15 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Jerawat batu kerap kali menjadi masalah kulit yang membuat tidak percaya diri. Untuk itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan mudah dilakukan.

Jerawat batu adalah jerawat yang disebabkan karena adanya penyumbatan sel kulit mati. Masalah ini pun terkadang sulit untuk ditangani. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba mengatasi jerawat batu dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Untuk selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

1. Memakai Pelembab Secara Rutin

Pelembab Wajah
Image Credit: Intenselynews.com

Apabila Anda memiliki jenis kulit wajah yang berminyak, maka hal tersebut akan semakin memperbesar resiko untuk terkena jerawat. Untuk itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan rutin menggunakan pelembab pada wajah.

Dengan membuat kulit wajah menjadi lembab, hal tersebut tentu saja akan membuat kulit menjadi lebih terhidrasi. Dengan begitu, kondisi kulit yang kering pun akan semakin bisa untuk Anda hindari. Sebab, pada saat kondisi kulit lumayan kering maka nantinya akan bisa menimbulkan jerawat batu.

Untuk itu, tak ada salahnya memakai pelembab secara rutin agar jerawat batu yang Anda miliki cepat menghilang. Di samping itu, dengan rutin memakai pelembab, Anda pun juga akan menghindari untuk terkena masalah kulit satu ini. Apabila Anda ingin mengurangi produksi minyak yang berlebih, maka Anda bisa menggunakan pelembab berjenis oil free.

2. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Menjaga Kebersihan Tangan
Image Credit: Wowkeren.com

Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu. Hal ini dikarenakan ketika Anda memiliki jerawat di daerah muka, maka sebisa mungkin untuk jarang menyentuh bagian wajah. Atau apabila Anda terpaksa untuk menyentuhnya, maka pastikan bahwa tangan Anda telah dalam keadaan yang bersih.

Sebab, tangan merupakan salah satu area yang kerap kali bersentuhan dengan kulit terutama bagian wajah. Namun, tangan juga menjadi salah satu bagian tubuh yang juga sering menyentuh bagian benda lain. Seperti yang Anda tahu, bagian benda lain juga seringkali memiliki bakteri yang belum Anda tahu.

Sebut saja seperti ponsel dan juga gagang pintu ataupun tombol lift. Benda benda tersebut tentu saja akan mengandung bakteri dan kuman yang belum Anda ketahui. Oleh karena itu, cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat batu atau agar tidak membuatnya semakin parah adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan.

Sehingga, ketika tangan terjaga kebersihannya maka wajah pun juga akan terjaga dari masalah kulit, jerawat batu misalnya. Untuk itu, cara ini juga menjadi langkah tepat bagi Anda yang menghindari terkenanya masalah kulit satu ini. Rajinlah mencuci tangan setelah memegang benda yang dirasa kotor atau sebelum menyentuh area wajah.

3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Susu

Kurangi Konsumsi Makanan Mengandung Susu
Image Credit: Bisnis.com

Apabila Anda memiliki jerawat batu, maka sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang mengandung susu. Bukan berarti Anda tak boleh mengkonsumsinya, melainkan Anda harus menguranginya. Hal ini dikarenakan terdapat salah satu penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengurangi bahan bahan makanan yang mengandung susu dapat membuat kondisi wajah membaik.

Makanan yang mengandung susu antara lain seperti keju dan ice cream. Untuk itu, apabila Anda sedang menderita jerawat batu maka tak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut. Sebab, ketika Anda menguranginya, maka jerawat batu yang Anda miliki akan semakin membaik.

Oleh karena itu, apabila Anda sedang menderita jerawat batu yang sangat parah, lebih baik Anda menghentikan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki bahan susu. Anda bisa mencoba cara ini dalam waktu yakni sekitar 2 minggu. Dengan cara tersebut, maka Anda juga akan mengetahui apakah cara tersebut berhasil.

Apabila jerawat batu Anda semakin membaik dan juga tidak ada tanda tanda akan muncul jerawat yang baru, maka hal tersebut menandakan bahwa cara satu ini berhasil. Untuk itu, mulai kedepannya Anda bisa mulai untuk menghentikan konsumsi makanan yang mengandung susu di dalam kehidupan sehari hari.

4. Rutin Mengganti Sprei

Rutin Ganti Sprei
Image Credit: Theasianparent.com

Apabila Anda termasuk salah satu orang yang jarang mengganti sprei tempat tidur, maka sebaiknya Anda mulai untuk mengganti dan mengurangi kebiasaan satu ini. Hal ini dikarenakan, jarang mengganti sprei ternyata dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan Anda terserang jerawat batu.

Pasalnya, sprei yang jarang diganti akan bisa terdapat debu dan kotoran yang menempel. Debu dan kotoran tersebut ternyata bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan jerawat batu di wajah Anda. Selain itu, ketika Anda jarang mengganti sprei, maka sel kulit mati pun dapat menempel di sprei.

