20 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami & Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat masih menjadi masalah kulit yang sering dihadapi banyak orang. Tahukah Anda jika ada cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan alami yang terbukti cepat mengatasi masalah ini.

Baik pria maupun wanita pastinya pernah mengalami masalah jerawat. Untuk penyebabnya sendiri pun beragam, mulai dari masa pubertas, adanya perubahan pada hormon, faktor keturunan hingga malas mencuci muka. Untuk Anda yang sering mengalami masalah kulit satu ini, berikut ini diulas beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang mudah dilakukan di rumah.

1. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
Image Credit: Liputan6.com

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Ternyata, buah yang kaya akan vitamin C ini tak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, melainkan kulitnya juga bisa dengan mudah untuk menghilangkan jerawat yang Anda alami. Pasalnya, kulit jeruk ini juga mengandung berbagai bahan yang akan membasmi jerawat Anda.

Dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin A serta adanya flavonoid yang akan berguna untuk menghilangkan jerawat batu yang ada pada kulit Anda. Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal untuk menjemur kulit jeruk hingga menjadi kering.

Kemudian, nantinya Anda bisa menumbuknya hingga halus. Tumbukan dari kulit jeruk tersebut bisa Anda tambahkan dengan sedikit air. Barulah Anda bisa mengoleskannya pada wajah dengan menggunakan masker. Selanjutnya, diamkan selama kurang 15 hingga 20 menit dan bilaslah dengan menggunakan air bersih.

2. Alpukat

Alpukat
Image Credit: Sitindaonnews.com

Alpukat menjadi cara alami lainnya yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan jerawat. Selain digunakan untuk masker kulit, nyatanya kandungan yang terdapat di dalam alpukat ini sangatlah banyak dan bagus untuk kulit Anda. Dengan adanya vitamin E, maka hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lembut.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit yang sedang berjerawat. Untuk cara menggunakannya, maka Anda bisa mengambil daging dari buah alpukat. Selanjutnya, haluskan hingga membentuk tekstur seperti masker. Kemudian, Anda bisa menambahkan sekitar satu sendok madu.

Setelah tercampur secara merata, maka Anda bisa mengoleskannya pada wajah secara perlahan. Oleskan ke seluruh bagian wajah dengan rata. Lalu, Anda bisa mendiamkannya dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih dan mengelapnya dengan handuk yang lembut.

3. Es Batu

Es Batu
Image Credit: Minews.id

Siapa sangka jika es batu ternyata mampu menghilangkan jerawat? Untuk Anda yang ingin menghilangkan masalah kulit satu ini dengan cepat, maka cara yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan es batu. Es batu di sini dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

Peradangan tersebut dapat disebabkan karena wajah yang berjerawat. Untuk Anda yang ingin menggunakan cara ini, maka Anda bisa mengoleskan es batu ini pada wajah yang terkena jerawat. Oleskan selama beberapa kali. Anda bisa melakukan secara rutin hingga bekas jerawat menjadi menghilang.

4. Pasta Gigi

Pasta Gigi
Image Credit: Bisnis.com

Ketika Anda ingin menghadiri acara keesokan harinya namun terdapat jerawat yang mengganggu, maka tak perlu khawatir. Sebab, terdapat salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan yakni dengan menggunakan pasta gigi. Dengan menggunakan bahan satu ini, maka jerawat bisa hilang hanya dalam waktu semalam.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan fluorin, hidrogen dan juga triclosan yang terdapat di dalam pasta gigi. dengan kandungan tersebut ternyata akan berfungsi untuk mencegah terjadinya iritasi yang ada pada kulit. Tak hanya itu saja, pasta gigi ternyata juga berfungsi untuk mengeringkan jerawat Anda.

Untuk itu, apabila Anda sedang mengalami jerawat yang meradang maka tak ada salahnya menggunakan bahan satu ini. Anda cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada kulit yang berjerawat. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 10 hingga 20 menit. Dan bilaslah dengan memakai air bersih setelahnya.

5. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Credit: Herstory.co.id

Memiliki kandungan antiseptik membuat bahan alami ini kerap kali digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan antiseptik tersebut akan bertujuan untuk membunuh bakteri yang mampu menyebabkan jerawat pada kulit. Untuk menghilangkan jerawat membandel yang ada pada kulit Anda, tak ada salahnya menggunakan cara ini.

Anda bisa memakainya secara rutin dan nantinya masalah seperti jerawat akan bisa hilang dan diatasi dengan cepat. Untuk caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu untuk mengambil 1 hingga 2 sendok cuka apel. Selanjutnya, Anda bisa mengoleskannya pada bagian wajah yang sedang berjerawat.

