi pelepasan sel kulit mati di kulit kepala. Selain itu, kandungan asamnya akan ampuh untuk menyeimbangkan pH sehingga mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Kandungan asam ini sangat baik jika digunakan untuk mengatasi masalah gangguan kulit kepala.

Untuk menghilangkan ketombe secara alami, Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air dan semprotkan secara menyeluruh di kulit kepala. Setelah itu, bungkus dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Jika sudah mendiamkan beberapa saat, Anda harus mencuci rambut seperti biasa menggunakan produk shampo.

Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa mengulangi cara seperti ini setiap hari dalam kurun waktu seminggu. Tetapi, Anda juga harus berhati hati saat mengaplikasikannya. Jangan sampai cairan cuka ini mengenai mata karena akan membuat iritasi. Selain itu, kulit kepala juga akan terasa perih ketika terkena campuran air dengan cuka apel.

Tidak berhenti sampai di situ saja, ada cara lain yang bisa Anda coba selain menggunakan campuran air. Yaitu dengan menggunakan pisang yang dihaluskan dengan cuka apel. Lalu, oleskan secara merata ke rambut seperti mengenakan masker. Biarkan selama kurang lebih dua puluh menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Kombinasi cuka apel dan pisang ini bukan hanya mengobati ketombe yang membandel. Tetapi kandungan vitamin seperti B dan C di dalam pisang akan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, kandungan tersebut juga akan menjaga kulit kepala agar tetap sehat dan terjaga dengan baik. Sehingga Anda akan terbebas dari gangguan kulit kepala.

2. Baking Soda

Baking Soda
Image Credit: Healthline.com

Sebagai salah satu bahan alami, baking soda lebih dikenal untuk pembuatan kue. Meskipun begitu, banyak manfaat lain dari bahan dapur ini, khususnya untuk kecantikan. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk mengatasi masalah kulit kepala kering. Tidak heran bahan ini sering dimanfaatkan oleh orang orang yang memiliki kulit kepala sensitif.

Baking soda memiliki kandungan yang cukup efektif untuk menghilangkan ketombe membandel. Sifat exfoliant yang ringan ini mampu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi kulit gatal akibat ketombe. Tidak berhenti sampai di situ saja, soda kue juga mengandung anti jamur yang mampu mengusir ketombe hilang seketika.

Untuk mengaplikasikan ke kulit kepala, Anda bisa membasahi rambut terlebih dahulu. Kemudian gosokkan segenggam baking soda ke kulit kepala. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih. Selain itu, Anda bisa mencampurkannya dengan sampo untuk digunakan mencuci rambut.

Jangan khawatir setelah menggunakan bahan baking soda, karena biasanya rambut akan terasa kering di awal awal. Namun seiring berjalannya waktu, kulit kepala akan memproduksi minyak alami. Hal tersebut akan membuat rambut terasa lebih lembut dan yang paling penting rambut Anda terbebas dari ketombe.

3. Madu

Madu
Image Credit: Klikdokter.com

Madu merupakan bahan makanan dan obat obatan yang sudah digunakan sejak peradaban paling awal. Kandungan yang ada di bahan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk gangguan pada kulit kepala. Selain bersifat anti mikroba yang menyejukkan kulit kepala, madu bisa menyeimbangkan pH kulit kepala.

Karena tekstur madu yang cukup lengket dan ketal, maka larutkan dengan air sebelum menggunakannya di kepala. Agar kandungan madu lebih meresap ke dalam kulit kepala, sebaiknya untuk memijat kulit kepala dengan menggunakan jari jari Anda. Langkah ini bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kombinasi bahan minyak zaitun, minyak kelapa, dan yogurt hingga mendapatkan konsistensi yang tepat. Oleskan kulit kepala dan pijat dengan lembut selama kurang lebih sepuluh menit. Biarkan sebentar lalu bilas dengan menggunakan air seperti biasa.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Image Credit: Honestdocs.id

Bahan ampuh lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu minyak zaitun. Menggunakan minyak ini semalaman akan menjadi cara efektif untuk mengatasi ketombe. Pijatkan sekitar kurang lebih 10 tetes minyak zaitun ke kulit kepala. Lalu tutup dengan shower cup semalaman. Ketika esok harinya Anda bisa mencuci rambut seperti biasa menggunakan sampo.

Minyak zaitun ini bekerja dengan dua cara untuk mengatasi gangguan kulit kepala. Yang pertama, minyak zaitun akan melembapkan kulit kepala yang kering agar tidak mengelupas. Sedangkan cara kerja yang kedua, minyak zaitun akan meresap ke area kulit kepala yang bersisik dan tebal. Sehingga akan mencegah timbulnya ketombe terus menerus.

Selain menggunakan minyak zaitun yang diaplikasikan langsung ke kulit kepala, Anda juga bisa mencampurkan beberapa bahan tambahan lainnya. Salah satu bahan alami yang bisa ditambahkan adalah bubuk daun Nimbar. Campurkan daun tersebut dengan beberapa tetes minyak zaitun.

