20 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Wajah berjerawat bisa membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Jerawat mungkin hanya muncul beberapa hari, tetapi bekasnya bisa bertahan selama beberapa minggu bahkan bulanan. Inilah tips menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami.

Meskipun kecil, jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya saat meradang dan matang, bekas jerawat yang tertinggal pada kulit juga sangat menyebalkan karena menyebabkan wajah tidak mulus lagi. Masalah ini mungkin menyebabkan Anda menjadi kurang percaya diri. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi bekas dari jerawat yang membandel. Mulai dari ke klinik kecantikan atau menggunakan bahan alami yang ada di dapur, Anda bisa memilih berbagai perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat yang cocok.

Bahan alami banyak dipilih karena dirasa lebih aman. Selain itu, keberadaannya juga mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Berikut beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang mengganggu.

1. Lidah Buaya

Lidah Buaya
Image Credit: Kompas.com

Cara mudah yang pertama yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya. Lidah buaya mampu mengurangi peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya yaitu asam salisilat dan sulfur. Kandungan ini dapat berfungsi untuk mengatasi jerawat di kulit maupun bisa menyamarkan noda bekas jerawat.

Cara yang dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan lidah buaya juga cukup mudah. Pertama, pisahkan daging lidah buaya ke suatu wadah. Oleskan ke wajah dengan merata dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Hentikan pemakaian jika muncul iritasi pada wajah, rasa gatal atau kemerahan.

Atau dengan cara kedua, Anda bisa membuat masker dari lidah buaya dan lemon. Cukup campurkan daging lidah buaya dan perasan lemon. Kedua bahan ini sangat bagus jika dikombinasikan karena sama-sama memiliki kandungan antibakteri yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

Aplikasikan masker campuran lidah buaya dan lemon tersebut ke seluruh wajah, dan biarkan meresap. Setidaknya tunggu 10 menit dan setelah itu bilas hingga bersih. Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan masker lidah buaya dan lemon ini adalah menghindari area mata untuk mencegah iritasi. Dengan menggunakan secara rutin maka bekas jerawat akan hilang.

2. Cuka Apel

Cuka Apel
Image Credit: Herstory.co.id

Beberapa kandungan jenis asam organik dalam cuka apel dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Sifat anti inflamasi dalam cuka dapat mengurangi bekas jerawat yang memerah dan mengurangi peradangan. Anda bisa melakukan perawatan ringan menggunakan cuka apel dengan cara yang sangat mudah.

Campurkan 1 sendok makan cuka apel, 2 sendok makan madu, dan air secukupnya. Aduk bahan-bahan yang sudah dicampur hingga merata. Celupkan kapas pada campuran tersebut dan oles kapas ke bekas jerawat atau seluruh wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin, jika memang tidak menemukan masalah yang berarti. Mengingat cuka apel memiliki tingkat keasaman tinggi yang tidak semua kulit bisa menerimanya. Kendati demikian, cuka apel tetap menjadi bahan yang banyak direkomendasikan untuk kecantikan.

3. Madu

Madu
Image Credit: Klikdokter.com

Bahan alami lainnya yang bisa mengatasi bekas jerawat yaitu madu. Madu dapat digunakan sebagai masker wajah untuk penghilang jerawat karena, mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran dan mencegah penyumbatan pori-pori di wajah. Selain itu, madu juga mempunyai sifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat menyembuhkan luka.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan madu sangat mudah. Pertama oleskan madu ke wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan lap yang dicelup ke air hangat. Setelah itu bilas sampai bersih dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali tertutup. Pastikan madu yang digunakan merupakan madu berkualitas tinggi.

4. Bawang Putih

Bawang Putih
Image Credit: Kompas.com

Selain digunakan untuk bahan pelengkap bumbu dapur, bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat mengatasi bekas jerawat. Tidak hanya mengobati infeksi, bawang putih juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri. Termasuk menghilangkan jerawat berserta bekasnya yang menyebalkan.

Anda bisa mencoba menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan makanan sehari-hari untuk mendapatkan manfaatnya. Atau Anda bisa mencoba cara yang kedua, yaitu blender bawang putih dan oleskan pada bekas jerawat. Biarkan 2 menit lalu bilas hingga bersih. Namun, jika kulit Anda mudah iritasi, sebaiknya jangan mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah.

5. Es Batu

Es Batu
Image Credit: Minews.id

Cara yang satu ini mungkin adalah cara yang paling mudah untuk menghilangkan masalah pada wajah ini. Memanfaatkan bahan yang ada di rumah dan murah meriah ini wajib anda coba. Anda bisa menghilangkan bekasnya menggunakan es batu saja. Jika Anda memiliki jerawat yang baru muncul, Anda bisa mulai mengompresnya dengan es batu.