Oleskan perlahan lahan dengan menggunakan kapas bersih dengan cara perlahan lahan dan sedikit demi sedikit saja. setelah itu, Anda bisa mendiamkannya selama 2 hingga 5 menit. Barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil yang memuaskan, maka Anda bisa memakainya secara rutin dan teratur.

6. Pepaya

Pepaya
Image Credit: Halodoc.com

Selain dikenal sebagai buah untuk melancarkan buang air besar, siapa sangka ternyata pepaya juga termasuk bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat. Dengan adanya kandungan enzim papain yang ada di dalam buah berdaging oranye ini, ternyata berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Seperti yang diketahui sel kulit mati tersebut dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Untuk Anda yang ingin menggunakan cara satu ini, maka Anda bisa memakai buah pepaya sebagai masker alami. Caranya adanya ambil beberapa potong pepaya dan hancurkan hingga halus dan membentuk tekstur layaknya masker.

Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya secara merata pada kulit wajah. Terutama pada kulit Anda yang sedang mengalami jerawat. Tunggulah selama beberapa saat hingga pepaya tersebut agar mengering di wajah Anda. Kemudian, Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

7. Tomat

Tomat
Image Credit: Alodokter.com

Tomat juga menjadi salah satu buah yang digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal tersebut tentu saja dikarenakan adanya kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada buah satu ini. Kandungan tersebut dipercaya mampu untuk menghilangkan masalah kulit satu ini secara alami.

Untuk Anda yang ingin mencobanya dengan cara satu ini, maka Anda bisa mengambil sekitar satu buah tomat. Kemudian, potonglah buah tomat tersebut menjadi dua bagian. Lalu, oleskan pada wajah yang berjerawat atau pada seluruh wajah Anda secara merata. Tunggulah hingga 20 -30 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

8. Madu

Madu
Image Credit: Klikdokter.com

Madu memang dikenal sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat kesehatan kulit. Untuk itu, tak mengherankan jika madu juga seringkali digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Bagi Anda yang penasaran, maka tak ada salahnya untuk mencoba cara satu ini di rumah.

Dengan adanya kandungan yang dimiliki pada madu, ternyata dapat berfungsi secara ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yang kerap kali membuat suasana hati menjadi suram. Anda bisa menggunakan madu ini sebagai masker setiap harinya. selain itu, pilihlah madu alami untuk dipakai masker bukan yang telah memiliki campuran bahan yang lain.

9. Air Lemon

Air Lemon
Image Credit: Alodokter.com

Asam askorbat yang terkandung di dalam lemon ternyata dapat berfungsi untuk menghilangkan jerawat yang ada pada kulit wajah. Tak hanya itu saja, ternyata buah lemon juga bisa untuk menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Dimana hal tersebut biasanya akan membuat Anda tidak percaya diri.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan cara satu ini, maka bisa dengan mudah untuk mencobanya di rumah. caranya adalah dengan mengambil satu buah lemon. Kemudian, buah tersebut bisa Anda peras dan ambil airnya saja. ambil secukupnya dan oleskan pada wajah Anda yang berjerawat.

Anda pun juga bisa untuk mengoleskan air lemon ini pada kulit yang memiliki bekas jerawat. Kemudian, tunggulah sekitar 10 hingga 15 menit hingga air lemon tersebut meresap dalam kulit. Setelah dirasa cukup, maka Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih dan mengeringkan wajah menggunakan handuk yang lembut.

10. Mentimun

Mentimun
Image Credit: Klikdokter.com

Selain enak digunakan sebagai lalapan dalam makanan, mentimun ternyata juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kulit wajah. Bahkan bagi Anda yang memiliki kantung mata atau mata panda, maka dengan menempelkan irisan mentimun pada mata akan memberikan efek menenangkan.

Kandungan yang terdapat di dalam mentimun pun tidak main main. Sebab, pada timun Anda akan menemukan kandungan antioksidan dan juga kandungan asam amino serta vitamin yang terdapat di dalamnya. Kandungan tersebut tentu saja dapat berfungsi untuk menghilangkan secara alami.

Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan masker dengan bahan mentimun pada kulit Anda yang berjerawat. Caranya Anda bisa memblender mentimun dengan lembut hingga membentuk tekstur layaknya masker. Kemudian, Anda pun bisa mengoleskannya pada wajah yang mengalami jerawat secara rutin dan teratur.

11. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Credit: Kompas.com

Selain memiliki banyak fungsi untuk membuat makanan nampak lezat, ternyata bawang putih juga bisa berguna untuk menghilangkan jerawat. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam bawang putih akan mampu menghilangkan peradangan yang terjadi pada kulit.

Pasalnya, pada bawang putih akan memiliki manfaat sebagai anti jamur, anti virus dan juga antioksidan serta antiseptik. Dengan begitu, kandungan tersebut akan berfungsi untuk merawat dan menjaga kesehatan pada kulit. Selain itu, pada bawang putih juga memiliki kandungan zat sulfur yang akan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda.

Untuk menggunakannya, maka Anda hanya perlu untuk menyiapkan satu siung bawang putih. kemudian, potonglah bawang tersebut menjadi dua bagian. Lalu, Anda bisa menggosokkannya pada kulit yang berjerawat. Lalu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilaslah menggunakan air hangat.

Selain memotongnya menjadi dua bagian, Anda juga bisa menerapkan langkah selanjutnya. Dimana setelah wajah bersih, Anda bisa menyiapkan satu siung bawang putih yang telah ditumbuk. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang berjerawat sebagai masker. Lalu, Anda bisa mendiamkan beberapa saat dan bilas memakai air hangat.

12. Putih Telur

Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Putih Telur menjadi salah satu bahan alami lain yang juga ampuh untuk meredakan jerawat di wajah Anda. dengan adanya kandungan enzim lisozim yang ada pada putih telur ini ternyata dapat menghilangkan jerawat dengan alami. Anda pun bisa mencobanya di rumah dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan ini.

Bagi Anda yang tertarik di dalam menggunakan bahan satu ini, maka Anda pun bisa dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya. Kemudian, tambahkan air perasan lemon dan campurkan secara merata. Lalu, Anda pun bisa mengoleskannya pada wajah yang mengalami jerawat. Anda bisa mendiamkannya selama kurang lebih 15 menitan. Kemudian, bilaslah.

13. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Lidah buaya menjadi bahan alami selanjutnya yang bisa hilangkan jerawat. khasiatnya untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Dengan adanya kandungan polifenol yang terdapat di dalam lidah buaya ini akan berfungsi sebagai bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat yang terdapat pada kulit.

Anda bisa menggunakan lidah buaya ini untuk merawat kesehatan kulit wajah Anda sekaligus sebagai penghilang jerawat yang ampuh. Dengan penggunaan secara rutin dan teratur, maka nantinya Anda akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, tak ada salahnya menggunakan lidah buaya sebagai cara untuk mengatasi jerawat.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengambil gel yang terdapat didalam tumbuhan lidah buaya. Ambillah seperlunya saja dan oleskan pada wajah seperti ketika Anda menggunakan masker pada umumnya. Kemudian, Anda bisa mendiamkannya dalam waktu 20 hingga 30 menit. Barulah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

14. Soda Kue dan Air

Soda Kue dan Air
Image Credit: Lokadata.id

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan menggunakan soda kue dan juga air. Jika biasanya soda kue ataupun baking soka ini dipakai sebagai bahan dasar untuk membuat kue, ternyata bahan bahan ini juga bisa dipakai untuk mengatasi jerawat membandel yang ada pada kulit wajah Anda.

Selain itu, dengan menggunakan soda kue dan air ini juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan mudah. hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam soda kue akan berfungsi untuk membuat pH pada kulit menjadi lebih seimbang. Dengan begitu, akan mampu mencegah untuk timbulnya jerawat.

Tak hanya itu saja, soda kue juga akan memiliki kandungan anti inflamasi dan juga anti septik. Sehingga, akan berfungsi menyembuhkan jerawat yang ada di kulit wajah Anda. pengaplikasiannya yang mudah juga akan membuat Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Bagi Anda yang ingin melakukannya, maka Anda bisa mencampurkan sekitar dua sendok makan soda kue dengan campuran air hingga menjadi lebih kental. Namun sebelum Anda mengaplikasikannya ke wajah, sebaiknya Anda bisa mencuci muka terlebih dahulu hingga wajah menjadi bersih.

Kemudian, barulah Anda bisa mengaplikasikan campuran soda kue dan air ke wajah yang berjerawat secara merata. Kemudian, Anda pun bisa menunggunya selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, Anda bisa membersihkannya dengan memakai air hangat. Umumnya, setelah menggunakan masker ini, maka wajah Anda akan menjadi lebih kering. Karenanya pakailah pelembab setelahnya.