Setelah menyiapkan bahan tersebut, Anda bisa menggosokkan ke kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Lalu cuci rambut dengan sampo dan gunakan kondisioner sebelum membilasnya hingga bersih. Dengan kombinasi daun Nimbar dan minyak zaitun membuat kian efektif untuk membasmi masalah kulit kepala.

5. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Credit: Kompas.com

Untuk mengusir ketombe, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti bawang putih. Sifat antimikroba pada bawang putih ampuh untuk membasmi bakteri penyebab ketombe. Untuk menggunakannya, Anda harus menghaluskan beberapa siung bawang putih. Lalu campurkan bahan lain seperti madu untuk mengurangi aroma bawang yang terlalu kuat.

Kemudian, pijatkan campuran ini ke kulit kepala yang dirasa gatal. Namun, jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, maka bisa mengaplikasikan bahan tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala. Lalu, biarkan selama kurang lebih 15 menit sebelum mencuci rambut seperti biasa. Lakukan cara ini setiap pagi sebelum mandi untuk menghilangkan ketombe.

6. Jeruk Lemon

Lemon
Image Credit: Newhope.com

Ketombe tidak akan kembali datang jika Anda mengatasinya dengan lemon. Bahan ini sangat ampuh untuk mengusir ketombe membandel pada kulit kepala karena kandungan asam dan vitamin C yang ada di buah ini. Selain itu, penggunaan jeruk lemon akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Cukup dengan mengoleskan dua sendok makan perasan jeruk lemon ke kulit kepala dan bilas dengan air, maka ketombe akan hilang. Anda bisa mengulanginya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Keasaman lemon ini dapat menyeimbangkan kulit kepala sehingga tepat dijadikan sebagai solusi mengatasi ketombe.

7. Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Gel lidah buaya banyak ditambahkan pada produk kecantikan karena memiliki sifat antibakteri dan anti jamur. Bahan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai cara alami untuk menghilangkan gangguan kulit kepala. Kandungan exfoliant ini bisa menghilangkan sel kulit mati sehingga tidak akan memicu munculnya ketombe.

Anda bisa menggunakan bahan ini dari tumbuhan lidah buaya atau produk kecantikan yang mengandung gel lidah buaya murni tanpa campuran. Kemudian, oleskan saja ke kulit kepala sebelum keramas. Diamkan rambut Anda sejenak sekitar 10 hingga 20 menit, lalu cuci rambut dengan sampo hingga benar benar bersih.

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan secara teratur. Misalnya di pagi hari atau sore hari saat mandi. Pengaplikasian yang tepat dan teratur akan membuahkan hasil terbaik untuk mengatasi masalah kulit kepala. Selain menghilangkan ketombe pada rambut, efek mendinginkan dari lidah buaya dapat mengurangi gatal berlebih.

8. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan kulit kepala karena dapat menembus jauh ke dalam epidermis dan bekerja dari dalam. Hasil ekstraksi dari kelapa ini mengandung banyak sekali kandungan yang bermanfaat, seperti asam lemak. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengobati ketombe yang membandel

Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai cara ampuh menghilangkan gangguan kulit kepala, pertama cuci rambut dengan sampo. Setelah memastikan rambut benar benar bersih, Anda harus menunggu rambut agar kering. Hindari penggunaan kondisioner, sebab akan menghambat meresapnya minyak kelapa ke kulit kepala.

Untuk mengaplikasikannya, Anda dapat menggunakan tiga sampai lima sendok makan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan ke kulit kepala secara merata dan diamkan sekitar satu jam. Cuci rambut seperti biasa dengan menggunakan sampo. Anda akan merasakan perubahan pada kondisi rambut dan kulit kepala yang semakin lembut.

9. Garam

Garam
Image Credit: Life.trubus.id

Ada bahan dapur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi ketombe yaitu garam dapur. Tekstur garam yang kasar akan cocok digunakan sebagai cara alami mengusir masalah kulit kepala. Garam akan bekerja untuk menghilangkan sel sel kulit mati yang ada di kepala dan mencegah timbulnya ketombe.

Anda bisa menggosokkan garam ke kulit kepala dalam kondisi kulit kering. Lalu dilanjutkan dengan pijatan yang lembut untuk menghilangkan kulit kering. Setelah itu, Anda harus membersihkan tumpukan sel kulit mati dengan keramas. Untuk hasil terbaik, Anda dapat melakukan sebelum mandi di pagi hari selama kurang lebih 10 menit.

10. Jahe

Jahe
Image Credit: Klikdokter.com

Siapa sangka jahe yang umumnya dijadikan bahan minuman atau bumbu masakan bisa bikin ketombe menghilang dalam sekejap. Sifat anti inflamasi yang dimiliki jahe mengurangi rasa gatal berlebih akibat ketombe. Selain itu, kandungan seperti minyak atsiri di jahe cukup efektif sebagai salah satu bahan yang dapat mengusir ketombe.

Penggunaan bahan alami ini bisa diaplikasikan dengan mudah. Cara pertama adalah kupas jahe sampai bersih dan parut sampai halus. Tidak berhenti sampai di situ saja, sebab Anda harus mengambil sari jahe dengan kain katun. Lalu campurkan dengan minyak wijen dan pijat ke kulit kepala dengan lembut. Diamkan beberapa saat, kemudian cuci dengan sampo hingga bersih.

11. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
Image Credit: Liputan6.com

Bukan hanya sari jeruk lemon saja yang efektif sebagai cara alami pengusir masalah kulit kepala, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit kepala. Yang perlu Anda lakukan hanya dengan menghaluskan kulit jeruk dan jus lemon menggunakan food processor. Kemudian oleskan dengan lembut ke area kulit kepala dan biarkan selama 30 menit.

Jika ketombe di kulit kepala Anda cukup membandel, sebaiknya gunakan bahan ini secara teratur. Ulangi sekitar dua sampai tiga kali seminggu dan akhiri dengan keramas seperti biasa. Kulit jeruk yang memiliki sifat asam akan membantu mengurangi minyak berlebih yang mengakibatkan ketombe. Sehingga akhirnya akan mengobati masalah kulit kepala.

12. Apel

Apel
Image Credit: Hellosehat.com

Apel juga bisa digunakan untuk membasmi ketombe yang cukup membandel. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan apel dan ambil sarinya. Oleskan sari apel tersebut ke kulit kepala. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian cuci kulit kepala dengan sampo berformula ringan.

Apel mengandung procyanidin B-2 yang dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Pasalnya ketombe yang tidak diobati pada akhirnya akan menyebabkan rambut rontok. Apel berperan dalam menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat. Pastikan untuk mengaplikasikan kandungan bahan ini secara teratur agar mendapat hasil yang optimal.

13. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Selain minyak kelapa dan zaitun Anda juga bisa memanfaatkan tea tree oil sebagai solusi menghilangkan ketombe yang membandel. Anda bisa mengambil sedikit sampo dalam wadah dan beberapa tetes tea tree oil sebagai bahan utamanya. Aduk rata kedua campuran tersebut, lalu gosokkan campuran minyak teh ke kulit kepala.

Setelah itu, diamkan beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih. Agar hasilnya terlihat, Anda bisa melakukan cara tersebut setiap hari satu kali selama sekitar satu minggu. Tea tree oil ini akan mengobati ketombe dengan efektif. Sebab, bahan ini mengandung anti peradangan dan minyak atsiri yang ampuh mengatasi gangguan kulit kepala.

14. Yoghurt

Yoghurt
Image Credit: Sehatq.com

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda jadikan solusi mengatasi masalah ketombe di kulit kepala yaitu yogurt. Anda dapat mengoleskan bahan ini di rambut yang basah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas dan cuci menggunakan sedikit sampo untuk menghilangkan lengket.

Yogurt dikenal memiliki kandungan yang kaya akan probiotik. Kandungan tersebut dipercaya ampuh untuk menghilangkan ketombe yang ideal. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan merica ke dalam yogurt untuk meningkatkan sifat anti jamur atau tambahkan sari jeruk lemon yang dapat mengusir ketombe dari akar rambut.

15. Kuning Telur

Kuning Telur
Image Credit: Sehatq.com

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu kuning telur. Cukup sediakan satu hingga dua kuning telur dan kocok di dalam mangkuk. Pastikan untuk mengaplikasikan bahan alami ini ketika rambut Anda masih kering. Setelah selesai, tutup rambut dengan penutup kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai satu jam.

Setelah menunggu beberapa saat, Anda bisa mencuci rambut secara menyeluruh menggunakan sampo. Jika perlu Anda dapat membilas rambut Anda hingga dua kali untuk menghilangkan bau amis dari kuning telur. Lakukan di pagi hari sebelum mandi dan gunakan kuning telur ini sampai ketombe Anda dirasa hilang.

Kandungan biotin dalam kuning telur merupakan vitamin yang dapat membantu mengobati masalah kulit kepala. Selain menjadi cara yang efektif untuk mengatasi ketombe membandel, kuning telur ini juga membuat kondisi rambut Anda menjadi lebih sehat dan berkilau sekaligus jika digunakan secara rutin.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk menghilangkan ketombe yang membandel secara alami. Bahan bahan tersebut sangat mudah Anda dapatkan karena sebagian termasuk golongan bumbu dapur. Jika ingin mengurangi peradangan dan rasa gatal berlebih Anda bisa menggunakan bahan seperti jahe, kuning telur, minyak kelapa, minyak zaitun, hingga bawang putih.