Es batu mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Caranya cukup mudah, cukup bungkus beberapa balok kecil es batu dengan handuk. Tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat atau memiliki bekas jerawat. Diamkan beberapa menit dan ulangi sampai bekas yang kemerahan berkurang.

6. Lemon

Lemon
Image Credit: Newhope.com

Lemon dan perasan lemon mengandung asam sitrat yang baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Lemon dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bekas luka, mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru, dan meningkatkan elastisitas kulit, membuat wajah tampak lebih awet muda.

Lemon mempunyai fungsi sebagai zat penyamar noda alami dan bisa membantu meringankan segala jenis bekas luka pada kulit wajah. Untuk menghilangkan bekasnya menggunakan air lemon, cukup ambil kapas steril lalu celupkan ke perasan air lemon. Setelah itu usapkan kapas ke permukaan kulit wajah yang berjerawat dan diamkan semalaman.

Namun, bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif perlu memperhatikan beberapa hal. Jika kulit terasa perih setelah dioleskan air perasan lemon, sebaiknya hentikan pemakaian. Segera bilas dengan air bersih dan jangan lanjutkan perawatannya, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Karena sekali lagi, setiap orang memiliki kulit yang berbeda sensifitasnya.

7. Tea Tree Oil

Mengoleskan Tea Tree Oil
Image Credit: Meramuda.com

Tea tree oil ini populer digunakan oleh orang-orang yang mempunyai masalah dengan wajah, terutama jerawat. Tidak hanya membantu menghilangkan jerawat, tea tree oil dapat mengurangi bekas jerawat yang meradang karena mempunyai sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dimilikinya.

Sangat mudah menggunakan tea tree oil sebagai penghilang bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan 3-4 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak kelapa. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada bekas jerawat. Biarkan 1-2 jam atau selama semalaman kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Teh Hijau

Teh Hijau
Image Credit: Kompas.com

Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan polifenol yang biasa disebut katekin dalam jumlah yang banyak. Sehingga, menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan dapat membantu menghilangkan kotoran dan bahan kimia yang menempel pada kosmetik yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

Manfaat ini memang benar adanya. Secara umum, teh hijau mengandung sifat antioksidan, antimikroba, dan anti peradangan. Adanya sifat itu, manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat dapat muncul dengan maksimal. Kandungan polifenol yang ada dalam teh hijau juga bermanfaat mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat memicu munculnya jerawat.

Anda mungkin tahu jika minyak berlebih di wajah dapat menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat. Dengan kemampuannya tersebut, manfaat ampas teh hijau bisa Anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda cukup menggosok-gosokkan ampas teh hijau pada wajah sekitar 5 menit lalu membilasnya dengan air.

9. Putih Telur

Putih Telur
Image Credit: Sehatq.com

Jika Anda suka menggunakan bahan alami yang ada di dapur untuk perawatan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan putih telur. Selama ini putih telur sering digunakan untuk masker guna mengencangkan wajah. Namun, ternyata putih telur mempunyai fungsi lain, yaitu untuk mengatasi bekas jerawat.

Kandungan protein yang ada di dalam putih telur perlahan-lahan berguna untuk menyamarkan bekas jerawat. Tidak hanya itu, jika menggunakan putih telur sebagai masker di seluruh wajah, kulit dapat lebih kencang dan pori-pori mengecil. Selain mudah bahan alami yang satu ini juga murah.

Sebelumnya Anda bisa membersihkan dan mencuci wajah. Setelah itu pisahkan kuning telur dan putihnya, lalu letakkan putih telur ke wadah. Oleskan putih telur ke tisu yang sudah disesuaikan dengan bentuk wajah. Tunggu hingga tisu kering dan mengeras lalu lepaskan. Bilas wajah dengan air dingin.

Cara menggunakannya juga cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan, bukan? Anda bisa melakukan perawatan ini selama dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jika Anda melakukan perawatan dengan rutin, hasil akan segera terlihat. Namun Anda juga harus sabar menunggu hasilnya karena umumnya membutuhkan proses yang tidak sebentar.

10. Kentang

Kentang
Image Credit: Detik.com

Kentang merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat yang bagus untuk dikonsumsi. Selain itu kentang dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat merawat kulit dan menghilangkan flek hitam.

Kentang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat serta bekasnya adalah sebagai berikut. Kupas kentang tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang terdapat bekas jerawat. Cuci wajah dengan air bersih setelah mendiamkannya selama 10 menit. Anda bisa melakukan perawatan ini selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

11. Kunyit

Kunyit
Image Credit: Alodokter.com

Dikenal sebagai tanaman obat dan bumbu dapur, kunyit ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam kunyit dapat menangkal radikal bebas sehingga mempunyai pengaruh yang baik untuk kulit. Kunyit terbukti dapat mencerahkan wajah dan mampu mengatasi bekas jerawat jika rutin menggunakannya sebagai masker.

Banyak manfaat yang ditawarkan kunyit untuk kulit, diantaranya memudarkan bekas jerawat, menghilangkan kerutan, dan mencerahkan wajah. Lalu bagaimana membuat masker untuk menghilangkan bekas jerawat dari bahan dasar kunyit? Bahan yang digunakan biasanya adalah kunyit bubuk.

Ada tiga pilihan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker kunyit. Yang pertama, campuran kunyit dengan madu. Anda perlu mencampurkan madu dan kunyit sampai membentuk pasta kental. Lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker ke seluruh wajah yang terdapat bekas jerawat. Tunggu selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air dingin.

Cara yang kedua, Anda bisa menggunakan campuran kunyit dan lidah buaya. Pertama-tama ambil daging lidah buaya dari tanamannya langsung. Tambahkan kunyit, baik parutan kunyit atau bubuk kunyit. Oleskan campuran ini di area wajah dengan bekas jerawat. Biarkan 10 menit dan bilas menggunakan air biasa.

Cara yang terakhir adalah mencampurkan kunyit dengan minyak zaitun. Anda perlu menyiapkan 1 sendok teh kunyit bubuk dan beberapa tetes minyak zaitun. Aduk merata kedua bahan tersebut dan oleskan pada jerawat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Anda bisa menerapkan perawatan ini setiap 2 atau 3 hari sekali.

12. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
Image Credit: Liputan6.com

Kulit jeruk bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu memperbaiki kulit yang rusak. Terdapat kandungan retinol alami dalam kulit jeruk yang berfungsi sebagai zat pengangkat sel kulit mati, dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan alami.

Dengan adanya kandungan alami tersebut, kulit jeruk dapat menjadi bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk yang kering dan 1 sendok teh susu. Aduk merata dan aplikasikan masker tersebut ke bekas jerawat dan diamkan 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin.

13. Baking Soda

Baking Soda
Image Credit: Healthline.com

Sebenarnya terdapat banyak cara untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat. Salah satu cara yang bisa Anda coba yaitu dengan menggunakan baking soda. Sifat anti peradangan dan anti inflamasi yang dimiliki baking soda, akan membantu mengurangi jerawat, ruam, kemerahan dan pembengkakan di wajah.

Selain itu, baking soda dapat menyerap minyak berlebih di kulit wajah. Mengingat, minyak yang berlebih dapat menjadi salah satu penyebab jerawat. Anda bisa mencampur 2 sendok makan baking soda dan air bersih, lalu campurkan secara merata. Oles ke wajah secara merata pada bagian jerawat dan bekasnya. Saat sudah 20 menit, bilas dengan air dingin.

14. Tomat

Tomat
Image Credit: Alodokter.com

Tomat dipilih menjadi bahan alami penghilang jerawat karena memiliki kandungan lycopene dan antioksidannya yang baik untuk kulit. Anda bisa mengoleskan tomat langsung ke wajah yang berjerawat. Pijat lembut wajah agar cairan tomat meresap ke dalam kulit wajah, dan biarkan kering lalu bilas dengan air hangat.

Cara yang kedua, Anda bisa membuat masker dari tomat. Hancurkan tomat sampai lembut dan mengoleskannya merata ke seluruh wajah, diamkan masker tomat tersebut hingga kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Anda bisa mengaplikasikan perawatan masker tomat ini secara rutin selama 3 atau 4 hari sekali.

15. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Image Credit: Sehatq.com

Beberapa waktu terakhir, banyak orang berpendapat bahwa minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya. Kaya akan kandungan asam laurat, minyak kelapa berkhasiat sebagai antimikroba alami. Asam laurat dapat membunuh bakteri utama yang bertanggung jawab menyebabkan jerawat, propionibacterium acnes.