Sebab, ketika Anda tidur maka tubuh akan mengalami proses regenerasi kulit. Dengan begitu, sel sel kulit mati akan rontok. Hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat batu. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menghilangkan jerawat satu ini, hal yang perlu dilakukan adalah dengan rutin mengganti sprei Anda secara berkala.

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Make Up yang Tebal

Jangan Menggunakan Make Up Tebal
Image Credit: Cewekbanget.grid.id

Cara paling mudah untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menutup wajah menggunakan make up yang tebal. Memang, dengan memakai make up cukup tebal dapat berfungsi untuk menyamarkan noda atau bekas jerawat. Bahkan tak jarang bagi Anda yang mengalami masalah batu, bisa disamarkan dengan penggunaan concealer atau foundation.

Akan tetapi, langkah menyamarkan jerawat dengan menggunakan make up yang tebal ternyata malah mampu membuat kulit wajah Anda semakin berjerawat. Bagaimana bisa? Hal tersebut tentu saja sangat mungkin untuk terjadi, sebab make up ternyata mampu menyumbat pori pori pada wajah.

Dengan tersumbatnya pori pori tersebut, maka akan membuat jerawat batu yang ada di wajah Anda menjadi lebih parah. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mengalami masalah kulit satu ini sangat disarankan untuk tidak menggunakan make up dalam bentuk yang terlalu tebal.

Sebaiknya, Anda membiarkan kulit Anda tetap dalam keadaan yang natural. Namun, apabila Anda masih ingin tetap menyamarkan jerawat dengan menggunakan make up, maka carilah produk make up non comedogenic. Sebab, dengan menggunakan make up tersebut, maka akan lebih ramah untuk pori pori kulit Anda.

6. Rutin Mencuci Wajah

Cuci Muka
Image Credit: Okezone.com

Cara satu ini sebenarnya cukup mudah dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu. Akan tetapi, rasa kemalasan yang kerap kali menghampiri membuat Anda sering melupakan rutinitas yang mudah satu ini. Bagi Anda yang masih malas membersihkan make up sebelum tidur, ternyata juga bisa membuat kondisi kulit yang berjerawat menjadi makin parah.

Terutama bagi Anda yang terserang jerawat batu, dengan jarang mencuci muka setelah make up akan membuat kondisi kulit menjadi tidak karuan. Hal ini dikarenakan setelah memakai make up atau melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan, tentu saja akan banyak kuman yang akan menempel pada wajah Anda.

Dengan begitu, sangat disarankan bagi Anda untuk mencuci muka sebelum tidur. Selain akan membuat kulit menjadi lebih baik, hal ini juga akan berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, ketika Anda tidur dengan tanpa make up, maka secara tidak langsung akan membiarkan kulit wajah menjadi bernafas.

7. Memiliki Waktu Tidur yang Teratur

Jaga Pola Tidur yang Teratur
Image Credit: Womantalk.com

Bagi Anda yang masih memiliki waktu tidur yang kurang, ternyata hal tersebut juga menjadi salah satu hal yang bisa menjadi penyebab dan memperparah kondisi jerawat batu. Hal ini dikarenakan apabila Anda tidur kurang dari waktu 5 jam, maka akan mampu untuk mengacaukan hormon yang ada di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, insomnia ternyata juga bisa untuk membuat tubuh menjadi tidak bisa melakukan proses detoksifikasi atau membuang racun yang ada di dalam tubuh dengan sebaik mungkin. Untuk itu, bagi Anda yang ingin terhindar dari jerawat batu, maka usahakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

8. Memakai Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan kulit, tak terkecuali untuk menyembuhkan jerawat batu yang Anda derita. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki tanaman ini dirumah, maka tak ada salahnya untuk mengambilnya dan merasakan khasiat yang dimiliki tumbuhan berwarna hijau ini.

Sebab, dalam lidah buaya sendiri terdapat kandungan yang bersifat anti peradangan. Umumnya, jerawat dapat terjadi karena adanya proses peradangan. Sehingga, dengan menggunakan lidah buaya dapat berfungsi untuk meredakan adanya peradangan tersebut dan akan mempercepat untuk meredakan jerawat batu yang merah dan nyeri.

Untuk cara menggunakannya, maka Anda bisa mengambil gel yang ada pada tumbuhan satu ini. kemudian, cucilah wajah Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sabun muka dan juga air hangat. Selanjutnya Anda bisa mengeringkannya hingga bersih. Lalu oleskan sekitar ¼ sendok makan dari lidah buaya ke kulit wajah Anda.