15. Yogurt dan Madu

Yogurt dan Madu
Image Credit: Liputan6.com

Cara alami selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan yogurt dan madu. Cara ini bisa Anda lakukan karena di dalam yogurt memiliki kandungan bakteri yang baik. selain itu, dengan adanya alfa hidroksi dan juga asam laktat akan berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati.

Seperti yang Anda tahu, sel kulit mati merupakan salah satu hal yang menyebabkan jerawat karena mampu menyumbat pori pori yang terdapat pada kulit. Untuk menggunakan masker satu ini juga cukup mudah. sehingga, Anda bisa langsung untuk mencobanya di rumah dengan gampang.

Pertama, Anda hanya perlu untuk menyiapkan 1 sendok makan madu dan juga 2 sendok makan yogurt. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut hingga merata pada wadah. Kemudian, oleskan pada wajah Anda yang berjerawat dan diamkan dalam waktu sekitar 15 menit. Baruah Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.

16. Pisang dan Kunyit

Pisang dan Kunyit
Image Credit: Stylecraze.com

Tak hanya enak untuk dikonsumsi, ternyata pisang juga bisa menjadi salah satu bahan untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Dengan Adanya kandungan potasium, antioksidan dan vitamin E, maka hal tersebut akan berfungsi untuk membuat wajah menjadi cerah dan melembabkan.

Kemudian, adanya kandungan lektin maka akan berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Dan untuk kunyit sendiri terdapat kandungan kurkuminoid yang akan mengobati kulit yang mengalami peradangan. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan 1 buah pisang dan tambahkan setengah sendok makan bubuk kunyit dan soda kue.

Lalu, Anda bisa mengaduknya hingga merata dan aplikasikan pada wajah Anda yang mengalami jerawat. Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu Anda pun bisa membilasnya menggunakan air hangat. Apabila setelah menggunakannya, Anda merasa kulit menjadi kering, maka Anda pun bisa memberikan pelembab.

17. Memakai Uap

Memakai Uap
Image Credit: Okezone.com

Cara menghilangkan jerawat secara alami lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan uap. Dengan memakai uap air panas ternyata berfungsi untuk membuka pori pori yang tertutup. Dengan begitu, kulit pun nantinya akan bisa bernafas dengan lebih baik. selain itu, dengan menggunakan uap ini akan membuat kotoran yang berada di dalam pori akan keluar.

Untuk cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk mengisi wadah atau baskom dengan menggunakan air panas. Kemudian, Anda bisa meletakkan wajah Anda pada baskom tersebut diatasnya. Lakukan selama 5 menit saja secara rutin. Maka nantinya, kotoran yang menjadi penyebab jerawat pun akan bisa hilang.

18. Air Mineral

Air Mineral
Image Credit: Klikdokter.com

Dengan mengkonsumsi air mineral secara rutin setiap harinya juga menjadi salah satu cara alami untuk menghilangkan jerawat. Hal tersebut dikarenakan apabila tubuh memiliki cairan yang cukup, maka hal tersebut akan membantu proses penyembuhan yang terjadi pada kulit Anda.

Oleh karena itu, dengan Anda mengkonsumsi air putih yakni 8 gelas perhari maka nantinya akan mampu mengurangi resiko dari adanya jerawat yang baru. Sebab, apabila kulit Anda mengalami kekeringan yang diakibatkan kekurangan cairan, maka hal tersebut akan bisa membuat kulit menjadi gampang untuk teriritasi. Dan hal tersebut membuat jerawat mudah muncul.

19. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Minyak kelapa ternyata juga memiliki kandungan yang cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan usapkan minyak kelapa pada kapas dan oleskan pada wajah secara merata. Kemudian, Anda pun bisa membilasnya dengan memakai air bersih. Lakukan secara rutin setiap malam, maka nantinya jerawat akan menjadi hilang.

20. Kayu Manis

Kayu Manis
Image Credit: Tokopedia.com

Kayu manis juga ternyata mampu menghilangkan jerawat yang ada di wajah. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan yang mampu meredakan adanya iritasi yang terjadi pada kulit. Tak hanya itu saja, kayu manis juga berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah yang memiliki bekas jerawat akan tampak lebih cerah.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat. Bahan tersebut sangat mudah untuk ditemukan. Sehingga, Anda pun bisa menjumpainya di rumah. Dengan menggunakan bahan alami maka kulit wajah Anda yang berjerawat pun akan lebih bersih dan mulus.