10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung dengan Mudah

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Jerawat memang menjadi masalah yang mengganggu dan membuat sebagian orang tampil tidak percaya diri. Namun tak perlu khawatir, jerawat di punggung akan dapat dihilangkan dengan mengikuti cara sederhana.

Jerawat ternyata tak hanya muncul di area wajah saja. Sebab, Anda juga bisa mengalami masalah kulit satu ini di area punggung. Tentu saja, jerawat yang ada di punggung tersebut akan sangat mengganggu. Terutama bagi wanita yang kerap kali mengenakan pakaian terbuka atau ketika sedang berenang. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini akan diulas beberapa cara untuk menghilangkan jerawat yang ada di punggung dengan mudah.

1. Dengan Mengikat Rambut

Mengikat Rambut
Image Credit: Hellosehat.com

Bagi pemilik rambut panjang, Anda sebaiknya mulai mengikat rambut ketika mengenakan pakaian yang terbuka. Mungkin sebagian dari Anda belum menyadari bahwa adanya rambut yang menempel pada area kulit punggung dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Untuk itu, ketika Anda memiliki rambut yang panjang, disarankan untuk mengikatnya agar tak jatuh ke punggung.

Hal ini dikarenakan pada rambut akan banyak sekali terdapat kotoran dan debu yang membandel. Jika rambut yang kotor tersebut menempel pada kulit punggung, tentu saja hal tersebut akan bisa menimbulkan jerawat pada area tersebut. Ditambah lagi, rambut juga mengandung minyak yang dipercaya mampu untuk timbulkan jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda mulai mengikat rambut dengan rapi apabila telah panjang.

2. Membersihkan Kulit Dengan Scrub

Membersihkan Kulit Dengan Scrub
Image Credit: Hiamag.com

Apabila jerawat pada bagian punggung telah Anda miliki, maka ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusirnya. Dimana Anda bisa menggunakan scrub ketika sedang mandi. Membersihkan kulit dengan memakai scrub akan berfungsi ampuh untuk mencegah dan mengobati jerawat yang ada di area punggung. Hal ini dikarenakan tekstur scrub yang agar kasar akan membersihkan pori pori yang ada di punggung.

Ketika pori pori tersebut dibersihkan, maka akan mampu untuk mengangkat sel kulit mati yang ada di area punggung. Selain itu, ketika Anda rutin menggunakan scrub, maka area punggung yang awalnya tersumbat maka pori pori akan berangsur angsur membuka. Hal ini tentu saja akan menyebabkan jerawat menjadi cepat hilang. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki jerawat pada area satu ini, maka tak ada salahnya untuk mencoba cara tersebut.

3. Mengoleskan Tea Tree Oil

Mengoleskan Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Selain membersihkan kulit dengan menggunakan scrub secara rutin, ada pula cara lain yang bisa Anda lakukan untuk atasi jerawat yang ada di punggung. Diantaranya adalah dengan mengoleskan tea tree oil. Menurut salah satu dermatolog yang berasal dari New York, kandungan yang ada di dalam tea tree oil mampu untuk mengusir jerawat. Hal ini dikarenakan adanya anti bakteri yang terdapat di dalamnya.

BACA:  15 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Dengan mengoleskan tea tree oil ke bagian punggung yang jerawatan akan mampu untuk mengatasi dan menghilangkan masalah kulit tersebut. Pasalnya, dengan minyak satu ini akan berfungsi untuk mengempiskan jerawat tanpa adanya efek samping. Selain itu, kandungan tea tree oil ini terbukti efektif seperti zat benzoil peroksida yang biasanya terdapat pada obat jerawat.

Namun, hal yang menjadi pembeda adalah ketika Anda menggunakan tea tree oil maka hal tersebut tak akan menimbulkan efek samping apapun. Sebut saja seperti kulit yang kering, memerah bahkan hingga mengelupas. Selain itu, ketika Anda menggunakan minyak satu ini akan membuka kelenjar minyak yang mengalami penyumbatan. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu dari penyebab jerawat adalah kelenjar minyak yang tersumbat.

Oleh karena itu, dengan menggunakan bahan satu ini akan mampu untuk membuka kelenjar yang mengalami penyumbatan. Sehingga, nantinya tidak akan menjadi cikal bakal dari timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, tea tree oil juga akan menenangkan pori pori yang menjadi penyebab jerawat. Karena, di dalam tea tree oil terdapat kandungan antibakteri yang akan membersihkan dan membuat pori pori menjadi lebih tenang.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Konsumsi Sayur dan Buah
Image Credit: Pexels.com

Bukan hanya diobati dengan menggunakan krim maupun bahan bahan alami, cara ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi. Apabila Anda memiliki kebiasaan untuk memakan makanan manis atau yang mengandung gula tinggi, maka Anda sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, makanan dengan gula yang cukup tinggi dan karbo akan memicu timbulnya jerawat di punggung.

Hal tersebut diperkuat dengan penjelasan dari American Academy of Dermatology yang mengatakan, jika makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan juga indeks glikemik yang tinggi mampu untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Ketika kadar gula meningkat, maka tubuh pun akan memiliki reaksi, salah satunya yakni muncul jerawat. Jika terdapat jerawat di belakang punggung, maka bisa jadi Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis atau karbo.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi gula setiap harinya. Sebaiknya, Anda bisa mulai untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi dan mengandung serat untuk tubuh. Sebut saja seperti sayuran dan buah buahan. Selain itu, Anda pun juga perlu untuk mengkonsumsi makanan sehat yang lain seperti yang kaya akan protein dan juga rendah lemak.

BACA:  Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah yang Perlu Diwaspadai

5. Memakai Pakaian yang Longgar

Pakaian Longgar
Image Credit: Dijelas.in

Pakaian yang Anda gunakan ternyata juga memiliki pengaruh di dalam membentuk pembentukan jerawat di punggung. Untuk itu, guna mengantisipasi hal tersebut Anda bisa mulai mengenakan pakaian yang agak longgar. Hal ini bertujuan agar punggung Anda tidak bersentuhan langsung dengan pakaian yang Anda gunakan. Pasalnya, ketika Anda memakai pakaian yang ketat maka keringat tidak akan bisa terkena udara secara langsung.

Hal ini mengakibatkan keringat tersebut akan terperangkap di dalam pakaian yang bersentuhan dengan kulit punggung yang Anda miliki. Sehingga, hal ini pun akan menyebabkan timbulnya jerawat di area punggung. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mulai menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Terutama ketika beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

6. Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga Kebersihan Tubuh
Image Credit: Bandungkita.id

Kebersihan tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat di tubuh. Hal ini dikarenakan setelah beraktivitas selama seharian penuh, maka keringat dan kotoran akan menumpuk pada kulit. Apabila Anda tidak mandi dan membersihkan tubuh, maka kotoran tersebut akan tetap menempel pada kulit punggung Anda.

Debu, keringat dan kotoran yang menempel tersebut lambat laun akan berubah menjadi jerawat yang ada di punggung. Sehingga, ketika Anda tidak membersihkan diri dengan benar maka bakteri yang ada di tubuh akan berkumpul dan menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya Anda segera mandi dan berganti pakaian setelah melakukan aktifitas di luar ruangan.

Untuk mengatasi jerawat di punggung, maka Anda bisa mandi menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat tersebut memiliki tujuan untuk membuka pori pori yang ada di dalam tubuh. Ketika pori pori telah melebar, maka kotoran yang semula mengalami penyumbatan pun akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Setelah itu, barulah Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun hingga menjadi bersih. Barulah Anda bisa membilasnya dengan air dingin

7. Mengompresnya Dengan Air Hangat

Mengompres Dengan Air Hangat
Image Credit: Medium.com

Selain mandi dengan menggunakan air hangat, maka mengompres jerawat yang ada di punggung dengan memakai air hangat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Anda pun bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan pengompresan air hangat tersebut. Dengan menggunakan air hangat, akan berfungsi unuk meredakan kemerahan dan juga peradangan yang terjadi pada jerawat.

8. Menggunakan Antibiotik

Antibiotik
Image Credit: Generacijarp.wordpress.com

Apabila Anda mengalami jerawat yang sudah sangat parah, maka Anda sebaiknya bisa pergi ke dokter kulit. Hal ini dikarenakan dokter akan memberikan penanganan yang tepat tentang bagaimana cara untuk atasi jerawat. Oleh karena itu, biasanya dokter akan meresepkan obat yakni antibiotik. Obat satu ini sendiri akan berfungsi untuk meredakan inflamasi atau adanya peradangan yang terjadi di kulit.

BACA:  15 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan & Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, dengan menggunakan antibiotik juga akan mampu untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, apabila jerawat yang Anda derita telah berlangsung cukup lama dan tidak menunjukkan tanda berkurang serta cenderung semakin parah, maka Anda bisa merujuknya ke dokter untuk mendapatkan penanganan sebelum terlambat.

9. Memakai Krim dan Salep Obat

Obat Jerawat
Image Credit: Sehatq.com

Tak hanya menggunakan antibiotik saja, Anda juga bisa untuk meredakan jerawat dengan memakai krim maupun salep. Akan tetapi, tidak semua salep bis digunakan untuk mengobati jerawat yang ada di punggung. Seperti yang disarankan oleh American Academy of Dermatology maka lebih baik Anda bisa menggunakan krim yang mengandung asam salisilat.

Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan obat topikal tersebut dan mengoleskannya secara perlahan dan tipis di area kulit punggung yang terdapat jerawat, akan berfungsi ampuh untuk meredakannya. Selain menggunakan krim yang mengandung asam salisilat, Anda juga bisa untuk memakai krim yang memiliki kandungan yakni benzoil peroksida.

Krim yang memiliki kandungan tersebut akan berfungsi untuk mengobati jerawat dengan ampuh. Apabila benzoil peroksida dikombinasikan dengan asam salisilat, maka akan mampu memberikan kinerja yang maksimal. Sehingga, Anda pun bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Namun, sebelum menggunakan krim tersebut alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit.

10. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi Kulit dari Matahari
Image Credit: Kompas.com

Ketika jerawat telah muncul, maka Anda bisa melindunginya agar tak terkena sinar matahari. Hal ini juga bisa Anda lakukan sebagai bentuk pencegahan. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan sunscreen apabila sedang keluar rumah. Terutama jika Anda mengenakan pakaian yang sedikit terbuka di area punggung. Sebab, dengan begitu Anda bisa melindungi kulit punggung agar tak terkena polusi maupun radikal bebas yang akan menimbulkan jerawat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Meskipun terletak di bagian yang tidak terlalu terekspos, namun kesehatan dan kebersihan kulit haruslah tetap Anda jaga. Sehingga, nantinya kulit Anda akan tetap terlindungi setiap saat. Pasalnya, memiliki jerawat di area punggung juga dapat menyebabkan Anda kurang percaya diri. Selain itu, jerawat satu ini pun juga bisa menghambat dan mengganggu aktivitas yang Anda lakukan. Oleh sebab itu, mulai sekarang Anda perlu merawat diri dengan baik agar jerawat di punggung tidak muncul.