Kemudian, Anda bisa mengaplikasikannya secara merata pada kulit wajah, terutama area yang memiliki jerawat batu. Namun, Anda perlu untuk menghindari penggunaan lidah buaya pada area telinga, mata dan juga mulut. Setelah itu, tunggulah hingga 10 hingga 15 menit. Dan Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

9. Memakai Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide
Image Credit: Ubuy.com

Untuk Anda yang ingin menghilangkan jerawat batu dengan cepat adalah dengan menggunakan Benzoyl Peroxide. Anda bisa mengaplikasikan ini pada spot treatment. Bagi Anda yang belum mengetahui spot treatment, maka cara satu ini merupakan bentuk pengobatan yang berfokus pada area yang berjerawat.

Nah, untuk obat jerawat yang kerap kali digunakan adalah Benzoyl Peroxide. Pasalnya, obat satu ini merupakan salah satu bahan kimia yang mempunyai daya penetrasi cukup tinggi. Dengan kandungannya tersebut, maka tak mengherankan jika bahan kimia satu ini akan dapat menembus lapisan yang ada di dalam kulit.

Dengan begitu, kandungan yang sangat bagus tersebut akan mampu untuk membuat jerawat batu menjadi mengempis. Akan tetapi, Anda juga perlu untuk memperhatikan bahwa Benzoyl Peroxide merupakan salah satu bahan yang memiliki sifat antibakteri. Sehingga akan cukup keras, bahkan kurang ramah pada kulit.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif maka lebih baik Anda berhati hati ketika menggunakan obat satu ini. Namun, bagi Anda yang ingin mengetahui apakah terdapat efek samping pada kulit Anda, maka sebaiknya Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.

Setelah mendapatkan persetujuan dari dokter kulit dalam menggunakan obat satu ini, maka Anda bisa mendapatkan resepnya dan membelinya. Untuk menggunakannya, maka Anda cukup mengoleskan pada bagian yang memiliki jerawat saja secara perlahan. Caranya adalah dengan menutulkannya menggunakan cotton bud pada bagian yang berjerawat.

10. Dengan Menggunakan Produk yang Memiliki Kandungan Retinoid

Produk Mengandung Retinoid
Image Credit: Bukalapak.com

Cara lainnya yang juga cepat untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan memakai produk yang memiliki kandungan retinoid. Bagi Anda yang belum mengetahui retinoid adalah salah satu turunan dari vitamin A yang sering kali diresepkan oleh dokter. Biasanya obat satu ini memang diresepkan untuk Anda yang menderita jerawat batu.

Hal ini dikarenakan di dalam retinoid memiliki sifat yakni anti-aging. Dimana dengan sifat tersebut akan mampu untuk membersihkan pori pori wajah yang mengalami penyumbatan. Dengan adanya kandungan tersebut juga akan mendukung antibiotik agar nantinya dapat bekerja di dalam kulit wajah secara lebih optimal.

Sebab, retinoid sendiri memang dikenal sebagai salah satu obat untuk mengatasi jerawat batu dengan sifat dan mempunyai cara kerja yakni memperbarui sel pada kulit dengan waktu yang cukup cepat. Retinoid sendiri terdapat empat macam yang bisa digunakan di dalam skincare. Mulai dari tretinoin, isotretinoin, adapalene dan juga retinol.

11. Mengompresnya Dengan Menggunakan Es Batu

Es Batu
Image Credit: Minews.id

Untuk Anda yang mengalami jerawat batu, maka terdapat langkah mudah untuk menghilangkannya. Anda pun bisa langsung mencobanya ketika sedang berada di rumah. Hal ini dikarenakan bahan yang Anda butuhkan hanyalah es batu, yang mana akan bisa sangat mudah untuk Anda jumpai saat berada di rumah.

Dengan mengompresnya menggunakan es batu, ternyata cara ini dapat menjadi salah satu tips alami untuk mengatasi masalah jerawat batu yang Anda derita dalam semalam. Sebab, dengan adanya suhu dingin yang dimiliki oleh es batu akan membantu untuk meredakan peradangan dan juga kemerahan yang diakibatkan oleh kulit Anda yang memiliki jerawat batu.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membungkusnya menggunakan es batu dengan handuk kecil ataupun kain yang bersih. Kemudian, Anda bisa mengompres jerawat batu yang Anda miliki di wajah dengan menggunakan es batu tersebut. Anda bisa menempelkan kompres tersebut dan menekannya selama perlahan.

Lakukan cara ini dalam waktu beberapa menit saja. Kemudian, Anda bisa mengulangi cara tersebut pada area muka yang berjerawat. Namun, sebelum menempelkannya dengan es batu, maka Anda perlu untuk memastikan bahwa wajah Anda telah bersih. Untuk itu, Anda bisa mencuci muka terlebih dahulu sebelum mengompresnya menggunakan es batu.

12. Menggunakan Obat Isotretinoin

Obat Isotretinoin
Image Credit: Jualo.com

Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan menggunakan obat Isotretinoin. Namun, sebelum Anda mengkonsumsi obat satu ini maka pastikan Anda telah berkonsultasi kepada dokter kulit terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apakah terdapat efek samping dari obat tersebut.

Sebab, apabila Anda tidak berkonsultasi dengan dokter maka nantinya akan memiliki resiko untuk terkena efek samping. Untuk itu, tak ada salahnya untuk bertanya pada dokter terlebih dahulu apabila ingin menggunakan obat satu ini. Obat isotretinoin sendiri mampu untuk membuat jerawat batu yang Anda miliki dapat hilang dan tuntas dengan cepat.

Hal ini dikarenakan pada obat ini memiliki fungsi untuk menekan adanya produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Selain itu, isotretinoin juga akan berfungsi untuk membuat radang yang terjadi pada kulit akan berkurang. Apabila Anda ingin mengobati jerawat batu agar cepat hilang, maka obat satu ini bisa Anda coba sebagai solusi yang ampuh.

13. Kentang

Kentang
Image Credit: Detik.com

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang kerap kali digunakan untuk pengganti nasi. Selain enak untuk dikonsumsi dalam bentuk makanan, ternyata kentang juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan jerawat batu yang Anda derita. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah.

Salah satu dari bahan alami yang mudah untuk Anda temukan di rumah adalah kentang. Menurut halaman yang dikutip dari naturaremedyideas.com, kentang memiliki kandungan yang aman dan berfungsi baik untuk mengatasi jerawat, salah satunya adalah jerawat batu. Tak hanya itu saja, kandungan yang ada di dalam kentang juga akan membuat kulit menjadi halus sekaligus cerah.

Untuk caranya sendiri, Anda bisa mengambil satu buah kentang saja untuk melakukan perawatan dan mengatasi jerawat batu. Kemudian, cucilah kentang tersebut hingga bersih dan jangan lupa untuk mengupas kulitnya. Setelah itu, barulah Anda bisa untuk menghaluskan kentang.

Selain itu, Anda juga dapat memarut atau memblender agar bisa menghasilkan kentang yang lebih halus. Setelah kentang berbentuk halus, maka Anda bisa mengoleskan kentang tersebut pada wajah yang berjerawat. Cara satu ini bisa Anda lakukan sama seperti ketika Anda sedang menggunakan masker.

Kemudian, Anda bisa mendiamkannya dalam waktu kurang lebih yakni sekitar 20 menitan saja. Setelah dirasa cukup, maka Anda pun bisa membilasnya hingga bersih dengan menggunakan air hangat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil maksimal, maka Anda bisa mengoleskan minyak zaitun setelah menggunakan masker kentang. Hal ini untuk menghindari adanya iritasi kulit.

14. Putih Telur

Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Selain menggunakan kentang, Anda juga bisa mengatasi masalah jerawat batu dengan menggunakan putih telur. Pasalnya, putih telur dapat memiliki fungsi untuk mengecilkan pori pori yang ada pada kulit dan juga mengurangi minyak berlebih yang ada di dalam wajah.

Tak hanya itu saja, manfaat lain dari putih telur adalah mampu menarik kotoran dan juga minyak dari kulit wajah. Sehingga, dengan manfaat tersebut akan dapat mencegah munculnya jerawat, salah satunya jerawat batu. Kandungan yang terdapat di dalam telur antara lain adalah B2, B3 dan juga zinc yang akan berfungsi untuk mengatasi jerawat.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan memisahkan putih dan kuning telur. Kemudian, kocok putih telur hingga berbuih dan berbusa. Tambahkan beberapa tetes lemon dan oleskan pada wajah dengan menggunakan ujung jari. Diamkan selama beberapa saat dan bilaslah dengan menggunakan air bersih.

15. Tomat

Tomat
Image Credit: Alodokter.com

Bagi Anda yang memiliki banyak tomat di rumah, maka Anda bisa menggunakannya untuk merawat kulit yang sedang berjerawat batu. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda bisa memotong tomat hingga menjadi tipis. Kemudian, balurkan pada permukaan wajah, terutama bagian yang terdapat jerawat batu.

Lalu Anda pun bisa membiarkannya selama beberapa saat atau sekitar 20 -30 menit hingga mengering. Kemudian, bilaslah dengan menggunakan air hingga wajah menjadi bersih. Lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat menghilang dan mengempis. Dengan menggunakan tomat, menjadi salah satu cara mudah yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Beberapa tahapan dan juga bahan bahan tersebut memang sangat mudah untuk Anda temui di rumah. Namun, ada pula cara lain yang bisa Anda lakukan yakni ke dokter kulit dan mendapatkan resep. Sehingga, jerawat batu yang Anda miliki akan cepat menghilang dan Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan mulus.