10 Cara Mengatasi Diare Secara Alami di Rumah

Diare merupakan masalah kesehatan yang menyerang sistem pencernaan pada tubuh. Ketika menderita penyakit ini, dibutuhkan penanganan mengatasi diare agar kondisi tak semakin parah, mulai dari meminum obat hingga menggunakan bahan alami.

Diare biasanya ditandai dengan gejala kram perut, perut kembung, hingga bentukan feses yang lembek dan encer. Penelitian menyebutkan bahwa diare disebabkan oleh beberapa hal diantaranya infeksi bakteri atau virus, penggunaan antibiotik, konsumsi makanan tertentu, dan gaya hidup yang tidak sehat. Sebenarnya pertolongan pertama penderita diare bisa dilakukan dengan cara alami di rumah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan berikut.

1. Larutan Oralit (Campuran Garam dan Gula)

Larutan Oralit
Image Credit: Urbansehat.com

Larutan oralit merupakan salah satu pertolongan pertama untuk mengatasi diare yang sudah ditemukan sejak dahulu. fungsi dari larutan oralit ini adalah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat terus menerus mengeluarkan kotoran dalam tubuh. Bagi Anda yang sedang mengalami diare, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi larutan oralit. Hal ini dikarenakan, mengeluarkan kotoran secara terus menerus akan membuat tubuh lemas.

Seiring berkembangnya zaman, larutan oralit banyak dijual di toko atau apotek. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya adalah campurkan setengah sendok teh garam dengan dua sendok gula yang dilarutkan di dalam air hangat. Sebagai informasi, jangan langsung menghabiskan larutan oralit dalam satu waktu. Minum sekiranya 2 sampai 3 tegukan, kemudian hentikan konsumsinya selama 3 – 5 menit. Lalu, minum kembali larutan hingga habis.

2. Air Kelapa

Air Kelapa
Image Credit: Klikdokter.com

Seperti yang Anda ketahui, diare dapat membuat seseorang buang air besar terus-menerus. Dengan demikian banyak cairan yang keluar dari tubuh. Saat diare, kondisi yang sangat dikhawatirkan adalah dehidrasi akibat cairan dan elektrolit terlalu banyak hilang. Oleh karena itu, penanganan pertama untuk diare adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi dan berakibat fatal.

Tak bisa dipungkiri air kelapa mengandung banyak sekali manfaat yang berguna bagi tubuh manusia. Salah satunya ampuh menyembuhkan diare. Hal ini dikarenakan, air kelapa mengandung zat elektrolit yang ampuh menggantikan cairan tubuh akibat pengeluaran feses melebihi batas normal. Kandungan air kelapa juga terbukti ampuh membunuh bakteri penyebab diare. Minuman yang satu ini sudah sejak lama digunakan untuk mengobati masalah diare.

BACA:  10 Makanan Sehat untuk Penderita Diare Agar Cepat Sembuh

Bahan alami untuk mengatasi masalah diare ini juga dapat ditemui dengan mudah. Anda pun hanya tinggal mengonsumsi air kelapa tanpa tambahan bahan apapun. Biasanya, banyak penjual air kelapa atau degan yang ditambahkan madu, jeruk purut, dan bahan lainnya untuk meningkatkan kesegaran dari air kelapa itu sendiri. Namun, dengan adanya tambahan bahan bahan tersebut dikhawatirkan akan semakin memperparah kondisi diare.

3. Campuran Madu dan Kunyit

Madu dan Kunyit
Image Credit: Harapanrakyat.com

Anda pasti tahu bahwa madu dan kunyit merupakan bahan alami yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kunyit merupakan keluarga tanaman herbal yang mengandung zat aktif berupa antioksidan yang berguna untuk melindungi sel sel tubuh. Zat tersebut mampu memperbaiki sel dari kerusakan akibat terpaan radikal bebas. Sedangkan madu telah terbukti secara efektif untuk membunuh bakteri merugikan yang menyerang sistem pencernaan.

Melalui campuran manfaat dari masing masing bahan tersebut dapat menghasilkan racikan obat yang sangat tepat untuk mengatasi masalah diare. Cara penggunaannya juga sangat beragam. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit maupun rempah kunyit asli yang dikupas dan dihaluskan. Jika menggunakan rempah kunyit asli, Anda bisa memarutnya hingga halus dengan menambahkan madu. Lalu minum bagian bening dari campuran kedua bahan tersebut.

4. Air Seduhan Jahe

Air Jahe
Image Credit: Nakita.grid.id

Jahe merupakan salah satu rempah rempah yang memiliki banyak fungsi. Selain menghangatkan tubuh, ternyata rempah yang satu ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah diare. Hal ini dikarenakan, tanaman herbal ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan kondisi perut akibat diare atau terserang virus lainnya. Tak hanya itu, jahe juga mampu melancarkan dan menghangatkan pencernaan pasca terkena diare.

Cara mengobati masalah diare juga sangat mudah. Anda bisa memarut maupun memotong jahe hingga kecil lalu tinggal diseduh air panas. Seduhan tersebut sebaiknya didiamkan beberapa menit agar zat aktif keluar secara sempurna. Setelah beberapa menit, Anda bisa langsung meminum air jahe tanpa menambahkan bahan apapun. Konsumsi air rebusan jahe secara rutin agar mendapatkan manfaat luar biasanya secara cepat.

5. Jambu Biji dan Daunnya

Jambu Biji
Image Credit: Okezone.com

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan cara penyembuhan diare menggunakan buah jambu biji. Buah tropis ini memang memiliki segudang manfaat yang salah satunya dapat mengobati diare. Namun tak sedikit pula orang yang beranggapan bahwa daun dari jambu bijilah yang paling berkhasiat untuk menyembuhkan diare. Sebuah penelitian membuktikan bahwa tanaman jambu biji mengandung tanin sekitar 17%.