Adanya kandungan antibakteri dan anti inflamasi yang dimiliki minyak kelapa mampu untuk membasmi bekas jerawat. Selain itu, pada minyak kelapa terdapat kandungan lainnya seperti vitamin E, K, dan antioksidan yang juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Tak heran jika minyak kelapa banyak direkomendasikan.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan jerawat cukup mudah. Anda bisa menyiapkan satu sendok makan minyak kelapa dan letakkan di tangan. Kemudian, usapkan di wajah secara lembut dan menyeluruh. Biarkan selama semalaman. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

16. Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak Biji Anggur
Image Credit: Okezone.com

Kandungan vitamin E, beta karoten, dan asam linoleat pada biji anggur dapat membantu membentuk kembali sel-sel kulit yang rusak dan sudah tua. Selain itu, vitamin E yang terkandung juga berguna untuk meratakan warna kulit, menghilangkan noda, dan membantu memulihkan bekas luka.

Kandungan linoleat yang terdapat pada minyak biji anggur juga membantu mempercepat penyembuhan luka, sehingga mengurangi risiko bopeng di wajah. Karena keampuhannya sudah teruji secara klinis, Anda bisa mengandalkan minyak ini untuk membantu menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Anda bisa menggunakannya secara rutin, selama dua kali sehari. Dan untuk hasil yang optimal Anda bisa melakukan pemakaian selama dua minggu. Anda bisa menggunakan tiga hingga empat tetes minyak setiap penggunaannya. Oleskan bukan hanya di bagian wajah yang berjerawat, tetapi juga di area wajah lainnya seperti pipi, dahi, area bawah mata dan leher.

Selain digunakan di malam hari, ekstrak biji anggur ini bisa digunakan di siang hari. Adanya kandungan antioksidan di minyak ini dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVB. Namun, tidak berarti minyak ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari, tetap gunakan sunscreen jika berencana berkegiatan di luar ruangan.

17. Bengkuang

Bengkuang
Image Credit: Viva.co.id

Menghilangkan bekas dari masalah wajah ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bengkoang yang masih segar. Anda bisa mengupas lalu mencuci bengkoang yang berkualitas bagus dan tidak busuk. Iris tipis-tipis dan tempelkan pada wajah sekitar 15-30 menit. Setelah selesai bilas wajah dengan air dingin.

Atau Anda juga bisa memilih cara yang kedua, dengan cara memblender bengkoang yang sudah dikupas dan dicuci. Ambil bengkoang yang sudah diblender dan ambil sari patinya. Oleskan secara merata ke wajah dan tunggu sampai mengering. Setelah kering, bilas wajah menggunakan air bersih.

18. Bawang Merah

Bawang Merah
Image Credit: Tribunnews.com

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga ampuh untuk mengusir bekas jerawat yang membandel. Bawang merah juga efektif untuk menjadikan kulit terlihat awet muda. Anda bisa memarut satu siung bawang merah. Setelah itu oleskan bawang merah pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit, dan bilas menggunakan air hingga bersih.

19. Ampas Teh

Ampas Teh
Image Credit: Khasiatsehat.com

Apakah anda pecinta teh? Jika iya maka anda bisa memanfaatkan teh untuk masalah bekas jerawat Anda. Kandungan polifenol dan antioksidan dalam ampas teh bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam, bekas jerawat, dan menghaluskan kulit wajah. Untuk melakukan hal tersebut, caranya sangat mudah dan simpel.

Anda hanya perlu menyeduh teh, dan menyaring ampasnya. Sebelumnya, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka hingga wajah benar-benar bersih. Usap wajah dengan handuk hingga kering. Setelah itu oleskan ampas teh dengan perlahan di wajah. Gosok dan pijat dengan lembut kira-kira 15 menit lalu bilas lagi wajah dengan air bersih.

Dipercaya nutrisi yang terkandung dalam ampas teh dapat menjadi pembersih alami kulit. Adanya antioksidan di dalam teh sangat baik untuk kecantikan, kebersihan, dan kelembutan kulit. Zat ini juga membuat kulit tampak lebih awet muda. Gunakan dengan rutin dan masalah bekas jerawat perlahan bisa diatasi.

20. Air Kelapa

Air Kelapa
Image Credit: Klikdokter.com

Air kelapa sangat ampuh digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Air kelapa mempunyai sifat anti racun dan anti peradangan yang membantu menyembuhkan jerawat. Anda bisa mencampur 25 gram kunyit, tiga sendok teh bubuk cendana dan segelas air kelapa. Simpan dalam wadah tertutup dan simpan selama tiga hari, setelah itu gunakan untuk mencuci muka dengan teratur.

Itulah beberapa rekomendasi bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain bahan alami tidak mempunyai efek samping yang membahayakan, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan tersebut. Cukup lakukan dengan rutin dan telaten maka Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.