BACA:  10 Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Melalui penelitian tersebut dapat membuktikan bahwa kandungan baik daun maupun buah jambu biji terbukti ampuh mengatasi masalah diare. Untuk mengatasi masalah diare, Anda bisa langsung mengonsumsi buahnya atau menjadikannya jus tanpa gula. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji dengan merebusnya dan meminum airnya secara rutin. Niscaya, masalah pencernaan seperti diar akan teratasi dengan cepat.

6. Ramuan Daun Sirih

Ramuan Daun Sirih
Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Anda tentunya tahu bahwa daun sirih memiliki kandungan baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun ini juga bisa menghentikan pendarahan yang terjadi dalam bagian tubuh seperti hidung. Kandungan antibiotiknya mampu melindungi tubuh dari adanya infeksi bakteri. Tak hanya itu, di dalam daun sirih juga mengandung zat kavikol yang juga ampuh membunuh bakteri atau virus lima kali lipat dari fenol biasa.

Untuk mengobati diare dengan daun sirih, Anda bisa menghaluskannya dan menambahkan beberapa bahan, seperti lada dan minyak kelapa. Kemudian, usapkan bahan campuran tersebut pada perut secara rutin. Jika Anda ingin merasakan sensasi yang lebih hangat, bisa menambahkan potongan atau parutan jahe. Bila Anda menggunakan ramuan tersebut secara rutin, masalah diare akan segera teratasi tanpa menimbulkan efek samping apapun.

7. Sup Wortel

Sup Wortel
Image Credit: Wowkeren.com

Penelitian para ahli kesehatan menyebutkan bahwa wortel mengandung efek antidyspeptic. Kandungan tersebut dapat membantu mengembalikan nutrisi dan tenaga yang hilang akibat proses pengeluaran kotoran secara berlebihan. Salah satu olahan wortel yang nikmat dan kaya manfaat ialah olahan sup. Kudapan yang satu ini tak hanya bisa menyembuhkan diare saja. Zat Vitamin A yang terkandung juga sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

Memasak sup wortel bisa ditempuh dengan cara yang sangat sederhana. Anda hanya perlu memotong atau menghaluskan wortel dengan tambahan bumbu sesuai selera. Bahan yang perlu dihindari ketika memasak sup wortel ialah tambahan lada atau bubuk cabai. Dengan tambahan dua bahan tersebut kandungan sup wortel yang kaya akan manfaat menjadi kudapan berbahaya dan memperparah kondisi bagi Anda yang sedang mengalami diare.

8. Yoghurt

Yoghurt
Image Credit: Sehatq.com

Diare bisa terjadi karena infeksi bakteri maupun virus yang menyerang sistem pencernaan dalam tubuh. Karena infeksi tersebut, kondisi kesehatan akan semakin menurun. Lemas, mata berkunang kunang, dan bolak balik ke kamar mandi menjadi ciri khas orang yang terkena diare. Perasaan yang tidak nyaman tersebut bisa diatasi dengan konsumsi yoghurt. Menurut penelitian, yoghurt mengandung senyawa bakteri baik yang dapat membantu melawan bakteri.

BACA:  7 Obat Diare untuk Anak yang Aman Tanpa Resep Dokter

Bakteri baik dalam kandungan yoghurt dapat melawan mikroorganisme penyebab diare secara efektif. Tak hanya itu, rutin konsumsi yoghurt dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh akan lebih kuat melawan virus dan bakteri yang mengancam kesehatan. Yoghurt tak hanya bisa dikonsumsi secara original saja, Anda juga bisa menambahkan potongan buah buahan yang akan semakin menyehatkan tubuh.

Sebagai jalan untuk mengatasi diare, Anda harus memilih yoghurt tanpa tambahan gula atau perasa dan zat pewarna atau yang bisa disebut dengan yoghurt plain. Hal ini dikarenakan, konsumsi yoghurt disertai tambahan gula atau pewarna dapat meningkatkan rasa mulas yang akan memperparah kondisi diare. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan madu murni atau buah buahan bercita rasa manis untuk memperkaya rasa dari yoghurt itu sendiri.

9. Buah Pisang

Pisang
Image Credit: Masakapahariini.com

Ketika seseorang mengalami masalah pencernaan, biasanya dokter akan menganjurkan konsumsi makanan berserat seperti pisang. Bukan tanpa alasan, kandungan dalam buah pisang memiliki sifat peredam nyeri diare yang akan mempercepat proses penyembuhan diare. Pisang juga memiliki kandungan zat pektin yang tinggi. Melalui kandungan tersebut, feses akan memiliki tekstur lebih padat serta menghentikan pembuangan kotoran secara terus menerus.

10. Olahan Pisang

Olahan Pisang
Image Credit: Merdeka.com

olahan pisang juga mengandung kalium, yakni elektrolit pendukung fungsi penting dalam tubuh dan termasuk sistem pencernaan. Kandungan pektin pada buah pisang juga dapat membantu penyerapan cairan dalam usus. Dengan demikian, kotoran yang keluar akan lebih padat dan tidak berair. Pastinya, buah pisang merupakan salah satu bahan untuk atasi diare yang sangat mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Diare membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Selain rasa mulas secara terus menerus, para penderita diare juga bolak balik ke kamar mandi untuk buang air. Meskipun ada banyak obat-obatan instan yang dijual di apotek, ternyata ada banyak sekali bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi diare. Bahkan, penggunaan bahan alami sudah dipastikan tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh.